Yuk Coba Buat Makanan Dengan Bahan Dasar Bawang Ini

Yuk Coba Buat Makanan Dengan Bahan Dasar Bawang Ini

Selain meningkatkan cita rasa makanan, umumnya bawang dipakai untuk menambah dari segi aroma masakan dan taburan atau topping yang menyedapkan makanan. Tapi sebenarnya ada beberapa makanan yang justru bahan utamanya dari bawang dan patut Anda coba di rumah.

Di berbagai masakan tanah air, eksistensi bawang tidak bisa ditinggalkan. Bawang merah, bawang putih maupun daun bawang maupun bawang bombay sudah jadi bumbu masakan yang lumrah. Bila di Indonesia, bawang hanya dipakai sebagai bumbu pelengkap makanan, justru di negara lain seperti Korea Selatan, bawang bisa dijadikan bahan utama masakan dengan bermacam variasi rasa. Ada yang diolah dengan cara ditumis gurih, asam manis, bahkan sedikit pedas yang membangkitkan selera. Nah, bila Anda mungkin tertarik mencoba masakan dengan bahan dasar bawang, bisa nih mencontek beberapa ide masakan berikut ya.

1. Sup Daun Bawang

Sumber gambar www.deliaonline.com

Sup daun bawang bisa jadi alternatif variasi menu agar tidak bosan sekaligus meningkatkan selera makan. Mirip seperti sup krim, bahan yang dibutuhkan seperti daun bawang, minyak sayur, serta garam dan air. Pertama, tumis daun bawang hingga harum dan layu. Lalu, tuangkan air dan garam. Jika sudah matang, biarkan sup hingga dingin. Kemudian, blender hingga teksturnya lebih lembut. Bisa ditambahkan daging ayam untuk menambah nutrisi dan protein bagi si pasien. Tak hanya itu, karena bertekstur lebih lembut dan lunak, menu ini sangat pas untuk menjaga sistem pencernaan seperti orang yang sedang masa pemulihan, berbuka puasa, atau anak-anak dan balita. Variasi lain juga bisa ditambahkan wortel matang, keju atau kentang rebus. Karena teksturnya yang lembut dan kental, sup krim ini bisa disajikan bersama roti hangat sebagai saus krim atau cocolan.

2. Pancake Daun Bawang

Sumber gambar keeprecipes.com

Pancake yang lembut dan manis sudah biasa. Tapi, pajeon atau pancake khas Korea Selatan ini cita rasanya asin dan gurih. Dibuat dari bahan sayuran, udang dan tepung sehingga mirip seperti martabak. Pajeon ternyata juga bisa dibuat dari daun bawang untuk membumbui cita rasa dan aroma pancake ini agar lebih harum. Agar anak-anak lebih senang menyantap, bisa juga ditambahkan seperti suwiran daging ayam, daging sapi, udang atau jamur. Membuat pancake daun bawang sangat mudah. Pertama daun bawang diiris halus. Kemudian, taburkan di atas wajan datar. Jika sudah harum dan layu, tuang adonan pancake yang dibuat dari tepung, air, mentega, telur serta garam dan gula. Tutup wajan dan tunggu hingga matang selama 2 menit. Sajikan dengan tambahan kecap asin atau saus pedas.

3. Kimchi Daun Bawang

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Di Korea Selatan, Kimchi disajikan dalam berbagai variasi yang tidak akan pernah membuat bosan para pecinta kuliner. Bahkan, jumlah variasi kimchi bisa mencapai puluhan menu. Di antaranya yang bisa dicoba adalah kimchi daun bawang. Jika biasanya kimchi dibuat dari sayuran sawi putih, kini bisa menjadikan daun bawang sebagai pengganti. Cita rasa daun bawang yang sedap, hanya perlu ditumis sedikit dengan tambahan bawang bombay, bawang putih atau garlic dan saus tiram. Bahan lain yang tak kalah penting adalah pasta pedas. Pasta ini bisa dibuat dari tepung beras, yang ditambah kecap ikan, gula dan cabe bubuk secukupnya. Selanjutnya, pasta dituang ke atas daun bawang yang sebelumnya telah direndam kecap asin. Karena proses pengasinan ini, kimchi juga lebih awet disimpan beberapa minggu ketika dimasukkan ke lemari pendingin. Setiap waktu ingin menikmati, cukup dihangatkan sebentar dengan microwave atau di atas kompor.

