9 Rekomendasi Pembersih Cat yang Mempermudah Kamu untuk Menghapus Cat Tembok Lama (2021)

9 Rekomendasi Pembersih Cat yang Mempermudah Kamu untuk Menghapus Cat Tembok Lama (2021)

Mengecat rumah adalah aktivitas yang biasa kita lakukan untuk memperindah tampilan rumah. Jika bosan dengan warna cat lama, kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Tentu kamu wajib mengelupas cat lama dulu agar hasil cat baru bisa lebih maksimal dan rumah terlihat lebih indah. Kamu akan butuh pembersih cat untuk ini. Maka dari itu, cek rekomendasinya dari kami!

Jelang Lebaran Banyak Orang Mengecat Kembali Rumah Mereka

Lebaran memang masih kurang beberapa minggu lagi. Kendati demikian, persiapan menjelang Lebaran sudah mulai dilakukan. Salah satu kebiasaan orang Indonesia menjelang Lebaran adalah mengecat kembali rumah mereka. Mengecat rumah juga bisa memberikan suasana dan nuansa baru di dalam rumah.

Budaya orang Indonesia adalah senang berkumpul dan bersosialisasi utamanya saat ada event besar seperti Lebaran, Idul Adha, Natal, dan lainnya. Saat saling kunjung mengunjungi, tentu kita ingin rumah kita terkesan lebih segar dan baru. Maka dari itu pengecatan rumah bisa dilakukan agar bisa memberi kesan baru yang menyegarkan. Para tamu yang berkunjung ke rumah jadi merasa lebih nyaman karena rumah serasa lebih baru dan lebih nyaman.

Alasan yang Menyebabkan Kita Ingin Mengubah Warna Cat Tembok

Saat akan mengecat ulang rumah kita, mungkin terpikir bagi kita untuk mengganti warna cat tembok. Tak perlu mengganti warna seluruh ruangan dalam rumah. Kita bisa mengganti warna cat di beberapa ruang di rumah jika ingin. Misalnya, di ruang tamu dan kamar tidur saja. Atau di ruang tamu dan ruang keluarga saja. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kita ingin mengganti cat tembok. Salah satunya adalah karena sudah bosan dengan warna cat tersebut. Mengganti warna cat tembok akan memberikan kesan ruangan yang berbeda. Hati-hati juga dalam memilih warna baru. Setiap warna memiliki kesan tersendiri. Misalnya, warna biru memberi kesan adem, warna hijau memberi kesan asri, warna kuning dan krem memberi kesan hangat, dan seterusnya. Sesuaikan pilihan warna dengan kesan yang ingin ditonjolkan pada ruangan.

Hal lain yang membuat kita ingin mengganti warna cat tembok adalah karena ada cat lama yang sudah mengelupas. Cat lama yang mudah mengelupas disebabkan oleh penggunaan acian yang kurang berkualitas. Selain itu, bisa juga terjadi karena ada banyak kandungan minyak pada tembok. Cat tembok yang sudah mengelupas tentu tak enak dilihat. Daripada menambal dengan warna yang sama, tak ada salahnya juga mengganti warna cat agar ruangan terkesan berbeda.

Cat yang sudah menggelembung juga bisa jadi penyebab kita ingin mengganti warna cat tembok. Jika cat tembok yang dulu sudah mulai menggelembung, maka ada baiknya kita menghilangkan cat lama dan mengampelasnya lalu menggantinya dengan warna baru.

Bisa jadi kita mengganti cat rumah karena warnanya sudah sangat pudar dan terkesan kusam. Biasanya hal ini terjadi karena cat kurang tahan terhadap cuaca dan sinar matahari. Bisa juga karena penggunaan cat interior yang seharusnya digunakan untuk cat eksterior. Daripada mempertahankan warna yang sudah kusam, mengganti cat tembok dengan warna baru adalah pilihan yang tepat.

Bercak air di tembok tentunya membuat pemandangan ruangan terkesan kurang menarik. Maka dari itu, ada baiknya kita mengelupas dinding dan mulai mengecatnya dengan warna baru. Ini bisa membuat tampilan rumah jadi lebih cantik dan juga rapi.

Dua Cara Mengelupas Cat Tembok

Dengan Thinner

Sebelum mengganti dengan cat tembok baru, kita perlu mengelupas cat tembok yang lama. Salah satu cara yang populer adalah dengan memakai thinner alias pengencer cat. Pilih jenis pengencer cat yang berkualitas. Harganya sangat terjangkau dan kamu juga akan lebih mudah dalam mengelupas cat lama yang ada di dinding rumah.

