10 Rekomendasi Kurma Ajwa Terbaik Untuk Menemani Ramadhan (2022)

10 Rekomendasi Kurma Ajwa Terbaik Untuk Menemani Ramadhan (2022)

Kurma jadi makanan yang wajib ada di bulan Ramadhan. Di antara kurma yang banyak difavoritkan adalah kurma ajwa. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi kurma ajwa yang nikmat untuk menemani ibadah puasa Anda.

Kurma Ajwa Banyak Dicari Selama Ramadhan

Kurma merupakan buah yang berasal dari daerah Timur Tengah. Bentuknya lonjong dengan rasa yang manis dan legit. Buah ini merupakan salah satu buah yang dijadikan sebagai makanan berbuka puasa oleh nabi Muhammad SAW. Maka tak heran, banyak orang memburu kurma pada saat bulan puasa.

Salah satu jenis kurma adalah kurma ajwa. Kurma ini juga dinamakan sebagai kurma Nabi. Teksturnya lembut saat dimakan. Mengingat kepopulerannya yang semakin meningkat dari waktu ke waktu karena memiliki manfaat dan memiliki rasa yang enak, tak jarang beberapa oknum memalsukan kurma ini. Sebagai pembeli, Anda wajib mengetahui mana produk yang asli dan bagus, dan mana produk palsu atau oplosan.

Jenis-Jenis Kurma yang Dijual di Pasaran

Kurma Ajwa

Sumber gambar shopee.co.id

Kurma ajwa merupakan salah satu jenis kurma terfavorit, karena memiliki banyak manfaat dan khasiat. Beberapa manfaat kurma ini adalah untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, serta mengontrol gula darah. Kurma yang memiliki warna hitam pekat ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurma Safawi

Sumber gambar lazada.co.id

Kurma safari memiliki warna yang hitam dan tekstur yang seperti daging yang sangat lembut. Di samping teksturnya yang lembut, kurma ini memiliki rasa yang sangat manis. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Jenis kurma ini biasanya dibudidayakan di daerah Madinah.

Kurma Medjool

Sumber gambar indonesian.alibaba.com

Kurma dengan nama lain Bard Valley ini sesuai namanya berasal dari Amerika, California. Bard Valley memproduksi “Natural Delights Medjool Dates” atau yang dikenal juga dengan nama kurma medjool. Kurma ini mempunyai ukuran yang super dan rasa yang nikmat dan legit. Anda dapat mengonsumsinya bersama teh hangat.

Kurma Muda

Sumber gambar www.ruangmom.com

Berbeda dengan kurma lain yang berwarna gelap seperti yang biasa dijual di pasaran, kurma muda adalah kurma yang belum dikeringkan. Oleh karena itu, rasanya tidak semanis kurma matang yang telah dikeringkan. Kurma muda dipercaya bisa membantu kesuburan, melancarkan persalinan, dan meningkatkan produksi ASI.

Kurma Sukari

Sumber gambar shopee.co.id

Kurma sukari merupakan buah kurma yang disebut juga dengan nama kurma raja. Hal tersebut karena kurma ini merupakan buah favorit para raja di negara Arab. Sukari memiliki cita rasa yang manis dan empuk. Warnanya yang kuning kecokelatan membuatnya terlihat seperti kurma emas. Salah satu kurma yang banyak digemari.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kurma Ajwa

Ketahui Ciri-Ciri Kurma Ajwa Asli

Sumber gambar id.theasianparent.com

Ada beberapa poin yang bisa Anda perhatikan untuk menilai keaslian kurma ajwa. Pertama, perhatikan cita rasanya. Kurma ajwa terkenal tidak semanis kurma pada umumnya. Jadi, jika Anda menemukan kurma ajwa yang sangat manis, Anda patut curiga.

Perhatikan pula warna dan tekstur kulit. Warna kulit kurma ajwa adalah hitam pekat. Kurma ini lebih pekat daripada kebanyakan jenis kurma lain yang warnanya kecoklatan. Bahkan dibandingkan dengan kurma safawi yang gelap, warna hitam pada kurma ajwa relatif lebih pekat.

