Camilan Sehat Rendah Kalori, Cocok Untuk yang Lagi Diet!

Camilan Sehat Rendah Kalori, Cocok Untuk yang Lagi Diet!

Jenis camilan sehat rendah kalori ini dibutuhkan bagi tubuh untuk bisa membantu mengontrol asupan makanan setiap harinya. Apa aja rekomendasinya? Cek segera di sini!

Camilan Sehat Rendah Kalori, Cocok Untuk yang Lagi Diet!

Camilan selalu identik dengan makanan yang manis yang memiliki kalori tinggi serta mengandung banyak lemak dan gula. Namun, tidak semua camilan tidak sehat. Kini, banyak sekali bermunculan camilan sehat rendah kalori dengan kandungan nutrisi yang baik di dalamnya.

Seringkali camilan sehat rendah kalori diminati oleh orang-orang yang sedang mengontrol berat badan atau menjalankan program diet karena memiliki kandungan gula dan lemak rendah.

Dikutip dari Eat This Not That, camilan sehat rendah kalori idealnya berkisar 150-200 kalori. Angka tersebut dianggap sudah cukup untuk membantu kita merasa kenyang tanpa mengonsumsi total asupan kalori harian menjadi berlebih. Selain itu juga, secara nutrisi, camilan sehat rendah kalori mengandung setidaknya 3 gram serat dan 3 gram protein atau lebih.

Kandungan serat dalam cemilan sehat rendah kalori bisa membantu mengenyangkan sekaligus menjaga gula darah tetap stabil. Sementara kandungan protein yang cukup dalam camilan sehat rendah kalori bisa membantu mengenyangkan sekaligus mencegah makan berlebih pada waktu berikutnya. Protein yang cukup juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun, bukan berarti camilan sehat rendah kalori tidak boleh mengandung gula. Asupan gula dalam tubuh manusia harus dibutuhkan sebagai sumber energi harian. Camilan sehat rendah kalori idealnya tetap mengandung 8 gram gula atau kurang per porsinya dan 400 miligram atau 140 miligram natrium atau kurang.

Beberapa di antara makanan ini termasuk ke dalam jenis camilan sehat rendah kalori. Biasanya beberapa jenis makanan ini digunakan sebagai bahan produksi camilan sehat rendah kalori yang beredar di pasaran.

Tips Memilih Camilan Sehat Rendah Kalori untuk Diet

Perhatikan Kalori dalam Camilan Sehat

Kata kalori mungkin sudah menjadi hal yang biasa didengar bagi orang yang sedang menjalani program diet. Kalori memiliki kontribusi yang cukup besar bagi diet karena keseimbangan kalori yang masuk dan yang keluar dapat membuat berat badan menjadi ideal.

Bagi Anda yang ingin ngemil jangan lupa untuk membaca label camilan sehat rendah kalori, agar mendapatkan informasi apakah camilan tersebut termasuk untuk diet atau tidak. Ukuran camilan untuk diet harus diperhatikan pula, harus dapat mengganjal perut, tetapi juga tidak terlalu banyak.

Mungkin perhitungan kalori akan berbeda, tetapi pada umumnya, untuk kalori dalam camilan sehat rendah kalori untuk diet, dalam sehari adalah sekitar 150 kalori. Lebih baik lagi jika camilan untuk diet tersebut memiliki kalori di bawah 100.

Beberapa makanan camilan sehat untuk diet misalnya, seperti apel berukuran medium yang memiliki kalori sekitar 95. Mungkin Anda juga bisa pilih jeruk yang memiliki kalori sekitar 62 sampai 87.

Perhtaikan Kandungan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh setiap orang. Sekalipun Anda sedang diet, tubuh tentu saja masih harus membutuhkan karbohidrat. Tetapi bedanya, tentu saja tidak boleh melebih yang diperlukan.

Perlu diketahui bahwa jika kekurangan karbohidrat, tubuh akan kekurangan energi dan mengakibatkan tubuh menjadi lemas seolah kurang semangat. Kandungan karbohidrat pada camilan sehat rendah kalori untuk diet adalah sekitar 14 sampai 20 gram atau sekitar 40 atau 50% kalori berasal dari karbohidrat.

