10 Rekomendasi Mesin Kopi 4 Jutaan yang Bisa Memenangkan Persaingan di Dunia Bisnis Kopi (2019)

10 Rekomendasi Mesin Kopi 4 Jutaan yang Bisa Memenangkan Persaingan di Dunia Bisnis Kopi (2019)

Kebiasaan orang minum kopi saat ini semakin tinggi. Gaya hidup tersebut tentu memberi dampak terhadap pelaku bisnis kopi. Pebisnis kopi akan bersaing satu sama lain untuk memberi pelayanan yang baik, mulai dari jenis kopi hingga alat untuk menghasilkan rasa kopi yang enak.

Geliat Usaha Kedai Kopi Menunjukkan Peningkatan yang Signifikan

Indonesia merupakan negara penghasil kopi yang cukup terkenal di seluruh dunia, seperti jenis Aceh Gayo, Toraja, Kalosi, Wamena, Kintamani, dan masih banyak lagi. Melihat demikian, menjadi inspirasi bagi kalangan millenials sekarang ini untuk mendirikan usaha kedai kopi. Mulai dari kedai kecil-kecil yang menyediakan kopi sachet sampai kopi yang dibuat oleh barista, di mana harganya lebih tinggi.

Sejak dulu kopi memang menjadi minuman untuk menambah energi agar tetap semangat menyelesaikan pekerjaan. Sekarang menjadi minuman untuk menemani ketika nongkrong atau sekadar mengerjakan tugas. Itu mengapa banyak sekali kedai kopi bermunculan di mana-mana dan didominasi oleh kalangan anak muda.

Persaingan Kedai Kopi Semakin Hari Semakin Ketat

Banyaknya usaha cafe bermunculan menciptakan persaingan antarkedai kopi dan masing-masing akan berlomba menarik perhatian para konsumen. Terinspirasi dari kesuksesan kedai kopi Starbucks yang sangat populer dan dikemas secara eksklusif, membuat para pebisnis berlomba-lomba untuk membangun bisnis kopi.

Dengan banyaknya pesaing, para pebisnis akan merencanakan dengan matang agar tetap bisa bertahan dalam persaingan yang demikian ketat. Selain perencanaan yang matang, pebisnis kopi juga sebaiknya mempertahankan cita rasa dan ciri khasnya sehingga pelanggan akan setia hingga menjadi pelanggan.

Tips Membuat Usaha Berkembang di Tengah Ketatnya Persaingan Bisnis Kopi

Jaga Identitas Merek Usaha

Penting bagi para pengusaha untuk menentukan merek usaha mereka. Ini pun berlaku buat para pebisnis kopi. Selain memikirkan merek usaha yang unik juga mempertahankan identitas merek usaha mereka. Kita harus tetap konsisten mempertahankan apa yang menjadi ciri khas dari usaha kedai kopinya.

Seperti kedai kopi yang terkenal di daerah Kemang, yaitu Anomali Kopi. Kedai kopi itu memiliki ciri khas menyediakan berbagai jenis kopi dari nusantara dan akan selalu dipertahankan. Para pelanggan pasti akan kembali lagi untuk mencari kopi nusantara terbaru dan mencicipinya.

Rajin Inovasi

Selain merek, sebuah kedai kopi akan terus dicari oleh konsumen apabila melakukan banyak inovasi. Salah satu penambahan menu atau menyediakan menu yang sedang hits saat ini. Meski demikian, pastikan tidak meninggalkan ciri khas dari kedai kopi yang sudah ditetepkan. Bisa juga dengan menambahkan topping atau menyediakan menu permintaan dari konsumen.

Inovasi bisa dilakukan para pebisnis tiga sampai enam bulan sekali. Hal ini supaya pelanggan tidak merasa bosan dan akan selalu datang ke kedai kopi tersebut. Selain itu, pebisnis juga perlu selalu mendengarkan masukan-masukan dari para pelanggan.

