10 Rekomendasi Buku Catatan agar Agenda Harianmu semakin Teratur dan Menyenangkan (2021)

10 Rekomendasi Buku Catatan agar Agenda Harianmu semakin Teratur dan Menyenangkan (2021)

Menulis agenda harian atau materi pelajaran pada sebuah buku masih menjadi hal yang penting bagi sebagian orang. Itu sebabnya, kamu membutuhkan buku catatan terbaik agar kegitan menulis semakin menyenangkan. Yuk, simak berbagai rekomendasi buku catatan yang bisa segera kamu bawa pulang nih!

Saat Kita Belajar ataupun Bekerja, Kita Pasti Membutuhkan yang Namanya Buku Catatan

Secanggih apa pun zaman sekarang, semaju apa pun teknologi yang telah dikembangkan, tetap saja orang membutuhkan buku catatan. Bagi sebagian orang, buku catatan merupakan salah satu barang wajib yang harus dibawa ke mana pun kita pergi. Ponsel bisa saja mati, tapi buku catatan nggak perlu kamu charge ulang.

Yang jelas, perlu diketahui bahwa buku catatan memiliki peran yang penting dalam aktivitas keseharian kita. Entah kamu pekerja kantoran, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga, kehadiran buku catatan di dalam tas adalah hal penting. Kita nggak bakal tahu kapan kamu butuh menulis sebuah reminder.

Lebih dari itu, menulis isi pikiran juga penting untuk dilakukan. Aktivitas menulis akan membantumu meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir yang jernih. Lebih lengkapnya, yuk cek fungsi penting dari buku catatan di bawah ini.

Beberapa Fungsi Penting dari Sebuah Buku Catatan

Untuk Mencatat Kegiatan Keseharian Kita

Fungsi utama buku catatan dan mungkin yang paling dekat dengan kita adalah untuk mencatat kegiatan sehari-hari. Waktumu akan lebih efektif jika kamu menulis di buku catatan tentang daftar apa saja yang harus kamu lakukan dalam satu hari. Kamu juga bisa memberi tanda pada pekerjaan-pekerjaan yang telah kamu lakukan.

Dengan menulis kegiatan keseharian tersebut, kamu dapat mengontrol di akhir hari, apa yang sudah dan belum kamu lakukan. Lalu kamu ulangi dengan menulis daftar kegiatan yang harus dilakukan di hari besok, begitu seterusnya. Menyenangkan, bukan?

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan buku catatan untuk menuliskan perasaan yang kamu alami hari itu. Atau, pengalaman yang nggak bisa kamu ceritakan dengan mudah ke orang lain. Semacam buku harian gitu, deh!

Memang sih, sekarang sudah ada aplikasi canggih seperti Google Notes. Tapi dijamin, nggak ada yang mengalahkan enaknya menulis di buku catatan karena kita dapat menambahkan hiasan, gambar, dan semacamnya.

Untuk Mencatat Pelajaran

Bagi siswa ataupun mahasiswa, buku catatan berfungsi untuk membantumu mencatat pelajaran sekolah. Jangan salah sangkah, menuliskan kembali ajaran dari bapak dan ibu guru ke dalam buku catatan punya manfaat penting, lho. Menurut penelitian, menulis dengan tangan akan meningkatkan kemampuanmu untuk lebih mengingat apa yang kamu tulis.

Apalagi, dengan mencatat pelajaran sekolah di dalam buku catatan, kamu dapat menambahkan penekanan tertentu pada poin-poin yang kamu anggap penting. Kamu pun bebas menggunakan beragam pilihan warna. Untuk membantu memahami bab pelajaran, kamu juga bisa menyusun materi pelajaran ke dalam sebuah mind map yang lebih efektif untuk belajar.

Untuk Membantu Kita Bekerja

Nggak hanya pelajar kok, pekerja juga membutuhkan buku catatan. Hal ini penting untuk memudahkan pekerja menuliskan poin-poin penting terkait pekerjaannya. Misalnya, untuk menulis daftar yang perlu dilakukan setiap harinya.

Selain itu, dengan adanya buku catatan, pekerja akan lebih mudah mengevaluasi apa saja pencapaian yang berhasil dilakukan per hari. Aktivitas ini dijamin akan meningkatkan kualitas produktivitas kerjamu.

Kamu juga dapat berlatih untuk menentukan prioritas, yakni mana yang penting, tidak terlalu penting, dan tidak penting.

Kehadiran komputer dan ponsel pintar sebagai alat teknologi memang menunjang aktivitas harianmu. Namun perlu diingat, buku catatan lebih praktis dibawa kemana-mana. Setuju, kan?

