10 Rekomendasi Produk Perawatan Wajah Berjerawat untuk Kulitmu (2021)

10 Rekomendasi Produk Perawatan Wajah Berjerawat untuk Kulitmu (2021)

Kulit berjerawat tidak boleh dibiarkan. Kamu harus memilih produk perawatan wajah berjerawat yang tepat agar jerawat segera hilang dan pergi dari kulitmu. Mulai dari facial wash hingga krim wajah, yuk simak rekomendasi produk terbaik untuk merawat wajah berjerawat dari BP-Guide berikut ini!

Punya Kulit Berjerawat? Kamu Tidak Sendirian

Kulit berjerawat adalah momok bagi semua wanita. Siapa sih yang mau kulitnya jadi tidak mulus akibat jerawat? Sayangnya, banyak juga lho yang tidak bisa lepas dari permasalahn jerawat.

Jadi, jika sampai saat ini kulit berjerawat jadi masalah buatmu, tenang saja. Kamu nggan sendirian kok! Jerawat bisa diatasi asalkan kamu menemukan produk yang tepat dan telaten dalam merawat kulitmu. Nah, merawat kulit berjerawat sendiri juga gampang-gampang susah.

Kadang membutuhkan kesabaran untuk mengembalikan kondisi kulitmu seperti semula, karena proses penyembuhan jerawat yang tidak sebentar. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi produk perawatan kulit berjerawat terbaik di tahun 2021 ini hanya untukmu!

5 Jenis Produk yang Harus Digunakan pada Kulit Berjerawat

Facial Wash

Pada kulit yang berjerawat, sabun wajah atau facial wash berfungsi untuk membersihkan kulit dan kotoran dan keringat yang menempel. Tidak hanya itu, facial wash juga bekerja untuk membersihkan minyak berlebih dan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Facial wash yang diformulasikan untuk kulit berjerawat biasanya mengandung bahan-bahan khusus untuk mencegah kulit kering dan iritasi setelah pemakaian.

Toner

Setelah menggunakan facial wash, langkah perawatan kulit berjerawat berikutnya adalah penggunaan toner. Fungsi toner adalah membantu mengurangi peradangan jerawat, membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh, serta mencegah jerawat muncul lagi.

Toner juga dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah, membuat kulit wajah terasa lebih bersih dan lembap.

Serum

Memilih serum untuk kulit berjerawat tidak boleh sembarangan. Periksa dulu kandungannya, pastikan cocok untuk kulitmu dan tidak akan membuat kondisi kulit jadi lebih parah.

Kandungan yang selalu ditemukan pada serum untuk jerawat adalah salicylic acid atau asam salisilat. Fungsi dari kandungan tersebut adalah mencegah penyumbatan pada pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan meredakan peradangan pada jerawat.

Moisturizer

Kulit berjerawat juga butuh pelembap, lho. Hanya saja, pelembap yang digunakan harus sesuai dengan jenis kulit. Oleh karena itu, kenali dulu apakah kulitmu jenis yang kering atau berminyak. Untuk kulit berminyak, pilih pelembap yang noncomedogenic atau tidak akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang menjadi pemicu jerawat.

Sementara itu, jerawat juga bisa muncul akibat kulit yang dehidrasi atau terlalu kering. Nah, jika kamu punya kulit kering, pastikan kamu memilih pelembap yang mengandung banyak air tanpa membuat wajah terlihat berminyak.

Krim Malam

Krim malam untuk kulit berjerawat biasanya tidak memiliki fungsi untuk memutihkan, namun untuk merawat kulit agar jerawat tidak semakin parah. Kandungan krim malam jerawat diperkaya dengan kandungan antibakteri untuk menghilangkan jerawat dan mencegah jerawat muncul kembali.

Selain itu, krim malam ini juga bermenfaat untuk mengatasi masalah kulit lain yang muncul bersamaan dengan jerawat seperti iritasi, minyak berlebih, dan komedo.

Tips Agar Jerawat di Kulit Tidak Semakin Parah

Jangan Pakai Makeup

Salah satu pantangan terbesar bagi kulit yang berjerawat adalah mengenakan makeup yang terlalu tebal. Ketika kondisi jerawat sedang parah atau ketika kamu sedang dalam masa penyembuhan dari jerawat, jangan gunakan makeup atau foundation.

Penggunaan makeup berpotensi untuk menyumbat pori-pori kulit wajah. Penyumbatan ini bisa berubah menjadi jerawat jika bercampur dengan sebum. Jadi sebaiknya tahan dulu keinginan untuk memakai kosmetik saat sedang berjerawat, ya!