Manjakan Konsumen

Pelanggan adalah raja. Istilah ini tidak asing bagi kita dari dulu, yaitu kita selalu mengutamakan keinginan konsumen karena konsumen yang membayar barang/jasa kita. Ini juga berlaku untuk bisnis kedai kopi. Sebaiknya, para pemilik bisnis ini harus survei terlebih dahulu apa yang dibutuhkan pelanggan ke kedai kopinya, setelah itu gabungkan konsepnya.

Biasanya, konsumen pergi ke kedai kopi karena ingin relaks atau sekedar nongkrong bersama sahabat, bahkan ada juga digunakan para mahasiswa untuk membuat tugas di kedai kopi. Selain kualitas kopinya, tempat juga harus memadai dan nyaman (cozy), bersih, serta interior yang memanjakan mata.

Jangan lupakan pula, sistem pelayanan cepat sehingga konsumen tidak menunggu lama. Sediakan juga fasilitas wifi, agar konsumen betah berlama-lama dan kembali ke kedai kopi lagi.

Rajin Promosi

Dalam rangka meningkatkan penjualan sudah pasti harus melakukan promosi. Berlaku juga untuk kedai kopi, agar calon pelanggan kembali lagi atau lebih baik lagi mampu menarik pelanggan baru. Zaman sekarang ini promosi kedai kopi pun menjadi mudah, yaitu bisa dilakukan di sosial media.

Ada beberapa metode dalam promosi, yaitu pemberian diskon pada saat tertentu, atau metode ajak teman atau mengundang orang lain di jejaring sosial media. Kuncinya adalah pemilik kedai kopi harus konsisten dalam melakukan promosi, supaya kedai kopinya terkenal dan dilirik oleh para pelanggan.

Rekomendasi Mesin Kopi 4 Jutaan Agar Bisa Memenangkan Persaingan di Dunia Bisnis Kopi

Salah satu kunci memiliki kedai kopi yang sukses adalah investasi mesin kopi yang memadai. Berikut ini beberapa mesin kopi seharga 4 jutaan yang bisa menjadi acuan apabila kamu ingin membuka kedai kopi.

Getra SN-3035L

Sumber gambar shopee.co.id

Mesin kopi Getra SN-3035L ini memiliki banyak fungsi untuk mendukung kedai kopi Anda, seperti membuat espresso, coffee, china tea, dan milk frother. Mesin kopi ini mempunyai fungsi semi-otomatis yang mudah dioperasikan. Berkapasitas 1.2 liter, memiliki tekanan pompa 20 bar, dan terdapat pengaturan di LCD display dengan pilihan berbagai bahasa.

Dilengkapi dengan water tray dan water tank yang bisa dibuka untuk mengatur tingkat kehalusan bubuk kopi serta pengaturan jumlah bubuk kopi. Mesin impor dari China ini memiliki daya listik 1.160 W dan voltase 220 - 50 Hz. Tertarik untuk membelinya? Bisa pesan di Shopee dengan harga Rp 4.485.000. Terdapat garansi 1 tahun sejak tanggal pembelian.

Bellman Stove Top CX-25P

Sumber gambar bukalapak.com

Alternatif lain mesin kopi yang jadi rekomendasi para pebisnis kopi, yaitu Bellman Stove Top CX-25P. Memiliki sistem kerja secara manual, yaitu dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam gasket filter dan diisi air, lalu dipanaskan di atas kompor. Dengan begitu tidak membutuhkan tenaga listrik. Dilengkapi dengan pressure gauge, sehingga bisa mengetahui ukuran tekanan dalam proses pembuatan kopi espresso.

Mesin ini juga dilengkapi dengan milk frother untuk membuat busa susu. Selain kopi espresso bisa juga membuat minuman kopi jenis black coffee, cappuccino, latte, hot chocolate. Dengan berat hanya 1.3 kg, dan ukuran 30 x 20 cm, maka selain untuk di cafe, Anda juga bisa membuat sendiri kopi kesukaan Snda di mana saja. Mesin kopi buatan Taiwan ini dibanderol dengan harga Rp 4.485.000, tersedia di Bukalapak.

