Salurkan Hobi Menggambar dengan 10 Rekomendasi Media Buku Gambar A3 Terbaik (2021)

Salurkan Hobi Menggambar dengan 10 Rekomendasi Media Buku Gambar A3 Terbaik (2021)

Buku gambar adalah benda wajib bagi para pencinta seni rupa. Berguna untuk menggambar sketsa, buku gambar juga menjadi media eksplorasi bentuk dan warna. Tak perlu bingung mencari produk terbaik, ini dia rekomendasi buku gambar A3 yang patut kamu pilih.

Buku Gambar Sudah Akrab di Kalangan Pencinta Seni Rupa

Para pencinta seni rupa tentu sudah akrab dengan buku gambar. Bukan rahasia lagi bahwa menggambar adalah salah satu cara untuk menuangkan ide. Bagi anak-anak kegiatan ini bisa menjadi cara untuk mengasah koordinasi mata dan tangan, mengasah kreativitas, dan melatih fokus. Tak heran jika menggambar adalah aktivitas yang banyak direkomendasikan untuk si kecil.

Aneka Manfaat Buku Gambar

Media Pembelajaran bagi Anak

Untuk kegiatan menggambar, buku gambar adalah salah satu media yang paling banyak digunakan. Penggunaan buku gambar sendiri memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat buku gambar yaitu menjadi media pembelajaran bagi anak.

Bukan rahasia lagi bahwa anak-anak mudah merasa bosan, apalagi dengan buku yang memiliki banyak tulisan. Anak-anak cenderung menyukai kegiatan menggambar dan mewarnai untuk berekspresi. Memberikan si kecil buku gambar akan membantunya dalam belajar menuangkan kreativitas.

Menenangkan Pikiran

Tak hanya untuk anak-anak, buku gambar juga memiliki manfaat untuk orang dewasa. Ketika dirundung masalah dan merasa gelisah, orang dewasa membutuhkan media untuk menenangkan pikiran. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan terapi seni. Menggambar melalui media buku adalah salah satu bentuk terapi sederhana yang bisa dilakukan.

Pengembangan Diri dan Menyalurkan Bakat

Buku gambar juga memiliki manfaat sebagai media pengembangan diri dan menyalurkan bakat. Banyak orang kesulitan menentukan langkah yang diambil kala menemukan ide. Dengan menggunakan buku gambar, berbagai ide bisa dituangkan melalui sketsa untuk menolongmu mengambil langkah-langkah berikutnya.

Kenali Ragam Jenis Kertas yang Digunakan untuk Menggambar

Kertas Concorde

Sumber gambar https://bro-in.com/

Dalam kegiatan menggambar ada beberapa jenis kertas yang biasa digunakan. Pertama adalah kertas concorde yang memiliki tekstur agak bergelombang. Kertas ini penuh dengan serat garis tak beraturan, sehingga menciptakan efek berlubang-lubang yag artistik pada tiap arsirannya.

Kertas concorde cocok digunakan untuk menggambar menggunakan pensil. Selain menggambar, sebenarnya kertas ini lebih sering dipakai untuk percetakan. Kertas concorde biasanya digunakan sebagai bahan mencetak udangan atau sertifikat.

Kertas Linen

Sumber gambar https://bro-in.com/

Jenis kertas berikutnya yang biasa digunakan untuk menggambar adalah kertas linen. Kertas ini memiliki karakter tekstur garis-garis pendek horizontal dan vertikal. Hasil goresan pensilnya akan memunculkan efek garis pendek dari teksturnya.

Kertas ini umumnya hadir dalam warna hitam, putih, dan krem. Bagi yang tidak menginginkan efek garis pendek tekstur, sebaiknya gunakan bagian belakang kertas linen. Dengan menggunakan bagian belakang, maka detail gambar tidak terganggu.

Kertas Manila

Sumber gambar https://bro-in.com/

Kertas manila adalah jenis kertas berikutnya yang biasa digunakan untuk menggambar. Karakter kertas ini lembut dan halus, sehingga nyaman untuk menggambar. Tersedia dalam banyak pilihan warna membuat kertas ini dapat memberikan warna gambar secara langsung. Karakter kertas ini cocok digunakan untuk mengambar dengan pensil.

Kertas Kopenhagen

Sumber gambar https://bro-in.com/

Jenis kertas yang berikutnya adalah kertas kopenhagen. Kertas ini memiliki aneka warna, sehingga cocok digunakan bagi yang menginginkan gambar di atas kertas warna langsung. Teksturnya sederhana dan memberikan efek garis-garis lurus dari goresan pensil yang dipakai. Kertas ini tidak cocok menggunakan pensil warna, karena alas gambarnya sudah cukup berwarna.

Rekomendasi Buku Gambar A3 Terbaik

Bamboo Buku Gambar [A3]

Rekomendasi buku gambar A3 yang pertama adalah Bamboo Buku Gambar A3. Buku gambar ini menggunakan kertas HVS 120 gsm yang berkualitas. Warnanya lebih putih dan lebih tebal, sehingga nyaman digunakan.

Keunggulan lain dari buku gambar ini adalah desainnya yang modern. Bamboo Buku Gambar A3 dijual per pak dengan isi 10 buku. Buku gambar ini adalah produk lokal yang memiliki kualitas ekspor.

Harga Rp. 60.000-64.500

Sinar Dunia Buku Gambar A3

Kamu pasti sudah tidak asing dengan brand Sinar Dunia. Brand ini juga memiliki produk buku gambar andalan, yaitu Sinar Dunia Buku Gambar A3. Buku gambar ini memiliki kualitas yang sangat baik dan dapat menunjang kegiatan belajar di sekolah.

