Berlibur ke Solo? Ini Rekomendasi 10+ Hotel Terbaik dan Terjangkau yang Wajib Kamu Coba Tahun Ini! (2018)

Berlibur ke Solo? Ini Rekomendasi 10+ Hotel Terbaik dan Terjangkau yang Wajib Kamu Coba Tahun Ini! (2018)

Kota Solo merupakan salah satu destinasi wisata favorit pecinta seni dan budaya. Kesenian yang beragam dan kebudayaan yang kental menjadikan Anda perlu mencatat kota ini dalam daftar kunjungan Anda.

Solo, The Spirit Of Java yang Memiliki Beragam Budaya dan Tempat Wisata

Jika liburan besok kamu memutuskan untuk ke Solo, bagus banget tuh. Bergelar The Spirit of Java, Solo merupakan jiwa dari masyarakat Jawa. Solo merepresentasikan Jawa sesungguhnya. Sebagai kota dengan ragam budaya, kota Solo juga menyimpan banyak tempat wisata yang apik.

Kota Solo usianya hampir 250 tahun, itulah sebabnya banyak kawasan Solo yang memiliki bangunan tua serta penuh sejarah. Saat berwisata ke Solo pasti banyak sekali tempat bersejarah yang ingin kamu kunjungi bersama keluarga dan teman. Menyimpan beraneka keragaman budaya Jawa, Solo juga masih memiliki keraton yang hingga kini masih berfungsi. Salah satunya Keraton Mangkunegaran yang berada di Solo utara. Keraton ini sering digunakan untuk upacara adat 1 Syawal.

Tempat Wisata di Solo yang Bisa Dijadikan Rekomendasi

Taman Balekambang

Sumber gambar tribunnews.com

Nih salah satu tempat wisata yang bisa jadi rekomendasi kamu kala ke Solo, Taman Balekambang. Sore sore emang paling asyik duduk duduk dan menikmati hawa dan pemandangan kota. Semua kegiatan ini bisa kamu lakukan di Taman Balekambang Solo.

Lokasi taman ini ada di jalan Ahmad Yani di sebelah utara Solo. Ada banyak pohon rindang di sini sehingga suasana sejuk dan adem sangat terasa. Masuk ke taman ini gratis loh karena kamu cukup bayar parkirnya saja. Di taman ini kamu bisa melakukan flying fox yang disediakan. Kalau lapar tak perlu bingung karena ada deretan stand makanan di taman ini.

Pandawa Water World

Sumber gambar klikhotel.com

Mau main air saat liburan di Solo? Langsung sambangi saja Pandawa Water world ya. Ada ragam permainan air seru serta menantang di sini. Kamu dijamin bakal betah di sini deh dengan segala wahana yang ada.

Lokasinya ada di Jalan Cernara Raya Solo. Desain tempat ini dibuat sesuai tokoh tokoh dalam pewayangan Pandawa. Jadi jangan heran jika banyak tokoh pewayangan tersebar di segala tempat ini. Wahana air yang ada di water world ini pun dinamakan sesuai nama tokoh pewayangan Pandawa.

Wisata air ini buka tiap hari dari pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore. Harga tiket pada weekdays adalah Rp. 80.000 sementara jika weekend sudah pasti lebih mahal yakni Rp. 100.000.

Taman Sriwedari

Sumber gambar pojokseni.com

Jangan lewatkan juga untuk melipir ke Taman Sriwedari Solo. Berlokasi di kecamatan Lawiyan Solo, taman ini dibangun sejak era Pakubuwono X. Di taman ini banyak digelar aneka tradisi hiburan malam Selikuran.

Taman ini dibuka dari pukul 10 pagi dan tutup pukul 10 malam. Untuk masuk ke taman cantik ini, kamu butuh membayar Rp. 3.000 saja. Di dalam taman terdapat Gedung Wayang Orang. Tempat tersebut menyajikan pertunjukan wayang orang seperti Mahabarata dan Ramayana.