Jen Mesin Kopi Espresso Coffee Maker Espresso

Sumber gambar bukalapak.com

Ingin berinvestasi mesin kopi untuk usaha cafe Anda? Atau ingin membuat sendiri kopi di rumah, namun mencari mesin kopi dengan harga yang terjangkau? Coba saja Jen Mesin Kopi Espresso Coffee Maker Espresso. Mesin ini merupakan semi otomatis dan membutuhkan daya listrik sebesar 1.150 watt. Dilengkapi dengan Water Tank Capacity 1.7 liter dan hot water dispenser sehingga menghasilkan espresso yang panas dalam waktu sebentar.

Selain itu juga mengusung teknologi heating sistem menggunakan pompa italian dengan tekanan 15 bar. Dilengkapi LCD display brew temperature untuk mengetahui suhu yang dihasilkan. Mesin kopi ini bisa untuk membuat espresso, cappuccino, dan latte. Tertarik untuk berinvestasi? segera klik ke Bukalapak. Mesin ini dibanderol dengan harga Rp 4.800.000. Garansi 6 bulan service dan spare part, serta tersedia buku manual dalam bahasa Indonesia.

Coffee Maker Siroca

Sumber gambar shopee.co.id

Jika Anda ingin mesin penyeduh kopi sekaligus penggiling, Anda bisa memiliki Coffee Maker Siroca. Coffee maker mesin otomatis ini bisa membuat kopi dari biji kopi yang sudah dipanggang, maupun dalam bentuk bubuk. Sistem kerjanya dengan dripping. Dengan memakai daya listrik sebesar 600 W dan dengan berat hanya 2,2 kg, sehingga Anda bisa membuat kopi di mana dan kapan saja.

Kapasitas konsumsi air adalah 0.58 L. Dalam pembelian, sudah termasuk set body, sendok ukur, filter jaring, gelas penyajian, manual dalam bahasa Jepang. Mesin buatan Jepang ini dibanderol dengan harga Rp 4.500.000 dan dijual di Shopee.

Severin - KA 4811

Sumber gambar bukalapak.com

Mesin kopi seharga 4 jutaan lainnya ialah Severin - KA 4811. Coffee maker ini berbentuk ramping sehingga bisa menghemat ruangan. Dengan unit penggiling yang terintegrasi, berbentuk conical dan terbuat dari stainless steel. Alat seduh ini bisa menghasilkan kenikmatan kopi yang tak terbatas dari biji kopi segar.

Dilengkapi dengan swing-out filter dengan insert yang bisa dilepas dan drip-stop serta tambahan filter permanen. Mesin kopi ini bisa diatur tingkat kehalusan gilingan dan juga kapasitas kopi yang dihasilkan (2 - 6 cangkir). Tangki air bisa dilepas. Jika tertarik dengan mesin kopi ini, segera pesan di Bukalapak dengan harga Rp 4.025.000.

3 In 1 Klaz Coffee Maker Espresso

Sumber gambar bukalapak.com

Menikmati secangkir kopi tiap pagi akan menambah energimu ketika bekerja seharian. Mesin kopi 3 In 1 Klaz Coffee Maker Espresso ini bisa membuat tiga jenis minuman dari kopi, yaitu espresso, capuccino, dan cafe latte. Mesin ini berkapasitas 1.2 liter tangki air dan 700 ml tangki susu yang dua-duanya dapat dilepas. Terdapat steamer susu dengan tekanan 15 bar untuk membuat buih cappucino.

Memiliki waktu pre-heat 3 menit jadi tidak perlu menunggu lama ketika mesin dinyalakan. Mesin ini memiliki daya 1230 - 1470 watt. Terdapat tombol pilihan untuk cup kecil atau cup besar dan terdapat flowmeter supaya kopi yang dihasilkan sesuai dengan selera. Tertarik memilikinya? segera pesan di Bukalapak dengan harga Rp 4.057.000.

Kenwood CM027

Sumber gambar shopee.co.id

Ingin memiliki mesin kopi yang sekaligus dapat mempercantik ruangan? Anda bisa memiliki Kenwood Coffee Maker ini. Dengan orange yang cerah mampu memberi sentuhan ruangan dapur atau pantry Anda. Selain itu, Kenwood CM027 ini menghasilkan 6 cangkir kopi sekaligus, jadi cocok untuk disajikan sekeluarga.