Selain itu, jika menilik tekstur kulit, kurma Ajwa berkerut dan kasar. Kemudian terdapat garis-garis putih tipis pada bagian luar kulit kurma Ajwa. Cara lain untuk memastikan keaslian kurma Ajwa adalah membaca review dari para pembeli dan membeli dari seller terpercaya.

Pilih Kemasannya

Sumber gambar www.bhinneka.com

Kebanyakan produk kurma ajwa dijual dalam kemasan kardus atau boks karton. Ini karena kurma ajwa merupakan jenis kurma kering. Jadi, permukaan kurma tidak akan menempel pada kardus dan menjadi lengket. Namun, Anda boleh mempertimbangkan kemasan kardus yang juga dilapisi plastik supaya lebih higienis.

Bagi Anda yang ingin memberikan kurma ajwa sebagai hadiah, sebaiknya Anda memilih kurma ajwa dengan kemasan kaleng. Kemasan kaleng menampilkan kesan yang mahal dan mewah. Kemasan kaleng juga dapat digunakan kembali setelah kurma habis. Dengan demikian, hadiah dari Anda tak hanya lezat, tetapi juga berguna.

Selain kardus dan kaleng, beberapa produsen mengemas kurma ajwa di dalam wadah plastik. Bentuk kemasannya beragam, mulai dari kotak hingga ember. Kemasan plastik mampu menahan kelembapan atau paparan air, selama Anda menutupnya rapat-rapat. Pertimbangkanlah sesuai dengan kemampuan Anda.

Cek Masa Kadaluarsanya

Sumber gambar tokopedia.com

Buah kurma pada umumnya dapat bertahan sekitar 3-6 bulan. Bahkan jenis kurma kering, seperti ajwa, dapat bertahan lebih lama lagi. Kurma ajwa dapat disimpan hingga 1-2 tahun tergantung pada teknik produksi tiap-tiap produsen.

Jika Anda ragu, pada beberapa kemasan telah terdapat tanda masa kadaluarsanya. Jadi, Anda dapat melihat waktu kadaluarsa pada kemasannya saja agar lebih praktis. Habiskanlah kurma ajwa Anda sebelum tiba masa kadaluarsanya.

Rekomendasi Kurma Ajwa Terbaik Untuk Disantap Selama Bulan Ramadhan

Golden Tamr Ajwa

Golden Tamr Ajwa adalah merk kurma ajwa yang diimpor langsung dari Kota Madinah. Kurma ini dapat tahan lama jika disimpan di dalam suhu ruangan, bahkan bisa bertahan hingga 1 tahun. Kurma ini diyakini dapat menyembuhkan penyakit liver. Bagi Anda yang punya riwayat penyakit liver atau saat ini sedang dalam masa pengobatan,tidak ada salahnya untuk mencoba kurma terbaik ini.

Harga Rp. 75.000-150.000

Castle Farms 7 Ajwa

Seperti namanya, Castle Farms 7 Ajwa ini berisikan 7 butir kurma ajwa. kemasannya yang mungkin membuatnya mudah dibawa-bawa sebagai bekal untuk berbuka di dalam perjalanan. Anda dapat menghabiskan kurma ini dalam sekali habis, dan merutinkan konsumsi buah kurma sebanyak 7 butir per hari. Sebuah ikhtiar untuk hidup lebih sehat sambil menghidupkan sunnah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam.

Harga Rp. 17.000-25.000

Safiya Ajwa Premium Dates

Bagi para perantau, momen lebaran adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Tradisi mudik ke kampung halaman untuk bertemu orang tua dan saudara turut mewarnai perayaan tersebut. Sebagai upaya memberikan kebahagiaan bagi keluarga di rumah, Anda dapat membawa produk ini sebagai oleh-oleh. Produk ini dikemas dalam wadah plastik berbentuk ember mini yang berkualitas food grade, sehingga praktis dibawa.