Museum Fosil Sangiran

Sumber gambar blogika.com

Yang suka wisata sejarah jangan lewatkan Museum Fosil di Sangiran ya. Museum Purbakala Solo ini lokasinya di desa Krikilan Kalijambe Sragen. Luas museum ini mencapai 56 km persegi. Dengan mendatangi museum ini kamu tak hanya belajar sejarah namun juga mendapat ilmu mengenai antropologi dan geologi serta biologi dan paleoantropologi.

Kamu bisa melihat gambaran manusia di masa lampau di awal kemunculannya. Museum ini tentu sangat bermanfaat bagi para masyarakat dan para pelajar yang ingin belajar mengenai fosil manusia dan hasil budaya jaman dahulu. Proses evolusi manusia digambarkan secara jelas di museum ini.

Di dalam museum bergaya joglo ini ada beragam ruang. Mulai dari ruang pameran dan aula. Ada pula ruang perpustakaan dan laboratorium serta ruang audio visual tempat pemutaran film manusia prasejarah. Selain itu fasilitas di sini juga lengkap dari area parkir hingga mushola dan toilet.

Rekomendasi Terbaik Hotel Solo yang Bisa Dijadikan Pilihan

Best Western Premier Solo Baru

Sumber gambar traveloka.com

Sesuai nama yang diberikan untuk hotel ini, penginapan ini benar benar the best untuk fasilitas serta layanannya. Cocok buat kamu yang ingin berlibur dengan super nyaman dan tenang. Selain itu bagi yang sedang dalam perjalanan bisnis pun dijamin senang karena hotel menyediakan fasilitas rapat serta WiFi untuk dipergunakan.

Lokasi hotel ada di tengah kota sehingga sangat strategis. Tepatnya ada di jalan Ir. Sukarno Nampan Madegondo di Sukoharjo Solo. Hotel ono sangat dekat dengan Hartono LifeStyle Mall dan juga The Park Solo Super Mall. Dekat pula dengan pusat Grosir Solo dan Benteng Trade Center.

Ada 6 tipe kamar yang disediakan dengan harga mulai Rp. 660.000. Fasilitas yang didapat meliputi penukaran mata uang dan ATM, ada pula tempat penitipan bayi dan pertokoan hingga restoran dan kolam renang outdoor. Ada pusat gym dan tempat spa hingga tempat bilyar yang disediakan.

Lorin Solo Hotel

Sumber gambar agoda.com

Berlibur di Solo sebaiknya menginap di hotel yang paham akan kebutuhan kamu. Seperti Lorin Solo hotel ini misalnya. Penginapan ini sangat bergaya mewah dengan laguna berkilau dan juga kebun bunga yang cantik. Berada di jalan Adi Sucipto sangat dekat dengan Bandara dan pusat kota Solo. Hanya 8 menit saja untuk menuju pusat perbelanjaan dan pusat bisnis.

Ada 359 kamar yang tersedia dengan 4 tipe kamar dan bungalow. Semuanya menghadap ke kebun atau ke laguna. Sedang untuk bungalownya memiliki dua kamar tidur serta spa pribadi. Penginapan bintang 5 ini benar benar akan memanjakan liburan kamu karena kamarnya bebas rokok.

Segera klik situs booking dan dapatkan kamar di penginapan ini dengan harga mulai dari Rp. 400.000. Fasilitas kamarnya meliputi TV dan minibar serta kulkas. Ada AC dan pembuat the serta perlengkapan mandi lengkap.

Syariah Hotel Solo

Sumber gambar syariahhotelsolo.com

Berlokasi di jalan Adi Sucipto 47 Solo hotel ini terbilang strategis. Ini karena lokasinya hanya 5 menit saja dari Bandara dan hanya butuh 10 menit menuju pusat belanja. Penginapan 12 lantai ini memiliki 378 kamar dengan desain minimalis modern. Ada 4 tipe kamar dan 3 ballroom serta ruang pertemuan yang bisa menampung hingga 700 orang.

