9 Rekomendasi Helm Bogo yang Paling Populer untuk Anak Muda (2020)

9 Rekomendasi Helm Bogo yang Paling Populer untuk Anak Muda (2020)

Helm adalah bagian dari standar keamanan yang wajib dikenakan para pengendara sepeda motor. Di antara banyaknya jenis helm, salah satu yang cocok untuk anak muda adalah helm Bogo. Selain desainnya keren, helm Bogo memang bikin tampilanmu semakin stylish. Yuk, cek dulu deh berbagai rekomendasi helm Bogo ini!

Helm Bogo Merupakan Jenis Helm Open Face yang sangat Populer saat Ini

Sebelum pergi berkendara ke luar rumah, ada beberapa hal penting yang harus kamu siapkan. Surat-surat berkendara adalah hal pertama yang penting, termasuk Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM). Jangan lupa mengenakan jaket dan sepatu jika dibutuhkan agar badanmu aman.

Selain itu, memakai helm yang kuat dan didukung fitur-fitur penting merupakan satu poin yang tak boleh ketinggalan karena helm termasuk perangkat pendukung keselamatan yang harus kamu pakai ketika berkendara yang mampu menjaga kepala serta melindungimu dari debu maupun sengatan matahari secara langsung.

Nah, salah satu alternatif helm yang patut dipilih adalah Helm Bogo, yaitu helm jenis open face yang sudah sesuai dengan standar SNI, harganya tidak mahal, desainnya pun keren. Nggak heran kalau helm kekinian ini jadi favorit banyak pengendara motor. Karena desainnya yang terkesan menggemaskan, ada orang yang menyebut helm Bogo sebagai helm untuk vespa dan ada juga yang berpikir helm ini digunakan untuk motor matik.

Apa pun tipe motornya, helm Bogo tetap cocok digunakan untuk perjalanan dekat maupun jauh. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya tak ada jenis helm bernama helm Bogo? Sebutan helm Bogo dinukil dari merek kaca pada helm tersebut dan hingga sekarang kita menyebutnya helm Bogo.

Sulit rasanya untuk tidak menyukai helm Bogo, karena helm ini memiliki sentuhan retro atau vintage dan terlihat sangat unik dengan kaca yang bentuknya mencembung keluar. Jelas berbeda kan dengan helm lainnya? Tapi kamu perlu berhati-hati karena ada saja penjual helm yang menjajakan helm KW atau palsu. Yuk, perhatikan tips di bawah ini agar kamu tidak tertipu penjual helm palsu!

Cara Mudah Mengenali Helm Asli agar Tidak Tertipu

Cek Kualitas Bahan

Pada helm-helm palsu atau KW, bahan yang digunakan umumnya adalah bahan plastik sehingga gampang pecah dan rusak. Sementara itu, helm asli memang terbuat dari bahan plastik juga, namun lebih jelas plastik bermutu terbagus, jauh lebih kokoh dan tahan banting. Untuk membedakan mana bahan plastik palsu dan asli, kamu dapat mengetes dengan perlahan memukul lapisan luar helm.

Jika suaranya cenderung melengking, itulah helm yang palsu dan perlu kamu hindari. Selain dari suara, kamu juga bisa membedakannya melalui ketebalan lapisan plastik helm tersebut. Helm yang dibuat dengan bahan berkualitas umumnya memiliki tingkat ketebalan yang tepat, tidak tipis namun juga tidak terlampau tebal.

Periksa Bagian Panel Kaca atau Visor

Mendeteksi helm palsu juga dapat dilakukan dengan memeriksa visor atau panel kaca pada helm tersebut. Umumnya, helm yang asli memakai visor dari material polycarbonate. Bahan ini cenderung lentur dan tidak gampang retak.

Berbeda dengan helm palsu atau KW, bahannya biasa dibuat dari material plastik akrilik yang gampang pecah. Nah cara mengetesnya, tekan sedikit kaca helm yang ingin kamu beli. Kalau tidak kaku, berarti panel kacanya memang asli dan sebaliknya.

Perhatikan Adanya Nomor Seri

Setiap helm Bogo asli pasti memiliki barcode atau nomor seri di setiap produknya. Jika kamu men-scan nomor itu, kamu dapat menuju ke situs resmi helm tersebut dan memeriksa produk lebih jauh lagi. Untuk memeriksa asli tidaknya nomor seri itu, kamu juga bisa mengeceknya di Google secara mudah.