Buku Catatan sebagai Sebuah Pengingat

Yap, ini dia salah satu fungsi krusial sebuah buku catatan. Kamu dapat menggunakannya sebagai memo atau pengingat bagi diri sendiri.

Bukan hanya mencatat agenda harian, buku catatan juga dapat digunakan untuk menuangkan ide-ide baru. Ini penting lho, daripada ide bagusmu lewat begitu saja dan terlupakan karena nggak dicatat?

Buku catatan memiliki beragam jenis yang perlu kamu ketahui. Semuanya memiliki fungsi masing-masing dan karakter yang berbeda. Yuk cari tahu, apa saja jenis buku catatan yang harus kamu punya untuk aktivitas keseharian?

Jenis Buku Catatan yang Harus Kamu Punya untuk Sehari-hari

Buku Tulis

Ini merupakan jenis buku catatan paling sederhana. Buku tulis berisi kertas-kertas yang disatukan dengan cara dijilid, lalu diberi cover. Buku tulis umumnya digunakan pelajar pada tingkat sekolah dasar.

Buku tulis pada dasarnya dipakai untuk mencatat seluruh materi yang disampaikan oleh guru di kelas. Ukurannya beragam, ada yang besar, kecil, tebal, dan tipis.

Cover buku tulis juga sangat beragam, mulai dari yang polos hingga bermotif kartun favorit anak-anak. Hayo, masih ingat nggak apa cover buku tulismu zaman dulu?

Notebook

Sebagaimana halnya buku tulis, notebook juga punya beragam ukuran dan ketebalan. Buku catatan jenis notebook ini seringnya dipakai untuk mencatat materi pada acara tertentu seperti seminar.

Umumnya digunakan oleh orang dewasa, meski tidak menutup kemungkinan pelajar juga dapat menggunakan buku notebook.

Beberapa orang mengartikan pengguna notebook sebagai cerminan sosok yang disiplin, patuh pada waktu, produktif, dan profesional.

Selain itu, notebook juga punya beragam tipe lagi. Ada yang didesain untuk menulis to do list atau daftar pekerjaan yang kudu kamu kerjakan dalam sehari-hari.

Binder

Jenis buku catatan satu ini banyak diminati oleh orang-orang dari beragam golongan umur. Berbeda dari buku catatan lain, binder memiliki ring pada bagian tengahnya. Di situlah kita dapat memasangkan kertas-kertas kita untuk jadi bahan catatan, mulai dari ukuran A4, A5, dan B5.

Dengan ring ini, kamu juga dapat membuang kertas yang tak dipakai dan menggantinya dengan kertas baru. Super hemat dan efisien, kan? Biasanya, kertas binder juga memiliki motif-motif yang menarik. Tentunya, kamu dapat mengisi motif kertas sesuai dengan apa yang kamu mau.

Fungsi binder sama saja dengan buku catatan biasa. Kamu dapat menuliskan apa saja di dalam kertas binder, baik itu catatan pelajaran, diary, ataupun menjadikan binder sebagai arsip tempat menyimpan foto idola-idolamu.

Keunggulan dari binder adalah, kamu bisa mendapatkan loose leaf atau isian kertas dengan mudah dan bebas mengisi ulang kertas binder kapan saja. Selain itu, kamu juga dapat memberikan pembatas diantara satu bagian ke bagian lain sehingga catatanmu lebih terorganisir. Apalagi sekarang banyak penjual buku binder dengan cover yang bisa dipesan sesuai keinginan.

Rekomendasi Buku Catatan yang Bagus untuk Membantu Kegiatan Kita Sehari-hari

Notebook Organizer Agenda Spiral

Notebook dengan cover berbahan kulit menjadi pilihan banyak orang karena desainnya yang elegan. Dengan cover berbahan kulit sapi, buku catatanmu akan lebih tahan lama. Soalnya, kualitas cover kulit memang cukup tinggi.

Kamu bisa memilih Notebook Organizer Agenda Spiral dengan 6 cincin yang disampul dengan bahan kulit satu ini. Cover-nya berbentuk hardcover, dengan jumlah kertas mencapai 160 lembar.

Notebook dengan cover berbahan kulit PU ini menawarkan ragam pilihan warna muai dari merah, perak, merah muda, biru, hijau muda, dan emas.

Selain itu, aksesori di dalamnya sudah termasuk sampul buku kulit, kertas bagian dalam, penggaris, serta saku dalam berbahan PVC. Lengkap, bukan? Bahkan, sudah tersedia pembagi indeks kertas lho di dalamnya!

Harga Rp. 96.634-693.000

Deli Loose Leaf Buku Notebook spiral B5 60 lembar

Hayo, siapa yang zaman sekolah dulu sering bertukar kertas binder dengan teman-teman di kelas? Yap, dari dulu hingga sekarang, buku catatan jenis loose leaf atau binder sangat digemari banyak orang. Salah satunya buku catatan bermerek Deli.

