Kembalikan Produktivitas Rambut dengan Produk Perawatan Rambut Kusut Terbaik (2021)

Kembalikan Produktivitas Rambut dengan Produk Perawatan Rambut Kusut Terbaik (2021)

Apakah rambut Anda mudah kusut? Masalah ini tak bisa dibiarkan karena dapat menyebabkan kerusakan rambut yang serius. Untuk mengembalikan produktivitas rambut, Anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan produk perawatan rambut kusut yang terbaik. Berikut adalah deretan rekomendasi produknya dari BP-Guide!

Hampir Semua Orang Memiliki Masalah pada Rambutnya

Rambut merupakan mahkota bagi setiap perempuan. Sehingga, tak heran jika setiap perempuan memberikan perhatian khusus pada rambutnya. Sayangnya, hampir semua orang memiliki masalah pada rambutnya. Baik mengenakan hijab ataupun tidak, masalah rambut bisa dialami siapa saja.

Masalah rambut tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab kerusakan dapat menjadi lebih kompleks dan sulit diatasi. Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan rambut yang sesuai dengan masalahnya agar tepat sasaran. Perawatan rambut yang tidak sesuai dengan masalahnya, biasanya akan memunculkan masalah lain pada rambut. Saat ini sudah banyak serangkaian produk perawatan rambut yang bisa dipilih sesuai kondisi rambut Anda.

Masalah Rambut yang Kerap Dialami oleh Setiap Orang

Rambut Rontok

Berbicara mengenai rambut, ada beberapa masalah rambut yang sering dialami oleh setiap orang. Masalah pertama yang lazim ditemui adalah rambut rontok. Apalagi, bagi para perempuan yang memiliki rambut panjang. Kondisi rambut yang rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu hormon, genetik, makanan, atau produk perawatan rambut yang tidak cocok.

Jika hanya beberapa helai saja, rambut rontok dianggap wajar. Namun, jika mencapai puluhan, tentu masalah ini tidak bisa disepelekan. Kerontokan rambut yang terus menerus dapat membuat Anda mengalami kebotakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sampo dan rangkaian perawatan lain khusus untuk rambut rontok.

Ketombe

Masalah lain yang sering dialami setiap orang adalah ketombe. Sebenarnya, ketombe dikelompokkan menjadi dua, yaitu ketombe basah dan kering. Penyebab utama munculnya ketombe pada rambut adalah karena produksi sebum yang berlebih pada kulit kepala.

Kondisi kulit kepala yang lembap dan pengap membuat ketombe rentan sekali muncul. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih produk perawatan yang mampu membersihkan dan melembapkan kulit kepala. Bagi Anda yang berhijab, sebaiknya pilih hijab yang terbuat dari bahan menyerap keringat.

Rambut Kusam

Rambut yang indah dan berkilau adalah dambaan semua wanita. Sayangnya, banyak yang mengalami rambut kering dan kusam, sehingga keindahan rambut menjadi terhalang. Kondisi rambut yang kusam bisa disebabkan oleh kurangnya kelembapan dan juga nutrisi yang minim.

Beberapa ciri rambut yang kusam antara lain adalah kasar saat disentuh, bercabang, kaku, dan rontok. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mampu mengunci kelembapan pada folikel rambut. Pilih produk perawatan yang terbuat dari bahan alami, sehingga lebih aman digunakan.

Ujung Rambut Bercabang

Masalah rambut lain yang sering ditemukan adalah rambut bercabang. Rambut yang bercabang membuat penampilan rambut menjadi kusam dan rapuh, sehingga kurang estetik. Anda yang memiliki rambut bercabang perlu untuk waspada, sebab ini merupakan salah satu tanda kerusakan pada rambut.

Beberapa hal yang menyebabkan rambut bercabang antara lain adalah paparan cuaca ekstrem, sering meluruskan atau mengeriting rambut, serta penggunaan produk rambut mengandung bahan kimia. Hal ini membuat kutikula rambut mengalami kerusakan, sehingga tidak mampu melindungi rambut dari paparan luar. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sampo khusus yang mampu menutrisi rambut secara intensif.

Rambut Kusut

Rambut yang kusut seringkali membuat kesal, karena menjadi lebih sulit diatur. Masalah rambut ini bisa menyerang Anda yang berambut lurus maupun keriting. Kondisi rambut yang kusut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetik, kurangnya perawatan rambut, hingga beberapa kebiasaan lain yang membuat rambut jadi susah diatur. Solusi dari masalah ini adalah menggunakan produk perawatan rambut, seperti vitamin dan serum agar rambut lebih sehat ternutrisi.

Beberapa Penyebab Rambut Sering Kusut

Jarang Menyisir Rambut

Tanpa Anda sadari, kondisi rambut yang kusut bisa dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan tertentu. Salah satunya adalah jarang menyisir rambut. Aktivitas yang padat seringkali membuat Anda terburu-buru, sehingga menyisir rambut sekenanya menggunakan jari-jari, alih-alih sisir.

