Ganti Camilanmu dengan 10 Rekomendasi Snack Ikan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setiap Saat (2019)

Ganti Camilanmu dengan 10 Rekomendasi Snack Ikan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setiap Saat (2019)

Mengonsumsi ikan tentu punya banyak manfaat untuk kesehatan karena ikan kaya akan zat gizi penting. Kalau kamu gemar makan ikan, kamu juga bisa jadikan aneka snack ikan sebagai camilan di kala santai atau saat sedang beraktivitas.

Sebagai Negara Maritim, Indonesia Punya Banyak Ragam Kuliner Ikan

Sumber gambar www.cnnindonesia.com

Indonesia mempunyai hasil kekayaan laut yang melimpah. Dalam setiap tahunnya Indonesia mengalami peningkatan produksi ikan, namun meskipun begitu tingkat konsumsi ikan justru kurang diminati. Hasil ikan sebenarnya dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti digoreng, dibakar, ataupun dimasak kuah.

Ini Alasan Kenapa Kita Harus Makan Ikan

Sumber Protein yang Baik untuk Tubuh

Sumber gambar elreporterosf.com

Ikan memiliki kandungan protein untuk membantu pembentukan sel-sel baru didalam tubuh. Selain itu protein dalam ikan juga mampu mempengaruhi kinerja dari enzim, hormon, dan sistem imunitas dalam tubuh. Semua jenis ikan mempunyai kandungan protein yang baik untuk tubuh sehingga tidak perlu kuatir akan harga karena harga tidak menentukan kualitas dari ikan.

Membantu Pertumbuhan

Sumber gambar www.tlc.com

Ikan dengan kandungan omega 3 mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan mampu berperan penting dalam fungsi dan pertumbuhan otak pada anak. Selain itu kandungan omega 3 juga mampu membuat meningkatkan kemampuan mental dan membantu pertumbuhan tulang.

Mencegah Berbagai Penyakit

Sumber gambar nypost.com

Konsumsi ikan secara teratur sangat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan The American Heart Association dan Kementerian Kesehatan RI telah menyarankan untuk mengonsumsi ikan sebanyak 2 kali per minggu.

Kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam ikan mampu menurunkan tekanan darah serta menekan risiko penyakit jantung, stroke, dan alzheimer.

Mempertajam Ingatan

Konsumsi ikan secara teratur dengan cara dikukus ataupun dipanggang dapat membuat volume otak dan sel otak menjadi lebih besar. Hal ini berfungsi untuk mempertajam ingatan dan membuat koordinasi dan kesimbangan tubuh yang stabil.

Tidak Cuma Jadi Lauk, Ikan juga Bisa Dijadikan Camilan Lho!

Snack Juhi Wanfa Snek Ikan

Sumber gambar shopee.co.id

Snack Juhi Wafa Snek Ikan merupakan makanan ringan yang terbuat dari ikan kering dengan pemrosesan yang menerapkan teknologi canggih dan higienis. Snack ini berasal dari Malaysia dan terbuat dari daging ikan segar yang dikombinasikan dengan tepung terigu, gula, garam, cabai, penyedap rasa, serta diberikan pemanis sorbitol dan sucralose. Rasanya gurih, manis, dan sedikit pedas.

Anda dapat membeli Wanfa Snack Ikan ukuran 50 gram di Blanja dengan harga Rp 16.500 atau di Shopee dengan harga Rp 29.160 untuk ukuran 120 gram.

Snack Amplang Ikan OBIC Asli Ketapang

Sumber gambar www.tokopedia.com

Amplang merupakan snack ikan khas dari Ketapang, Kalimantan Barat yang memiliki rasa gurih dan sangat cocok untuk dikonsumsi bersama dengan nasi, sayur, dan lauk. Snack ini terbuat dari daging ikan yang digiling sampai halus, kemudian dicampurkan dengan tepung sagu. Umumnya amplang dibuat dari ikan tenggiri, gabus (haruan) ataupun belida (ikan pipih).

Meskipun begitu amplang paling favorit adalah terbuat dari ikan belida karena rasa gurihnya lebih terasa dan tekstur dagingnya jauh lebih lembut daripada ikan lainnya.

Anda dapat membeli snack amplang ikan OBIC Asli Ketapang di Shopee dengan harga Rp 24.500 atau di Tokopedia dengan harga Rp 85.000 untuk ukuran 500 gram.

Dahfa Snack Ikan

Sumber gambar suzuya.id

Dahfa Snack Ikan merupakan camilan ikan asal Malaysia. Snack ini memiliki rasa nikmat, manis, gurih dan sedikit pedas dengan aroma khas ikan.

Snack ikan ini dapat dikonsumsi langsung ataupun digunakan untuk taburkan di atas bubur. Memiliki kandungan karbohidrat, protein, mineral, kalsium dan kalium yang baik untuk tubuh. Anda dapat membeli snack ini dalam ukuran 60 gram di Tokopedia dengan harga Rp 26.000 atau di Shopee dengan harga Rp 28.000.