Selalu Gunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya sangat penting bagi kulit, baik yang berjerawat maupun tidak. Fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Dampak buruk dari sinar UV bukan hanya masalah jerawat saja, tetapi juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Selalu lindungi kulit dengan sunscreen dibmana saja kamu berada, bahkan ketika di dalam ruangan. Saat beraktivitas di luar ruangan, ulangi penggunaan sunscreen setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Hindari Menyentuh Wajah dan Memencet Jerawat

Jerawat bisa muncul karena banyak penyebab. Salah satunya dari kebiasaan buruk seperti menyentuh wajah dan memencet jerawat. Saat kamu menyentuh wajah dengan tangan, kamu bisa memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke kulit wajah dan menyebabkan jerawat. Sementara memencet jerawat membuatnya meradang semakin parah dan akan meninggalkan bekas nantinya.

Rekomendasi Produk Perawatan Wajah Berjerawat Terbaik

The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Bicara soal merek skincare berkualitas, The Body Shop tentu sudah tidak perlu diragukan lagi reputasinya. Tea Tree Skin Clearing Facial Wash adalah produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Sabun wajah ini hadir dalam tekstur gel yang ringan dan mengandung kebaikan tea tree oil yang sangat ampuh mencegah jerawat dan noda bekas jerawat di wajah.

Kandungan ini juga bisa meredakan peradangan jerawat, menenangkan jerawat, dan mengurangi kemerahan pada kulit wajah akibat jerawat. Manfaat lainnya adalah produksi minyak yang semakin terkontrol dengan penggunaan rutin. Formulanya yang lembut tidak akan menyebabkan kulit menjadi kering.

Gunakan sabun wajah ini setiap pagi dan malam secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

Harga Rp. 50.000-150.000

Cetaphil Oily Skin Cleanser

Salah satu penyebab jerawat adalah kelebihan kadar minyak pada wajah. Gunakan Cetaphil Oily Skin Cleanser untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada kulit. Hebatnya lagi, produk ini tidak membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembapan.

Ini adalah cleanser yang bekerja mengendalikan produksi minyak yang sering menjadi pemicu munculnya jerawat. Sabun wajah ini tidak memproduksi banyak busa seperti sabun wajah pada umumnya, namun hasilnya sangat terasa sebelum dan sesudah menggunakan.

Sabun ini juga tidak meninggalkan residu yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pori atau iritasi kulit. Setelah mencuci wajah, kulit terasa bersih dan segar.

Harga Rp. 70.000-250.000

Some by Mi 30 Days Miracle Toner

Siapa yang kenal dengan produk yang viral banget ini? Some by Mi 30 Days Miracle Toner adalah produk dari Korea Selatan yang khusus diciptakan untuk merawat kulit berjerawat. Di dalamnya terdapat kandungan AHA, BHA, dan PHA serta tea tree oil dan niacinamide yang ampuh bekerja melawan bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya itu, toner ini juga bisa menyamarkan bekas jerawat membandel dan mengembalikan kulitmu jadi mulus dan bersih seperti semula hanya dalam waktu 30 hari saja. Toner ini juga cocok untuk kulit sensitif karena tidak memberikan efek perih setelah pemakaian. Bersiaplah menyambut kulit bebas jerawat!

Harga Rp. 90.000-175.000

Mario Badescu Glycolic Acid Toner

Sebenarnya, Mario Badescu Glycolic Acid Toner adalah toner yang diformulasikan untuk semua jenis kulit. Namun berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya sangat cocok untuk merawat kulit yang berjerawat. Sebut saja seperti glycolic acid dan ekstrak grapefruit yang bekerja sangat baik dalam mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

Cocok banget nih untuk kamu yang sedang berperang dengan bekas jerawat membandel serta kulit kusam. Gunakan produk ini secara rutin sebelum serum dan pelembap untuk mendapatkan hasil terbaik.

Harga Rp. 250.000-400.000

Cetaphil Moisturizing Lotion

Memilih pelembap untuk kulit berjerawat tidak boleh sembarangan, lho. Kamu bisa mempercayakannya pada Cetaphil Moisturizing Lotion. Produk yang satu ini diformulasikan secara khusus untuk menenangkan kulit yang berjerawat. Tapi tenang saja, pelembap ini juga bisa digunakan oleh pemilik kulit berminyak yang tidak berjerawat juga, kok.

Lotion pelembap ini terbuat bahan-bahan khusus yang bekerja mengikat air ke kulit agar tidak kehilangan kelembapan. Kulit akan terasa lebih halus dan lembut setelah memakai pelembap ini. Kelebihan dari produk ini adalah tidak menyebabkan penumpukan minyak, tidak menyebabkan iritasi, dan tidak menyumbat pori-pori. Formulanya yang ringan membuat pelembap ini aman digunakan sehari-hari.

