Amankan Kaki dari Cedera dengan 10 Rekomendasi Ankle Support Berikut (2021)

Amankan Kaki dari Cedera dengan 10 Rekomendasi Ankle Support Berikut (2021)

Saat pergelangan kaki cedera, kita memang jadi kesulitan untuk beraktivitas. Jangankan beraktivitas seperti olahraga, untuk berjalan pun kadang kita kesulitan. Nah, jika kamu sedang cedera, kamu bisa memakai ankle support. Ini bisa membantu kamu beraktivitas lebih baik meski pergelangan kaki kamu sedang tidak baik-baik saja. Nah, intip tips memilihnya dan juga rekomendasinya dari kami!

Jangan Lupa Gunakan Ankle Support untuk Olahraga Berat

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Sebagian dari kita lebih suka melakukan olahraga ringan seperti jogging, berjalan kaki, berenang, dan lain sebagainya. Namun, ada juga yang lebih suka melakukan olahraga yang berat dan membutuhkan kecepatan dan kecekatan seperti basket, badminton, tenis, dan lain sebagainya.

Ketika melakukan olahraga yang berat, tidak menutup kemungkinan kita bisa terluka, umumnya pada area ankle atau pergelangan kaki. Ini tentu berbahaya, maka dari itu, ada baiknya kita memakai ankle support agar olahraga lebih nyaman dan aman.

Ankle support tidak hanya bisa digunakan untuk melindungki ankle kaki saja. Alat ini juga bisa digunakan saat kita sedang cedera pada bagian sendi pergelangan kaki. Dengan begini, kita bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman.

Ankle support hadir untuk mencegah pergelangan kaki berguling ke kedua sisi selama beraktivitas. Alat ini juga bisa mencegah kaki cedera lebih serius. Kinerja kamu bisa lebih meningkat dengan pelindung pergelangan kaki ini.

Tips Memilih Ankle Support

Pilih Bahannya

Saat memilih ankle support, kamu perlu memilih bahannya dahulu. Umumnya anke support terbuat dari bahan neoprene. Bahan ini memiliki karakteristik lembut di kulit dan elastis. Ini membuat kulit kaki lebih nyaman saat memakainya. Bahan ini mampu menjaga panas di area pergelangan kaki. Hasilnya, kaki terasa seolah sedang dipakaikan koyok hangat dan membuat area yang cedera jadi nyaman.

Kamu boleh juga melirik ankle support dengan bahan yang breathable. Bahan semacam ini bisa membuat kaki terasa adem karena sirkulasi udara kaki bisa berjalan lancar. Ini bikin kamu betah memakainya seharian penuh.

Ada juga bahan spandek atau lycra yang kerap digunakan sebagai bahan ankle support. Kedua bahan ini cukup ringan dan stretch sehingga nyaman juga dipakai untuk kaki.

Perhatikan Ukuran

Kamu juga wajib mengecek ukuran ankle support yang akan kamu gunakan. Ini karena ankle support hadir dengan aneka ukuran yang berbeda. Kamu bisa memilih yang ukurannya ketat sehingga gerakan pergelangan kaki kamu terbatas. Meski demikian, pastikan jangan terlalu ketat sampai peredaran darah kamu jadi terhambat, ya. Kamu boleh juga memakai yang tidak terlalu ketat jika masih ingin lebih leluasa bergerak.

Kamu bisa pilih model strap yang bisa disesuaikan dengan mudah kekencangannya. Lalu ada juga yang memiliki ukuran dari S hingga L. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kaki kamu.

Cek Tipenya

Kamu wajib tahu juga bahwa ankle support terdiri dari berbagai tipe. Tipenya juga mempengaruhi tipe perlindungannya.

Yang pertama, ada tipe ankle brace. Tipe yang satu ini bisa mempercepat kaki pulih dari cedera dan membatasi gerakan pergelangan kaki. Ini cocok untuk kaki yang sedang cedera ringan seperti memar, salah pijakan, dan lainnya. Tipe ini memiliki strap berbahan velcro. Ini membuat kamu bisa mengatur kekencangannya sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, ada tipe ankle support sleeve. Modelnya mirip kaos kaki. Umumnya tipe ini digunakan untuk mencegah terjadinya cedera. Produk ini juga bisa meminimalkan risiko cedera lama kambuh dan memberikan perlindungan ringan hingga sedang. Dengan memakai tipe ini maka kamu bisa lebih nyaman untuk berlari, berjalan, bahkan melompat.

