Latih Imajinasi Diri dengan 10 Rekomendasi Buku Gambar A4 Pilihan (2021)

Latih Imajinasi Diri dengan 10 Rekomendasi Buku Gambar A4 Pilihan (2021)

Salah satu yang harus tumbuh dan berkembang bersama dengan tubuh atau fisik adalah kemampuan berpikir dan kreativitas. Nah, untuk kreativitas tentunya akan sangat terpengaruh dengan kemampuan anak berimajinasi. Ingin melatih imajinasi Anda? Simak ulasan dan rekomendasi buku gambar A4 pilihan BP-Guide berikut ini.

Belajar Menggambar Memiliki Banyak Sekali Manfaat yang Baik untuk Anak

Menggambar adalah aktivitas yang penting dalam tumbuh kembang anak-anak. Selain memiliki manfaat, aktivitas ini juga sangat menyenangkan. Belajar menggambar dapat melatih keterampilan motorik dan mental. Selain itu, menggambar juga dapat mengembangkan bakat seni dan meningkatkan kreativitas. Anak-anak yang suka menggambar tentunya memiliki imajinasi yang unggul dan jauh lebih kreatif dibandingkan anak-anak lainnya.

Manfaat Besar Belajar Menggambar untuk Seorang Anak

Kreativitas Menjadi Meningkat

Saat menggambar, anak-anak menuangkan segala imajinasinya ke atas kertas. Anak Anda dapat menjelajahi dunia imajinasinya melalui gambar dan warna. Aktivitas ini dapat melatih anak-anak untuk dapat merangsang imajinasinya, sehingga daya kreativitasnya menjadi meningkat. Daya kreatif ini tentunya sangat berguna saat anak Anda telah dewasa.

Kemampuan Motorik Berkembang

Kecerdasan motorik anak perlu mendapatkan perhatian oleh orang tuanya. Semakin meningkatnya kecerdasan motorik anak, maka semakin banyak pula yang dapat dilakukan oleh anak di masa tumbuh kembangnya. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan motorik anak adalah menggambar. Saat anak Anda menggambar, terjadi koordinasi antara otak, mata, dan tangan. Aktivitas ini dapat melatih koordinasi motorik anak dan membuatnya dapat melakukan aktivitas yang lain dengan mudah.

Konsentrasi Anak Meningkat

Menggambar dapat melatih anak Anda untuk dapat berkonsentrasi. Saat anak Anda menggambar, ia akan memfokuskan pikirannya pada bentuk gambar dan detail warna. Konsentrasi sangatlah penting bagi anak di masa tumbuh kembangnya. Jika tidak dilatih sejak dini, anak Anda akan susah fokus saat belajar di sekolah.

Memori Anak Meningkat

Melatih memori anak dapat meningkatkan daya ingat anak sampai ia dewasa. Para orang tua perlu melatih daya ingat anaknya agar ketika dewasa anak Anda tidak mudah lupa dan tidak cepat pikun. Salah satu cara untuk melatih memori anak adalah mengajarinya menggambar. Mulailah dengan gambar yang sederhana, seperti gambar buah atau hewan. Ketika anak Anda menggambar, otaknya akan berusaha mengingat objek yang akan ia gambar secara detail.

Koordinasi Otak, Tangan, dan Mata Berkembang

Belajar menggambar adalah cara melatih koordinasi antara otak, tangan, dan mata pada anak. Jika gambar anak Anda masih tidak beraturan, hal ini menandakan bahwa antara otak, tangan, dan matanya belum terkoordinasi dengan baik. Anda perlu melatihnya secara rutin dengan cara mengajarinya menggambar. Saat gambarnya mulai rapi dan indah, maka koordinasi antara otak, tangan, dan matanya telah berkembang.

