Ingin Anak Anda Betah Main di Rumah? Pilihlah Salah Satu dari 8 Mainan Hewan yang Asyik Dimainkan Bersama

Ingin Anak Anda Betah Main di Rumah? Pilihlah Salah Satu dari 8 Mainan Hewan yang Asyik Dimainkan Bersama

Mainan anak sangat beragam dan orangtua harus memilihkan dengan tepat lho. Agar tidak salah pilih, BP-Guide punya rekomendasi mainan hewan yang bisa Anda belikan untuk anak-anak. Mau tahu dong rekomendasinya? Yuk, langsung baca aja!

Kemajuan Teknologi Permainan Anak dan Komputer Telah Mengubah Pola Bermain Anak-anak

Sumber gambar batam.tribunnews.com

Kemajuan teknologi yang semakin pesat mempermudah segala keperluan manusia, termasuk memengaruhi aktivitas sehari-hari mereka. Kemajuan teknologi tersebut juga berpengaruh terhadap permainan anak-anak yang semakin canggih.

Selain faktor teknologi, berkurangnya lahan terbuka juga mengubah pola bermain anak-anak yang kini disebut sebagai generasi native digital. Seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai di masyarakat, anak kecil mulai cakap mengoperasikan gawai sejak usia dini. Oleh sebab itu, produsen mainan pun mulai meninggalkan berbagai macam jenis mainan tradisional.

Terlalu Sering Mengajak Anak ke Mal Bisa Menimbulkan Bahayanya Lho

Perilaku Konsumtif

Sumber gambar foto.wartaekonomi.co.id

Setiap kali berkunjung ke mal, sudah pasti Anda mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Pengeluaran tersebut biasanya meliputi tiket masuk wahana permainan, membeli makanan dan minuman, serta berbelanja.

Apabila terlalu sering mengajak anak ke mal, misal sekali dalam seminggu, bukan tidak mungkin kegiatan ini akan menjadi gaya hidup mereka. Kebiasaan tersebut berpotensi terbawa sampai mereka dewasa dan menjadikannya sebagai sosok yang konsumtif.

Gaya Hidup Mewah

Sumber gambar firlia.com

Hampir semua orang yang berkunjung ke mal memperhatikan penampilannya masing-masing. Selain itu, hampir tidak mungkin pula jika di antara mereka tidak membeli apa pun selama berada di mal, mulai dari membeli suatu barang tertentu sampai menikmati kopi di salah satu gerai kuliner.

Namun, apakah Anda sadar bahwa kegiatan tersebut dapat digolongkan sebagai contoh gaya hdup mewah? Sebab hampir tidak ada barang jualan di mall yang harganya murah. Orang-orang tetap mendatanginya karena mal menawarkan hiburan dan merupakan pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak menanamkan gaya hidup mewah kepada anak Anda.

Kesulitan Bersosialisasi

Sumber gambar www.yoedha.com

Kemampuan bersosialisasi sudah harus diasah sejak anak berusia dini. Membawa anak berjalan-jalan ke mal tidak memberikan dampak positif bagi kemampuan bersosialisasi anak. Sebab, meskipun anak akan bertemu banyak orang di dalam mal, hanya sedikit orang atau bahkan tidak ada sama sekali orang yang akan berinteraksi dengan dirinya.

Jadi, daripada membawa anak ke mall, lebih baik membawa anak ke tempat-tempat yang lebih ramah untuknya, yaitu tempat di mana anak bisa bertemu banyak sekali teman sebayanya. Sehingga, dia akan berlatih untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa membantu anak bersosialisasi di lingkungan sekitar rumah ketika bertemu dan bermain bersama tetangga yang mungkin punya anak kecil juga.

Dewasa Sebelum Waktunya

Sumber gambar www.dakwahpost.co

Di mal, ada banyak sekali pemandangan yang dapat memberikan contoh buru bagi anak-anak. Apalagi jika hal-hal yang dilihat anak tersebut tidak didampingi oleh pengertian dan penjelasan yang benar dari orangtua.

Misalnya, di mall pasti ada beberapa pasangan yang bermesraan di depan umum, entah itu saling rangkul, saling berpegangan tangan, atau saling cium. Perilaku mesra tersebut, tentu saja, kurang cocok dilihat oleh anak-anak.

Terlalu sering melihat hal-hal seperti itu dapat membuat mereka dewasa sebelum waktunya dan menganggap bermesraan di tempat umum adalah suatu hal yang wajar. Padahal, ada banyak kegiatan lain yang lebih bermanfaat daripada hal tersebut.

