10 Rekomendasi Minuman Wine yang Cocok Menemani Dinner Romantis bersama Pasangan! (2021)

10 Rekomendasi Minuman Wine yang Cocok Menemani Dinner Romantis bersama Pasangan! (2021)

Terkadang, segelas anggur bersama pasangan sudah cukup untuk membuat harimu ceria. Yuk, simak rekomendasinya berikut ini!

Wine, minuman fermentasi anggur dengan kandungan alkohol terukur

Pasti kamu sudah familiar dengan wine, minuman berakohol yang dibuat dari fermentasi anggur atau buah lainnya. Proses peragian wine terjadi secara alami tanpa ditambahkan asam, gula, air, enzim, maupun nutrisi lain. Kandungan gula dalam anggur akan diserap oleh ragi, sehingga muncullah zat karbon dioksida dan etanol.

Tentunya, lain anggur lain pula rasa wine yang dihasilkan. Perbedaan hasil ini diakibatkan antara lain oleh lingkungan geografis fermentasi, reaksi yang terjadi ketika fermentasi, dan bagaimana pengolahan yang dilakukan terhadap anggur tersebut. Itulah kenapa, ada wine yang terasa lebih manis atau lebih pahit.

Meski tidak mudah ditemui, namun sejumlah restoran menyediakan wine yang bisa kamu minum dalam bentuk botol maupun gelas. Kamu sudah pernah coba belum, nih? Kalau belum, yuk kenali dulu 4 jenis wine di bawah ini!

Kamu harus tahu 4 jenis tipe dari minuman wine ini

Fortified Wine

Sumber gambar www.wine-searcher.com

Kalau kamu pernah dengar wine Sherry yang berasal dari Spanyol atau wine Port dari negeri Portugal, maka itulah jenis Fortified Wine. Minuman ini merupakan wine natural yang kadar alkoholnya lebih keras dibandingkan wine lain. Dikatakan lebih keras atau kuat, karena total liquor Fortified Wine ditambahkan dengan Brandy atau spirit.

Biasanya, kadar alkohol di dalam wine jenis ini sampai di angka 15 hingga 22 persen, lho. Dalam penggunaannya, Fortified Wine dapat dipakai untuk bahan campuran makanan atau minuman cocktail. Ada juga yang meminum wine ini sebelum mulai makan.

Aromatized Wine

Sumber gambar momandpopwineshop.com

Nah, jika Fortified Wine diimbuhi aneka rempah, bunga, tumbuhan, serta kulit buah dan diproses secara distilasi sehingga menghasilkan aroma tertentu, maka jadilah Aromatized Wine. Vermouth, Anises, maupun Bitters dikenal sebagai bagian dari Aromatized Wine. Wine dengan kadar alkohol senilai 15 hingga 21 persen ini kerap diminum sebagai pembuka sebelum makan atau digunakan sebagai campuran cocktail.

Bayangkan meminum Aromatized Wine dengan kulit jeruk atau lemon, wiiih ada segar-segarnya! Soal rasa, wine yang diproduksi di Italia dan Perancis ini punya dua kemungkinan: manis dan tidak manis. Aromatized Wine berwarna merah cenderung lebih manis, sementara yang berwarna putih biasanya tidak manis.

Natural Still Wine

Seperti namanya, Natural Still Wine tanpa tambahan zat lainnya. Yap, wine ini mengalami satu kali proses fermentasi secara normal. Dikatakan natural karena tidak ditambahkan ragi lagi di dalamnya sebagaimana proses pengerjaan wine lain.
Setidaknya, ada 4 jenis Natural Still Wine yang bisa kamu temui di pasaran. Pertama, Red Wine yakni fermentasi anggur merah disertai kulit serta biji buah anggur. Kedua, White Wine yang diperoleh dari fermentasi anggur warna putiih tanpa kulit serta bijinya.

Ketiga, Rose Wine alias anggur merah yang diproses beserta kulitnya dan difermentasikan dalam waktu yang cukup pendek yakni hanya 2 sampai 3 jam sebelum kulit anggurnya dilepaskan. Jenis Natural Still Wine yang terakhir adalah Dessert Wine yang lebih sering dikonsumsi sebagai penutup santapan. Dessert wine atau sweet wine memanfaatkan anggur putih yang telah matang dan mengeluarkan rasa manis hasil fermentasi.