Harga Rp. 100.000-350.000

Naeem Kurma Ajwa Al-Madinah

Merk kurma Ajwa selanjutnya adalah Naeem Kurma Ajwa Al-Madinah. Merk yang satu ini merupakan merk kurma premium yang didesain dengan desain terbaik agar menciptakan kesan elegan dan berkelas. Kurma ajwa ini dikemas di dalam kaleng berwarna hitam-emas. Bagi Anda yang ingin menghadiahi saudara, rekan kerja atau bahkan atasan kerja Anda, pertimbangkanlah produk yang satu ini.

Harga Rp. 300.000-450.000

Ashimah Premium Ajwa Medina

Membeli kurma dalam jumlah banyak sekaligus bisa menimbulkan persoalan dalam penyimpanan. Anda mungkin ragu apakah kurma yang Anda beli masih kayak dimakan di kemudian hari. Jika Anda berencana membeli kurma dalam jumlah besar, mungkin Anda perlu mempertimbangkan kurma Ajwa Ashimah. Kurma ini dapat disimpan hingga 24 bulan. Jadi, Anda bisa lebih tenang terhadap kualitas kurma ajwa Anda selama disimpan.

Harga Rp. 150.000-300.000

Timur Tengah Kurma Ajwa Premium

Keaslian kurma ajwa pada produk ini dapat dilihat dari warna kurma yang hitam pekat dan daging yang berserat. Anda dapat menjadikan kurma ajwa ini sebagai sajian berbuka puasa di rumah. Tak hanya bisa dinikmati secara langsung, kurma ajwa juga dapat dijadikan campuran bahan makanan. Anda bisa berkreasi membuat beragam menu buka puasa yang menarik untuk anggota keluarga. Suasana kumpul pun jadi lebih hangat.

Harga Rp. 70.000-150.000

Kurma Ajwa Humaira

Kurma Ajwa Humaira pada umumnya memiliki rasa dan tekstur hampir sama dengan kurma lainnya. Kandungan nutrisinya pun kurang lebih juga sama. Berkat kandungan nutrisinya yang tinggi, kurma ini baik untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, atau yang sedang melakukan program kehamilan. Produk ini dikemas dalam bentuk yang elegan dan mudah dibawa ketika Anda bepergian.

Harga Rp. 750.000-200.000

Kurma Ajwa Al-Madinah Royal Dates

Merk kurma Ajwa selanjutnya adalah Kurma Ajwa Al-Madinah Royal Dates. Kurma ajwa yang satu ini dikemas dalam kaleng yang didesain secara elegan. Merk kurma ajwa ini pun bisa bertahan hingga 12 bulan lamanya pada suhu ruangan. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa review dari pelanggan yang sudah membuktikan bahwa kurma ini memang dapat bertahan lama. Anda dapat menjadikannya sebagai stok di rumah.

Harga Rp. 300.000-500.000

Ara Dates Kurma Ajwa Premium

Selanjutnya ada kurma Ajwa Premium Ara Dates. Seperti kurma ajwa pada umumnya, kurma ini memiliki rasa yang manis, daging yang tebal, dengan tekstur yang lembut, dan pada saat dikonsumsi, kurma ini akan mengeluarkan bau yang khas. Produk kurma ajwa ini dikemas dalam wadah plastik yang berbentuk ember kecil premium dengan kualitas food grade. Anda bisa menghadiahkannya sebagai buah tangan pada orang tersayang.

Harga Rp. 100.000-200.000

Ajwa Aliyah Madinah Dates

Sama seperti kurma ajwa pada umumnya, kurma ini memiliki rasa yang manis, tekstur yang lembut, serta banyak khasiat yang baik untuk kesehatan serta pengobatan. Kurma Ajwa Aliyah Madinah Dates ini dikemas dalam ukuran yang lebih banyak dari biasanya yaitu 5 kilogram. Kemasannya berbentuk dos yang berbahan tebal, sehingga aman jika ingin dibawa dalam perjalanan jauh.

Harga Rp. 100.000-300.000
From our editorial team

Makan Kurma Saat Sahur dan Buka Adalah Sunnah

Rekomendasi kurma ajwa dari BP-Guide di atas sangat menggoda untuk berbuka puasa bukan? Makan kurma di bulan puasa adalah sunnah dari Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya itu, kurma juga punya banyak manfaat kesehatan, sehingga sangat baik dikonsumsi di bulan puasa.