10 Rekomendasi Lakban Aluminium Serbaguna untuk Kebutuhan Industri dan Rumah Tangga (2020)

10 Rekomendasi Lakban Aluminium Serbaguna untuk Kebutuhan Industri dan Rumah Tangga (2020)

Lakban aluminium adalah lakban khusus yang diciptakan untuk berbagai macam keperluan. Keunggulannya adalah daya rekat yang lebih kuat dan tahan terhadap panas. Melalui artikel ini, simak rekomendasi lakban aluminium serbaguna dari BP-Guide yang bisa membantu Anda untuk keperluan sehari-hari.

Lakban Aluminium Dapat Digunakan untuk Berbagai Macam Kebutuhan

Dari banyaknya jenis lakban yang ada, lakban aluminium memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh lakban lainnya. Berbeda dengan lakban yang biasanya terbuat dari plastik, lakban aluminium terbuat dari bahan khusus yang mampu menahan suhu. Lakban ini tahan terhadap api, panas, dan perubahan cuaca yang kadang tidak menentu.

Itulah mengapa lakban aluminium menjadi salah satu benda yang sangat serbaguna dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Karena tahan terhadap suhu dan cuaca, lakban jenis ini cocok untuk penggunaan di dalam maupun di luar ruangan. Dalam sektor industri, lakban aluminium dapat dipakai untuk konstruksi pipa, pemanasan, ventilasi, hingga penyegelan.

Lakban aluminium juga berfungsi untuk melapisi exhaust wrap setelah penggunaan atap fiber glass atau asbes. Dalam rumah tangga, lakban aluminium sering dipakai untuk menambal panci, penggorengan, dan peralatan dapur lainnya.

Tips Memilih Lakban Aluminium yang Bagus

Sesuaikan Ketebalan dengan Kebutuhan

Meski sekilas terlihat sama, namun lakban memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Tidak terkecuali lakban aluminium. Saat akan membeli lakban aluminium, periksa dulu ketebalannya, apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Berbeda merek dan produsen, maka berbeda pula ketebalan lakban aluminium.

Umumnya lakban aluminium memiliki ketebalan 0,1 mm hingga 0,5 mm tergantung pada jenisnya. Misalnya, lakban tipe kraft ketebalannya adalah 0,12 sampai 0,14 mm. Sementara lakban jenis basic ketebalannya adalah 0,1 mm hingga 0,5 mm. Lakban tipe glass cloth memiliki ketebalan 0,15 mm sampai 0,2 mm.

Ketebalan lakban berpengaruh langsung pada kekuatannya. Artinya, semakin tebal lakban maka semakin kuat pula daya rekatnya. Maka dari itu, cari tahu dulu ketebalan lakban sebelum Anda membelinya untuk menghindari salah membeli produk.

Periksa Kemampuan Lakban Dalam Menahan Suhu

Lakban aluminium terbuat dari satu bahan yang sama, tetapi memiliki kemampuan berbeda-beda dalam menahan suhu. Beberapa jenis lakban punya ketahanan tinggi terhadap suhu, yaitu mampu bertahan pada suhu 300 derajat celcius. Namun tidak semua lakban mampu menahan suhu setinggi itu.

Ada juga lakban aluminium yang hanya bisa menahan suhu beberapa puluh derajat saja. Informasi ketahanan suhu maksimal sebuah produk lakban aluminium dituliskan dalam kemasan. Sama halnya seperti ketebalan, kemampuan lakban dalam menahan suhu ekstrem juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Perhatikan Efisiensi Lakban

Apakah Anda lebih suka segala sesuatu yang praktis, termasuk saat menggunakan lakban? Jika Anda tidak mau repot memotong lakban aluminium dengan gunting atau cutter, maka cari saja lakban yang bisa disobek menggunakan tangan.

Sayangnya, lakban yang praktis ini biasanya lebih tipis dari lakban aluminium lainnya. Apabila Anda membutuhkan lakban dengan ketebalan dan kekuatan tinggi, maka mau tidak mau Anda harus memotong lakban dengan menggunakan alat bantu.