Menginap di sini kamu tak perlu repot cari makan karena sudah ada restoran yang menyajikan aneka makanan halal. Selain itu tak perlu khawatir jika ingin beribadah karena mushola sudah disediakan pada tiap lantai gedung.

Menginap di sini bisa langsung booking lewat situs syariahhotelsolo.com. Harga kamar per malamnya mulai dari Rp. 800.000. Fasilitas kamarnya pun lengkap mulai dari WiFi dan TV serta AC. Kamar mandi shower lengkap dengan peralatan mandi dan lain sebagainya.

Kusuma Sahid Prince Hotel

Sumber gambar sahidhotels.com

Ada cerita menarik dibalik setiap bangunan. Begitu pula dengan bangunan penginapan satu ini. Konon dulunya hotel ini merupakan kediaman pangeran namun kini sudah diperbarui untuk beberapa bagiannya. Kendati direnovasi namun nilai filosofis Jawa masih kental dipertahankan pada bangunan ini.

Sebagai hotel paling dikenal di Solo, hotel ini berada di kawasan pusat kebudayaan Jawa yang berharga. Ada 6 tipe kamar yang disediakan dan bisa dipesan melalui situs misteraladin.com. Harga yang dipatok mulai dari Rp. 750.000.

Berbagai fasilitas bisa kamu dapat di hotel bintang 5 ini. Semua fasilitasnya menarik dan tentu membuat kamu tak bisa melupakan liburanmu di Solo. Beragam tradisi dan kebudayaan Jawa tergambar di setiap sudut hotelnya.

Aston Solo Hotel

Sumber gambar booking.com

Lokasi hotel ada di jalan Slamet Riyadi 373 dan ada di pusat kegiatan bisnis Solo. Tepatnya ada di kawasan pusat batik Laweyan. Dekat dengan Kasunanan dan juga keraton Mangkunegara. Penginapan ini menawarkan 168 kamar dalam 5 tipe ruangan. Kamu bisa membookingnya lewat situs astonhotelinternasional.com.

Harga menginapnya di sini mulai dari Rp. 375.289 per malamnya. Ada beragam fasilitas yang bisa dipakai kala menginap di sini. Kamu dapat menikmati 3 ruang serba guna berkapasitas 100 orang atau ballroom yang berkapasitas 700 orang. Berkesan mewah dijamin kamu puas selama tinggal di penginapan ini.

Fasilitas yang kamu dapat untuk di kamar pun dijamin memuaskan. Ada WiFi hingga AC dan TV yang bisa dimanfaatkan. Kamu juga bisa menggunakan shower dan peralatan mandi yang tersedia.

Horison Aziza Solo

Sumber gambar pegipegi.com

Menginap di luar kota bukan perkara sepele. Jika salah pilih penginapan bisa berakibat fatal juga pada liburan. Mood jadi rusak dan liburan jadi tak lagi menyenangkan. Yuk pilih yang pasti nyaman saja karena ada Hotel Horison Aziza Syariah yang cocok untuk liburan kamu.

Hanya 15 menit saja dari stasiun dan 30 menit dari bandara. Kamu bisa booking kamar di sini lewat situs misteraladin.com dengan harga kamar mulai Rp. 321.321. Fasilitas hotel dijamin memuaskan dengan akomodasi yang nyaman.

Ada 3 tipe kamar yang ditawarkan di penginapan ini. Ada coffee shop yang juga menyediakan aneka hidangan khas Indonesia dan Barat serta ada pula hidangan khas Timur Tengah. Bisa juga ke Luwes Supermarket yang menyediakan segala kebutuhanmu. Fasilitas kamar pun lengkap ada WiFi dan juga brankas serta meja yang disediakan dalam kamar. Ada pembuat teh sampai AC dan TV dalam kamar.

