10 Rekomendasi Resep Snack Sehat untuk Memenuhi Nutrisi Harian Tubuh (2022)

10 Rekomendasi Resep Snack Sehat untuk Memenuhi Nutrisi Harian Tubuh (2022)

Jika Anda hobi ngemil namun takut mengalami kenaikan berat badan berlebih maka snack sehat bisa menjadi pilihan Anda. Selain kebutuhan ngemil Anda terpenuhi, juga bisa menjadikan pola makan yang menyehatkan. Berikut ini BP-Guide akan membagikan resep snack sehat yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Snack Sehat

Kesehatan merupakan hal yang utama dan sangat penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, apapun makanan yang Anda konsumsi setiap hari sebaiknya adalah makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Bukan hanya makan untuk mendapatkan rasa, namun perlu diperhatikan juga nilai gizi yang terkandung oleh makanan tersebut.

Apalagi bagi Anda yang disibukkan oleh berbagai macam aktivitas harian, maka diperlukan asupan gizi yang cukup untuk menopang stamina Anda dalam beraktivitas. Salah satu kegiatan makan yang banyak dilakukan untuk mengisi waktu senggang ataupun dalam bekerja diantaranya adalah ngemil.

Makan snack atau camilan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh selama jeda menuju jam makan besar. Mengonsumsi snack dalam porsi banyak dan berlebihan berpotensi menimbulkan gangguan dalam tubuh seperti kenaikan berat badan, dan melewatkan waktu makan pokok.

Hal ini dikarenakan snack dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa lapar. Apalagi jika yang dikonsumsi bukan snack sehat yang berpotensi dapat menimbulkan gangguan kesehatan, karena memiliki kandungan garam, gula, dan lemak tinggi dengan nutrisi yang rendah.

Maka dari itu, untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan Anda dapat memilih snack sehat. Snack ini membuat tubuh tidak kelaparan hingga jam makan tiba. Selain itu, snack sehat tentu saja memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh.

Manfaat Snack Sehat

Snack sehat merupakan snack yang rendah gula, dan lemak, namun tinggi serat dan air. Anda juga perlu mengonsumsi snack sehat dalam jumlah dan intensitas yang sesuai. Intensitas konsumsi ini akan bervariasi, karena sesuai dengan kebutuhan makan dan tingkat aktivitas Anda.

Jika sangat aktif, Anda mungkin lebih suka 2-3 snack setiap harinya. Sementara bagi Anda yang tidak terlalu banyak aktivitas, mungkin Anda hanya perlu mengonsumsi 1 snack atau bahkan tidak sama sekali.

Kebiasaan ngemil ternyata memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, terutama apabila snack yang Anda makan kaya akan protein, karena dapat membuat kinerja otak menjadi lebih aktif. Berikut ini merupakan beberapa manfaat memakan snack sehat bagi Anda.

Mengontrol Nafsu Makan

Tahukah Anda cara mengontrol nafsu makan? Salah satunya dengan mengonsumsi snack yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, maka perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan lebih terkontrol.

Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Kegiatan ngemil ternyata dapat membantu mengisi energi serta mengontrol gula darah ketika Anda memiliki banyak aktivitas harian yang menguras energi. Bahkan bagi penderita diabetes, ngemil dapat membantu menjaga gula darah tetap normal selama snack yang dikonsumsi adalah snack sehat. Penting untuk Anda ingat agar selalu menyesuaikan porsinya.

Mempertahankan Kebutuhan Nutrisi Pada Saat Tertentu

Dengan mengonsumsi snack yang sehat, maka Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi terutama pada saat tertentu, ketika seseorang mengidap gangguan makan. Snack yang sehat seperti buah dan sayur dapat mempertahankan asupan nutrisi penting dalam tubuh.

Ini Dia Rekomendasi Resep Snack Sehat

Dalam memenuhi nutrisi harian, Anda memerlukan snack sehat sebagai camilan Anda. Jika Anda kebingungan dalam membuatnya, berikut ini beberapa rekomendasi resep snack sehat untuk Anda.

Salad Buah

Salad buah adalah camilan segar yang terbuat dari berbagai macam buah segar dan enak, yang dicampur dengan bahan lain seperti yoghurt, mayonnaise, dan keju. Buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat kompleks, vitamin, serat, mineral, dan lain sebagainya.

Nutrisi yang terkandung tersebut sangat penting dalam mendukung organ serta sel tubuh agar berfungsi dengan baik, sehingga tubuh tetap sehat. Dalam membuat salad buah ini tentu saja bahan utamanya adalah buah yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Anda dapat menggunakan 200 gram kiwi, 200 gram buah apel, 200 gram anggur merah, dan 200 gram buah mangga sebagai buah untuk membuat salad buah. Sedangkan untuk bahan saus salad buah ini yaitu 1 sdm madu, 1/2 sdt zest kulit jeruk, dan 2 sdm yoghurt plain.

