10 Speaker Termahal dan Berkualitas Tinggi di Dunia yang Bisa Menghasilkan Suara Jernih dan Menggelegar

10 Speaker Termahal dan Berkualitas Tinggi di Dunia yang Bisa Menghasilkan Suara Jernih dan Menggelegar

Speaker sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Dalam bekerja menggunakan komputer personal atau laptop, speaker sudah menjadi bagian yang wajib. Speaker berguna untuk mengeluarkan efek suara ketika menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game. Mungkin, pada laptop ada speaker internal. Namun, hal tersebut masih kita anggap kurang. Nah, BP Guide akan memberimu list speaker termahal dan berkualitas tinggi di dunia.

Rasakan Sensasi Mendengarkan Musik, Menonton Film, dan Bermain Game dengan Speaker

Saat ini, speaker berkualitas bagi kebanyakan orang adalah speaker yang dapat memunculkan suara yang bagus dan menggelegar, termasuk bass yang mantap untuk bermain game, mendengar musik, atau menonton film.

Bila perlu, speaker favorit tersebut adalah speaker yang sudah memiliki amplifier sehingga tidak lagi memerlukan amplifier eksternal untuk dapat menciptakan semacam "virtual surround", yakni sensasi kenikmatan hiburan yang seolah-olah nyata di depan mata.

Tidak jarang, speaker-speaker yang disebut juga dengan speaker aktif atau speaker terbaik seperti demikian termasuk dalam jajaran speaker termahal, seperti yang terdapat pada artikel BP-Guide kali ini.

Speaker Termahal Dominan Mempunyai Kualitas Suara yang sangat Bagus dan Jernih

Seperti yang tertera pada judul poin ini, kualitas suara speaker termahal yang sangat bagus, tajam, dan jernih berbanding lurus dengan harganya yang mahal. Tidak jarang, bersamaan dengan kualitas suaranya yang kaliber seperti demikian, speaker termahal juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menciptakan efek 3D dari komposisi jumlah speaker, satelit, dan subwoofer.

Berbagai speaker termahal juga hadir dalam berbagai macam kemampuan untuk menyesuaikan volume suara dengan daya baterai yang kuat sehingga membuatnya berbeda dengan kebanyakan speaker yang berada di pasaran, termasuk speaker yang abal-abal.

Ciri-ciri Speaker yang Baik Ini Perlu Kamu Ketahui

RMS Power Besar

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Kualitas atau sisi positif speaker dapat dilihat pada daya root mean square atau yang disebut juga dengan RMS power yang besar, yakni tenaga yang dikeluarkan power amplifier untuk menghasilkan suara yang jernih pada volume tertentu hingga peak atau batas maksimal tenaga power amplifier itu sendiri.

Untuk membedakan dengan speaker yang "asbun" alias "asal bunyi", RMS power tidak hanya berbicara soal bass atau treble. Alih-alih, RMS power juga berbicara mengenai jenis power mosfet, thermal shock protection, dan lain-lain yang digunakan untuk menunjang RMS power itu sendiri saat merespons nada rendah maupun nada tinggi. Biasanya, RMS power dinyatakan dalam satuan kuadrat atau satuan tetap untuk besaran daya.

Frequency Response Lebar

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Bila kamu menemui range angka-angka dan huruf pada berbagai brosur speaker terpopuler, maka itulah yang disebut dengan frequency response yang menggambarkan karakteristik dan potensi maksimum speaker dalam merespons atau menghasilkan suara.

Frequency response ini untuk selanjutnya dibagi lagi menjadi 2 tolok ukur yang berbeda, yakni tonal dan dispersi suara, yang selanjutnya akan memengaruhi "sweet spot" atau suara terbaik dari speaker itu sendiri.

Bila speaker terbaik memiliki frequency response yang lebar, maka suara akan terdengar alamiah atau natural, punchy, tajam, dan jauh dari kesan membosankan atau dull. Jadi, speaker dengan frequency response yang lebar tidak akan membahayakan telinga kamu yang mendengarkan suara darinya.

Signal to Noise Ratio yang Tinggi

Sumber gambar www.indogamers.com

Signal to Noise Ratio, atau yang disebut juga dengan nilai SNR, merupakan parameter speaker yang mengukur kemampuan speaker tersebut dalam menangani intervensi noise atau clipping distorsi. Keduanya berkaitan erat dengan masalah loss signal dalam sebuah speaker. Idealnya, semakin besar atau tinggi nilai SNR pada sebuah speaker, maka sebuah speaker tersebut lebih dekat sebutannya dengan speaker terbaik atau speaker berkualitas.

