Hasilkan Batako Padat dan Seragam, Ini 10 Rekomendasi Cetakan Batako Manual Terbaik (2020)

Hasilkan Batako Padat dan Seragam, Ini 10 Rekomendasi Cetakan Batako Manual Terbaik (2020)

Dalam membangun rumah ataupun gedung, batako kerap dijadikan pilihan karena kepadatan dan kemudahan dalam membuatnya. Meski mudah dibuat, diperlukan upaya lebih untuk mendapatkan batako yang padat dan seragam. Tak perlu khawatir, produksi batako kini semakin mudah dengan mesin cetak batako manual. Berikut adalah beragam rekomendasi cetakan batako terbaik yang banyak dipilih.

Mesin Cetak Batako Manual Menggunakan Sistem Manual Vibrator untuk Beroperasi

Sumber gambar https://astromesin.com

Selain batu bata, batako menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam pembangunan gedung. Batako atau biasa juga disebut sebagai bata beton dipilih sebagai bahan bangunan lantaran kekuatannya uang lebih baik dibandingkan bata merah. Mengingat jumlah permintaan batako yang tinggi, para produsen batako meningkatkan produksinya dengan menggunakan mesin cetak batako manual.

Mesin pencetak batako ini menggunakan sistem manual vibrator. Untuk menge-press batako digunakan gravitasi drop yang bekerja dengan mendorong tuas cetakan. Sedangkan untuk pemadatan batako, mesin ini menggunakan vibrator dengan cara menginjak pedal. Dalam sekali cetak, mesin ini bisa menghasilkan 2 buah batako.

Intip Yuk, Bagian-bagian yang Terdapat pada Mesin Press Batako Manual!

Cetakan Batako

Berbicara tentang mesin cetak batako manual, ada beberapa bagian yang perlu kamu ketahui. Bagian yang pertama adalah cetakan batako. Cetakan ini berada pada bagian tangan mesin yang bisa disesuikan jumlah hasil cetakan maupun ukurannya. Untuk menghasilkan batako yang padat, bagian cetakan perlu diisi bahan baku hingga penuh.

Penge-press Cetakan

Bagian berikutnya adalah penge-press cetakan yang digunakan untuk menekan bahan baku dalam matras cetak. Proses ini dimaksudkan agar batako yang dihasilkan lebih padat. Cara kerjanya dengan menjatuhkan bagian penge-press pada cetakan. Secara garis besar, bagian ini menggunakan gaya gravitasi dalam pengoperasiannya.

Nampan Hasil Cetakan

Sumber gambar https://astromesin.com/

Setelah batako berhasil dicetak, batako diletakkan pada nampan hasil cetakan. Bagian ini terletak di bawah matras cetakan batako. Nampan hasil cetakan biasanya terbuat dari papan kayu, sehingga tidak menempel dan batako mudah diangkat ketika mengering. Setelah batako mengering, batako akan disusun bertingkat untuk meringkas tempat.

Tuas Penge-press Cetakan

Sumber gambar https://astromesin.com/

Bagian berikutnya pada mesin pencetak batako manual adalah tuas penge-press cetakan. Tuas ini digunakan untuk menjatuhkan pengepres cetakan. Tak hanya itu, tuas ini juga berguna untuk mengangkat matras cetakan batako apabila proses produksi telah selesai. Dengan demikian produksi batako menjadi lebih efektif dan efisien.

Ketahuilah Keunggulan Mesin Press Batako Manual untuk Hasil yang Maksimal

Menghasilkan Produk Lebih Banyak

Sumber gambar https://astromesin.com/

Penggunaan mesin press batako manual dalam produksi batako tentu memiliki berbagai keunggulan. Jika dibandingkan dengan cetakan batako biasa dengan tenaga manusia, mesin ini mampu menghasilkan produk yang lebih banyak. Satu kali adonan dengan mesin ini mampu menghasilkan 44 buah batako. Sehingga, mesin ini mampu memproduksi hingga 700 buah batako per harinya.

Meringankan Pekerja

Sumber gambar https://astromesin.com/

Mesin cetakan batako manual juga memiliki keunggulan dalam meringankan beban kerja. Dalam memproduksi batako tanpa mesin akan membutuhkan lebih banyak orang untuk menghasilkan batako dalam jumlah besar dalam sehari. Namun, dengan mesin ini hanya membutuhkan tiga orang pekerja untuk mengoperasikan mesin dalam produksi batako.