The Alana Solo Hotel & Convention Center

Sumber gambar agoda.com

Hanya berjarak 15 menit saja dari Bandara Adi Sumarmo kamu bisa menemukan hotel Alana ini. Dekat dengan Keraton Mangkunegara bagi kamu yang sedang ingin mempelajari sejarah warisan dari Jawa Tengah. Dekat pula dengan kampung batik Laweyan bagi yang suka belanja batik.

Ada 5 tipe kamar yang bisa dipesan di hotel ini melalui website alanahotel.com. Harga kamar mulai dari Rp. 406.600 per malamnya. Ada beragam fasilitas termasuk 5 ruang rapat hingga ballroom mewah yang bisa mencakup 1000 tamu.

Ada 247 kamar yang tersedia dengan fasilitas modern yang bikin nyaman. Kamu bisa menikmati spa dan kolam renang outdoor maupun indoornya. Ada fasilitas pijat dan gym selain binatu juga.

Grand Sae Boutique Hotel

Sumber gambar tripadvisor.com

Sekitar 5 menit saja dari pusat kota Solo kamu akan menemukan Grand Sae Boutique hotel ini. Dekat dengan beberapa akses tempat wisata dan pusat bisnis memudahkan liburan dan perjalanan bisnismu. Ada 45 kamar yang tersedia dalam penginapan ini.

Ada fasilitas lengkap yang ditawarkan hotel seperti bar dan restoran. Selain itu ada smoking arena dan kebun serta balkon dan elevator. Ada AC dan pusat kebugaran selain kolam renang dan juga meeting room. Ada pula laundry hingga WiFi di seluruh arena hotel. Kamu bisa pesan kamar di hotel ini melalui agoda dengan harga kamar mulai dari Rp. 264.463.

Hotel Sahid Jaya Solo

Sumber gambar sahidhotels.com

Lokasinya strategis bikin hotel ini tak pernah sepi pengunjung. Siapapun yang pernah menginap di hotel ini pasti mengetahui kualitas hotel yang memang nomor satu dan pasti tak akan ragu untuk kembali menginap di sini.

Berdiri sejak 1965, hotel seluas 3000 meter persegi ini semua kamarnya luas. Ada fasilitas mulai kolam renang dan WiFi serta AC. Ada 3 tipe kamar yang disediakan dengan harga mulai Rp. 375.000. Kualitas pelayanan cukup baik dengan staff yang ramah. Restorannya menyajikan aneka hidangan lezat dan pusat kebugarannya siap membantumu berolahraga maksimal meski tengah liburan.

Swiss-Belinn Saripetojo Solo

Sumber gambar swiss-belinn.com

Ada di jalan Slamet Riyadi yang merupakan salah satu jalan utama kota Solo menjadikan lokasi hotel Strategis. Dekat beberapa tempat wisata membuat hotel ini jadi penginapan favorit pelancong. Dulunya hotel ini adalah pabrik es di jaman Belanda pada tahun 1919. Hanya 20 menit dari Bandara dan 10 menit dari Stasiun.

Ada 4 tipe kamar yang disediakan dengan harga mulai dari Rp. 377.000. Fasilitas menarik pun ditawarkan di sini. Ada WiFi dan toko cindera mata hingga layanan kebersihan harian. Ada sauna dan kolam renang hingga tempat pijat dan gym.

From our editorial team

Ke Solo, Berwisata Asyik dan Tambah Wawasan

Solo memiliki daya tarik eksklusif dan eksotik. Budaya yang kental, masyarakat yang ramah serta peninggalan sejarah yang memukau tentu menjadi faktor utama kenapa Anda harus ke Solo. Urusan menginap? Gampang! Rekomendasi hotel dari BP-Guide di atas akan memberi kenyamanan ekstra dan fasilitas yang super lengkap untuk Anda.

Tag