Melihat pentingnya karbohidrat dalam camilan sehat rendah kalori juga akan membantu segala aktivitas sehari-hari Anda bisa tetap berenergi dan tetap fokus bekerja. Tipsnya pilihlah sumber karbohidrat yang ada dalam camilan sehat rendah kalori dengan kandungan serat (fiber) yang tinggi, misalnya jagung.

Cek Kandungan Lemak

Lemak yang disarankan dalam camilan sehat untuk diet adalah sekitar 30 sampai 40 persen dari kalori, atau antara 6 - 10 gram. Jenis lemak yang baik dapat menambahkan rasa kenyang, sama seperti protein.

Kita sama-sama percaya bahwa lemak menjadi faktor utama dari naiknya berat badan seseorang. Oleh karena itu, dalam mengonsumsi camilan sehat rendah kalori untuk diet perlu memperhatikan porsi kandungan lemaknya.

Kemudian, untuk lemak jenuh, yang merupakan lemak jahat, batasi sampai 2 gram atau bahkan tidak sama sekali. Banyak camilan-camilan sehat yang memiliki jumlah lemak jenuh yang tinggi karena memang lemak jenuh adalah sumber lemak yang lebih murah.

Perlu diingat bahwa lemak jenuh tentu saja sangat perlu diperhatikan karena memiliki potensi menyebabkan penyakit jantung. Namun, bagi Anda yang sedang menjalani proses diet perlu berkonsultasi kepada dokter mengenai kadar lemak yang harus dihindari untuk dikonsumsi.

Pilih yang Memiliki Serat Tinggi

Camilan sehat rendah kalori untuk diet setidaknya harus memiliki serat sekitar 3 gram. Serat tidak hanya membuat rasa kenyang yang lebih awet tetapi juga membantu Anda dalam mencapai 25 gram serat dalam sehari.

Jadi, Anda lebih baik memilih camilan untuk diet dengan kandungan serat yang tinggi. Serat yang tinggi dalam tubuh mempunyai manfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah menjadi stabil sehingga membantu menahan rasa lapar.

Jumlah gula adalah hal penting untuk dicek dalam label makanan yang direncanakan menjadi camilan untuk diet. Jangan lebih dari 10 gram, misalnya hanya sebanyak satu sendok teh gula atau madu.

Sedangkan untuk camilan berbentuk batangan (snack bar), sebaiknya jangan melebihi 6 gram gula atau kurang dari 100 kalori. Camilan sehat rendah kalori dengan gula boleh saja, tetapi akan lebih baik dihindari untuk kebutuhan diet Anda lebih baik.

Pilih Camilan dengan Protein Tinggi

Protein dalam camilan sehat untuk diet menjadi penting karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Kandungan protein berguna pula untuk menyeimbangkan jumlah karbohidrat yang masuk ke darah.

Dari proses tersebut, rasa lapar akan lebih terkontrol sehingga akan membuat kesalahan makan saat diet pun berkurang. Protein yang dibutuhkan sekitar 6 sampai 10 gram atau sekitar 15% sampai 20% dari total kalori camilan sehat untuk diet.

Jika camilan untuk diet memiliki kandungan protein yang terlalu rendah, maka akan membuat rasa lapar akan lebih cepat datang. Untuk lebih efektif, gabungkan protein dengan karbohidrat. Contohnya saja biskuit gandum dengan selai kacang atau yogurt plain dengan buah.

10 Pilihan Produk Camilan Sehat Rendah untuk Stok di Kantor

Fitbar

Produk camilan sehat lokal ini berbentuk snack multigrain yang terbuat dari oat, quinoa, whole wheat, hingga yang terbaru tiramisu delight. Snack bar ini menawarkan tekstur yang crispy. Selain rendah kalori, camilan sehat ini juga kaya serat dan bebas kolesterol.

