10 Rekomendasi Buku Folio untuk Pencatatan Akuntansi yang Makin Mudah (2021)

10 Rekomendasi Buku Folio untuk Pencatatan Akuntansi yang Makin Mudah (2021)

Sumber gambar blibli.com

Buku folio memiliki banyak fungsi, terutama dalam pencatatan akuntansi. Anda yang bekerja di bagian keuangan perusahaan atau bahkan menjalankan usaha sendiri tentunya tidak asing dengan buku ini. Berikut BP-Guide akan memberikan rekomendasi buku folio terbaik untuk Anda.

Buku Folio Sangat Berguna Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sumber gambar bhinneka.com

Jika akuntansi menjadi bagian dari kegiatan Anda sehari-hari, Anda tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya buku folio. Buku folio memang memiliki berbagai macam fungsi seperti untuk pencatatan kas, persediaan barang, inventaris, dan masih banyak lagi. Umumnya, buku folio digunakan sebagai buku besar.

Buku ini juga tidak sulit ditemukan di pasaran. Buku folio hadir dalam ragam pilihan ketebalan, mulai dari 100 lembar hingga 500 lembar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nama lain dari ukuran folio adalah F4, dengan panjang dan lebar 21,5 x 33 cm. Ada juga yang disebut dengan double folio berukuran 43 cm x 33 cm. Namun double folio ini biasanya berbentuk lembaran kertas yang tidak dijilid.

Pembukuan Usaha yang Bisa Dibuat dengan Buku Folio

Buku Arus Kas

Sumber gambar sleekr.co

Arus kas adalah pencatatan yang wajib dimiliki oleh semua lembaga atau badan usaha karena bisa memberikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan. Buku arus kas terdiri dari pencatatan uang masuk dan uang keluar. Untuk mendapatkan gambaran yang rinci tentang keuangan perusahaan, maka pengeluaran dan pemasukan sekecil apa pun tidak boleh terlewat.

Buku Persediaan Barang

Sumber gambar blibli.com

Jika usaha yang Anda jalankan bergerak di bidang perdagangan, maka buku persediaan sangat penting untuk dimiliki. Gunanya tentu untuk mencatat setiap barang yang masuk dan keluar, sehingga Anda juga tahu stok bahan baku atau stok barang yang ada. Dengan begini, Anda akan tahu kapan saat yang tepat untuk memesan barang pada supplier.

Buku Laba Rugi

Buku penting selanjutnya yang harus dimiliki oleh badan usaha adalah buku laba rugi. Pembukuan sederhana ini sangat penting untuk mengetahui berapa keuntungan dan kerugian perusahaan dalam periode tertentu. Melalui laporan ini, Anda bisa tahu apakah perusahaan Anda mendapatkan untung atau justru mengalami kerugian.

Buku Inventaris

Bukan hanya pencatatan persediaan barang yang dijual saja yang penting, pencatatan inventaris juga penting untuk perusahaan. Anda juga harus mencatat peralatan kantor yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Badan perkantoran atau usaha yang bergerak di bidang kuliner biasanya memiliki banyak catatan inventaris.

Buku Jurnal Transaksi

Kemudian ada juga buku jurnal transaksi, pencatatan sederhana lain yang harus ada di perusahaan, terutama perusahaan dagang. Fungsi dari jurnal ini adalah mencatat setiap transaksi yang keluar dan masuk. Buku ini juga mencatat sistem pembayaran yang dilakukan oleh para pelanggan.

Jenis Buku Folio untuk Pencatatan Akuntansi

Folio Satu Halaman

Sumber gambar bukalapak.com

Pencatatan folio satu halaman biasanya digunakan untuk perusahaan dan bisnis kecil karena lebih praktis. Keterangan untuk pemasukan dan pengeluaran berada di lembar yang sangat, sehingga lebih mudah untuk dibaca. Pencatatan ini biasanya mengandung 5 unsur yaitu tanggal, keterangan, nomor urut bukti kas, jumlah saldo kas, dan pengeluaran dana kas.

Folio Scontro

Sumber gambar tokopedia.com

Folio scontro atau dwi halaman memiliki 2 muka yang terdiri dari debit dan kredit yang berada di lembar berbeda. Pada masing-masing halaman harus terdapat dua unsur berikut, yaitu tanggal, keterangan, nomor urut, dan jumlah uang yang masuk atau keluar. Pencatatan ini biasanya digunakan oleh lembaga atau usaha yang cukup besar.

Tabelaris

Sumber gambar tokopedia.com

Terakhir adalah tabelaris, yaitu model pencatatan yang tidak terikat dengan aturan tertentu. Anda bisa menyesuaikan isinya dengan kebutuhan perusahaan. Halaman sebelah kiri biasanya diisi dengan debit, sementara halaman sebelah kanan diisi dengan kredit.

Rekomendasi Buku Folio yang Bisa Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan

Buku Folio KIKY Lembar

Rekomendasi pertama datang dari Buku Folio KIKY 100 Lembar. Buku besar serbaguna ini memiliki isi yang cukup tebal untuk berbagai kebutuhan. Ukuran buku ini adalah 21 cm x 31,5 cm dengan bagian dalam bergaris.

Sampulnya tebal dengan pengeleman yang kuat. Cocok digunakan baik untuk keperluan pencatatan akuntansi secara manual atau untuk kebutuhan pribadi. Selain itu, motif sampul buku ini juga sangat menarik.