Caranya juga terbilang mudah. Kamu cukup menyeka cairan pengencer di permukaan yang diinginkan. Segera kemudian kamu bisa langsung mengikis bagian yang ingin dikelupas. Ini karena pengencernya akan cepat menguap dan mengering. Jika kamu membiarkan dinding terlalu lama usai diberi thinner maka yang terjadi adalah pengelupasan akan gagal. Akibatnya dinding harus diaplikasikan ulang dengan pengencer.

Jika kamu mengaplikasikan pada dinding yang lebar, ada baiknya mengoleskan sedikit demi sedikit agar pengencer tidak menguap. Jika pengelupasan sudah selesai, kamu baru bisa mengamplas dan juga membersihkan tembok dari kotoran yang tersisa.

Jangan lupa memakai sarung tangan untuk melindungi kulit tangan kamu dari thinner yang merupakan carian berbahan kimia. Pakailah kuas untuk mengaplikasikan thinner pada tembok yang ingin dikelupas. Sapukan perlahan lalu diamkan 2 menit. Jika sudah menggelembung maka pakai sekrap untuk mengelupas bagian yang menggelembung. Lakukan hal ini pada semua area tembok yang kamu inginkan.

Dengan Pembersih Cat

Cara lain yang populer untuk membersihkan cat lama sebelum menggantinya dengan yang baru adalah memakai paint remover alias pembersih cat. Produk semacam ini mudah ditemukan di berbagai toko bangunan dan toko cat. Jenis paint remover ini sangat beragam. Ada yang tingkat agresifitasnya tinggi dan ada juga yang rendah. Kendati demikian, harganya terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan thinner.

Untuk mengaplikasikannya mudah. Aduk carian sampai merata dan oleskan cairan pembersih cat pada bagian tembok yang akan dikelupas. Lakukan secara bertahap dan hati-hati. Biarkan dulu 2 menit sampai cat lama terkesan menggelembung. Kupas cat tembok yang menggelembung dengan memakai sekrap atau kapi. Tekan sekrap sampai ke dasar cat agar pengupasan lebih sempurna.

Kemudian kamu bisa mulai membersihkan tembok dari sisa pembersih cat dengan memakai air. Biarkan sampai mengering atau keringkan dengan lap kain. Jika sudah kering, kamu bisa mulai mengampelasnya. Gunakan ampelas paling kasar lalu amplas lagi dengan permukaan yang halus. Terakhir, lap dengan kain agar tembok yang berdebu bekas amplas bisa lebih bersih. Jika sudah, kamu bebas mengaplikasikan warna cat tembok yang baru.

Ini Dia Rekomendasi Pembersih Cat Terbaik untukmu

Vip Paint Remover by Avian

Vip Paint Remover by Avian merupakan produk pertama yang bisa kamu andalkan. Produk ini adalah campuran pengelupas cat. Tak hanya efektif mengelupas cat enamel, plitur, lacquer, dan lainnya pada permukaan besi, namun bisa juga untuk permukaan kayu dan tembok.

Pembersih cat ini tak akan merusak permukaan kayu, tembok, dan besi. Praktis digunakan, kamu jadi bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Tak perlu khawatir karena bekas cat yang dibersihkan tidak dapat terbakar.

Kamu bisa memakainya langsung tanpa pengencer. Cukup aduk merata pembersih cat dengan kuas. Ulaskan agak tebal tetapi merata pada permukaan yang akan dibersihkan catnya. Tunggu sampai lembap dan mudah dikelupas lalu lakukan pengelupasan. Terakhir, cucilah dengan air untuk membersihkan sisa VIP paint remover.

Harga Rp. 22.000-68.000

Propan Paint Remover

Propan Paint Remover akan mampu mengelupas berbagai jenis cat mulai dari cat tembok, NC, pelitur, sintetis, dan lainnya. Produk ini praktis digunakan dan bisa menghemat waktu serta biaya. Untuk mengaplikasikannya mudah. Ini cocok untuk kamu gunakan sebelum mengganti cat rumah.

Aduk rata sebelum kamu menggunakan produknya. Setelah itu oleskan dengan kuas sampai merata pada lapisan yang akan dikelupas. Diamkan 3 sampai 10 menit lalu kelupas dengan kapi. Cuci bersih sisa pembersih cat agar tembok kembali bersih.

Harga Rp. 23.000-70.000

Polibest Paint Remover

Polibest Paint Remover efektif untuk membersihkan sisa cat atau merontokkan cat. Kamu tak hanya bisa memakainya pada tembok yang akan dicat ulang namun juga bisa diaplikasikan pada besi. Pembersih ini berkualitas tinggi karena bahannya juga premium. Kamu cukup memulaskan memakai kuas pada permukaan yang diinginkan lalu tunggu sekitar 10 menit. Kerok memakai kapi dan bilas dengan air agar tembok tak rusak.