Cocok sebagai alternatif makanan ketika diet, karena Fitrbar mengklaim produknya bebas dari lemak trans sehingga cocok untuk menjadi camilan saat diet. Taglinenya snacking with no worries mendukung hal itu kepada pelanggannya.

Fitbar mempunyai kemasan yang praktis dan dapat dibawa kemana saja. Satuan camilan ini berisi 22 gr dengan kemasan plastik yang ringan serta bisa dimakan kapanpun dan dalam setiap aktivitas dimanapun.

Produk ini juga tersedia dengan berbagai varian rasa yang bisa Anda pilih sesuai selera. Variasi rasa yang disediakan oleh fitrar mulai dari fruits, nuts, dan chocolate. Harga per box-nya juga terjangkau, sehingga bisa dijadikan stok camilan di kantor.


Harga Rp. 18.000-66.000

Soyjoy

Sekilas Soyjoy dengan Fitbar mirip yaitu sama-sama memiliki kemasan praktis. Namun produk ini merupakan camilan sehat rendah kalori asal Jepang yaitu brand otsuka serta memiliki rasa yang berbeda.

Salah satu ciri Soyjoy yang membedakannya dengan snack bar lainnya adalah teksturnya yang padat dan sedikit lembek. Hal ini memberikan sensasi tersendiri jika dibandingkan dengan snack bar lain yang rata-rata bertekstur crispy.

Menariknya lagi camilan sehat ini menjadi andalan banyak orang untuk menahan lapar saat diet. Camilan sehat rendah kalori ini terbuat dari kedelai asli dan perpaduan buah kering. Keduanya terbukti sehat dikonsumsi untuk kebutuhan asupan makanan sehari-hari.

Selain tinggi serat dan protein, kedelai juga dikenal mengandung isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa antioksidan isoflavon yang terdapat di kedelai dari produk Soyjoy ini berkhasiat untuk merawat kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Camilan berbentuk snack bar dari Soyjoy ini juga kaya akan sumber vitamin, protein, dan mineral yang membantu Anda memperoleh nutrisi pelengkap yang baik untuk tubuh setiap harinya. Kadar Glycemic Index (GI) rendah membuat snack diet terbaik ini efektif mengontrol keinginan makan dan cocok untuk penderita diabetes.

Tidak hanya itu, snack bar rendah kalori ini juga tidak mengandung pengawet dan pemanis, lho! Keunggulan camilan sehat dari Soyjoy memang sudah terbukti dari bahannya. Walaupun terbuat dari makanan sehat Soyjoy ini juga memiliki cita rasa yang familier di lidah karena terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli.

Rasa seperti inilah yang membuatnya ramah dan mudah diterima oleh lidah siapa pun, termasuk yang baru pertama kali mencicipi. Soyjoy hadir dalam 5 variasi rasa seperti almond & chocolate, banana, raisin almond, strawberry, dan crispy vanilla.

Harga Rp. 31.000-164.000

Prosana FastBite

Prosana memang merupakan merek makanan ringan yang telah terkenal di Indonesia. FastBite menjadi salah satu produk camilan sehat rendah kalori yang terakhir ini diproduksi oleh mereka dengan berbagai varian rasa yang enak.

Beberapa varian rasa dari Prosana FastBite seperti cokelat, stroberi, sampai kopi bisa Anda pilih sesuai selera. Sekali gigitan, snack bar ini bisa dikonsumsi untuk mengawali hari sebelum jam makan siang datang.

Menariknya dalam kemasan Fastbite tertulis dengan jelas peringatan “konsumsi berlebih mempunyai efek laksatif”. Melalui kemasannya tersebut mereka ingin mengingatkan bahwa Laksatif sendiri berarti pencahar, sehingga jika terlalu banyak mengonsumsi snack bar ini akan memberikan efek melancarkan buang air besar bahkan diare.

Oleh karena itu, sebaiknya snack bar ini dikonsumsi dalam jumlah yang cukup saja. Ada berbagai varian rasa dari produk camilan sehat rendah kalori ini. FastBite hadir dengan rasa cokelat, stroberi, dan kopi. Varian rasa kopi ini menambah keunikan pada produk ini sehingga bisa memberikan sensasi berbeda di tengah jenis snackbar yang kebanyakan menjual rasa buah-buahan.