Nomor seri setiap helm berbeda, sehingga lebih mudah bagi pembeli untuk memeriksa keasliannya. Kalau sampai kamu melihat nomor seri yang sama pada helm berbeda, maka bisa diasumsikan helm itu tidak asli. Tips yang satu ini sering diacuhkan, padahal memeriksa nomor seri tidak sulit dan sangat penting agar kita terhindarkan dari helm palsu yang tak berkualitas.

Terdapat Logo Standar Keamanan

Umumnya, setiap produksi barang memiliki standar kualitas agar mutunya tidak mengecewakan saat dipasarkan. Termasuk dengan helm Bogo, terdapat logo standar keamanan pada setiap produk tersebut. Standar keamanan ini mengindikasikan kemampuan helm untuk menjaga kepala para pengendara. Apakah bahannya kuat, aman, nyaman?

Itulah kenapa, saat membeli helm Bogo pastikan helm itu sudah memiliki logo standar keamanan. Artinya, helm itu sudah lulus uji keamanan dari lembaga terkait yang dilakukan secara ketat. Uji kualitas yang dilakukan umumnya sama pada setiap helm, yakni menguji lapisan dalam atau foam di belakang cangkang atau bodi terluar helm.

Karena, lapisan foam tersebut memegang tugas penting sebagai penyerap dampak benturan serta menebar beban gravitasi atau G-Force. Jika kualitas foam ini baik, maka pemakai helm akan lebih terjaga dari dampak fatal atas terjadinya benturan kepala. Jadi, jangan lupa cek logo ini agar terhindar dari helm KW, ya.

Memilih helm memang gampang-gampang susah. Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja tips untuk memilih helm terbaik. Nah, khusus helm Bogo, kami sudah menyiapkan tipsnya di bawah ini. Yuk, simak dan telusuri supaya kamu tidak salah belI!

Tips Mudah Memilih Helm Bogo agar Tidak Salah Beli

Periksa Kaca Helm

Hal yang paling penting adalah kaca pada helm. Soalnya, kaca adalah lapisan yang menjagamu dari terpaan debu dan sengata matahari ketika berkendara. Selain itu, penting untuk memastikan kaca pada helm yang kamu beli tidak menghalangimu melihat dengan jernih.

Periksa juga, apakah kacanya dipasang secara tepat dan tahan banting? Setidaknya, jangan beli helm yang kacanya tipis dan mudah pecah. Cara untuk memeriksanya adalah dengan menggerakkan kaca helm naik dan turun beberapa kali untuk mengecek kenyamanan helm saat dipakai. Sebaiknya, pilih kaca helm yang dudukan kacanya sudah dipasang secara benar agar kaca helm tidak lepas sewaktu-waktu.

Perlu kamu ketahui, helm memiliki jenis-jenis kaca yang berbeda, misalnya ada kaca helm bening atau clear, yang berfungsi menjaga wajahmu dari angin, debu, air, dan sebagainya. Namun minusnya adalah, kaca ini akan membuatmu silau ketika terpapar sengata matahari. Jenis berikutnya adalah kaca helm hitam atau pelangi, yang enak dipakai pada siang hari karena mata lebih terjaga dari silau.

Namun kaca hitam ini malah menyulitkan ketika dipakai pada malam hari karena membuat penghilatan ke depan semakin gelap. Yang terpenting adalah, pilih kaca helm paling nyaman bagi pandangan matamu. Tentunya, pilih yang sudah berlogo SNI dan lolos uji keamanan.

Cek Tali Pengikat Helm

Agar aman saat digunakan, periksa juga tali pengikat pada helm yang kamu pilih. Apakah sudah bekerja dengan baik? Soalnya, tali pengikat helm juga merupakan faktor penting untuk menjaga keamananmu saat berkendara, lho. Tali pengikat pada helm ada beberapa jenis, misalnya model quick release buckle, double D-ring, atau micromatic buckle.

Pertama, quick release yaitu jenis pengikat helm yang paling umum di sini karena mudah digunakan karena kamu cukup mengaitkan besi ke gesper hingga mengeluarkan suara klik. Kedua, tali pengikat helm micromatic yang pengait talinya berupa gerigi dan mudah digunakan. Terakhir, model helm premium yaitu Double D-ring tidak memiliki gesper, hanya tali yang mempunyai dua besi yang bentuknya menyerupai huruf D.