Harga Rp. 100.000-250.000

Neutrogena Oil-Free Acne Moisturizer

Rekomendasi berikutnya adalah Neutrogena Oil-Free Acne Moisturizer. Seperti namanya, ini adalah pelembap khusus untuk kulit berjerawat dengan kandungan salicylic acid di dalamnya. Meskipun kamu sedang berjerawat parah dan meradang, tidak perlu khawatir menggunakan produk ini karena teksturnya yang ringan tanapa kandungan minyak sama sekali.

Pelembap ini juga diformulasikan secara khusus agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Selain bisa membantu mengobati jerawat, produk ini juga bisa mencegah jerawat agar muncul lagi. Tidak perlu ragu deh untuk memilih produk ini sebagai pilihan terbaik untuk mengembalikan kondisi kulitmu.

Harga Rp. 200.000-500.000

Some By Mi 30 Days Miracle Serum

Kalau tadi ada toner, sekarang serum dari Some By Mi yang tidak kalah ampuh untuk merawat kulit berjerawat. Some By Mi 30 Days Miracle Serum memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda. Antara laim 3 jenis asam yaitu AHA, BHA, dan PHA yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori kulit, membuat kulit lebih cerah, dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat jerawat.

Kandungan lainnya adalah 10.000 ppm real tea tree yang bisa meredakan peradangan jerawat, membuatnya cepat mengempes dan mengering. Tea tree juga dikenal dapat mengontrol sebum dan menenangkan kulit.

Harga Rp. 120.000-200.000

Avoskin Miraculous Refining Serum

Avoskin Miraculous Refining Serum adalah produk dari brand lokal yang tidak perlu diragukan lagi kualitas dan keampuhannya dalam mengatasi masalah jerawat. Di dalam serum diperkaya dengan bahan-bahan alami seperti aloe vera, carrot, dan Tasmanian raspberry. Selain itu adalah pula AHA, BHA, dan Niacinamide yang bekerja merawat kulit secara menyeluruh.

Serum ini bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit, mencerahkan kulit, dan meratakan warna kulit. Selain itu juga penggunaannya dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, dan membuat kulit terasa lebih lembab. Di dalamnya juga tidak mengandung parfum dan paraben, sehingga aman digunakan pada kulit yang sensitif.

Harga Rp. 175.000-250.000

CeraVe Skin Renewing Night Cream

Krim malam ini tidak secara langsung mengatasi kulit berjerawat, namun bisa kamu gunakan untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi kulit setelah berjerawat. Jadi, meskipun kamu tidak memiliki masalah jerawat, tetap bisa menggunakan CeraVe Skin Renewing Night Cream.

Secara khusus krim ini bisa memperbarui tampilan kulit wajah, mengatasi masalah kekeringan, iritasi, dan kerusakan kulit yang disebabkan oleh jerawat. Dua kandungan utama dalam krim malam ini adalan ceramides dan hyaluronis acid. Kombinasi keduanya bekerja menghidrasi kulit secara maksimal, melindungi, dan memperkuat jaringan epidermis. Selain itu ada juga teknologi MVE Controlled Release yang sudah dipatenkan oleh CeraVe untuk melembapkan kulit lebih lama.

Harga Rp. 300.000-500.000

The Body Shop Tea Tree Oil Blemish Fade Night Lotion

Di urutan terakhir ada The Body Shop Tea Tree Oil Blemish Fade Night Lotion yang cocok kamu masukkan ke dalam rangkaian skincare malam hari. Lotion ini bekerja mengatasi masalah jerawat dengan kandungan antiseptik alami yang ada di dalamnya.

Tekstur produk ini berupa gel-krim ringan yang sangat menenangkan untuk kulit berjerawat. Dengan menggunakan lotion ini, kelembapan kulit akan kembali selama kamu tertidur. Lotion yang satu ini mudah terserap kulit dan bebas kilap. Kandungan antibakteri di dalamnya memastikan jerawat mudah dihempas dan kulitmu menjadi bersih kembali.

Harga Rp. 150.000-200.000
From our editorial team

Kesabaran Adalah Kunci untuk Menyembuhkan Kulit Wajah dari Jerawat

Masalah jerawat memang tidak bisa hilang hanya dalam satu malam saja. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran hingga kamu mendapatkan kembali kulit yang bersih dan sehat seperti semula. Jangan lupa pilih produk yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu. Pilih saja dari rangkaian rekomendasi produk BP-Guide di atas!