Snack Empiang Kulit Ikan Bangka

Sumber gambar www.tokopedia.com

Snack Empiang Kulit Ikan khas Bangka, Kepulauan Bangka Belitung memiliki bentuk bulat pipih dengan cita rasa gurih, garing, renyah, dan nikmat. Snack ini terbuat dari kulit ikan tenggiri yang dicampur dengan sagu, bawang merah, dan penyedap rasa, lalu dimasak dengan cara digoreng. Anda dapat menikmatinya dengan cara direbus, digoreng, ataupun dipadukan dengan kuah cabe.

Dapatkan segera snack ini dalam bentuk satuan di Bukalapak dan Tokopedia dengan harga Rp 2.500. Selain itu Anda juga dapat membeli snack ini dalam ukuran 200 gram di Tokopedia dengan harga Rp 22.500.

Furikake Japan Snack Abon Jepang Ikan Salmon

Sumber gambar www.bukalapak.com

Furikake merupakan bumbu makanan khas Jepang terbuat dari ikan kecil yang dikeringkan dan diproses menjadi bubuk ataupun tepung. Snack ini berbentuk seperti abon yang dapat dikonsumsi dengan cara ditaburkan diatas nasi ataupun dimakan langsung sebagai lauk. Furikake terbuat dari ikan teri, serutan katsuobushi dengan potongan rumput laut kecil, kombu, abon ikan serta makanan laut lainnya.

Furikake Snack Abon Jepang 100% Original Rice Seasoning dapat Anda beli di Shopee dengan harga Rp35.000 - Rp50.000. Snack ini tersedia dalam 4 pilihan rasa yaitu ayam, sapi, salmon, dan salmon telur.

Cripsea Snack

Sumber gambar www.tokopedia.com

Cripsea snack merupakan snack ikan yang memiliki cita rasa gurih, renyah, nikmat, dan sehat karena terbuat dari cumi-cumi, udang, dan ikan sekaligus tanpa menggunakan bahan pengawet.

Cripsea snack terbuat dari olahan hasil laut berkualitas dari nelayan tradisional, seperti ikan fillet berjenis layur/ribbon fish yang dicampur dengan berbagai bumbu pilihan terbaik. Anda dapat membeli snack ini di Cripsea dengan harga Rp 18.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 20.000.


Rufani Ikan Teri Crispy

Sumber gambar www.bumbuorganik.com

TERI CRISPY RUFANI merupakan camilan sehat yang terbuat dari ikan teri istimewa tanpa menggunakan MSG ataupun bahan pengawet. Snack ini mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 yang baik untuk tubuh. Selain itu snack ini juga dapat dipergunakan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk anak dengan usia kurang dari 1 tahun. Anda dapat membeli produk ini di Shopee dan Bukalapak dengan harga Rp 18.000.



Kerupuk Ikan Tenggiri Bangka

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kerupuk Bangka Ikan Tenggiri (RAJA Kerupuk) memiliki rasa gurih dan nikmat. Snack ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka, telur, garam dan penyedap rasa. Umumnya snack ini dipergunakan untuk cemilan ataupun sebagai teman ketika makan. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

Snack Batagor Ikan Kekinian Sikaya

Sumber gambar www.irvanmart.com

Kuliner batagor adalah snack yang terbuat dari tahu dan merupakan akulturasi dari gaya Tionghoa dengan Indonesia. Proses pembuatan snack ini dari tahu yang dilembutkan, kemudian diisikan dengan adonan dari bahan campuran ikan tenggiri dan tepung tapioka.

Setelah itu adonan batagor dibentuk bola dan digoreng beberapa menit dalam minyak panas. Untuk penyajiannya, Anda dapat menghidangkan bersama dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis.

SNACK BATAGOR IKAN KEKINIAN SIKAYA - SKY 001 tersedia dalam ukuran 115 gram yang dapat Anda beli di Bukalapak dengan harga Rp 17.000. Snack ini terbuat dari tepung tapioka, ikan, pangsit, garam, penyedap rasa, dan bumbu lainnya.

Sakana Fish Stick

Sumber gambar sakanaprima.com

Stick dimsum ikan merupakan snack nikmat, renyah dan bergizi yang sering menjadi teman makan bersama teh ataupun sebagai sarapan dan brunch. Snack ini terbuat dari daging ikan kakap segar yang dicampur dengan tapioka, gula, garam, lada, dan rempah-rempah. Makanan ini aman untuk dikonsumsi, higienis serta tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna.

Sakana Fish Stick tersedia dalam ukuran 500 gram yang dapat Anda beli di Shopee dengan harga Rp 22.000 atau di Bukalapak dengan harga Rp 27.400.

From our editorial team

Selektif Memilih Cemilan Ikan Sehat yang Bisa Dinikmati Setiap Saat

Makan ikan memang baik untuk kesehatan dan mengonsumsi ikan dalam bentuk camilan bisa jadi alternatifnya. Meski bisa disantap kapan saja, ada baiknya jika kita bisa memilih snack ikan yang berkualitas dan tidak mengandung banyak bahan tambahan pangan seperti penyedap dan pengawet. Jika bisa, lebih baik konsumsi makanan dengan ikan segar supaya bertambah sehat, ya!