Harga Rp. 15.000-87.000

Paint Remover Sapporo

Paint Remover Sapporo dikemas dalam ukuran kecil hingga besar. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Produk ini efektif digunakan, sedikit saja bisa dipakai merontokkan cat lama pada tembok. Ini bisa juga dipakai untuk segala jenis cat. Kamu jadi lebih hemat tenaga dan waktu sehingga bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Ulas memakai kuas hingga beberapa lapis pada permukaan yang akan dikelupas. Biarkan dulu beberapa menit agar cairannya meresap. Jika sudah terlihat menggelembung, gunakan kapi atau sikat untuk menghilangkannya. Kamu bisa mengulangi prosesnya jika cat belum hilang.

Harga Rp. 19.000-68.000

Beta Chemie Paint Remover

Beta Chemie Paint Remover merupakan bahan kimia serbaguna. Gunakan produk ini untuk mengelupas aneka lapisan cat. Kamu bisa memakainya untk cat akrilik, sintetis, vinyl, polyurethane, melamin, dan lainnya. Produk ini mudah diaplikasikan. Daya kerjanya cepat dan pastinya bikin kamu lebih hemat waktu dan tenaga.

Harga Rp. 24.000-73.000

Neorever Paint Remover

Neorever Paint Remover akan menghilangkan segala jenis cat, pelitur, dan vernis pada besi, kayu, dan tembok. Cukup memakai sedikit saja maka bisa ampuh merontokkan cat. Pembersih yang satu ini tidak akan merusak dasar benda yang dicat. Bekas cat yang dibersihkan juga tidak akan mudah terbakar. Produk ini praktis dan bikin kamu lebih cepat menyelesaikan pekerjaan.

Awali dengan membersihkan permukaan yang akan dikelupas. Sapukan cairan secara merata lalu diamkan sebentar. Jika sudah menggelembung, kamu bisa mengelupas cat memakai kapi. Gunakan sarung tangan dan masker saat mengaplikasikan produk. Ini karena cairannya beracun dan berbau. Gunakan untuk segala permukaan dan segala cat. Produk ini bekerja efektif dalam waktu singkat.

Harga Rp. 28.000-134.000

Shred Paint Remover

Shred Paint Remover bisa kamu gunakan untuk merontokkan cat duco, cat minyak, cat sintetik, cat tembok, dan lainnya. Namun, sebaiknya kamu tak mengaplikasikannya pada bodi motor plastik karena bahannya bisa merusak. Ketika mengaplikasikannya, pastikan memakai sarung tangan dan juga masker. Ini karena bahan kimianya berbahaya. Gunakan kuas agar pengaplikasiannya lebih mudah. Produk ini bisa mulai melunak dalam 10 sampai 120 menit. Kamu jadi lebih mudah mengelupas cat lama.

Harga Rp. 26.000-144.000

GLOTEX PAINT REMOVER

GLOTEX PAINT REMOVER adalah salah satu produk dari Pacific Paint. Berbahan kimia yang berbahaya, kamu wajib memakai sarung tangan dan masker saat memakainya. Produk ini bisa membersihkan cat dengan mudah. Kamu tak usah khawatir karena cairan tidak akan merusak permukaan tembok dan benda lainnya. Kamu bisa memakainya pada berbagai benda kecuali plastik. Cukup pulaskan dan tunggu beberapa saat sampai catnya siap dikelupas. Tak hanya bisa mengaplikasikannya pada tembok namun juga bisa digunakan pada kayu dan besi.

Harga Rp. 17.000-55.000

Penta Paint Remover

Penta Paint Remover adalah rekomendasi terakhir kami. Produk ini mudah diaplikasikan dan tidak menimbulkan debu. Kamu bisa menyimpannya usai digunakan dan memakainya lain kali karena cairan bisa tetap stabil selama masa penyimpanan. Pembersih cat ini efektif bekerja dalam waktu singkat. Gunakan kuas untuk pengaplikasian. Tunggu permukaan cat menggelembung dan siap untuk dikelupas memakai kapi.

Harga Rp. 23.000-119.000
From our editorial team

Berhati-hatilah Saat Memakai Paint Remover

Untuk kamu yang ingin mencoba mengelupas cat rumah lama, perhatikan cara yang dianjurkan yang tertera di balik kemasan paint remover. Berhati-hatilah dalam mengaplikasikanya. Pembersih cat adalah cairan kimiawi yang kuat sehingga bisa membantu proses pengelupasan cat. Hindari menghirup aroma bahan kimia tersebut. Ada baiknya kamu menggunakan masker dan sarung tangan. Hal ini bertujuan mencegah hal yang tidak diinginkan. Kandungan kimia bisa menyebabkan alergi dan gatal jika terkena kulit. Pernapasan juga bisa terganggu jika kamu terlalu lama menghirupnya. Jika tak sengaja terkena kulit maka kamu bisa segera mencuci bagian tubuh dengan air sampai tak ada cairan dan bau yang tersisa.

Tag