Cara membuat salad buah ini yaitu kupas dan potong buah apel dan mangga berbentuk dadu dengan ukuran sekitar 2 x 2 cm. Kemudian rendam buah apel yang sudah dipotong ke dalam air biasa atau air es agar warnanya tidak berubah kecoklatan.

Setelah itu, potong buah anggur merah menjadi dua dan hilangkan bijinya. Sedangkan untuk buah kiwi dipotong berbentuk bulat dengan pisau khusus.

Dalam membuat saus salad buah yaitu dengan campurkan semua bahan saus yaitu madu, zest kulit jeruk, dan yoghurt plain ke dalam satu wadah dan aduk rata. Setelah saus siap, masukkan semua buah ke dalam wadah saus dan aduk rata.

Keripik Pisang Panggang

Snack yang satu ini cocok menjadi camilan untuk Anda, baik ketika senggang ataupun sibuk bekerja. Selain rasanya yang enak dan ringan, camilan satu ini juga memiliki sejumlah manfaat dan mengandung nutrisi yang baik di dalamnya.

Diantaranya adalah 374 kalori, 16 gram protein, 42 gram karbohidrat, 5,5 gram serat, 25 gram gula, 21 gram lemak jenuh, dan masih banyak kandungan gizi lainnya. Meskipun melalui pengolahan, namun keripik pisang panggang ini masih memiliki kandungan nutrisi apalagi cara pengolahannya dengan cara dipanggang.

Keripik pisang yang dipanggang membuat versi yang lebih sehat karena masih mengandung potasium atau kalium. Bahan yang digunakan untuk membuat keripik pisang panggang ini diantaranya adalah 4 buah pisang, 1 sdm air lemon, dan 4 sdm air.

Cara pembuatan keripik pisang panggang juga sangatlah mudah dan simple, yaitu panaskan oven dan iris tipis pisang. Kemudian celupkan irisan pisang tadi ke air lemon. Lalu letakkan diatas loyang yang telah lapisi kertas roti.

Panggang selama kurang lebih sekitar 1 jam, ini tergantung juga dengan tingkat kematangan yang Anda inginkan. Setelah itu, keluarkan pisang dari oven jika sudah matang dan pindahkan keripik pisang panggang ke dalam wadah.

Telur Panggang Asparagus

Olahan telur dengan asparagus ini memiliki rasa yang lezat dan sangat cocok digunakan untuk menemani sarapan Anda. Apalagi bila disiram dengan saus putih, dengan diberi keju, dan dipanggang hingga meleleh.

Bisa juga diberi taburan merica hitam agar lebih menarik. Selain rasanya yang lezat, olahan makanan satu ini juga memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan sebagai penambah energi, seperti vitamin A, vitamin B-12, dan selenium dari telur.

Olahan makanan ini juga kaya akan protein, zinc, serat, fosfor, kalsium, zat besi, dan folat dari asparagus. Kombinasi antara telur rebus dan asparagus merupakan camilan lengkap dan sehat terutama bagi Anda yang menginginkan bentuk badan ideal.

Hal ini dikarenakan kandungan serat dari asparagus dapat menyeimbangkan protein alami dari telur. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan telur panggang asparagus ini diantaranya adalah 2 butir telur ayam rebus, mentega, bawang bombay, 2 lembar daging asap, 150 gram asparagus hijau segar, dan ½ sdt merica bubuk. Selain itu 1 sdt garam, 1 sdm tepung terigu, 250 ml susu cair, serta 50 gram keju mozarella untuk taburan.

Cara pembuatannya yaitu potong-potong telur rebus menjadi 6 bagian, lalu sisihkan. Tumis bawang bombay sampai layu dan wangi, tambahkan daging ayam dan aduk hingga tercampur merata.

Kemudian masukkan asparagus dan bumbu, lalu aduk hingga layu, kemudian angkat. Sajikan tumisan asparagus dan atur potongan telur ayam rebus tadi diatasnya.

Puding Buah

Camilan satu ini merupakan salah satu camilan yang banyak digemari. Hal ini dikarenakan rasanya yang enak dan nikmat. Puding cocok dikonsumsi sebagai makanan penutup. Selain rasanya yang enak, puding ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat didalamnya.

Beberapa nutrisi yang dimiliki puding diantaranya adalah serat, kalsium, protein, vitamin dan mineral. Puding merupakan makanan yang mengenyangkan namun tidak menggemukan, sehingga akan cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang melakukan program diet. Selain itu, puding memiliki varian rasa yang beraneka ragam, salah satunya adalah puding buah.