Tips Mengajarkan Anak untuk Belajar Menggambar

Anak Bisa Diajak Belajar Menggambar Bentuk Sederhana

Agar aktivitas menggambar menjadi menyenangkan, mulailah mengajak anak Anda untuk menggambar bentuk-bentuk yang sederhana. Jika Anda terlalu menekannya dan anak Anda mengalami kesulitan, proses bermain sambil belajar akan gagal. Mulailah dengan bentuk-bentuk yang mudah digambar, seperti kotak, lingkaran, oval, dan jajaran genjang. Setelah itu, barulah masuk ke benda-benda, seperti buah atau hewan.

Biarkan Anak Menjiplak Terlebih Dahulu

Untuk melatih anak Anda saat menggambar, ajarilah cara menjiplak gambar terlebih dahulu. Saat menjiplak gambar, anak Anda akan belajar membuat garis yang rapi. Aktivitas ini tentunya dapat melatih kemampuan anak Anda untuk menggerakkan tangan saat membuat gambar. Selain itu, anak Anda juga akan belajar menggambar bentuk dari sebuah benda yang dijiplaknya.

Biarkan Anak Menggambar Bebas Sesuai Keinginan

Untuk awal-awal, biarkan anak Anda menggambar dengan bebas sesuai keinginannya. Membiarkan anak untuk menggambar secara bebas adalah cara untuk mengajari anak-anak bahwa menggambar adalah aktivitas yang menyenangkan. Jika Anda selalu mengaturnya, anak Anda akan merasa tertekan dan tidak ingin menggambar lagi. Selain itu, membiarkan anak menggambar dengan bebas adalah cara membebaskan anak untuk menjelajahi dunia imajinasinya.

Rekomendasi Buku Gambar A4 untuk Melatih Kreativitas Anak di Rumah

Buku Gambar A4 Parrot Faber Castell

Buku Gambar A4 Parrot Faber Castell adalah buku gambar berukuran A4 dari Faber Castell. Menggunakan kertas BC 200 gram yang putih, bersih, dan tidak mudah robek. Kertasnya juga cocok untuk berbagai pewarna, seperti krayon, marker, dan pensil warna. Saat diwarnai, kertasnya tidak mudah tembus dan warna menjadi lebih cerah. Lem yang digunakan adalah lem yang sangat kuat, sehingga kertas tidak mudah terlepas. Buku gambar ini terdiri dari 20 lembar.

Harga Rp. 15.840-20.000

Canson The Wall A4+ 220gsm

Canson The Wall A4+ 220gsm adalah buku gambar yang menggunakan kertas khusus desain, sehingga cocok untuk digunakan para ilustrator, desainer, hingga pelukis graffiti. Kertasnya tebal dan tinta tidak akan menembus kertas meskipun menggunakan cat air atau spidol. Buku gambar yang menggunakan kertas A4 ini memiliki ukuran 21cm x 29,7 cm. Buku gambar dari Canson ini memiliki berat kertas sekitar 220gsm.

Harga Rp. 219.000-239.800

Buku Gambar A4 Dodo

Buku Gambar A4 Dodo adalah buku gambar ukuran A4 yang dirancang dengan bahan kualitas terbaik dan tahan lama. Kertasnya yang berkualitas tidak akan tembus oleh tinta atau cat air. Buku gambar ini terdiri dari 8 halaman. Cocok untuk Anda yang ingin belajar menggambar atau para profesional, seperti desainer, pelukis, dan ilustrator.

Harga Rp. 2.086-14.800

Deli Buku Gambar A4

Deli Buku Gambar A4 adalah buku gambar yang dirancang khusus untuk anak-anak yang ingin belajar menggambar. Kertasnya terbuat dari bahan yang tidak beracun dan aman untuk anak-anak. Selain itu, teksturnya halus dan nyaman digunakan. Buku gambar yang terdiri dari 40 lembar dan berukuran A4 ini dijilid spiral, sehingga mudah saat dibuka atau dirobek halamannya.