Hasil Lebih Maksimal

Sumber gambar https://www.arsitag.com/

Selain mampu menghasilkan batako dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat, penggunaan mesin cetak batako manual juga memberikan hasil batako yang lebih maksimal. Dengan cetakan yang seragam, tentu batako yang dihasilkan juga memiliki bentuk dan ukuran yang sama tanpa cacat. Kepadatan batako juga tak perlu diragukan, sebab mesin ini memiliki penge-press yang mampu memadatkan bahan.

Waktu Kerja Lebih Efisien

Sumber gambar https://www.rumah.com/

Keunggulan penggunaan mesin cetak batako manual berikutnya adalah efisiensi waktu. Mampu menghasilkan batako dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat tentu membuat waktu produksi lebih efisien. Dengan demikian, tingginya permintaan batako di pasaran serta target produksi dapat terpenuhi.

Hemat Biaya Produksi

Sumber gambar https://www.rumah.com/

Membutuhkan waktu dan tenaga kerja yang sedikit tentunya berdampak pada biaya produksi. Efisiensi ini membuat biaya produksi jauh lebih hemat dibandingkan membuat batako dengan tenanga manusia seperti biasa. Dalam pembangunan proyek, kecepatan pembuatan batako ini juga berpengaruh pada waktu pembangunan. Semakin cepat waktu pembangunan, maka biaya yang dikeluarkan pun juga semakin kecil.

Rekomendasi Cetakan Batako Terbaik dan Paling Banyak Dipakai

Cetakan Batako Lobang 3

Rekomendasi cetakan batako yang pertama adalah Cetakan Batako Lobang 3. Produk ini hadir dengan dimensi 40 x 20 x 10 cm yang ideal. Terbuat dari pelat besi setebal 3 mm membuat cetakan ini lebih kuat.

Selain pelat besi yang tebal, cetakan ini juga menggunakan siku sebagai penguat pada tiap sisi cetakan. Memiliki tiga lubang cetakan membuat alat ini mampu menghasilkan batako dengan lebih cepat. Dalam setiap produknya, cetakan batako ini telah dibekali dengan penumbuk.

Harga Rp. 250.000

Cetakan Batako Engsel

Cetakan Batako Engsel adalah produk yang tepat dipilih untuk menghasilkan batako padat. Memiliki model engsel membuat penggunaannya lebih mudah dibanding model baut. Proses produksi batako juga menjadi lebih cepat dan irit tempat penataan.

Produk ini hadir dalam ukuran 30 x 15 x 10 cm yang ideal untuk membuat batako. Pelat besinya memiliki ketebalan 2,5 mm, sehingga lebih kuat menghadapi tumbukan ketika mencetak. Cetakan Batako Engsel ini lebih praktis digunakan karena tidak perlu membuka bagian samping dalam proses pembuatan batako.

Harga Rp. 160.000-198.000

Cetakan Batako 40x20x10

Ingin mencetak batako dengan ukuran yang sedikit lebih besar? Kamu bisa memilih Cetakan Batako 40x20x10 untuk membuatnya. Cetakan batako ini hadir dengan ukuran 40 x 20 x 10 cm yang lebih besar dari ukuran cetakan biasa.

Produk ini memiliki 3 lubang, sehingga lebih efektif dan efisien dalam memproduksi batako. Terbuat dari bahan baku yang baru, pelat cetakan ini memiliki ketebalan 2,6 mm. Cetakan batako ini juga dapat dibuat secara custom untuk menghadirkan motif pada samping kiri dan kanan.

Harga Rp. 210.000-240.000

Cetakan Batako 30x15x10

Pilihan cetakan berikutnya yang direkomendasikan adalah Cetakan Batako 30x15x10. Cetakan batako ini hadir dalam ukuran 30 x 15 x 10 cm yang ideal. Terbuat dari bahan yang berkualitas, produk ini memiliki ketebalan pelat besi 2,5 mm yang kuat. Tersedia dalam model engsel, cetakan ini juga dibekali dengan gagang beton yang membuatnya lebih praktis dan simple. Produk ini mampu membantu produksi batako secara rapi dan berkualitas.