Deli merupakan salah satu merek buku catatan yang terkenal. Kualitasnya memang nggak murahan. Deli Loose-Leaf Buku Notebook Spiral LB560 ini berukuran B5 dengan isi 60 lembar. Desainnya cenderung simpel dan klasik.

Yang membuat buku catatan Deli ini unggul adalah permukaan kertas yang halus dan kualitasnya pun bagus. Jilid spiralnya memudahkan kita dalam menggunakan buku catatan ini. Tentunya, buku catatan dengan spiral akan lebih tahan lama.

Harga Rp. 11.500-32.000

Retro Pirate Ship Binder

Demen berbagai hal yang vintage? Tenang, kamu tetap bisa tampil retro sambil melakukan aktivitas menulis. Tentunya, dengan menggunakan Retro Pirate Ship Binder ini. Buku catatan dengan model bajak laut tersebut punya beragam keunikan, lho.

Bahan cover-nya dibuat dari kulit, sehingga terkesan begitu elegan dengan pilihan warna hitam dan cokelat. Tak lupa, dilengkapi dengan tali berhiaskan kapal bajak laut yang bikin buku ini makin nyentrik. Selain itu, buku catatan ini menggunakan kertas binder yang mudah diisi ulang.

Retro Pirate Ship Binder punya beragam ukuran, mulai dari 130x185 cm sampai 12,9 x 8,2 cm. Kamu juga bisa memilih buku dengan ketebalan 70 hingga 80 lembar halaman sesuai kebutuhan.

Buku catatan yang dilengkapi dengan bookmark atau pembatas buku ini juga bersifat multifungsi, dapat dipakai oleh siapa pun termasuk pelajar maupun pekerja kantor.

Harga Rp. 29.280-40.100

NIKKI 100pgs Colour Notebook

Pengen nggak sih punya buku catatan yang serba guna tapi juga stylish dan keren? Lebih bagus lagi kalau buku catatan itu mempunyai ring yang memudahkanmu mengganti, mengisi, dan menghias kertas dengan leluasa. Dengan begitu, kamu bisa mendesain buku catatanmu sepuas hati.

Kalau itu yang kamu cari, maka kamu perlu pakai buku catatan NIKKI 100pgs Colour Notebook. Buku catatan ini tersedia dalam beberapa jenis, ada yang blank, line, dot, dan grid. Buku ini memiliki 50 lembar atau 100 halaman, dengan 3 halaman stiker yang bikin gemes!

Buku catatan dengan Wire-O Binding ini berukuran 13 x 18,3 cm, dengan pilihan warna cover yaitu unguk, biru, pink, dan hijau.

Kamu dapat memanfaatkan buku ini menjadi buku catatan, buku jurnal, maupun sketch book. Nggak ada salahnya kamu mencoba buku catatan berkualitas terbaik ini!

Harga Rp. 142.132-190.000

Pocket Book Anime Death Note

Sebuah buku catatan akan terasa lebih personal kalau desainnya sesuai dengan karakteristik atau kesukaanmu. Tentunya dengan begitu kamu akan lebih bersemangat mengisi tulisan di dalamnya. Kalau kamu penggemar Anime Death Note yang legendaris itu, maka kamu perlu membeli Pocket Book Anime Death Note berikut ini.

Buku catatan bergaris Pocket Book Anime Death Note pada dasarnya adalah buku Agenda Planner berukuran A6. Isinya adalah kertas berwarna putih dengan berat 70 gram. Di dalam bukunya mencakup 200 lembar, dengan sampul berbentuk hardcover.

Nggak hanya itu, buku catatan ini juga dilengkapi pita pembatas buku lho, lengkap banget kan! Nah, selain untuk mencatat, Pocket Book Anime Death Note ini cocok pula digunakan sebagai alat cosplay atau pesta kostum. Wah, pastinya kamu nggak mau ketinggalan memiliki buku catatan ini, kan?

Harga Rp. 37.000-68.000

Ruled Notebook Diary Agenda Buku Catatan Bergaris Joyko NB-662

Percaya nggak sih, menulis dengan tangan dapat meningkatkan kekuatan daya ingatmu, lho. Apa yang kamu tulis dapat terekam dengan mudah oleh mata dan otakmu.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan buku catatan berkualitas terbaik agar catatan dari guru atau dosen dapat tersimpan dengan rapi.

Buku catatan Ruled Notebook Diary Agenda Buku Catatan Bergaris NB-662 siap menemani hari-hari belajarmu! Dengan 192 halaman bergaris ukuran 9 x 14 cm, buku catatan ini bisa kamu manfaatkan juga untuk menulis agenda rapat kantor atau pekerjaan lainnya.