Tentukan Tipe Finishing yang Diinginkan

Namanya saja lakban aluminium, tentu bahan utama yang digunakan untuk membuat lakban ini adalah aluminium. Jika digunakan di bawah cahaya terang, aluminium dapat menciptakan kilap yang sangat mencolok dan bisa mengganggu orang di sekitarnya.

Tapi tenang saja, ada juga lho lakban dengan finishing matte alias tidak mengilap. Namun lakban matte sangat jarang dan sulit ditemukan, karena proses pembuatannya yang lebih rumit dan membutuhkan biaya tinggi. Sementara itu untuk lakban dengan finishing glossy tidak memerlukan proses tambahan karena merupakan finishing alami dari aluminium itu sendiri.

Periksa Ada Tambahan Kertas Atau Tidak

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat membeli lakban adalah melihat tipe pelapis tambahannya. Terdapat dua jenis lakban yaitu backingless type dan backing paper type. Lakban backingless type tidak menggunakan kertas tambahan untuk melapisi bagian lakban yang menempel. Sedangkan backing paper type menggunakan pelapis tambahan di bagian belakang.

Kedua jenis lakban ini memiliki fungsi yang sama, namun efisiensinya berbeda. Backingless type cocok untuk digunakan dalam jumlah banyak sekaligus dan mengurangi sampah kertas karena tidak memiliki pelapis. Tetapi buat Anda yang menggunakan lakban hanya sedikit demi sedikit lebih cocok dengan backing paper type yang tergolong hemat penggunaanya.

Ragam Jenis Lakban Aluminium yang Dijual di Pasaran

Basic Type

Sumber gambar amazon.com

Lakban aluminium tipe basic biasanya dilengkapi dengan perekat kertas tambahan. Keunggulan dari lakban ini adalah kemampuan menahan cuaca yang tinggi dan memiliki daya rekat yang lama. Lakban yang terbuat dari logam aluminium ini jelas lebih tahan panas dan dingin dibandingkan lakban jenis yang lainnya.

Namun, dibandingkan tipe lakban aluminium yang lain, basic type memiliki kekuatan yang paling rendah. Lakban ini bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga yang membutuhkan lakban untuk menahan suhu panas kompor. Harga lakban ini juga yang paling terjangkau dibandingkan yang lain.

Glass Cloth Type

Sumber gambar 3m.com

Perbedaan galss cloth type dengan basic type adalah adalah tambahan kain kaca pada permukaan lakban. Lakban jenis ini paling cocok digunakan pada benda yang sensitif dengan suhu panas, misalnya seperti kabel. Glass cloth tape ini mampu menahan panas dan dingin secara lebih baik dibandingkan tipe basic. Oleh karena itu, ketebalannya juga lebih tinggi.

Kraft Type

Terakhir ada kraft type yang terbuat dari kertas dan aluminium berkualitas tinggi untuk menghasilkan daya rekat yang kuat. Tetapi kelemahan dari lakban ini adalah kurang tahan dengan suhu tinggi dan tidak bisa digunakan pada benda-benda yang dekat dengan air. Lakban yang satu ini dapat digunakan untuk merekatkan dua benda tahan panas sekaligus.

Dari segi harga, lakban kraft type sangat terjangkau dengan panjang mencapai 50 meter! Tidak heran lakban ini sangat hemat!

Rekomendasi Lakban Aluminium Serbaguna yang Dapat Digunakan untuk Berbagai Macam Kebutuhan

Daimaru Aluminium Foil Tape 48 mm x 40 yard

Daimaru Aluminium Foil Tape 48 mm x 40 yard menjadi produk pertama yang direkomendasikan dalam daftar ini. Lakban berkualitas tinggi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan industri. Keunggulan yang ditawarkan adalah ketahanan yang tinggi terhadap cuaca, suhu, dan bahan kimia. Sistem perekat yang kuat membuat produk ini bisa digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kegunaan lakban ini sangat banyak. Misalnya untuk menambal panci di dapur, konstruksi pipa, pemanasan, hingga ventilasi. Lakban ini memiliki ketebalan 48 mm atau 2 inci dengan panjang 48 yard atau 36,5 meter. Perekat lakban terbuat dari bahan solvent based acrylic adhesive, sementara bahan pelapisnya terbuat dari silikon. Keunggulan lain dari lakban ini adalah tahan terhadap air.