Anda perlu menyiapkan beberapa bahan ketika akan membuat puding buah. Seperti beraneka buah sesuai selera, air, gula pasir, agar agar bubuk kemasan, susu cair dan sejumput garam.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda perlu memotong buah-buahan ke dalam cetakan dengan bentuk dadu. Kemudian masak adonan agar-agar sampai mendidih. Kemudian tuang susu cair, air, gula, dan garam ke dalam rebusan agar-agar, lalu aduk hingga larut merata.

Setelah itu, sajikan hasil rebusan puding yang sudah matang ke dalam cetakan berisi buah-buahan yang telah dipotong dadu. Sensasi manis dari buah berpadu sempurna dengan puding.

Smoothies

Bagi Anda yang malas atau sedang mengalami gangguan makan, maka smoothies bisa menjadi pilihan tepat untuk memenuhi nutrisi Anda. Smoothies adalah minuman yang terbuat dari buah, sayur, madu, dan gandum yang dikombinasikan.

Smoothies ini cocok digunakan sebagai camilan di pagi hari atau untuk dijadikan sarapan yang tidak terlalu berat. Beberapa manfaat smoothies untuk kesehatan antara lain adalah untuk kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, mengurangi lemak tubuh sehingga cocok bagi Anda yang sedang diet, serta membuang racun dalam tubuh.

Bila Anda ingin mengonsusmi smoothies, usahakan memilih buah yang tidak mengandung banyak gula, agar tidak meningkatkan resiko kelebihan gula darah. Ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan yaitu buah yang bisa disesuaikan dengan selera.

Anda bisa memilih 2 buah pisang ambon, 250 gram buah nanas. Kemudian siapkan 250 ml yoghurt tawar, 4 sdm madu, dan 1 sdm oatmeal. Cara pembuatannya adalah potong dadu buah-buahan. Kemudian taruh dalam wadah tertutup, lalu simpan dalam freezer hingga beku.

Setelah itu, blender buah tadi dengan yoghurt, madu, dan oatmeal sampai teksturnya lembut. Terakhir tuangkan kedalam gelas.

Protein Shake

Minuman yang menyehatkan salah satunya adalah protein shake. Protein shake merupakan minuman yang terbuat dari bubuk protein yang dicampur dengan air. Protein merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki jaringan dan sel dalam tubuh yang rusak, serta berfungsi menghasilkan berbagai zat penting dalam tubuh seperti hormon, pembekuan darah, dan antibodi.

Protein shake cocok dikonsumsi bagi Anda yang memerlukan protein atau merasa kekurangan protein dari makanan yang Anda makan. Selain itu bagi Anda yang sedang melaksanakan program diet, protein shake ini sangat cocok dikonsumsi.

Manfaat dari mengonsumsi protein shake ini diantaranya adalah menahan nafsu makan atau menekan rasa lapar, meningkatkan massa otot, menghilangkan lemak didalam perut, serta meningkatkan performa fisik. Bahan-bahan untuk membuat protein shake ini diantaranya adalah ¾ susu almond, 2 sdm mentega almond, ¼ kacang mede mentah, 1 pisang ukuran sedang, 2 sdm gandum utuh, 1 sdm biji rami, 1 potong kurma kering, dan sedikit kayu manis.

Cara membuat protein shake ini adalah dengan campurkan susu almond, kacang mede mentah, pisang, gandum utuh, biji rami, dan kurma kering, serta kayu manis ke dalam blender. Setelah itu, blender bahan tersebut hingga halus. Tuang ke dalam gelas dan Anda bisa taburkan sedikit kayu manis diatasnya.

Sandwich Apel Selai Kacang

Kombinasi apel dan selai kacang alami adalah salah satu camilan yang dapat digunakan sebagai snack sehat Anda. Apel merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak serat, sedangkan selai kacang mengandung nutrisi penting untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi apel dan selai kacang dapat membuat Anda kenyang lebih lama, karena memiliki beberapa kandungan gizi seperti karbohidrat dan protein.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat sandwich apel selai kacang ini diantaranya adalah 2 iris roti sandwich, ¼ peanut butter, ½ apel red, 1-2 sendok teh madu. Cara pembuatannya adalah dengan memanggang roti.

Kemudian iris apel merah menjadi 4-5 irisan atau cukup untuk menutupi satu iris roti. Setelah itu, oleskan selai kacang pada kedua potong roti. Lalu tuang madu dengan sendok ke atas irisan apel.

Tutup dengan bagian roti lainnya dan potong menjadi dua bagian. Kini sandwich apel selai kacang siap dinikmati.

Hummus

Hummus adalah selai yang terbuat dari kacang Arab yang diolah dengan wijen, minyak zaitun, bawang putih, garam, dan limau. Hummus ini berasal dari Timur Tengah yang memiliki tekstur lembut, sehingga cocok dipadukan dengan beragam makanan.