Sparkling Wine

Kalau wine jenis ini disebut sparkling karena mengeluarkan gelembung udara alias bubble yang berasal dari karbondioksida di dalamnya. Sparkling wine yang paling terkenal dalah Champagne dari daerah bernama Champagne-Marne, Perancis. Itu lho, minuman yang kalau kamu buka botolnya akan keluar buih-buih gas asam.

Lalu, apa yang membuat wine ini beda dengan minuman lainnya? Sparkling Wine memiliki kandungan karbondioksida dari fermentasi kedua gula dan ragi. Yang bikin makin istimewa, minuman bermuatan alkohol 14% ini dibuat dari anggur yang hanya tumbuh dan diolah di Desa Champagne.

Oh iya, selain Perancis, Spanyol juga punya Sparkling Wine bernama Cava dan Italia memiliki wine Asti. Tapi yang jelas, dalam menghidangkan Sparkling Wine kamu perlu menguasai teknik tertentu. Gimana, tertarik mencoba?

Manfaat bagi tubuh saat minum wine yang tidak berlebihan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Yap, kamu nggak salah dengar: wine bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuhmu. Bukan kaleng-kaleng, karena telah ada penelitian di Inggris yang menunjukkan bahwa minum satu gelas wine per hari akan menjagamu dari infeksi bakteri yang biasa bersarang di perut, Helicobacter Pylori, hingga 11% berkat adanya flavan-3. Setengah gelasnya saja sudah bisa melindungimu dari kuman sejenis salmonella.

Selain itu, zat antioksidan di dalam anggur merah turut menambah kekebalan tubuh tahap demi tahap. Di sisi lain, zat tersebut mampu bekerja memulihkan seluruh sel di dalam tubuh. Dengan asupan antioksidan pula, kamu dapat tercegah dari penyakit.

Menjaga berat badan

Bingung kan, kok bisa minum wine bermanfaat untuk menjaga berat badan? Yap, sebuah penelitian merilis fakta bahwa orang yang minum wine akan memiliki bobot tubuh yang cenderung lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi minum alkohol jenis lainnya. Ini dapat dilihat dari ukuran pinggang orang yang meminum wine lebih kecil dan tidak berlemak dibandingkan mereka yang menenggak minuman alkohol lain.

Penelitian lain di Purdue University mengungkapkan bahwa kandungan picetannol dalam wine dapat mengoptimalkan pengendalian obseitas. Nggak hanya itu, kadar alkohol dalam minuman wine disebut-sebut membantu pembakaran kalori tubuh hingga 90 menit lamanya setelah diminum. Asalkan, ingat-ingat untuk tidak mengonsumsi wine berlebihan, ya!

Baik untuk kesehatan otak

Penelitian dalam The Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan adanya peningkatan aliran darah menuju otak hingga 30 persen jika kamu mengonsumsi wine dalam takaran yang cukup. Dengan demikian, sel-sel saraf di dalam otak terus terlindungi. Aliran darah yang lancar akan turut menguatkan daya ingat, pencegahan penuaan di otak, hingga menjauhkan dari penyakit Demensia, Alzheimer, Parkinson, dan Stroke.

Hal ini dikarenakan dalam segelas wine terutama jenis red wine terkandung zat bernama resveratrol. Zat itulah yang menambah level heme-oxygen, yakni sebuah enzim yang bekerja untuk menjaga sel saraf di area otak. Hmm, apakah kamu yang belum pernah meminum wine jadi tertarik mencoba?

Anti Penuaan

Zat resvetratol dalam minuman wine nampaknya punya banyak manfaat. Karena selain menyehatkan otak, zat ini juga dapat mencegah penuaan, lho! Siapa sih, yang nggak pengen awet muda dan berumur panjang?

Penelitiannya datang dari Harvard Medical School, yang menemukan bahwa kandungan zat resvetratol tersebut mampu membuat hidup jadi lebih panjang. Sementara itu, riset yang dilakukan University of London mengungkapkan bahwa kandungan procyanidins di dalam anggur merah atau red wine berfungsi melindungi pembuluh darah agar terus sehat. Kualitas pembuluh darah inilah yang berpotensi menjadikan umur peminum wine jadi lebih panjang.

Dengan sederet manfaat yang ada, sudah nggak ada alasan bagimu untuk tidak meminum wine. Yang perlu diperhatikan adalah meminumnya sesuai dengan kadar yang dibutuhkan. Kalau sudah siap, yuk cek rekomendasi wine yang tepat untuk menemani makan lama romantis sama pasanganmu. Apa saja?