Selain itu, speaker-speaker terbaik ber-SNR tinggi ini juga kerap memiliki suara yang jernih, baik saat sedang keras maupun saat sedang pelan. Tidak jarang, speaker-speaker ini menjadi favorit, termasuk untuk menjadi pendamping saat dimainkan pada musik atau game di desktop atau laptop.

THD Rendah

Sumber gambar cdn.roland.com

Nilai THD yang mengukur kemurnian sinyal audio dari sebuah speaker merupakan satu lagi patokan bagi kamu untuk mengetahui dan membedakan antara speaker-speaker terbaik dan terpopuler dengan speaker yang abal-abal.

Banyak speaker favorit memiliki nilai THD 0,1% atau kurang yang menunjukkan kemampuannya untuk menghasilkan suara yang jernih, bersih, murni, atau semakin dekat dengan bebas distorsi. Sementara itu, speaker-speaker lain memiliki THD 2% atau lebih sehingga suara yang dihasilkan cenderung banyak distorsi yang membuatnya tidak nyaman untuk didengarkan dalam jangka panjang.

Memiliki Support Surround Sound Technology

Sumber gambar ksr-ugc.imgix.net

Biasanya, speaker terpopuler yang memiliki teknologi surround sound recorder adalah speaker individual. Dukungan teknologi yang disebut juga dengan surround sound ini membuat speaker terbaik mampu menghasilkan suara yang ambient seperti yang ada pada kebanyakan bioskop.

Teknologi surround sound yang terdapat pada speaker terbaik ini juga mampu menghasilkan efek sound expertise sebesar 360 derajat yang memungkinkan suara bass dan treble dapat terdengar secara menyeluruh dan realistis hingga ke dinding dan langit-langit ruangan.

Adanya dukungan surround sound technology atau teknologi surround sound semacam ini juga membantu memperjelas kedalaman suara dan pitch dari speaker yang bersangkutan. Hal ini membuat speaker-speaker terbaik dengan surround sound technology cocok dipasangkan dengan speaker lain, seperti speaker jenis bookshelf.

Memiliki Magnetic Shield

Sumber gambar assets.bmdstatic.com

Magnetic shield, atau pelindung magnet dalam speaker yang sering terdapat pada subwoofer, merupakan satu lagi parameter yang dapat kamu gunakan untuk menilai apakah speaker tersebut benar-benar speaker terbaik.

Adanya magnetic shield pada subwoofer speaker dapat dibuktikan dengan meletakkan speaker di dekat monitor, dan melihatnya apakah speaker tersebut cepat rusak atau tidak dalam jangka waktu yang panjang. Bila speaker dapat tahan di dekat monitor dalam jangka waktu yang panjang, maka sudah pasti itu adalah speaker termahal yang terbaik dan memiliki magnetic shield di dalam subwoofer-nya.

Beberapa Speaker Ini Mempunyai Harga yang Termahal

Wilson Audio Alexandria XLF

Sumber gambar www.theaudiobeat.com

Wilson Audio Alexandria XLF yang dibuat oleh Dave Wilson ini menyadari betul tujuan pembuatan speaker termahal dengan fisik dan 14% volume yang lebih besar. Wilson Audio Alexandria XLF yang dibuat atas dasar menciptakan musik live yang ramah telinga tidak hanya mengandalkan kepatuhan atas teori-teori musik, tetapi juga terdiri atas berbagai komponen berteknologi mutakhir yang melewati proses pengujian yang ketat.

Speaker termahal ini dibanderol dengan kocek seharga Rp 2.839.809.309 pada marketplace online Paragon SNS ini adalah dinding kabinet yang tebal dengan teknologi manajemen suara bass yang pasif, tapi unik dan memiliki kontras yang dinamis.

Karena itu, speaker yang ambisius ini memiliki bass yang mendalam dan linieritas yang besar sehingga mampu menciptakan suara yang harmonis dan terdengar begitu nyata pada telinga rata-rata pendengarnya.

Magico Ultimate

Sumber gambar 1.bp.blogspot.com

Satu lagi deretan speaker termahal yang dibuat secara ambisius adalah Magico Ultimate, di mana speaker termahal berdesain seri "Blade Runner" ini memiliki megafon, horn, dan amplifier yang lebih dari sekadar speaker konvensional. Naturnya yang berat berbanding lurus dengan frekuensi bass yang dalam dan dapat dihasilkan oleh woofer-nya.