FastBite bisa dimakan langsung atau bisa Anda nikmati dengan kopi atau susu.

Harga Rp. 82.800-150.000

WRP Cookies Chocolate Chip

WRP Cookies Chocolate Chip merupakan camilan sehat rendah kalori berbentuk kue kering yang sehat dan bergizi. Brand WRP memang sudah terkenal dengan produk-produk sehat termasuk untuk diet.

Produk WRP Cookies Chocolate Chip dari WRP tersebut dibuat dari oat dan choco chips yang enak membantu mengenyangkan Anda di tengah jam sibuk kantor. Jumlah kalori dalam produk camilan sehat ini tergolong rendah, yaitu 50 kalori saja sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet.

Walaupun sedang diet, Anda tetap harus ingat konsumsi makanan dengan camilan sehat dari WRP Cookies Chocolate Chip ini tanpa rasa khawatir. Camilan sehat rendah kalori ini dapat dikonsumsi sebagai cemilan di pagi dan sore hari saat diet.

Anda bisa memilih WRP Cookies Chocolate Chip di kantor untuk stok cemilan di kala hari yang padat.

Harga Rp. 71.400-84.000

Tropicana Slim Cookies

Kini hadir cookies sehat dari Tropicana Slim sebagai pilihan camilan sehat rendah kalori Anda di kantor. Sejalan dengan produk Tropicana Slim lainnya, cookies-nya juga bebas gula serta mengadung serat oat yang membantu mengenyangkan.

Jadi, produk ini cocok buat Anda yang sedang mencari camilan sehat rendah kalori untuk diet. Dalam camilan sehat ini juga terdapat potongan kacang yang menambah kelezatan.

Camilan cookies ini juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, camilan sehat cookies rendah kalori ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan, lho!

Tropicana Slim Cookies dengan potongan kacang ini hadir dengan berbagai varian rasa seperti Nutty Chocolate, Hokkaido Cheese, dan Klepon. Produk asal luar negeri tersebut juga selalu menghadirkan berbagai rasa dari berbagai dunia dalam kemasan camilan sehatnya.

Misalnya sekarang, Tropicana Slim Cookies juga sedang memiliki varian rasa camilan sehat ala korea. Beberapa rasa yang khas dari Korea seperti Korean Garlic Butter, dan Korean Guguma (ubi ungu) bisa Anda rasakan melalui produk camilan sehat ini.

Harga Rp. 26.800-65.000

Oatbits Biskuit Oat

Sesuai dengan namanya, camilan ini merupakan biskuit yang terbuat dari oat yang mengenyangkan. Oatbits ini merupakan camilan rendah kalori yang bertama dalam bentuk biskuit di Indonesia loh!

Produk camilan sehat dari Fitbar ini bisa membantu memenuhi kebutuhan tenaga dari konsumen dengan tetap bisa hidup sehat dimulai dari pola makan. Camilan sehat Oatbits hadir dalam 3 rasa yaitu raisin, strawberry dan vitafruit seperti jeruk, wortel dan tomat.

Tekstur dari camilan sehat ini sedikit keras, karena beberapa rasa biskuit ini terbuat dari buah kering. Namun, rasanya sangat lezan dan bikin nagih.

Harga Rp. 7.800-8.900

Fitchips Kalbe

Fitchips merupakan produk camilan dari Kalbe yang menjadi satu-satunya camilan sehat rendah kalori dalam bentuk keripik. Kalbe fitchips ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai camilan renyah dan gurih.

Produk camilan sehat rendah kalori ini multigrain dengan perpaduan dari corn (jagung), oat, quinoa, whole wheat. Selain itu, Fitchips juga diproduksi tanpa menggunakan pengawet/MSG dan penguat rasa.