Dengan daya 1.200 watt dan dilengkapi teknologi ThermoGen agar mendapatkan suhu yang ideal untuk pembuatan kopi, sedangkan OptiTempnya membuat kopi selalu hangat. Mesin ini aman dihidupkan dalam jangka waktu yang lama karena akan otomatis mati tiap dua jam sekali.

Kenwood CM027 mudah dalam pencucian karena filter bisa dilepas. Body terbuat dari stainless steel sehingga tahan lama. Dilengkapi pula dengan ketel kaca yang pada pegangannya memiliki anti slip sehingga tidak mudah jatuh saat dipegang. Mesin kopi ini dijual di Shopee dengan harga Rp 4.170.000.

Westbend Coffee Maker

Sumber gambar bukalapak.com

Jika ingin membuat kopi dalam jumlah banyak seperti acara arisan keluarga atau pesta, Westbend Coffee Maker ini cocok untuk dimiliki. Berbentuk tabung dengan bahan yang terbuat dari stainless steel yang tidak mudah penyok. Mesin buatan China ini bisa membuat kopi sejumlah 55 cangkir lho.

Memiliki kapasitas air 9 liter yang dilengkapi pula dengan penyaring dan pengaduk. Memiliki level air dan pengatur temperatur sehingga memudahkan Anda ketika menggunakan. Westbend Coffee Maker
memiliki daya 1.640. Jika Anda tertarik, segera memesannya di Bukalapak seharga Rp 4.128.600.

Nespresso Inissia Krups

Sumber gambar shopee.co.id

Mesin kopi berbentuk kapsul ini sangat unik. Walaupun mungil, tetapi bisa membuat kopi jenis espresso dan cappuccino. Mesin kopi ini setara dengan mesin Dolce Gusto keluaran Nestle, namun dengan versi yang lebih ekonomis. Penggunaannya perlu dihubungkan dengan aliran listrik dan membutuhkan daya sebesar 1.260 W. Selain itu, mempunyai 19 bar pressure system dan mesin akan otomatis mati setiap 9 menit.

Anda tidak perlu menunggu lama dari awal menghidupkan mesin ini, karena panas mencapai maksimal setelah 25 detik. Tersedia tangki air berkapasitas 0.7 L yang dapat dilepas. Nespresso Inissia Krups ini dilengkapi dengan aerocino milk frother. Mesin kopi berbahan plastik ini dijual di Shopee dengan harga Rp 4.283.000.

Donlim DL KF500 Semi Automatic Coffee Maker

Sumber gambar shopee.co.id

Ingin memulai usaha kedai kopi tapi dana masih pas-pasan? coba saja memulai dengan membeli mesin Donlim DL KF500 Semi Automatic Coffee Maker. Mesin kopi standar cafe berukuran mini ini memiliki tekanan hingga 20 bar dan kapasitas air 1.5 liter dengan tangki yang bisa dilepas untuk dibersihkan. Mesin ini membutuhkan daya listrik sebesar 1350 w dengan direct temperature control system dan juga terdapat pemanas airnya.

Mesin kopi ini bisa memuat variasi minuman kopi, seperti espresso dan capuccino. Dilengkapi dengan dua saringan untuk membuat espresso dan bisa dengan dua cangkir sekaligus. Selain itu juga terdapat alat steam untuk membuat susu panas sebagai campuran latte, maupun susu berbusa untuk campuran cappuccino. Kalau Anda tertarik, pesan saja di Shopee dengan harga Rp 4.082.000.

From our editorial team

Investasi Mesin Kopi untuk Usaha Coffee Shop

Membuka usaha coffee shop memang tidak murah. Harga mesin kopi yang tinggi membuat pebisnis kopi perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Apabila Anda ingin berbisnis kopi yang tidak tanggung-tanggung, pastikan alat kopi yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik. Tenang saja, karena alat kopi menjadi investasi besar Anda untuk menarik pelanggan,

Tag