Sinar Dunia Buku Gambar A3 terbuat dari kertas berkualitas dengan ketebalan 120 gsm. Dalam satu pak produk berisi 5 buku, masing-masing buku berisi 10 lembar kertas gambar. Material kertas yang tebal membuat buku ini tidak mudah robek dan nyaman untuk kegiatan menggambar serta mewarnai.

Harga Rp. 5.800-7.200

Buku Gambar Dodo A3

Buku Gambar Dodo A3 adalah produk buku gambar berikutnya yang patut dipilih. Produk keluaran Dodo ini terbuat dari kertas bertekstur halus dan berwarna putih. Bahannya yang berkualitas membuat buku ini nyaman digunakan.

Produk ini memiliki cover dengan desain karakter unik. Buku gambar tipe A3 ini hadir dengan ukuran 42 x 30 cm yang ideal. Dalam satu buku gambar berisi 8 lembar kertas yang tebal.

Harga Rp. 4.644-5.400

Kiky Sketch Book Buku Gambar [A3/ 50 Lembar]

Desain cover yang unik merupakan salah satu hal yang banyak dicari ketika hendak membeli buku gambar. Bagi yang menginginkan buku gambar dengan desain unik, Kiky Sketch Book Buku Gambar A3/ 50 Lembar adalah produk yang patut dilirik.

Buku gambar ini terbuat dari kertas yang halus dan tebal. Bahannya yang berkualitas membuat buku gambar ini nyaman digunakan. Dalam satu pak produk berisi 5 buku berukuran A3.

Harga Rp. 34.500-41.400

Faber Castell Buku Gambar A3

Bila berbicara tentang peralatan mewarnai, baik pensil warna, crayon, maupun marker, Faber Castell adalah salah satu brand yang populer. Tak hanya itu, Faber Castell juga memiliki produk buku gambar yang patut dipilih yaitu Faber Castell Buku Gambar A3.

Faber Castell Buku Gambar A3 terbuat dari kertas BC dengan tebal 200 gsm. Produk ini terdiri atas 20 lembar kertas, sehingga tidak mudah habis untuk menggambar. Buku gambar ini telah dilem dengan kuat, sehingga tidak mudah terlepas.

Harga Rp. 26.000-30.300

Buku Gambar A3 Ria

Rekomendasi buku gambar berikutnya adalah Buku Gambar A3 Ria. Produk ini terbuat dari kertas yang halus. Cover-nya didesain dengan motif yang lucu dan menarik, sehingga disukai anak-anak. Hadir dengan ukuran 37 x 27 cm, buku gambar ini cocok digunakan untuk menggambar dengan pensil warna, crayon, maupun marker.

Harga Rp. 4.185-4.500

Reeves Drawing A3

Tak hanya krayon, marker, dan pensil warna, mewarnai gambar di buku gambar menggunakan cat air juga sangat menyenangkan. Sayangnya tak banyak buku gambar yang tahan dengan penggunaan cat air. Bagi kamu yang ingin leluasa mewarnai dengan cat air, Reeves Drawing A3 adalah produk buku gambar yang direkomendasikan.

Reeves Drawing A3 adalah sketch pad serbaguna yang aman diwarnai dengan cat air penggunaan ringan. Produk ini berisi 50 lembar kertas yang lembut dengan berat 150 gsm. Buku gambar ini hadir dengan fitur gummed, hardback, dan acid free.

Harga Rp. 130.000-230.000

ARTEMEDIA Sketchbook A3

Rekomendasi buku gambar A3 berikutnya adalah ARTEMEDIA Sketchbook A3. Buku gambar keluaran Artmedia ini terbuat dari kertas berkualitas dengan ketebalan 150 gsm. Produk ini cocok digunakan bagi kamu yang hobi menggambar sketsa arsitektur. Memiliki ukuran 29,7 x 42 cm, buku ini hadir dengan isi 30 lembar kertas yang leluasa untuk menggambar.

Harga Rp. 37.000-43.000

Kenko Sketch Book SKB-A3-50

Kenko dikenal sebagai salah satu brand peralatan sekolah yang berkualitas. Brand ini juga mengeluarkan produk buku gambar A3, yaitu Kenko Sketch Book SKB-A3-50. Produk ini terbuat dari kertas berkualitas yang tidak akan bleed ataupun tembus kala digunakan. Desainnya yang kekinian serta kualitasnya yang baik membuat buku ini semakin nyaman digunakan.

Harga Rp. 42.000-43.600

CANSON The Wall A3

Rekomendasi buku gambar A3 yang terakhir adalah CANSON The Wall A3. Produk ini terbuat dari kertas yang fleksibel setebal 220 gsm. Permukaannya bertekstur halus yang mirip dengan Bristol Board, sehinga memberikan gambar yang detail.

Produk bertipe A3 ini memiliki ukuran 29,7 x 42 cm. Hadir dengan warna ekstra putih, buku gambar ini didesain khusus sehingga tinta tidak akan menembus kertas. Tiap bantalannya terikat spiral dengan lubang mikro, sehingga lebih mudah dalam menghilangkan kertas dengan gambar yang tidak diinginkan.

Harga Rp. 375.000-440.000
From our editorial team

Sesuaikan Ukuran Buku Gambar dengan Kebutuhan

Perlu diketahui bahwa buku gambar tersedia di pasaran dengan aneka pilihan ukuran. Di Indonesia sendiri ada beberapa buku gambar yang lazim dipakai, yaitu A3, A4, dan A5. Bagi kamu yang suka menggambar saat traveling, buku gambar ukuran A5 cocok dipilih karena ukurannya yang kecil dan praktis dibawa kemana saja. Namun, jika kamu menginginkan media gambar dengan ukuran yang lebih luas, buku gambar ukuran A3 dan A4 bisa dijadikan pilihan.