Perlu Anda pahami, kebiasaan ini ternyata membuat rambut menjadi mudah kusut. Jarang menyisir rambut menggunakan sisir akan mencegah minyak atau residu mengendap di rambut dan kulit kepala. Akibatnya, helaian rambut menjadi saling menempel dan sulit dipisahkan.

Terlalu Sering Mengikat Rambut

Mengikat rambut memang menjadi penataan rambut sederhana yang praktis dan nyaman. Sayangnya, mengikat dan menjepit rambut terlalu kuat memiliki dampak yang buruk pada rambut. Kebiasaan ini membuat rambut rentan patah, sementara rambut di sekitar pengikat jadi menggumpal.

Rambut yang menggumpal inilah yang kemudian menjadi sulit diatur. Kebiasaan ini juga membuat rambut mudah kudut dan rapuh. Sebaiknya, hindari mengikat rambut terlalu kuat dan sering agar rambut lebih mudah diatur.

Rambut yang Kering

Rambut yang kusut bisa disebabkan oleh kondisi rambut yang kering. Keringnya rambut biasa disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada rambut, sehingga helaian rambut menjadi tegang dan stres. Selain itu, rambut yang kering membuat lapisan terluarnya menjadi kasar dan rapuh.

Rambut yang kering biasanya mengalami kerusakan lapisan kutikula yang berperan dalam melindungi rambut. Dengan demikian, ujung kutikula satu helai rambut akan bergesekan dengan kutikula rambut lainnya. Hal inilah yang membuat rambut menjadi saling berikatan satu sama lain. Sehingga, helaiannya mudah kusut dan sulit diatur.

Rekomendasi Perawatan Rambut Kusut dengan Produk yang Aman untuk Rambut

Erha Erhair Restoring Hair Moisturizer 125g

Perawatan rambut kusut yang pertama adalah Erha Erhair Restoring Hair Moisturizer 125g.Pelembap rambut ini merupakan produk perawatan intensif untuk rambut kering, sangat kering, ataupun rusak. Selain melembutkan, pelembap ini juga mampu menutrisi batang rambut.

Pelembap ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan sampo secukupnya, sekitar 3cm dari akar rambut. Kemudian, cuci rambut hingga bersih. Lalu, aplikasikan Restoring Hair Moisturizer pada batang rambut hingga merata. Bilas rambut setelah didiamkan selama sekitar 1 menit.

Harga Rp. 58.500-79.000

L'Oreal Paris Extraordinary Oil – Gold 100ml

Selain serangkaian produk makeup-nya yang populer, L'Oreal Paris juga memiliki produk perawatan untuk rambut kusut. L'Oreal Paris Extraordinary Oil – Gold 100ml adalah serum perawatan rambut yang mampu membantu mengembalikan kesehatan rambut. Serum ini lebih dari sekadar vitamin rambut, karena mampu menutrisi secara intensif dari batang hingga ujung rambut.

Produk ini memadukan 6 ekstrak bunga, yaitu lotus, chamomile, rose, tiare, linseed, dan soybean. Nutrisinya mampu melindungi dan menyempurnakan penataan akhir rambut. Dengan demikian, rambut menjadi halus, lembut, berkilau, dan tidak lepek.

Harga Rp. 72.500-74.000

Everline Lady Keratin Top Final Hair Filler 100ml

Everline Lady Keratin Top Final Hair Filler 100ml adalah produk perawatan rambut berikutnya yang direkomendasikan. Serum rambut ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan rambut lembut, tidak kering, dan rontok berkurang. Memberikan hasil yang maksimal, serum ini mengandung beberapa bahan aktif yang sangat disarankan, seperti active keratin, active complex, orchid extract, dan silk protein.

Bahan-bahan aktif ini berperan dalam menguatkan rambut, memperbaiki struktur rambut, dan sebagai nutrisi rambut. Serum ini juga berfungsi mengisi kembali volume batang dan ujung rambut, menjaga serat kapiler rambut, dan menjaga lapisan kutikulanya. Everline Lady Keratin Top Final Hair Filler 100ml cocok digunakan untuk Anda yang mengalami rambut rusak karena pewarnaan dan pelurusan.

Harga Rp. 140.850-350.000

TRESemme Shampoo Keratin Smooth 670ml

Bingung memilih sampo terbaik untuk rambut rusak? TRESemme Shampoo Keratin Smooth 670ml bisa menjadi salah satu produk yang Anda lirik. Sampo ini diperkaya dengan keratin dan argan oil yang memberikan manfaat pada rambut dalam satu kali keramas.

Kandungan keratinnya mampu menjaga kesehatan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Sementara itu, kandungan argan oil yang kaya akan vitamin membuat rambut lembut dan berkilau. Sampo ini juga dilengkapi dengan shea butter untuk melindungi rambut dari sinar UV, jojoba oil untuk mencegah rambut lepek, dan marula oil untuk memberi kelembapan dengan antioksidan.