Selain lezat, olahan kacang Arab ini memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain adalah kalori, lemak, karbohidrat, protein, dan lain sebagainya.

Hummus merupakan selai dengan banyak manfaat, yaitu baik dikonsumsi untuk pencernaan, mengatasi peradangan, mengurangi potensi serangan jantung, serta masih banyak lagi. Bahan untuk membuat hummus diantaranya adalah 250 gram kacang arab kering, 120 ml saus tahini instan, 50 ml minyak zaitun extra virgin, 2 siung bawang putih cincang, dan 1 sdm air perasan lemon. Selain itu, ½ sdt garam, ¼ sdt lada bubuk, ½ sdt jintan bubuk, air secukupnya dan minyak zaitun.

Adapun cara membuatnya adalah rendam kacang arab dalam mangkuk besar selama semalaman hingga mengembang 3x lipat dari ukuran semula. Setelah direndam, angkat dan tiriskan. Kemudian rebus kacang dalam panci selama kurang lebih 45 menit. Lalu haluskan menggunakan blender.

Masukan kacang rebus kedalam food processor lalu tambahkan sisa bahan yaitu saus tahini, minyak zaitun, bawang putih, air perasan lemon, garam, lada bubuk, dan jintan bubuk. Haluskan semua bahan sampai tercampur rata. Setelah itu, tuang hummus ke dalam mangkuk dan beri taburan minyak zaitun.

Oatmeal

Oatmeal cocok dikonsumsi sebagai makanan untuk sarapan. Dengan kandungan yang lengkap, oatmeal mampu menyediakan energi yang cukup. Semangkuk oatmeal untuk sarapan mampu membuat hari Anda penuh energi dan semangat.

Selain itu, banyak sekali manfaat dari mengonsumsi oatmeal, diantaranya adalah membantu menurunkan kolesterol, membantu menjaga kesehatan jantung, membantu merawat kulit, dan masih banyak manfaat lainnya.

Ada banyak cara menghidangkan oatmeal, salah satunya adalah dengan beberapa bahan yaitu 100 gram mentega, 4 sdm chocochip, 100 gram tepung terigu, dan 50 gram oat. Selain itu, 100 gram keju yg sudah diparut, 1 butir kuning telur dan 1 sdt baking powder.

Cara membuatnya yaitu campurkan tepung, oat dan baking powder di dalam satu wadah. Kemudian campur dengan mentega, gula dan telur. Lalu beri adonan kering sedikit demi sedikit. Tambahkan keju beserta chocochips dan aduk perlahan hingga rata.

Setelah itu, bentuk oatmeal sesuai selera, letakkan adonan pada loyang yang telah diolesi mentega. Oven oatmeal dengan suhu 150 derajat selama 25 menit dengan api atas bawah. Kini oatmeal telah siap disajikan.

Keripik Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mudah ditemui dipasaran. Kandungan gizi yang terkandung dalam bayam sangat banyak, antara lain protein, lemak, karbohidrat, mineral, serat serta vitamin. Dengan nutrisinya yang banyak, maka bayam cocok dijadikan sebagai camilan sehat yang diolah menjadi keripik bayam agar lebih ringan dan mudah dijadikan camilan sehari-hari.

Manfaat dari nutrisi yang terkandung dalam bayam diantaranya adalah dapat menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, gula darah, mencegah kanker, diabetes serta mencegah gagal ginjal. Dengan dibuatnya keripik bayam, maka akan lebih variatif dan menarik terutama bagi anak-anak.

Bahan yang digunakan untuk membuat keripik bayam diantaranya adalah daun bayam secukupnya, 300 gram tepung beras, dan 1 gelas air. Bahan bumbu halusnya terdiri dari 1 ruas kunyit, ½ sdt ketumbar, 1 siung bawang putih, ½ sdt garam, ½ sdt penyedap rasa, dan minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatannya yaitu campurkan tepung beras dan bumbu halus. Kemudian beri air sedikit demi sedikit sampai mendapat kekentalan yang diinginkan dan usahakan encer. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak di penggorengan. Celupkan bayam kedalam adonan tepung basah kemudian goreng hingga renyah dan angkat jika keripik bayam sudah kuning keemasan.

From our editorial team

Cocok untuk Anda yang Suka Ngemil

Itulah rekomendasi resep snack sehat untuk Anda. Rekomendasi resep snack di atas adalah pilihan yang tepat untuk anak-anak dan kaum muda. Penting bagi Anda untuk mencoba salah satu resep snack sehat yang direkomendasikan. Apalagi jika Anda hobi ngemil tapi ingin tetap menjaga kesehatan.