8 Mainan Hewan Berjalan yang Bisa Anda Beli untuk Membuat Anak Lebih Betah di Rumah

Electrical Toy Animal Riding

Sumber gambar bukalapak.com

Rekomendasi pertama adalah Electrical Toy Animal Riding. Perangkat mobilitas ini dilengkapi dengan body mewah lembut dan sistem mengemudi inovatif dengan geladak, pegangan, pijakan kaki, dan plastik wheels. Pembuatannya menggunakan bahan berkualitas tinggi dan tahan terhadap kotoran.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila mainan ini digunakan untuk bermain di dalam maupun di luar ruangan dan tetap mudah bergerak. Mainan ini bisa dinaiki dan tersedia dalam berbagai model hewan yang bisa Anda pilih.

Untuk menggerakkannya, mainan ini menggunakan baterai sehingga lebih ramah lingkungan dan juga dilengkapi musik agar anak tidak merasa bosan ketika bermain dengannya. Kerangka besinya pun kuat, sehingga aman digunakan oleh anak Anda namun tetap harus berada di bawah pengawasan orangtua.

Selain menawarkan hiburan dan kesenangan, mainan ini juga mendukung kegiatan yang sehat dan mendorong anak agar terus bergerak secara aktif. Jika ingin mencoba Electrical Toy Animal Riding, dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 7.000.000.

Mainan Anak Hewan Macan Bisa Berjalan

Sumber gambar youtube.com

Mainan yang bisa berjalan satu ini berbentuk harimau. Ia dapat bergerak maju, mengeluarkan suara harimau, dan matanya dapat menyala-nyala. Selain itu, detil-detil lain seperti ekor yang bisa bergerak, kepala bisa bergerak, serta mulut yang bisa terbuka dan tertutup.

Untuk bergerak, Mainan Anak Hewan Macan Bisa Berjalan Mainan Edukasi ini menggunakan baterai “AA” 3 pcs yang bisa Anda dapatkan secara gratis ketika membeli mainan ini. Mainan berukuran 27 cm x 14 cm x 10 cm ini telah memiliki sertifikat SNI, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan keamanan dari fitur-fitur yang dimilikinya. Dapatkan mainan ini di Shopee dengan harga Rp 80.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 84.000.

Mainan Dinosaurus Bersuara dan Berjalan

Sumber gambar tokopedia.com

Dinosaurus adalah salah satu jenis hewan yang menarik perhatian anak. Selain karena tubuhnya yang besar dan bentuknya yang bermacam-macam, dinosaurus juga memiliki periode hidup yang berbeda-beda dan nama yang cukup unik. Sehingga, bagi sebagian besar anak, mengenal dinosaurus adalah hal yang sangat menyenangkan. Tak jarang anak-anak ini dapat menghafal puluhan, atau bahkan ratusan, nama dan jenis dinosaurus yang pernah ada.

Ketertarikan anak terhadap dinosaurus tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kognitif anak. Sebagai alternatif termudah, Anda dapat memberikan mainan-mainan yang berhubungan dengan dinosaurus.

Salah satunya adalah Mainan Dinosaurus Berjalan Goyang dan Bertelur Bersuara Dino. Selain berjalan, mainan ini juga dapat mengeluarkan suara-suara dinosaurus yang menggelegar. Ekornya pun dapat bergoyang-goyang sehingga menambah keseruan anak dalam bermain. Untuk membuatnya bergerak cukup dengan menggunakan baterai AA sebanyak 3 buah.

Jika berminat, silakan membeli mainan dinosaurus yang bisa berjalan ini di Tokopedia atau Bukalapak dengan harga Rp 99.000.

Mini Walking Animal Animal Ride

Anak-anak pasti tertarik dengan mainan-mainan yang unik, bentuk yang lucu, dan menyenangkan. Maka tak heran jika anak-anak banyak menyukai mainan kendaraan hewan yang bisa berjalan tanpa harus didorong.

Inilah Animal Ride Size S, mainan anak berbahan beludru dengan rangka bawah terbuat dari besi. Mesin penggerak menggunakan Dinamo DC 12 Volt 24 Am menggunakan tenaga aki 12 volt. Ukurannya sekitar 70 cm x 60 cm x 40 cm yang dapat menampung beban hingga 75 kg. Desainnya dibuat agar aman dan nyaman bagi anak-anak. Jika berminat, dapatkan mainan ini di Ilham Industri Wahana dengan harga Rp 4.300.000.