10 Rekomendasi minuman wine yang cocok menemani dinner romantis bersama pasangan kita

Rose Wine Millaman Condor Cabernet Syrah Rose

Sudah pernah mencoba Rose Wine? Kalau belum, cobain deh minuman anggur rekomendasi pertama kami yakni Rose Wine Millaman Condor Cabernet Syrah Rose. Wine ini berukuran 750 ml sebotolnya dengan ABV 12,5%.

Cukup unik, karena Rose Wine Millaman Condor ini merupakan hasil kombinasi klasik dari cabernet sauvignon dan syrah atau shiraz. Ssst, Cabernet Sauvignon termasuk jenis anggur merah nomor satu di dunia, lho. Terdapat pula buah-buahan di dalam minuman ini: anggurnya mengandung air, dilengkapi aroma cassis, plum yang matang, serta buah beri nan menyegarkan.

Red Wine Millaman Condor menguarkan aroma harum menawan. Telah direbus dengan tingkat keasamaan yang pas, dan after-taste aneka buah yang memuaskan. Kamu bisa meminumnya bersama dengan keju atau daging sapi. Agar lebih nikmat, buka botol wine ini sejam sebelum dikonsumsi dan hidangkan dalam suhu kamar.

Harga Rp. 265.000-755.000

Jacob’s Creeek Chardonnay

Penasaran dengan rasa White Wine? Sebagai permulaan, cobain dulu deh Orlando Jacob’s Creek Chardonnay berukuran 750 ml ini. Dengan kandungan alkohol sebanyak 13%, wine dari bagian tenggara Australia.

Dari namanya sudah terlihat, wine ini menggunakan anggur blend tipe Chardonnay. Jacob’s Creek Chardonnay banyak dicari karena memiliki rasa dan aroma yang istimewa. Ini karena perpaduan melon dan jeruk yang bikin semangat, menjadikannya bisa dimakan dengan makanan pedas.

Harga Rp. 315.000-320.000

Sweet Wine Italy Luzzatto Vineyard Langhe Nebbiolo

Wine Italia satu ini jelas tidak boleh terlewatkan dari daftar belanjamu, karena rasanya yang manis dan nikmat! Sweet Wine Italy Luzzatto Vineyard Langhe Nebbiolo difermentasikan sebagian di Alessandria, Italia. Anggur yang digunakan, Nebbiolo, merupakan anggur merah bermutu Piedmont yang memiliki tingkat asam tinggi dan menjadi tipe anggur spesial.

Selain itu, Nebbiolo cenderung berubah warna dalam hitungan tahun, dari warna ungu menjadi oranye. Menarik, kan? Luzzatto Langhe Chardonnay diproduksi oleh Luzzatto pada 2019, sebuah white wine yang mengandung alkohol hingga 13%. Cocok untuk kamu minum bersama salmon serta keju crescenza.

Harga Rp. 759.000-759.000

Sababay Ludisia Sweet Red Wine

Minuman jenis red wine satu ini bisa kamu dapatkan di Indonesia. Dalam ukuran 750 ml, Sababay Ludisia Sweet Red Wine berisi kandungan anggur jenis Shiraz dan Alphonse Lavalèe. Ini membuat wine tersebut menghasillkan aroma kurma, permen ceri, dan buah ara.

Sababay Ludisia merupakan anggur merah nomor satu yang ditabur spesial pada musim kemarau. Dengan kadar alkohol 12,5%, red wine ini dipilih berkat kelembutannya serta intensitas rasa buah. Warna merah gelapnya didapatkan dari cokelat, kayu manis, dan buket apricot di dalamnya.

Soal rasa, Sababay Ludisia Sweet Red Wine siap memberikan nuansa manis, lembut, dan sedap. Paling pas diminum bersama pasta atau pizza dengan tomat yang banyak, yummy! Jangan lupa, sajikanlah anggur ini dalam suhu dingin, bisa juga dengan suhu kamar biasa.

Harga Rp. 230.000-337.500

Wine Spain Vina Albali

Pernah dengar nggak sih, ada wine dengan sentuhan herbal yang membuat rasanya lebih nikmat dari wine biasa? Yap, ini dia Wine Spain Vina Albali yang merupakan wine organik dari negeri Spanyol dengan kadar alkohol 13%. Wine berwarna merah ceri ini memiliki aroma khas buah dan bunga nan lembut seperti stroberi.

