10 Rekomendasi Laptop Lenovo, Untuk Pekerja Hingga Gamers! (2022)

10 Rekomendasi Laptop Lenovo, Untuk Pekerja Hingga Gamers! (2022)

Bicara soal laptop, Lenovo adalah salah satu brand terdepan di Indonesia. Laptop Lenovo punya banyak model dan spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan penggunanya. Yuk, simak rekomendasi laptop Lenovo dalam artikel BP-Guide berikut!

Laptop Lenovo Hadir Dengan Spesifikasi Mumpuni Untuk Memenuhi Kebutuhan Penggunanya

Sumber gambar www.lenovo.com

Namanya sudah tidak asing lagi. Sebab, Lenovo merupakan salah satu produsen alat elektronik terbesar dan populer di kalangan masyarakat luas. Salah satu produk yang diproduksi oleh brand yang satu ini adalah laptop.

Menjawab segala kebutuhan pasar, Lenovo menghadirkan beragam seri laptop yang dapat digunakan dalam berbagai hal. Mulai dari bekerja, belajar, hingga digunakan untuk hal-hal hiburan seperti menonton, bermain game, dan lain-lain.

Laptop Lenovo terus diperbaharui seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan para konsumen. Perangkat Lenovo pun mudah didapatkan di mana saja, tidak hanya di official store tetapi juga di berbagai ecommerce terkenal.

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Gunakan Stabilizer Listrik

Bagi Anda yang bekerja dengan menggunakan laptop dalam waktu yang lama, ada baiknya Anda menggunakan stabilizer. Stabilizer berfungsi untuk menstabilkan tegangan dan membuat tegangan input pada laptop menjadi tidak berlebihan, demi menjaga laptop tetap awet.

Jangan Makan dan Minum di Dekat Laptop

Remah-remah makanan dapat membuat laptop menjadi kotor, atau yang paling diwaspadai adalah minuman yang tumpah mengenai laptop. Cairan yang tumpah ke laptop bisa merusak komponen baik eksternal maupun internal dan menyebabkan korsleting pada laptop.

Bersihkan Laptop Secara Rutin

Kotoran yang menempel di laptop bisa mengurangi kenyamanan saat menggunakan laptop, bahkan juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen laptop. Setidaknya usahakan secara rutin untuk membersihkan layar dan keyboard laptop Anda.

Jangan Menyalakan Laptop Terlalu Lama

Menyalakan laptop terlalu lama secara nonstop dapat membuat laptop jadi terlalu panas atau overheat, dan mengakibatkan daya tahan laptop semakin berkurang. Jika Anda harus memakai laptop dalam waktu yang lama, ada baiknya Anda menggunakan cool pads untuk menjaga suhunya.

Hindari Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Apabila Anda menaruh laptop di atas kasur, maka permukaan kasur pun akan sedikit terperosok ke dalam, dan tentunya tidak rata sehingga membuat lubang di laptop menjadi tertutup. Karena lubangnya tertutup, panas dari laptop pun jadi terperangkap, dan dapat menimbulkan overheat.

Tips Memilih Laptop Lenovo yang Bagus

Cek Spesifikasinya

Sumber gambar iprice.sg

Terdapat beberapa spesifikasi yang perlu untuk diperhatikan mulai dari prosesor, RAM, hard drive, VGA, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin menjalankan task agar cenderung stabil, maka pilihlah laptop dengan prosesor yang tinggi dan kapasitas RAM yang besar. Untuk performa yang maksimal, pilihlah prosesor Intel Corporation atau AMD.

Jika laptop digunakan untuk bermain game, maka disarankan menggunakan hardware clock speed di atas 30 Hz.

Lihat Sistem Operasi yang Digunakan

Terdapat banyak sekali sistem operasi yang ditawarkan, seperti Windows, Chrome OS, Linux, dan lain sebagainya.

Salah satu sistem operasi kelas tinggi adalah Windows 10 yang sudah dilengkapi dengan digital assistant Cortana. Dengan menggunakan voice recognition, maka Cortana siap melakukan segala perintah. Cari tahu keunggulannya, dan pilihlah sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan, dan mana yang sekiranya akan memudahkan Anda.

Perhatikan Kemampuan Multifungsinya

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menghadirkan laptop yang memiliki layar sentuh yang biasanya memiliki fungsi 2 in 1. Fungsi 2 in 1 pada laptop layar sentuh ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya seperti tablet. Ada yang layarnya bisa ditekuk hingga 360 derajat, dan ada pula yang bisa dilepas dari keyboardnya.

Bagi Anda yang hobi atau berprofesi membuat desain atau ilustrasi, laptop seperti ini akan sangat memudahkan, terlebih jika bekerja di luar.