Lainnya, ada tipe ankle brace. Hampir sama dengan ankle support pada umumnya, bedanya adalah tipe ini dilengkapi dengan tali. Bentuknya mirip seperti high top sneakers. Produk ini bisa memberikan perlindungan yang lebih bagus. Tipe ankle support ini ditujukan untuk penyembuhan cedera dengan tingkat lebih parah.

Ini Loh Ankle Support yang Bisa Kamu Gunakan

Neomed Neo Ankle Helper JC-015

Neomed Neo Ankle Helper JC-015 merupakan pilihan pertama kami. Ankle support yang satu ini terbuat dari bahan kain yang super lembut. Bahannya juga elastis sehingga tidak akan mengganggu peredaran darah dan bisa memberikan dukungan yang fleksibel. Kulit pun tidak mudah alergi saat memakainya.

Uniknya, ankle support ini juga hadir dengan fitur far infrared. Fitur ini mampu meringankan nyeri dan membuat darah tidak terhambat. Produk juga dilengkapi dengan double belt yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ankle support ini mudah digunakan. Kamu bisa memakainya untuk olahraga juga. Produk ini bisa digunakan pria atau wanita. Ukurannya 23 hingga 25 cm.

Harga Rp. 79.200-126.000

NIKE Ankle Sleeve Aksesoris Olahraga - Black [AP-NMS54010]

NIKE Ankle Sleeve Aksesoris Olahraga - Black AP-NMS54010 tentu tidak bisa kamu lewatkan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan poliester. Bahannya elastis sehingga bisa fleksibel digunakan. Desainnya cukup ergonomis sehingga bisa memberikan dukungan yang pas pada sendi pergelangan kaki yang lemah. Produk ini juga bisa mencegah kaku saat cedera. Ada juga teknologi DRI Fit yang bikin produk mudah kering dan cepat menyerap keringat. Aliran udara tetap lancar jadi kaki terasa sejuk. Ada ukuran M yakni 15 sampai 17 cm yang bisa dipilih.

Harga Rp. 115.000-389.350

YONEX Neoprene Ankle Support SRG721

YONEX Neoprene Ankle Support SRG721 memiliki pilihan warna yang netral sehingga nyaman digunakan. Terbuat dari bahan paduan foam, nilon, dan rubber, produk ini begitu elastis dan nyaman digunakan. Desainnya sporty dan ergonomis bikin kamu lebih percaya diri memakainya saat berolahraga. Ankle support ini bisa melindungi pergelangan kaki secara maksimal saat kamu melakukan gerakan yang ekstrim. Ini bisa mencegah terjadinya cedera pada kaki. Produk tersedia dalam ukuran S hingga XL.

Harga Rp. 99.000-168.000

Family Dr. Ankle Support Basic

Family Dr. Ankle Support Basic juga bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk ini akan melindungi telapak kaki dari risiko cedera karena latihan fisik. Selain itu, produk juga bisa melindungi otot kaki. Ankle support ini mudah digunakan dan bisa mendukungmu melakukan aneka jenis olahraga. Produk ini desainnya ergonomis dan elastis sehingga bisa mendukung gerakan secara fleksibel.

Ankle support ini terbuat dari bahan berkualitas terbaik dari Korea. Bahannya adalah paduan katun dan poliester yang bisa memberikan sensasi lembut pada kaki. Bahannya juga tidak menimbulkan efek alergi pada kulit kaki. Ada ukuran M yakni 20 hingga 25 cm yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 118.400-232.000

Ankle Protector Naturehike NH20HJ007 Sport Ankle Support

Ankle Protector Naturehike NH20HJ007 Sport Ankle Support wajib kamu pilih. Produk ini bisa melindungi pergelangan kaki saat berolahraga. Kamu bisa juga memakainya untuk mencegah kaki dari cedera lebih lanjut. Terbuat dari bahan paduan spandek, mesh, dan katun, produk ini empuk, lembut, dan nyaman di kaki. Bahannya breathable sehingga kaki tetap terasa sejuk memakainya. Bahannya juga antibakteri sehingga tidak bau saat digunakan dalam waktu lama. Sirkulasi udara berjalan lancar jadi tidak akan bikin kaki alergi atau infeksi.