Pilih Helm Bogo yang Bagian Busanya Bisa Dilepas

Umumnya, setiap helm memiliki busa pelindung di bagian dalamnya. Namun setiap helm berbeda, ada yang busanya tebal dan menyeluruh di pinggir telinga, ada yang tidak. Disarankan kamu membeli helm dengan busa yang bagus dan nyaman dipakai agar aktivitas berkendaramu aman dan nyaman.

Sama halnya ketika membeli helm Bogo, pastikan busanya bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Memilih helm Bogo yang fleksibel seperti itu cukup penting agar kamu tidak kerepotan saat membersihkannya. Tentunya, kamu nggak mau kan helmmu bau apek karena jarang dicuci?

Sesuaikan Motif dan Warna dengan Motor

Kamu juga dapat tampil trendi saat berkendara, lho! Caranya mudah, sesuaikanlah warna motor dengan helm atau jaketmu. Dengan begitu, penampilanmu secara keseluruhan saat berkendara bakal nampak selaras.

Jika warna bodi motormu biru, pilih helm dengan warna yang sama atau bisa juga warna netral semacam hitam atau putih. Atau, jika motormu memiliki tiga atau lebih warna, kamu dapat memilih warna yang dominan dan mencari helm dengan warna tersebut. Wah, dijamin penampilanmu makin kece!

Pastikan Punya Aksesori yang Kompatibel

Inilah satu poin terakhir yang harus kamu teliti sebelum membeli helm Bogo agar kamu tidak salah beli, yaitu ketersediaan aksesori pada helm Bogo. Ada beberapa aksesori penting pada helm yang perlu kamu ketahui, pertama adalah antifog lensa yang terdapat pada bagian dalam visor helm yang berhadapan langsung dengan wajah kita. Antifog ini berguna untuk menjauhkan kaca helm dari embun yang terjadi ketika kamu bernapas atau ketika berada pada suasana dingin.

Aksesori helm Bogo berikutnya adalah tear off, yakni sebuah lapisan tipis pada bagian luar visor helm yang berfungsi untuk menjaga visor agar tidak tergores sehingga daya pandangmu tidak terganggu. Untuk memasang tear off, kamu membutuhkan tear off Pin agar tear off dapat terkunci dengan optimal. Berikutnya ada juga aksesori bernama Visor, yaitu kaca pelindung helm yang terdiri dari dua jenis, yakni flat visor serta nonflat visor.

Ada juga aksesori yang jadi favorit banyak pengendara motor, yakni balaclava yang berguna melindungi wajah dari asap jalanan. Dengan begitu, wajah terlindung dari kotoran dan pernapasanmu pun aman. Yang terakhir, ada aksesori bernama spoiler yang digunakan untuk menjaga kestabilan helm ketika digunakan saat berkendara dalam kecepatan tinggi.

Rekomendasi Helm Bogo Unik dan Berkualitas

Helm Bogo Claasicc Warna Hitam Doff

Rekomendasi pertama kami adalah Helm Bogo Classic Warna Hitam Doff yang dikenal dengan bahannya yang kokoh dan desain yang keren. Bahan luarnya menggunakan material terbaik dengan cat yang tahan lama. Tidak hanya itu, kaca helmnya anti silau, lho!

Bagian dalam helmnya juga mudah dilepas dan dipasang kembali. Dengan begitu, kamu tidak perlu kesulitan membersihkan helm tersebut. Helm yang sudah berlogo SNI ini hadir dalam ukuran all size dari M ke L, cocok untuk digunakan orang dewasa. Selain itu, cat helmnya tahan lama dan busa pada bagian dalam helm juga tebal sehingga nyaman dipakai.

Jangan lupa, ketika memasang kaca helm, pasanglah terlebih dulu kancing kaca pada bagian tengah, baru setelah itu kancing di bagian pinggir kaca. Sementara untuk melepasnya, kamu dapat memakai sendok atau obeng untuk melepas besi pada kancingnya. Perhatikan langkah-langkah ini agar kaca helm bogo yang kamu beli tetap terjaga kualitasnya!

Harga Rp. 45.000-211.000

Helm Bogo Full Leher Kaca Datar

Demi keamanan dan kenyamanan, banyak pengendara memilih helm Bogo yang secara keseluruhan menutupi leher. Nah, kalau itu juga yang kamu cari, maka kamu perlu membeli Helm Bogo Full Leher Kaca Datar. Ada beragam keistimewaan helm bogo satu ini yang perlu kamu ketahui.