Harga Rp. 30.000-100.000

BM Aluminium Foil Tape

BM Aluminium Foil Tape adalah lakban aluminium multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Lakban ini dilengkapi dengan perlindungan terhadap suhu panas, mampu melekat dengan kuat di atas permukaan benda berbahan logam, serta dapat digunakan untuk keperluan dapur yang ringan seperti menambal panci yang bocor.

Lakban berkualitas ini memiliki ketebalan 45 mm dengan panjang mencapai 25 meter. Lakban ini merupakan basic type tanpa adanya pelapis tambahan di bagian belakang. Karena daya rekat yang kuat dan ketahanan suhunya tinggi, maka lakban ini yang paling cocok untuk digunakan dalam rumah tangga.

Harga Rp. 20.000-70.000

Yamakawa Lakban Aluminum Foil

Jika lakban aluminium hendak digunakan untuk keperluan industri, maka kekuatan dan ketebalannya harus lebih besar dibandingkan dengan lakban yang digunakan untuk rumah tangga. Yamakawa Lakban Aluminum Foil hadir sebagai solusi kebutuhan industri dengan produk lakban terbaik.

Lakban ini didesain khusus dengan kemampuan untuk melindungi dan tahan terhadap uap air, sehingga sangat pas jika digunakan untuk sambungan pipa. Produk ini dapat digunakan untuk pipa sambungan material sulasi seperti pipa air dingin, ducting udara dingin, cable join protection, dan kulkas.

Suhu yang mampu ditahan oleh produk ini mulai dari 250 sampai 500 derajat Celcius. Daya rekatnya sangat kuat diimbangi dengan konformabilitas yang baik. Produk ini bisa digunakan dalam jangka panjang.

Harga Rp. 20.000-70.000

Berry Tape Aluminium Foil Tape

Bukan hanya panci saja lho yang bisa mengalami kebocoran hingga perlu ditambal dengan lakban aluminium. Knalpot sepeda motor juga bisa bocor. Kesamaan antara panci dan knalpot adalah sama-sama bersentuhan dengan suhu panas sehingga membutuhkan lakban khusus.

Berry Tape Aluminium Foil Tape merupakan lakban yang didesain sebagai konduktor konformabel yang mampu menahan panas. Produk ini dapat digunakan untuk temperatur tinggi yang ekstrem, temperatur rendah hingga membeku, serta thermal spray masking. Lakban memiliki ketebalan 48 mm dengan panjang 25 meter yang bisa digunakan dalam waktu lama.

Bahan pembuatnya adalah dead soft aluminium foil setebal 0,030 mm dengan perekat berbahan acrylic water. Fitur unggulannya adalah acrylic adhesive yang mampu menempel dengan kuat di atas segala permukaan, tahan terhadap sinar UV, dan tahan terhadap perubahan suhu. Dilengkapi dengan aluminium foil backing yang bekerja sebagai pelapis anti kelembapan dan melawan perubahan suhu, sehingga mampu bertahan di segala kondisi dan cuaca.

Harga Rp. 20.000-100.000

Solatape Aluminum Foil Tape

Selanjutnya ada Solatape Aluminum Foil Tape, lakban serbaguna untuk segala macam pekerjaan. Keunggulan yang ditawarkan produk ini adalah tahan terhadap suhu yang panas, mampu melekat dengan baik di permukaan logam, serta sangat cocok untuk menambal panci. Lakban dengan ketebalan 45 mm ini memiliki panjang 18 meter.

Ketahanan suhu lakban mulai dari -29 derajat celcius hingga 127 derajat Celcius. Selain itu, bahannya yang tipis membuat produk ini lebih mudah digunakan tanpa mengurangi kekuatannya. Belum lagi harganya yang terjangkau sehingga mudah dibeli oleh semua kalangan.

Harga Rp. 15.000-100.000

HOKI Tape Lakban Aluminium Foil

HOKI Tape Lakban Aluminium Foil adalah lakban khusus yang dilengkapi dengan perekat butyl. Butyl sendiri memiliki sifat tahan panas, tahan air, dan daya rekat yang luar biasa. Ini merupakan jenis lakban self adhesive membrane yang cocok untuk penggunaan luar ruangan, pada permukaan yang terkena sinar matahari langsung.