Produk ini memiliki ukuran M hingga L. Ankle support ini desainnya mudah digunakan. Ada velcro yang bisa disesuaikan. Produknya kuat dan tahan lama karena jahitannya juga kuat sehingga tidak mudah rusak.

Harga Rp. 96.000-180.000

OPPO 1001 Ankle Support

OPPO 1001 Ankle Support cocok untuk meredakan rasa sakit pada pergelangan kaki. Contohnya adalah keseleo, strain, kekakuan, dan lain sebagainya. Ankle support ini akan memberikan kompresi untuk pergelangan kaki yang lemah. Kamu bisa memakainya guna membantu penyembuhan pergelangan kaki. Desainnya modern dengan tumit dan ujung kaki terbuka. Produk ini hadir dalam ukuran S hingga XL.

Harga Rp. 92.000-195.000

Aolikes Ankle Wrap Sleeves 7528

Aolikes Ankle Wrap Sleeves 7528 menjadi produk andalan kami selanjutnya. Produk yang satu ini akan memberikan kompresi maksimum saat digunakan. Kamu bisa memakainya saat berolahraga. Produk ini bisa memulihkan ankle yang cedera atau bisa juga mencegah ankle cedera saat berolahraga. Ankle support ini hadir dalam ukuran all size. Kamu bisa mengatur ukuran sesuai kebutuhan. Ini karena ada strap berbentuk perban untuk mengencangkan ikatannya.

Harga Rp. 76.000-190.000

Ankle Support LP 704 Neoprene

Ankle Support LP 704 Neoprene terbuat dari bahan closed cell neoprene foam dan stretch nylon. Paduan kedua bahan tersebut membuat ankle support ini nyaman digunakan. Bahannya adem dan tidak bikin iritasi sehingga kamu tetap nyaman memakainya dalam waktu lama. Ada ukuran S hingga XL yang tersedia. Kamu bisa memakainya saat berolahraga agar tidak cedera. Produk juga cocok untuk membuat cedera tidak makin parah.

Harga Rp. 103.000-149.000

Liton Ankle Support

Liton Ankle Support merupakan produk yang bisa melindungi pergelangan kaki dengan maksimal. Terbuat dari bahan katun elastis, produk ini cocok juga digunakan pada tahap penyembuhan setelah cedera. Modelnya wrap around sehingga bisa membungkus kaki dengan baik. Kamu jadi lebih aman dan nyaman bergerak. Dalam satu paket terdiri dari 2 buah pelindung pergelangan kaki.

Harga Rp. 9.000-45.000

Aolikes Ankle Elastic 7130

Aolikes Ankle Elastic 7130 ini merupakan produk yang mudah digunakan. Ada strap velcro yang bisa disesuaikan. Produk ini dibanderol dengan harga terjangkau sehingga tidak bikin kantong bolong. Modelnya simpel dan cocok untuk membantu aneka jenis olahraga yang kamu lakukan. Tingkat perlindungannya ringan hingga menengah. Ada ukuran M dan L yang tersedia. Bahannya dari kombinasi nilon, neoprene, SBR, dan katun. Kombinasi bahan tersebut membuat ankle support ini nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 48.000-150.000
From our editorial team

Pilih Ankle Support dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Bagi kamu yang ingin melindungi pergelangan kaki atau sedang dalam masa penyembuhan di bagian pergelangan kaki, sebaiknya memang memakai ankle support. Dalam memilihnya, pastikan kamu memilih bahan yang sirkulasi udaranya baik. Ankle support dengan bahan sirkulasi udara baik bisa bikin kaki tidak mudah berkeringat, tidak bau, dan tidak iritasi meski kita lama memakainya.