Wine Spain Vina Albali diproduksi dari anggur berjenis Tempranillo, sehingga menghasilkan warna lemon yang kuning pucat. Sedikit efek herbalnya datang dari perpaduan jeruk, aprikot, dan persik yang menguarkan kesegaran alami. Paling enak sih diminum sambil makan daging sapi panggang. Duh, gimana nggak ngiler coba?

Harga Rp. 388.000-523.000

Pink Blossom Wine

Siapa yang bisa menolak nikmatnya wine berkualitas terbaik macam Sababay Pink Blossom Wine? Aromanya yang kental dengan bau apel merah, raspberry, dan bunga ini merupakan perpaduan anggur jenis Alphonse Lavallee dengan Muscat Saint Vallier. Di dalam 750 ml wine tersebut terkandung rasa buah ceri dan raspberry dengan kadar alkohol mencapai 12%.

Sababay Pink Blossom Wine cocok dikonsumsi dengan makanan berbahan unggas, misalnya sate lilit, ayam kuning, atau makanan dari ikan seperti ikan tuna atau salmon. Atau, kamu dapat meminumnya dengan ditemani santapan berupa daging maupun gazpacho. Yakin, nggak penasaran mencoba Sababay Pink Blossom Wine?

Harga Rp. 173.000-250.000

Mascetti Port Wine

Wine asli dari Gianyar bernama Mascetti Port Style Wine ini merupakan minuman wine unggulan. Inovasi anggur manis berukuran 750 ml tersebut menghasilkan cita rasa baru nan unik berkat bertemunya anggur tipe Shiraz, anggur idola dari Australia dengan Alphonse Lavallee, anggur hitam yang dikembangkan di area Bali Utara. Kombinasi lokal dan mancanegara ini sayang buat dilewatkan, kan?

Dulunya, minuman Port dibuat hanya di Portugal Utama, tepatnya daerah Lembah Duoro. Kini, wilayah Asia termasuk Indonesia turut mengembangkan minuman jenis Port. Ini karena, Indonesia telah menjadi daerah tujuan wisata bagi turis dari seluruh dunia.

Minuman wine Mascetti punya warna ungu yang pekat dengan sentuhan permata rubi. Rasa dark chocolate dan rempahnya berpadu memberikan nuansa manis disertai kesegaran yang menggoda. Nah, Mascetti Port Wine akan cocok jika dinikmati dengan dessert atau keju. Kamu juga dapat meminumnya sambil santai sore-sore di rumah.

Harga Rp. 473.000-750.000

J&W Non Alcholic White Wine 750ml

Semua yang dikonsumsi secara berlebihan jelas berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk minuman wine. Tapi wine satu ini telah diracik tanpa alkohol, dan mempunyai manfaat yang dibutuhkan oleh badan kita. Yap, ini dia J&W Non Alcoholic White Wine 750 ml, sebuah minuman wine yang dibuat dari anggur putih.

Soal rasa, minuman wine yang didatangkan dari Navarra, Spanyol ini siap memberikan rasa segar dan sedap di mulut. Apalagi, anggur putih sebagai bahan dasar J&W Non Alcholic White Wine 750ml mengandung antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari beragam penyakit. Wah, kapan lagi minum minuman wine yang enak dan menyehatkan?

Harga Rp. 134.000-169.000

Fellinger Royal Pure

Minuman wine yang bebas alkohol juga bisa kamu temukan dalam 750 ml wine Fellinger Royal Pure. Diproduksi dari buah-buah anggur bermutu terbaik yang telah matang sempurna, membuat minuman ini memiliki cita rasa unik dan mewah. Tidak hanya itu, Fellinger Royal Pure juga dipadukan dengan vitalitas yang halus.

Penyuka wine jelas tidak boleh melewatkan Fellinger Royal Pure yang dibuat khusus untuk kamu para penikmat hidup! Minuman wine yang dikembangkan di Austria ini jelas inovasi terbaru yang menjadikan pengalaman minum anggur tidak lagi sama. Penasaran, kan? Kapan lagi bisa minum wine tanpa perlu mengkhawatirkan kandungan alkohol yang tinggi?

Harga Rp. 205.000-942.000
From our editorial team

Anggur yang berkualitas akan meningkatkan kualitas hubungan

Rekomendasi anggur-anggur di atas adalah yang terbaik untuk memaksimalkan kualitas hubunganmu dengan pasangan. Jadi, jangan mengacaukan momen indahmu dengan anggur seadanya ya!