Harga Rp. 160.000-200.000

Cetakan Batako 40 x 10 x 15

Rekomendasi cetakan batako berikutnya adalah Cetakan Batako 40 x 10 x 15. Produk ini terbuat dari pelat besi dengan ketebalan 2 mm. Kuat dan tahan tumbukan, dengan cetakan ini produksi batako menjadi lebih mudah dan praktis.

Cetakan batako ini hadir dengan ukuran yang ideal, yaitu 40 x 10 x 15 cm. Untuk memproduksi 1.200 biji batako menggunakan cetakan ini dibutuhkan pasir sebanyak 7 kubik atau satu truk. Sementara semen yang dibutuhkan sebagai campuran sebanyak 8 zak dengan isi masing-masing 50 kilogram.

Harga Rp. 249.000-296.500

Cetakan Batako Hidrolik

Cetakan Batako Hidrolik menjadi produk berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini memiliki 2 lubang, sehingga proses produksi bisa dilakukan lebih cepat. Terbuat dari bahan yang berkualitas, cetakan ini memiliki ketebalan pelat mencapai 18 mm.

Prinsip kerja cetakan ini sama seperti mesin pencetak batako pada umumnya. Hanya saja, mesin ini bekerja secara otomatis mulai dari pemasukan bahan, mixer adonan, penampungan, hingga pencetakan. Selain untuk mencetak batako, cetakan seberat 200 kg ini dapat digunakan untuk mencetak paving.

Harga Rp. 12.000.000-15.063.000

Cetakan Batako Manual Tumbuk 38x17x10 cm

Mau cetakan batako yang ringan dan tidak menghabiskan tenaga ketika mengoperasikannya? Kamu bisa memilih Cetakan Batako Manual Tumbuk 38x17x10 cm sebagai solusinya. Cetakan ini hadir dengan ukuran 38 x 17 x 10 cm yang ideal.

Produk ini terbuat dari pelat yang berkualitas dengan ketebalan 2,5 mm. Ketebalannya membuat cetakan ini lebih kuat dan tahan dalam proses cetak batako. Tak hanya itu, ukuran dan ketebalan batako ini juga tidak terlalu berat, sehingga penggunanya tidak cepat merasa letih.

Harga Rp. 258.000-335

Cetakan Batako Knockdown

Rekomendasi cetakan batako berikutnya adalah Cetakan Batako Knockdown. Seperti namanya, cetakan ini bisa dibongkar pasang layaknya lego. Tersedia dalam ukuran 40 x 12 x 20 cm, cetakan ini semakin ideal dengan ketebalan pelat 3 mm. Dengan cetakan ini, produksi batako menjadi lebih mudah dan maksimal, lantaran mampu menghasilkan batako yang padat.

Harga Rp. 1.000.000-1.100.000

Cetakan Batako 36x16x9 Biasa

Cetakan Batako 36x16x9 Biasa adalah cetakan batako terakhir yang direkomendasikan. Cetakan ini hadir dengan ukuran 36 x 16 x 9 cm. Terbuat dari pelat besi, ketebalan pelat cetakan ini mencapai 3 mm.

Cetakan ini didesain tanpa lubang, namun menggunakan siku pada tiap sisi cetakan. Dengan demikian produk ini menjadi lebih kuat. Setiap pembelian cetakan batako ini telah dibekali dengan penumbuk untuk memadatkan batako.

Harga Rp. 255.000
From our editorial team

Batako vs Bata Merah, Material Mana yang Lebih Baik?

Ketika membangun rumah ataupun gedung, pemilihan material adalah hal yang penting. Tak jarang seseorang dibuat bingung untuk memilih antara batako atau bata merah sebagai material bangunan. Sebenarnya kedua material ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Batako memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga lebih cepat dalam proses pembangunan. Kepadatannya yang tinggi membuat batako kedap air dan suara. Namun, batako juga memiliki kelemahan, yaitu memberikan suhu yang panas pada ruangan serta rentan mengalami keretakan. Dari segi kekokohan, bata merah dinilai lebih unggul. Bata merah juga ampuh menahan panas dan bisa didaur ulang. Kekurangan dari bata merah adalah ukurannya yang kecil, sehingga dibutuhkan waktu yang lama dan biaya lebih dalam membangun rumah. Bagi yang hendak membangun rumah atau gedung bertingkat, batako lebih disarankan daripada bata merah.