Pertama, material helm bogo ini dibuat menggunakan bahan kulit sintetis yang tebal. Makanya, helm ini tahan terhadap intensitas cuaca seperti terpaan hujan dan sengatan panas. Di bagian dalam helm terdapat busa yang lembut dan nyaman di telinga.

Apalagi, kaca helm sudah melalui proses coating sehingga kaca tidak mudah tergores, anti silau, serta tidak mudah pecah. Helm Bogo berukuran M dan L ini dilengkapi pula dengan 3 buah kancing anti karat, beragam pilihan warna, serta kaca berbentuk datar dengan bodi helm berbahan doff yang membuat helm ini makin keren.

Harga Rp. 105.000-195.500

Helm Bogo JPN Retro ARC Hitam

Helm Bogo menjadi helm trendi favorit semua orang terutama anak-anak muda. Ini karena helm Bogo didesain dengan model sederhana namun memiliki karakter retro yang unik. Salah satunya adalah Helm Bogo JPN Retro ARC Hitam, yang dirancang dengan finishing doff sehingga nampak keren.

Helm Bogo klasik dengan berat 1 kilogram ini sudah berlogo SNI dan lulus uji kualitas keamanan. Busa helmnya bisa dilepaskan dan dipasang kembali secara mudah, jadi kamu tidak kesulitan untuk membersihkannya.

Selain itu, ukuran helm Bogo ini tersedia mulai dari M, L, XL, dan disediakan ukuran untuk perempuan berjilbab maupun tidak. Untuk kacanya, helm Bogo ini memiliki kaca datar bening. Namun, ada juga yang memiliki warna kaca silver, putih, hitam, dan pelangi. Tapi ingat ya, beli helm Bogo yang jelas keasliannya alias original!

Harga Rp. 135.000-145.000

Helm Retro Bogo Sada Jitsu

Cari helm yang materialnya kokoh, tahan lama, fiturnya lengkap, desainnya keren, tapi ringan di kepala? Semua kualitas itu ada di Helm Retro Bogo Sada Jitsu. Helm Bogo satu ini dirancang dengan mutu premium, sudah berlogo SNI serta diperkaya dengan beragam fitur.

Dibuat dari material ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) Shell, helm ini memiliki Leather Pad alias busa kulit yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah, List Chrome, Microclick Lock Strap, Gogglestrap pada bagian belakang helmnya, serta gratis sarung helm, lho! Helm ini memiliki dua pilihan model, yaitu Doff dengan pilihan warna abu-abu, hitam, army, dan merah marun. Selain itu, ada juga model Glossy dengan warna hitam, kuning, atau biru.

Helm Retro Bogo Sada Jitsu juga memiliki pilihan Original yang cembung serta datar dengan kaca Bening dan Smoke. Model kedua adalah Injak Original dengan model datar yang kacanya Silver, Rainbow, dan Smoke. Helm Bogo ini tersedia dalam ukuran M yaitu 56 cm, ukuran L yaitu 58 cm, ukuran XL yaitu 60 cm.

Harga Rp. 250.000-315.000

Helm Bogo KNC

Helm Bogo dengan model half face juga ada, lho. Salah satunya Helm Bogo KNC Gentlement Black Doff Kaca AVA Original. Hadir dalam ukuran M sampai L dengan maksimal lingkar kepala mencapai 59 cm, helm bogo ini sudah berstandar SNI yang artinya sudah lulus uji keamanan.

Selain itu, tersedia juga busa knockdown yang nyaman di kepala pengendara. Bagian luarnya didesain menggunakan bahan ABS plastik nan kokoh, sementara bagian dalam helm dilengkapi dengan busa lembut dan tebal. Kaca pada helm bogo ini merupakan kaca AVA Original yang telah di-coating sehingga tahan terhadap goresan, lho.

Harga Rp. 162.000-180.000

Helm Bogo Motif Old School Putih

Kalau kamu suka helm yang unik dan antik, maka desain Helm Bogo Motif Old School Putih ini cocok untuk kamu pakai. Helm Bogo ini dibuat dari material kulit sintetis yang tahan lama dan tetap kokoh. Jahitannya jelas kuat dan rapi.

Yang unik, helm bogo ini punya beragam alternatif merek kaca atau visor, lho. Ada kaca merk Bogo Optical Smoke, kaca merek Osbe Smoke atau JP Smoke, kaca merek Bogo Optical Bening, serta kaca merek Injak Datar Smoke. Dengan begini, kamu bebas memilih kaca yang kamu inginkan pada helmmu!