Dilengkapi dengan kantong serbaguna, sampul yang lembut dan elegan, serta pilihan warna beragam mulai dari hitam, biru, merah, dan cokelat.

Harga Rp. 18.499-23.700

Minimalism Spiral Ruled Notebook B5

Apakah kamu tipe pengguna buku catatan yang menyukai desain simpel dengan warna yang lembut? Merasa nggak suka dengan desain yang terlalu ramai? Demi kehidupan minimalismu, pakai deh Minimalism Spiral Ruled Notebook B5.

Buku catatan ini hadir dengan desain sampul minimalis. Warna-warna pastelnya lebih halus dan nggak terlalu mencolok di mata. Kualitas kertasnya juga tetap terjaga, dengan 68 lembar atau 136 halaman kertas bergaris yang dijilid kuat dengan gaya spiral.

Buku catatan dengan kertas berukuran 17 x 25 cm ini bisa kamu gunakan untuk menulis rangkuman materi sekolah, kuliah, pekerjaan kantor, atau untuk catatan pribadi di rumah.

Pilihan sampulnya pun beragam lho, mulai dari warna sky blue, grey, ivory, hingga black. Yang jelas, buku catatan Minimalism Spiral Ruled Notebook B5 ini efisien dan gampang dipakai.

Harga Rp. 28.500-34.900

Buku Tulis Catatan A5 Bookpaper Dot Grid Plain Ruled TRG

Kalau mobilitasmu tinggi, pastikan kamu memilih buku catatan yang sederhana namun berkualitas bagus. Buku catatan berjilid spiral adalah salah satu pilihan tepat. Coba deh gunakan Buku Tulis Catatan A5 Bookpaper Dot Grid Plain Ruled TRG ini.

Bukunya dilengkapi dengan jilid spiral dan kertas bermutu tinggi. Notebook berukuran 14,8 x 21 cm ini berisi 50 lembar kertas sehingga simpel dibawa kemana-mana. Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan hanya di toko online favoritmu! Pastikan dulu harga dan barangnya sesuai, ya!

Harga Rp. 22.500-41.000

Deli Concise Notebook Buku Catatan 120 Lembar

Ada beragam jenis buku catatan. Untuk bisa memilih buku yang tepat, kamu harus mengetahui terlebih dulu kebutuhanmu. Jika kamu mencari buku catatan dengan kertas berkualitas dan desain yang simpel tapi elegan, buku Deli Concise Notebook Buku Catatan ini cocok buatmu.

Buku catatan ini berisi 120 lembar kertas dengan halaman bergaris. Sampulnya berbahan kulit dengan warna hitam dilengkapi kancing magnet sehingga aman ketika disimpan. Karena desainnya yang ringan, kamu akan mudah membawa buku ini ke mana saja, entah itu untuk urusan kantor atau pun sekolah.

Harga Rp. 32.000-69.000

Blank Kraft Notebook (S) Bahan Daur Ulang

Kita tentu ingin hidup dengan lebih disiplin dan rapi. Jangan sampai waktu terbuang sia-sia karena tidak terkelola dengan baik.

Untuk itu, kamu membutuhkan buku catatan guna menulis agenda harian serta hal-hal yang perlu kamu lakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Jangan ragu untuk membeli Blank Kraft Notebook (S) Bahan Daur Ulang. Buku catatan ini memiliki sampul berbahan Kraft Cardstock setebal 1 milimeter, dengan ukuran 14,5 x 14 cm. Isi kertasnya berjumlah 70 lembar atau 140 halaman seberat 80 gsm berukuran 14 x 14 cm.

Buku catatan unik ini melalui proses finishing dengan menggunakan wire binding atau jilid kawat berwarna hitam dan emas doff.

Kamu juga dapat memilih jenis kertas daur ulang tipe A yaitu kertas halus warna cokelat terang atau jenis B yaitu kertas kasar warna cokelat gelap. Kapan lagi pakai buku catatan berbahan daur ulang?

Harga Rp. 24.000-73.000
From our editorial team

Jangan Lupa Pilih Buku Catatan Favoritmu!

Saat ini ada banyak desain buku catatan yang bisa kamu pilih sesuai dengan karakter atau favoritmu. Pilihan warna netral seperti hitam, abu-abu, ataupun cokelat biasanya cocok bagi kamu yang membutuhkan buku catatan untuk menulis deadline pekerjaan. Sedangkan untuk warna pink, kuning, ataupun biru lebih cocok jika kamu menggunakannya untuk mencatat pelajaran ataupun diary. Yuk, segera pilih buku catatan favoritmu!