Harga Rp. 57.900-74.200

Herbal Essences Dangerously Straight Shampoo 300ml

Rekomendasi sampo berikutnya untuk mengatasi rambut rusak adalah Herbal Essences Dangerously Straight Shampoo 300ml. Sampo ini diformulasikan untuk rambut yang kaku dan kusam. Diperkaya dengan moisturizer, sampo ini mampu melembutkan dan menghaluskan rambut, sehingga menjadikannya lebih indah.

Sampo ini juga mengandung bahan-bahan alami serta ekstrak buah pir dan honeysuckle yang membantu menutrisi dan mengembalikan keratin rambut yang rusak. Produk keluaran Herbal Essences ini sangat cocok bagi Anda yang mengalami masalah rambut akibat pewarnaan maupun penataan rambut sehari-hari.

Harga Rp. 40.000-168.000

Pantene Nature Care Fullness & Life Shampoo 290ml

Pantene juga memiliki sampo khusus untuk mengatasi rambut yang kusut, yaitu Pantene Nature Care Fullness & Life Shampoo 290ml. Sampo ini diformulasikan khusus untuk mengembalikan kilau dan volume rambut. Rambut juga menjadi lebih sehat dan terjaga kelembapannya.

Sampo ini terbuat dari bahan dasar alami, tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Sehingga manfaat yang diberikan untuk menutrisi rambut lebih aman dan tidak membuat rambut rusak. Kulit kepala menjadi jauh lebih sehat dan rambut tak lagi rapuh maupun lemah.

Harga Rp. 42.500-51.000

Dove Nourishing Oil Care Shampoo 320ml

Dove Nourishing Oil Care Shampoo 320ml adalah sampo berikutnya yang bisa dipilih untuk mengatasi rambut kusut. Sampo ini mengandung bahan alami yang memberikan nutrisi pada rambut. Produk keluaran Dove ini mengandung nutri-oils yang membuat rambut lebih lembut, indah, dan mudah diatur.

Kandungan alaminya membantu menyempurnakan tampilan dan menjaga kesehatan rambut. Tekstur samponya lembut dan hadir dalam kemasan yang praktis dibawa. Aromanya juga wangi dan tahan lama, sehingga membuat Anda lebih nyaman beraktivitas.

Harga Rp. 29.800-65.000

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo Royal Jelly 330ml

Bila berbicara mengenai Makarizo, sebagian dari Anda pasti terpikirkan produk pewarna rambutnya yang beragam. Padahal, merek ini juga memiliki produk perawatan rambut kusut yang patut dicoba. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo Royal Jelly 330ml adalah sampo keluaran Makarizo yang diformulasikan untuk mengatasi rambut kering dan kusam.

Sampo ini mengombinasikan omega 6 dari minyak nabati passiflora dan royal jelly extract yang memiliki multivitamin dan biotin tinggi. Kandungan ini berperan dalam meningkatkan kandungan keratin dalam rambut yang membuat rambut menjadi halus dan lembut. Aromanya yang harum juga lebih tahan lama pada rambut.

Harga Rp. 31.680-34.500

Sunsilk Lively Straight Shampoo 340ml

Punya rambut lurus, tapi mudah kusut? Tak perlu khawatir, Anda bisa merawat rambut menggunakan Sunsilk Lively Straight Shampoo 340ml. Sampo ini mengandung straight lock technology yang mampu meresap ke dalam serat helai rambut. Kandungan ini juga melembapkan tiap helai rambut dan mempertahankan bentuk lurusnya. Dengan menggunakan sampo ini, rambut lurus menjadi lebih mudah ditata, bahkan dalam kondisi kering.

Harga Rp. 42.000-60.000

Matrix Biolage Smooth Proof Shampoo 1000ml

Matrix Biolage Smooth Proof Shampoo 1000ml adalah produk perawatan rambut kusut terakhir yang direkomendasikan. Sampo ini diperkaya dengan serum lembut dari bunga camelia. Dengan teknologi serum tersebut, rambut menjadi lebih lembap, sehingga mampu mengontrol kondisi rambut yang kusut setiap saat.

Sampo ini dirancang untuk menghaluskan rambut yang kusam dan kasar. Tak hanya itu, sampo keluaran Matrix ini juga berperan dalam melindungi dan melapisi rambut. Cara penggunaannya mudah, yaitu cukup diaplikasikan pada rambut sambil dipijat, kemudian dibilas hingga bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, sampo ini bisa digunakan dilengkapi dengan produk kondisionernya.

Harga Rp. 201.000-320.000
From our editorial team

Memilih Sisir yang Tepat untuk Mengatasi Rambut Kusut

Jarang menyisir rambut adalah salah satu penyebab rambut menjadi kusut. Meski demikian, Anda tidak boleh sembarangan dalam menyisir rambut. Salah satu hal utama yang patut diperhatikan dalam perawatan rambut adalah pemilihan sisir rambut. Anda perlu menyesuaikan jenis sisir dengan tipe rambut Anda. Rambut yang keriting sebaiknya menggunakan sisir dengan gerigi yang jarang agar lebih mudah diatur. Sementara sisir bergerigi rapat bisa dipakai oleh pemilik rambut lurus.