4. Daun Bawang Krispi

Sumber gambar www.demandafrica.com

Di luar negeri, bawang goreng bisa dijadikan camilan lezat dengan tambahan saus karamel yang lezat. Tapi, kali ini kita bisa menggunakan daun bawang goreng dengan tepung terigu biasa agar lebih garing dan krispi. Cara membuatnya, daun bawang dipotong memanjang seukuran 3 cm atau sesuai selera. Kemudian, celupkan saja daun bawang ini ke dalam adonan tepung terigu yang sudah ditambah air, garam dan lada secukupnya. Setelah itu, celupkan kembali ke tepung terigu kering. Guling-gulingkan agar tepung bisa menempel. Selanjutnya, panaskan minyak dan goreng hingga tenggelam sepenuhnya (deep fry). Daun bawang goreng yang krispi ini paling asyik dinikmati bersama saus tomat atau saus sambal. Coba deh.

5. Kari Daun Bawang

Sumber gambar www.youtube.com

Sajian kari kuah kuning yang lezat dan kaya bumbu serta rempah-rempah sangat terkenal di India. Masakan kari ini biasanya disajikan bersama roti Naan ataupun nasi briyani. Jika disajikan tanpa pendamping seperti roti atau nasi, cita rasa kari daun bawang dianggap terlalu kuat (tajam). Jadi, di mana ada kari daun bawang, pasti ada roti atau nasi sebagai pelengkap. Sebut saja seperti bawang bombay, ketumbar, jahe, kunyit, jahe dan bawang putih sebagai bumbunya. Selain itu, ada juga bumbu khas bubuk kari dan garam Masala yang kerap dijadikan tambahan penyempurna kari. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kari daun bawang, caranya tidak terlalu sulit kok. Pertama, iris bahan-bahan yaitu bawang bombay, bawang putih, tomat dan daun bawang. Kemudian, panaskan 1 sendok makan minyak, dan masukkan semua bumbu tersebut sekaligus rempah-rempahnya. Aduk-aduk hingga mengeluarkan aroma harum dan teksturnya layu atau matang. Jika dirasa sudah matang, sajikan bersama roti Naan, roti tortilla, atau nasi.

6. Bawang Marmalade

Sumber gambar realfood.tesco.com

Bagi Anda pecinta kuliner atau foodies, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “marmalade”. Biasanya, marmalade merupakan campuran ekstraksi sari buah dan kulitnya yang ditambahkan gula. Teksturnya kental mirip seperti selai. Daripada membeli selai yang mahal dan mengandung bahan pengawet atau pewarna, berikut ini ada resep unik marmalade dari bawang. Anda bisa menggunakan marmalade bawang ini untuk olesan daging ataupun roti bakar yang gurih. Coba yuk..

Bahan

  • ½ kg bawang merah
  • 4 sendok makan salad / minyak zaitun
  • Gula 100 gm / jaggery
  • 300 ml cuka
  • 4 siung bawang putih
  • 2 daun salam
  • 2 sendok makan pure tomat
  • Bubuk cabe pedas
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat

  • Tumis irisan bawang dengan minyak hingga matang dan layu.
  • Tambahkan sisa bahan dan masak selama satu jam. Aduk-aduk sebentar. Sisihkan.
  • Dinginkan dan simpan dalam toples yang bersih dan kering.
  • Sajikan dengan roti bakar/canapes atau sebagai olesan untuk potongan daging panggang.
From our editorial team

Manfaatkan daun bawang sisa

Coba chek mungkin Anda masih menyimpan daun bawang yang masih tersisa. Bila selama ini daun bawang hanya digunakan sebagai pelengkap, coba buat menu tersebut. Siapa tahu makanan dengan bahan dasar bawang ini bisa jadi menu favorit di keluarga Anda. Selamat mencoba.