Harga Rp. 14.000-20.000

Buku Folio PAPERLINE 200 Lembar

Jika Anda mencari buku folio yang berkualitas, jangan lupakan merek Paperline. Produknya tidak terbatas hanya pada buku saja, tetapi juga isi binder hingga amplop beragam ukuran. Produk buku folio dari Paperline juga sangat berkualitas.

Buku Folio PAPERLINE 200 Lembar hadir dalam pilihan sampul batik dengan warna-warna menarik. Ukurannya adalah 21 cm x 31,5 cm, bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bisa dibeli secara ecer atau satuan atau dalam kemasan pak berisi 3 buah buku.

Harga Rp. 20.000-30.000

Buku Kas Folio KNI

Pencatatan kas kini memang lebih sering dilakukan melalui komputer atau dengan menggunakan aplikasi. Namun, jika Anda membutuhkan buku untuk pencatatan kas secara manual, maka rekomendasi yang satu ini sangat pas untukmu.

Buku Kas Folio KNI adalah buku bergaris yang akan memudahkan Anda untuk mencatat uang yang keluar dan masuk. Buku ini juga memiliki desain sampul yang minimalis dengan warna hitam dan putih. Terdapat ruang kecil untuk memberi label tentang catatan yang ada di dalamnya.

Harga Rp. 5.000-15.000

Buku Folio Hard Cover KURAMAS 100 Lembar

Berikutnya ada rekomendasi dari Buku Folio Hard Cover KURAMAS 100 Lembar. Buku ini bisa digunakan untuk pembukuan akuntansi, keperluan kantor lainnya, atau untuk pencatatan pribadi. Buku hard cover ini memiliki desain sampul batik khas Indonesia yang unik dengan beragam warna.

Isinya adalah folio bergaris 100 lembar yang bisa mendukung semua kebutuhan Anda. Kualitas kertas folio ini tidak perlu diragukan lagi.

Harga Rp. 9.000-25.000

Buku Folio Ria 100 Lembar

Untuk melakukan pencatatan buku besar atau pencatatan akuntansi lainnya, dibutuhkan buku folio berukuran besar. Ada buku folio yang sudah dilengkapi dengan kolom yang membantu Anda agar lebih mudah mencatat, namun ada juga yang bergaris biasa sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Buku Folio Ria 100 Lembar adalah buku selanjutnya yang akan direkomendasikan kepada Anda. Buku setebal 100 lembar ini dilengkapi dengan garis tanpa kolom untuk berbagai kebutuhan Anda, baik kantor maupun pribadi. Desain sampul buku ini juga beragam, mulai dari bentuk geometris hingga batik tradisional.

Harga Rp. 10.000-15.000

Buku Persediaan Barang Ukuran Folio

Bukan hanya pencatatan kas atau buku besar saja yang bisa dilakukan secara manual dengan buku folio. Buat Anda yang menjalankan bisnis rumahan atau berdagang kecil-kecilan, Buku Persediaan Barang Ukuran Folio ini bisa sangat membantu Anda, lho.

Tidak perlu repot-repot membuat kolom karena buku ini sudah dilengkapi dengan garis dan kolom yang semakin memudahkan Anda. Buku dengan soft cover ini berisi folio 46 lembar menggunakan kertas seberat 70 gsm.

Harga Rp. 9.000-17.000

Buku Folio Okey

Kertas berukuran folio yang besar membuatnya multifungsi alias bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Saat membeli buku folio, gramasi kertas juga harus menjadi pertimbangan yang utama.

Buku Folio Okey adalah buku folio dengan kualitas yang sangat bagus.
Hadir dalam hard cover yang tebal dengan varian desain sampul menarik. Di dalamnya berisi 100 lembar folio bergaris yang bisa digunakan untuk keperluan apa saja, terutama untuk pencatatan akuntansi.

Harga Rp. 13.000-25.000

Buku FOLIO GELATIK KEMBAR Hard Cover Isi 100 Lembar

Selanjutnya ada rekomendasi Buku FOLIO GELATIK KEMBAR Hard Cover Isi 100 Lembar untuk Anda. Buku besar bergaris ini akan memudahkan Anda dalam mencatat arus kas, persediaan barang, pembelian bahan baku, hingga penjualan.

Tidak hanya itu, ada ragam pilihan ukuran kertas juga selain folio. Antara lain adalah kuarto, oktavo, hingga ekspedisi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Harga Rp. 15.000-20.000

Buku Folio Garda isi 100 Lembar

Produk berikutnya yang akan direkomendasikan kepada Anda adalah Buku Folio Garda isi 100 Lembar. Ini adalah buku bergaris tanpa kolom, sehingga lebih mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hadir dengan hard cover tebal dan kolom label untuk memudahkan Anda mengetahui isi di dalamnya. Desainnya yang sederhana dan penuh warna membuat Anda semakin tertarik untuk memiliki dan menggunakan buku yang satu ini.

Harga Rp. 13.000-20.000

Buku Folio BINTANG OBOR

Terakhir ada rekomendasi buku folio berkualitas dari Buku Folio BINTANG OBOR. Buku ini hadir dengan pilihan isi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari 100 lembar, 200 lembar, 300 lembar, hingga 500 lembar.

Anda bisa menggunakannya untuk pencatatan buku besar, mencatat arus kas, persediaan barang, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 14.000-50.000
From our editorial team

Sesuaikan Buku Folio Sesuai Kebutuhan

Dari rekomendasi BP-Guide di atas, Anda kini tahu bahwa buku folio bergaris ada yang sudah dilengkapi kolom dan ada yang tidak. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mau pakai yang kolom atau yang tidak. Buku folio yang digunakan sebaiknya juga dibedakan warna dan motif sampulnya.