Helm yang sudah ber-SNI ini juga dilengkapi busa yang dapat dipasang dan dilepas sehingga mudah dibersihkan. Ukurannya adalah all size untuk dewasa dan muat hingga ukuran L dengan diameter kepala mencapai 57 cm. Tenang, pengemasan barangnya sudah termasuk dengan bubble wrap dan diberi stiker tanda Fragile.

Harga Rp. 150.000-232.000

Helm Bogo JPN Momo Vintage

Helm Bogo satu ini harus diakui punya kualitas bodi dan fitur lengkap yang bakal bikin perjalananmu sempurna. Apalagi, desain helm Bogo yang bernuansa retro ini menjanjikan penampilan yang keren dan klasik. Mereknya pun tidak main-main, yaitu JPN yang sudah jadi andalan banyak orang karena modelnya yang trendi dan tentu bermutu tinggi.

Helm Bogo JPN Momo Vintage ini dilengkapi dengan bahan fiber yang kuat pada sisi luarnya untuk menjaga kepala dari tubrukan. Ditambah lagi, pada bagian dalamnya menempel busa yang bahannya halus dan tebal sehingga menambah ras anyaman dan aman. Helm berlogo SNI ini juga memiliki tali pengaman dengan pengaturan yang mudah, bisa kamu kencangkan atau longgarkan sesuai kebutuhan.

Ukuran helm Bogo ini adalah all size fit sampai L, dengan lingkar kepala mencapai 60 cm. Helm ini juga sudah dibekali dengan Masker OSBE Silver lengkap dengan pet, Goggle Mask OSBE dengan tali polos, serta finishing material brupa Doff. Wah, super lengkap dari segala penjuru, ya!

Harga Rp. 245.000-516.000

Helm Bogo Doraemon

Helm Bogo diminati banyak orang bukan hanya karena penampakannya yang keren, tapi juga motif helm yang tersedia dalam beragam pilihan, termasuk motif kartun Doraemon. Kalau kamu penggemar kartun ini, Helm Bogo Doraemon jelas tidak boleh lewat dari daftar koleksimu! Meski kelihatan lucu, kelengkapan fiturnya tidak main-main, lho.

Helm Bogo yang didesain penuh gaya ini telah dilengkapi dengan busa yang nyaman, kaca helm tahan gores dan tahan silau, bagian dalamnya bisa dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan, serta ada teknologi Ear Drum System juga lho sehingga helm ini nyaman di telinga.

Helm berlogo SNI ini dibuat menggunakan bahan ABS yang anti pecah dan ringan digunakan saat di jalan, dipadukan dengan material kulit sintesis berkualitas premium dan dilengkapi anti UV. Tersedia dalam ukuran M dan L, helm Bogo ini memiliki didesain dengan model menutupi kepala secara penuh hingga leher belakang.

Yang tak kalah menyenangkan, helm ini dilengkapi dengan ventilasi pada bagian samping telinga. Dengan begini, kamu tidak akan merasa kepanasan saat menggunakannya dalam waktu yang cukup lama. Jangan lupa, satu set pembelian Helm Bogo Doraemon sudah termasuk dengan 1 helm, 1 visor atau kaca dan 1 sarung untuk helm.

Harga Rp. 117.500-145.000

Helm Bogo Full Leher Kaca Datar

Selain dikenal trendi, Helm Bogo juga dianggap memiliki alternatif warna dan motif yang sangat variatif. Misalnya yang satu ini, Helm Bogo Full Leher Kaca Datar. Helm berukuran all size yang fit to L ini hadir dengan model menutupi leher secara penuh, sehingga aman digunakan saat berkendara.

Selain itu, helm ber-SNI ini sudah dilengkapi pula dengan kaca Smoke, bahan kulit berkualitas terbaik serta kaca helm model retro. Helm model Injak cargloss ini juga memiliki pilihan warna dan finishing, baik yang doff dan glossy. Dapatkan helm Bogo berwarna Coklat Capucino ini di toko online kesayanganmu!

Harga Rp. 80.000-164.000
From our editorial team

Helm Bogo Cocok untuk Pria dan Wanita, Lho

Helm Bogo dengan desain yang khas sangat cocok jika dipilih pria maupun wanita karena ada beragam pilihan warna yang bisa kamu cocokkan dengan motor kesayanganmu. Ingatlah untuk rutin membersihkan helm agar tidak bau apek dan selalu higienis, ya.