Lakban ini dapat digunakan untuk keperluan industri seperti retak pada beton, gentang. zincalum, PVC dan masih banyak lagi. Bentuknya yang ramping dan tipis menambah estetika saat digunakan. Produk ini selain daya rekatnya kuat juga bisa mengikuti kontur permukaan dengan sempurna.

Harga Rp. 20.000-70.000

Nachi Tape Aluminium Foil Tape

Rekomendasi produk berikutnya adalah Nachi Tape Aluminium Foil Tape yang memiliki ketebalan 48 mm dengan panjang 40 yard. Lakban ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan suhu ekstrem, baik itu panas maupun dingin. Diciptakan khusus untuk ketahanan kenoduktivitas thermal yang tinggi.

Produk ini biasa digunakan dalam industri konstruksi, saluran penyegelan, pipa, ventilasi, dan pemanasan. Lakban terbuat dari bahan aluminium berkualitas ditambah dengan daya rekat yang kuat. Lakban produksi Nachi Tape selalu dipercaya kualitas dan kekuatannya, jadi Anda tidak perlu ragu untuk memilih merek ini.

Harga Rp. 30.000-100.000

PAJERO Aluminium Foil Tape

Panci adalah perkakas dapur yang rawan bocor. Membuang panci begitu saja tentu sayang bukan? Tenang saja, panci Anda yang bocor masih bisa digunakan jika ditambal dengan PAJERO Aluminium Foil Tape. Lakban berkualitas ini diciptakan untuk menyelesaikan masalah kebocoran dalam perkakas rumah tangga.

Keunggulan dari lakban ini tentu saja tahan terhadap suhu panas sehingga sangat pas bila dijadikan penambal untuk panci yang bocor. Terbuat dari bahan aluminium berkualitas tinggi dengan daya tahan yang kuat.

Harga Rp. 25.000-100.000

3M Aluminum Foil Tape 425

Siapa yang tidak kenal dengan merek 3M? Ini adalah merek tape atau lakban yang tepercaya. Salah satu produknya adalah 3M Aluminum Foil Tape 425. Lakban berbahan aluminium dari 3M ini tahan terhadap degradasi, termasuk kelembapan, sinar UV, dan bahan kimia lainnya. Lakban eksklusif ini diciptakan untuk melengkapi kebutuhan di bidang teknik dan terapan lainnya.

Lakban konformabel ini juga tahan terhadap api, sehingga sangat serbaguna untuk berbagai macam terapan. Mampu bertahan di tengah perubahan temperatur. Perekatnya menggunakan bahan transparent acrylic adhesive yang diperkuat dengan lapisan belakang yang tahan lama untuk memaksimalkan penggunaan di dalam dan di luar ruangan.

Harga Rp. 300.000-700.000

Inoplast Plaster Waterproofing AL

Di musim penghujan, talang air rumah sangat rawan bocor karena derasnya aliran air. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Inoplast Plaster Waterproofing AL hadir sebagai solusi untuk menambal talang air yang bocor.

Lakban yang dibuat khusus untuk menyumbat kebocoran talang ini dilengkapi dengan perekat butyl, memiliki sifat tahan air, tahan panas, dan daya rekatnya sangat kuat. Produk ini sangat cocok digunakan pada permukaan yang terkena sinar matahari langsung, seperti bagian atap. Selain itu bisa juga digunakan untuk menambal genteng, beton, polycarbonate, PVC, dan masih banyak lagi.

Kegunaan lainnya adalah sebagai bahan tambahan untuk meredam suara dan meredam panas.

Harga Rp. 200.000-350.000
From our editorial team

Simpan Lakban di Tempat Kering agar Daya Rekatnya Tidak Berkurang

Semua produk lakban aluminium yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas memang tahan air dan panas. Namun jika sisa lakban yang belum digunakan tidak disimpan dengan baik, maka daya rekatnya akan berkurang. Setelah memakai lakban, simpan sisanya di tempat yang kering dan jauh dari air. Karena jika bagian perekat terkena air, maka kekuatannya pun akan berkurang.