Harga Rp. 36.000-198.400

Tiara Sketch Pad Book 150 Gram A4

Tiara Sketch Pad Book 150 Gram A4 adalah buku sketsa berukuran A4. Buku yang memiliki bentuk potrait dan jenis kertas plain white ini cocok untuk para ilustrator, desainer, hingga pelukis. Kertasnya yang tebal tidak akan bisa ditembus oleh tinta atau cat air. Terdiri dari dua jenis yaitu 25 lembar dan 50 lembar yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 11.000-16.860

Buku Gambar Hahnemuhle A4 Creative Sketchpad

Buku Gambar Hahnemuhle A4 Creative Sketchpad adalah buku gambar berukuran A4 atau 21 x 29.7 cm. Kertas yang digunakan memiliki permukaan yang halus, sehingga dapat membuat aplikasi warna lebih merata. Kertas yang digunakan adalah kertas yang memiliki warna natural white yang dapat membuat warna terlihat lebih cerah. Buku gambar ini cocok untuk segala macam teknik pengecatan, mulai dari kering hingga basah.

Harga Rp. 168.000-170.000

Arto Watercolour Painting Paper Ring A4 300gsm

Arto Watercolour Painting Paper Ring A4 300gsm adalah buku gambar yang memiliki ukuran A4 dengan ketebalan 300 gsm. Buku gambar yang menggunakan 100% cotton cold pressed ini cocok dan aman untuk media cat air. Daya serapnya juga lebih baik dan seratnya yang rapat membuat cat tidak tembus. Selain itu, kertasnya juga telah dibekali dengan teknologi acid free, sehingga tidak akan menguning dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 93.000-100.800

Buku Gambar A4 200gsm Potentate Oil Pastel Pad

Buku Gambar A4 200gsm Potentate Oil Pastel Pad adalah buku gambar berukuran A4 atau 21 x 29.7 cm. Buku gambar yang terdiri dari 32 lembar ini memiliki berat kertas hanya 200 gsm. Kertasnya dirancang khusus untuk berbagai alat lukis, seperti pensil warna, tinta, spidol, brush pen, dan lainnya. Buku gambar yang memiliki surface medium tooth ini dijilid menggunakan pad dengan lem 1 sisi di bagian atas.

Harga Rp. 67.000-147.000

Buku Gambar Sidu A4

Buku Gambar Sidu A4 adalah buku gambar yang dapat digunakan untuk keperluan sekolah hingga keperluan desain. Buku gambar yang terdiri dari 10 lembar ini memiliki ukuran 29,7 cm (P) x 21 cm (L). Dibuat menggunakan bahan yang aman dan berkualitas terbaik. Kertasnya yang tebal cocok untuk berbagai alat lukis yang kering hingga yang basah. Selain itu, kertasnya juga memiliki warna putih yang bersih dan dapat membuat warna terlihat lebih cerah.

Harga Rp. 3.300-15.000

Buku Gambar/Sketsa Kiky A4

Buku Gambar/Sketsa Kiky A4 adalah buku gambar dari Kiky yang dilengkapi dengan cover yang menarik pada bagian depan dan belakangnya. Dibuat menggunakan bahan berkualitas tinggi, sehingga tidak mudah robek dan cocok untuk berbagai teknik menggambar. Buku gambar yang berukuran A4 dan memiliki isi 50 lembar ini tidak hanya cocok untuk anak sekolah, tetapi juga cocok untuk anak kuliah hingga pekerja profesional.

Harga Rp. 17.640-23.400
From our editorial team

Isi Masa Kecil Anak Anda dengan Menggambar yang Ceria

Menggambar tentunya menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imajinasi anak Anda. Dengan menggambar, maka imajinasinya semakin berkembang dan menjadikan anak Anda lebih kreatif. Hal itu tentunya menjadi modal yang baik di masa depan. Karena itu, rekomendasi buku gambar A4 yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan yang pas untuk anak Anda.

Tag