Perbandingan 1:1 pada struktur sistem horn speaker yang diusung Magico Ultimate juga membuat speaker termahal seharga Rp 170.674.921 hingga Rp 8.127.377.199 ini menjadi speaker yang seimbang dalam segalanya. Karena harganya yang sangat mahal dan dukungan teknologinya yang kuat seperti demikian, maka speaker Magico Ultimate hanya diproduksi untuk jumlah yang terbatas.

Ultimate by Transmission Audio

Sumber gambar images.cdn.whathifi.com

Sebagai salah satu speaker terpopuler yang masuk jajaran speaker termahal, speaker Ultimate by Transmission Audio dengan teknologi reproduksi audio lewat pita HF dan HF-midrange menjadi salah satu speaker yang sanggup menghasilkan bunyi dentuman yang mantap.

Kedua woofer dan subwoofer serta LR mirror array yang dimiliki aneka seri speaker Ultimate by Transmission Audio dapat menciptakan sensasi musik yang spektakuler laksana bioskop yang langsung hadir di dalam rumah.

Suasana panggung suara yang dihasilkan speaker termahal seharga Rp 2.573.669.446 hingga Rp 27.091.257.330 ini juga didukung dengan power amplifier yang kuat, yakni berdaya 31.000 Watt sehingga berbagai macam efek suara yang sangat jernih dan mantap dapat kamu nikmati lewat speaker termahal ini.

Grand Enigma by Kharma

Sumber gambar i.pinimg.com

Berikutnya, speaker termahal bernama Grand Enigma dari Kharma yang dibuat pertama kali oleh Charles van Oosterum di Belanda pada 1982 ini memiliki ciri khas pada fitur-fitur mewah yang membuatnya mengalahkan emas atau berlian.

Misalnya, ada komponen loudspeaker pada seri The Kharma Exquisite Extreme Grand - Limited Edition yang tidak hanya mampu menciptakan suara yang berkualitas tinggi, tapi juga memiliki detail yang mudah dipermak sesuka hati pemiliknya.

Indahnya suara yang dihasilkan oleh seri The Kharma Exquisite Extreme Grand - Limited Edition ini tidak terlepas dari tim spesialis yang menguji produknya di sebuah gedung di Belgia sebelum dipasarkan. Harganya yang mencapai Rp 9.000.000.000 membuat speaker termahal yang unik dan spesial ini memiliki jumlah produksi yang terbatas, yakni 25 speaker.

California Audio Technology Elite

Sumber gambar www.calaudiotech.com

Dengan tinggi kira-kira 4 m dan berat masing-masing speaker sekitar 1 ton, California Audio Technology Elite menjadi merk speaker termahal sekaligus terberat yang ada.

Beratnya speaker ini ditunjang dengan cara kerja sistemnya yang juga kelas berat dan kompleks pada lengkung driver-nya yang mengerucut, woofer, dan subwoofer yang dimilikinya, termasuk pada produk MBX 10.9s46 by California Audio Technology yang termasuk dalam golongan CAT ELITE ini.

Kemampuannya untuk menghasilkan suara bass LFE yang mantap terasa hingga seluruh sudut ruangan, membuat pengalaman mendengarkan musik pada produk salah satu speaker berkualitas tinggi ini begitu menjanjikan hingga ke lantai gedung yang paling atas. Adanya prosesor sinyal digital sebagai tenaga penggerak dan fasilitas kalibrasi akustik yang terdapat pada speaker termahal seharga Rp 50.000.000 hingga Rp 5.040.000.000 ini.

Infinite Wisdom Grande Loudspeaker by Wisdom

Sumber gambar moneyinc.com

Speaker termahal yang dibangun atas dasar prinsip kebijaksanaan yang tak terbatas dan bernama Infinite Wisdom Grande Loudspeaker by Wisdom ini merupakan salah satu speaker favorit pembicara untuk mengeluarkan suara yang luar biasa jernih.

Kejernihan suara dari salah satu speaker terbaik ini ditunjang dengan pita magnetik array-nya yang bertumpuk 3 pada sistem Infinite Wisdom Grande-nya yang otentik, menjadikannya salah satu speaker yang berkualitas begitu mengilap.