Animal Ride Kuda Pony

Sumber gambar bukalapak.com

Sedikit berbeda dengan rekomendasi mainan sebelumnya, Pony Cycle Ride On Mainan Kuda Kudaan Size S Big Promo adalah mainan berbentuk kuda-kudaan yang dilengkapi pedal dan roda. Untuk menggerakkan kaki kuda tersebut, anak-anak harus mengayuh pedal sama halnya seperti bermain sepeda. Uniknya, tempat duduk (sadel) mainan ini akan bergerak naik dan turun saat kuda sedang berjalan.

Kelebihan dari mainan unik satu ini adalah dapat melatih otot motorik anak dengan cara yang berbeda dan jauh lebih seru daripada sekedar main sepeda. Tersedia dalam tiga ukuran, yaitu small, medium, dan large. Jika Anda berminat membeli mainan ini, dapatkan di Shopee dengan harga Rp 3.789.000.

Mainan Robot Smart Dog

Sumber gambar solusibayi.com

Mainan Robot Smart Dog ini serupa dengan robot anjing yang dapat dikendalikan menggunakan remote control. Ia dapat berbicara, berdansa, bernyanyi, maju dan mundur, bahkan berlari.

Selain dapat menjadi teman bermain, mainan yang satu ini juga memiliki fungsi question dalam bahasa Inggris. Keunikan lainnya adalah kepalanya dapat mengangguk-angguk, ekornya dapat bergerak-gerak, dan mata robot ini dapat menyala-nyala.

Untuk menggerakkan robot berukuran 20 cm x 16 cm ini, Anda membutuhkan 4 buah baterai AA untuk robot dan 2 buah untuk remote. Ada dua varian warna yang bisa Anda pilih yaitu biru atau pink. Apabila berminat membeli, silakan kunjungi Solusi Bayi dan Anda dapat membeli mainan ini dengan harga Rp 190.000.

Mainan Hewan Gajah Bisa Berjalan

Sumber gambar tokopedia.com

Anak-anak yang menyukai binatang pasti suka dengan Mainan Gajah Mammoth Bisa Jalan Bersuara Lampu - Anak Edukatif Hewan ini karena bentuknya yang sangat mirip dengan gajah asli. Dimensi mainan ini yaitu 26 cm x 15 cm x 10 cm yang dapat bergerak maju. Telinga, ekor, dan kaki gajah dapat bergerak, serta mainan ini dapat mengeluarkan suara gajah yang lucu.

Untuk menyalakannya, Anda dapat menggunakan baterai AA yang dijual secara terpisah. Dapatkan Mainan Gajah Mammoth Bisa Jalan Bersuara Lampu - Anak Edukatif Hewan ini di Elevenia dengan harga Rp 85.000 atau di Bukalapak dengan harga Rp 75.000.

Wowwee CHiP Smart Toys Anjing Robot

Sumber gambar blibli.com

Rekomendasi terakhir adalah Robot WowWee yang mendapat julukan sebagai smart toys atau mainan pintar. Robot ini dapat melakukan beberapa gerakan sehingga dapat menjadi media belajar bagi anak-anak. Ia dilengkapi dengan sensor gerak dan sensor suara yang memungkinkannya menerima perintah dari manusia.

Ada tujuh karakter robot dengan berbagai bentuk, beberapa di antaranya adalah bentuk anjing, dinosaurus, dan bentuk mobil. Untuk robot yang mengangkat karakter anak anjing dinamai WowWee ChiP yang dapat meniru gerakan melalui fitur sensor secara responsif. Simulasi gerakannya dilakukan berdasarkan instruksi yang diterjemahkan melalui gestur tangan Anda.

Berbagai teknologi menarik diaplikasikan pada robot canggih yang satu ini sehingga memiliki kemampuan gerak unik pada robot berkarakter pintar. Pengoperasiannya mengakomodasi algoritma pemrograman yang unik dan berkarakter. Dapatkan robot pintar berdimensi 38,1 cm x 22 cm, x 29,97 cm ini di Blibli dengan harga Rp 4.849.500.

From our editorial team

Yuk, Sediakan Mainan yang Tepat untuk Anak!

Bermain di rumah tidak membosankan, kok. Justru lebih banyak manfaatnya, apalagi jika anak-anak memiliki teman yang seumuran karena mereka bisa bermain bersama dan bersosialisasi. Membelikan mainan anak dengan tepat adalah salah satu solusi untuk membuat anak betah main di rumah.

Tag