Kesannya camilan sehat tanpa MSG tidak enak. Anda harus coba Fitchips ini walaupun tidak pakai MSG, camilan sehat ini tetap terasa lezat loh! Fitchips terbuat dari biji-bijian bernutrisi dan kaya akan serat.

Kandungan dari camilan sehat Fitchips juga tersebut mengandung nutrisi sehat lyang membantu menurunkan kolestrol dan menstabilkan darah. Jadi, nyaman untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk tubuh dan juga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Fitchips hadir dalam tiga varian rasa yang sangat renyah, gurih, dan asin khas dari rasa kerupuk. Diantaranya rasa rumput laut atau seaweed, cheese dan herbs, serta honey BBQ.

Harga Rp. 15.000-45.600

Chimi Keripik Tempe Lemonilo

Sebagi merek yang memproduksi banyak makanan sehat, Lemonilo menghadirkan camilan sehat keripik tempe yang sehat dan bernutrisi.

Chimi Keripik Tempe terbuat dari kedelai berkualitas yang merupakan hasil panen petani lokal Nusantara. Tanpa mengesampingkan manfaat baik dari tempe, Chimi Keripik Tempe cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

Produk camilan sehat Chimi Keripik Tempe dari Lemonilo hadir dengan dua varian rasa yaitu Chimi Keripik Tempe Rasa Original dan Chimi Keripik Tempe Rasa Balado. Semuanya diolah tanpa menggunakan 3P (Pengawet, Penguat Rasa, serta Pewarna Buatan) sehingga sehat untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 13.500-17.000

Granola Creations Original Mix Cinnamon & Raisin

Kami merekomendasikan camilan sehat rendah kalori Granola Creations Original Mix Cinnamon and Raisin untuk sarapan ringan Anda. Produk camilan sehat ini bisa menjadi andalan untuk sarapan serta bisa membantu mengganjal lapar sebelum waktunya makan besar.

Camilan sehat asal Bali tersebut terbuat dari bahan-bahan alami seperti oat, kacang-kacangan, serta buah-buahan kering. Bentuk camilan sehat ini adalah sereal dengan rasa manis yang berasal dari madu serta perpaduan kayu manis dan kismis. Kemudian ada juga kacang mede yang kaya serat dan rendah kalori sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet.

Granola Creations Original Mix Cinnamon & Raisin tengah menjadi camilan favorit bagi penikmat makanan sehat. Rasanya juga sangat gurih, Anda bisa mencoba camilan sehat ini sebagai teman di kala waktu senggang kantor. Camilan sehat ini juga bisa dikreasikan dengan mencampurkan kemasan Granola dengan campurna yogurt.

Harga Rp. 69.500-164.000

Biokul Drink Yoghurt

Biokul Drink Yoghurt merupakan camilan sehat yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas serta halal. Produk yoghurt dari Diamond terbuat dari kandungan susu yang tinggi sehingga terjaga kualitasnya

Produk Biokul Drink Yogurt baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena mengandung kultur probiotik hidup seperti S. thermophilus, L. bulgaricus, L. acidophilus, Bifidobacterium. Semua bakteri baik tersebut bermanfaat untuk sistem pencernaan Anda.

Kemasannya juga dibuat dengan mesin agar terjaga higienisnya dalam botol 150ml. Tutup kemasannya juga tersegel dari bahan alumunium dan mudah untuk dibuka dengan tangan.

Jadi, Anda tidak perlu remot menggunakan sedotan untuk meminum camilan sehat ini. Camilan sehat ini juga praktis untuk dikonsumsi di jam-jam kantor yang padat serta bisa dibawa kemana saja karena ringan.

Ada dua variasi rasa dari produk ini yaitu plain dan buah. Rasa buah dari Biokul Drink Yoghurt terdiri dari strawberry, bluebery, apricot, orange, dan mangga.

Harga Rp. 11.900-14.500
From our editorial team

Kesehatan ditentukan oleh makanan apa yang masuk setiap hari

Snack adalah bagian penting dari makanan sehari-hari. Oleh sebab itu, pastikan memilih snack sehat rekomendasi kami untuk membantu menjaga kesehatan!