Satu lagi, speaker Infinite Wisdom Grande Loudspeaker by Wisdom yang harganya dipatok di sekitar angka Rp 6.300.000.000 hingga Rp 7.467.110.270 dan berberat kira-kira 2 ton ini juga bagus dipasang pada ruangan-ruangan besar, seperti ballroom, untuk kesan yang lebih majestic seperti dalam istana.

Goldmund Epilogue

Sejak lebih dari 30 tahun lalu pada sekitar tahun 1980, speaker Goldmund Epilogue dari Goldmund selalu menunjukkan posisinya yang kuat di pasar speaker termahal dengan berbagai fiturnya yang jempolan, seperti Telos power amplifier, Kevlar driver bass yang memiliki cone beludru, dan dapat terhubung dengan berbagai port kabel yang berbeda.

Perekayasaan prosesnya yang asli dari Goldmund membuat Goldmund Epilogue sanggup menghasilkan suara berfrekuensi 20 Hz hingga 28 kHz pada tekanan 120 hingga 130 dB yang bebas distorsi.

Sistem modular pembicara yang diusung Goldmund Epilogue juga menambah garang reputasinya dalam menghadirkan pengalaman multimedia yang spektakuler. Speaker termahal yang satu ini harganya mencapai Rp 35.000.000, atau setara dengan jam tangan Swiss.

MBX 10.9s46 by California Audio Technology

Sumber gambar i1.wp.com

California Audio Technology kembali menghadirkan speaker atau sound system yang harganya selangit, yang bernama MBX 10.9s46 by California Audio Technology. Tidak hanya memiliki dukungan power amplifier yang terbaik, MBX 10.9s46 by California Audio Technology juga merupakan salah satu speaker terbaik dengan akurasi audio terbaik pada tubuhnya yang bertinggi 4 m dan berberat 1 ton.

Semua ini berkat adanya 105 campuran bahan MBX yang memenangkan berbagai macam penghargaan bergengsi yang terdapat dalam salah satu speaker termahal yang satu ini. Untuk harganya sendiri mencapai Rp 7.572.824.824.

Focal Grande Utopia BE

Sumber gambar i.ytimg.com

Sebagai speaker "top of the line" dari Focal, Perancis, Focal Grande Utopia BE memiliki gaya yang unik sekaligus konsep yang sangat fokus dalam menghasilkan suara yang jernih. Tidak hanya datang dengan kerucut berbentuk "W" dan magnet berdesain khusus, Focal Grande Utopia BE juga datang 1 set dengan sepasang tweeter, midrange, dan midbass, yang membuat penggunaan teknologi mutakhirnya begitu terasa.

Semua hal ini membuat Focal Grande Utopia BE yang dibanderol pada harga Rp 30.000.000 hingga Rp 3.000.000.000 menjadi speaker terpopuler bagi para audiophiles sejati, dan hal ini semakin terbukti dengan 6 unit speaker termahal satu ini yang terjual hingga pamerannya yang kedua.

Spharon Excalibur by Acapella Audio Arts

Sumber gambar www.acapella.de

Speaker termahal seharusnya didukung dengan teknologi yang luar biasa pula, dan Spharon Excalibur by Acapella Audio Arts yang memiliki teknologi tweeter plasma unggulan ini merupakan salah satu yang termasuk speaker terbaik sekaligus speaker termahal.

Speaker termahal yang berasal dari Acapella Audio yang didirikan pada 1978 di Duisburg, Jerman oleh Alfred Rudolf dan Herman Winters ini juga dilengkapi dengan pilar kembar dan 4 subwoofer yang mampu mentransmisikan frekuensi bass terendah sekalipun, dan didukung oleh modulasi sinyal audio yang membuat molekul udara di dalamnya bergetar dengan sempurna.

Respons frekuensinya yang memiliki rentang 20 Hz hingga 100 kHz pada kondisi dalam yang ringan juga merupakan rentang yang lebar sehingga membuatnya menjadi speaker terbaik. Harga speaker dengan 2 horn melingkar ini dipatok pada Rp 5.148.168.590.

From our editorial team

Speaker Mahal dan Berkualitas

Kualitas speaker kelas dunia bisa menghasilkan sensasi seperti menonton film di bioskop. Mungkin, sekarang uang kita belum cukup untuk membeli speaker mahal tersebut. Namun, tidak ada salahnya berharap untuk memiliki speaker mahal tersebut. Bukan begitu?