Rekomendasi Laptop Lenovo Untuk Berbagai Kebutuhan

Lenovo Thinkpad Yoga X1 Carbon (5th Gen)

Lenovo ThinkPad Thinkpad Yoga X1 Carbon ini memiliki bobot yang tergolong ringan, dengan berat kurang dari 1,36 kg, dan tebal 1,7 cm. Laptop ini menggunakan material utama carbon fiber untuk seluruh bodynya sehingga sangat ringan dan kuat.

Menggunakan layar display 14 inci laptop Lenovo ThinkPad Thinkpad Yoga X1 Carbon ini mendukung resolusi maksimum 1600x900p dengan Intel HD Graphics. Produk Lenovo yang satu ini memiliki kartu grafis yang mumpuni. Anda dapat mengandalkan laptop ini untuk mengedit foto dan memutar video HD.

Laptop ini disokong oleh prosesor intel Core i5 dual core dan kecepatan hingga 1,7GHz, yang dapat ditingkatkan dengan teknologi turbo hingga 2,6GHz. Tidak perlu khawatir untuk kecepatan bootingnya karena laptop ini sudah dilengkapi dengan SSH hingga 512 GB dan RAM 8GB.

Daya baterai akan terisi dengan cepat yang dapat bertahan hingga 8 jam dengan bantuan fitur Rapid Charger. Selain itu, laptop Lenovo ini sudah lebih canggih dengan adanya sensor fingerprint yang praktis demi keamanannya.

Harga Rp. 17.000.000-20.000.000

Lenovo IdeaPad Duet 3i

Lenovo IdeaPad Duet 3i menawarkan desain yang cantik dengan integrated kickstand dan termasuk keyboard cover. layar FullHD 10 inci yang indah dan keyboardnya juga bisa digunakan sebagai keyboard Bluetooth.

Laptop ini memiliki layar 10,3 inci dengan aspek rasio 16:10, resolusi Full HD (1920 x 1200 pixels), dan sepenuhnya dilaminasi. Anda bisa mendapatkan kualitas gambar yang tajam dan warna yang bagus.

Lenovo IdeaPad Duet 3i menggunakan prosesor dual-core Intel Celeron N4020 dengan chip quad-core Intel Pentium N5030. Dari segi memori, laptop ini didukung oleh 4GB dan 8GB RAM serta penyimpanan flash eMMC 64GB dan SSD 128GB. Jadi, laptop ini pun memiliki proses booting yang cepat.

Harga Rp. 6.000.000-8.000.000

Lenovo Legion Y520

Lenovo Legion Y520-15IKBN-XKID hadir dengan layar IPS LED beresolusi Full HD dengan ukuran 15,6 inci. Laptop ini akan memancarkan cahaya dan warna yang sangat memukau untuk mendukung aktivitas atau bahkan bermain game.

Dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-7300HQ dengan refresh rate 2,5 Hz yang dapat ditingkatkan hingga 3,5 Hz 6 MB, laptop ini akan memberikan performa yang maksimal untuk melengkapi segala kebutuhan para gamers.

Disematkan dengan kartu VGA Nvidia Geforce GTX1050 4GB DDR5 dengan dukungan RAM DDR4 yang berukuran 4GB, laptop ini sangat cepat untuk bermain game. Tidak kalah fantastis, laptop Lenovo ini dilengkapi dengan Harddisk 1 TB dan 1 slot Pcle SSD.

Harga Rp. 10.000.000-12.000.000

Lenovo ThinkBook 14 G2 ARE

ThinkBook 14 G2 adalah produk yang menjadi salah satu laptop bisnis 14-inci terbaik untuk harganya. Laptop ini juga sangat nyaman dipakai berkat touchpad keyboard-nya dan spill-resistance dan pendinginnya yang mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Laptop ini memiliki 2 slot M.2 PCIe x4 yang salah satunya berkecepatan 4.0. Di samping itu, adanya CPU Tiger Lake Intel membuat konektivitas Thunderbolt 4 menjadi mungkin. Laptop ini juga memiliki slot USB Type-C lain untuk mengisi daya, I/O mengemas semua yang pengguna butuhkan tanpa memerlukan adaptor.

Lenovo menawarkan 2 opsi baterai pada laptop ThinkBook 14 G2 ini, yaitu 45 Wh dan 60 Wh yang mampu bertahan selama 9 jam untuk opsi pertama. Baterai 45 Wh dapat mengisi hingga 50% hanya dalam setengah jam, sedangkan 60 Wh dapat mencapai 80% dalam satu jam.

Harga Rp. 6.000.000-75.000.000

Lenovo Ideapad L340

Ideapad L340 adalah laptop Lenovo yang ada embel-embel gaming di namanya, dengan harga yang relatif miring. Layarnya lebar, 15.6 inci, dan sudah didukung spesifikasi jeroan yang mumpuni, termasuk resolusi FHD.

Laptop ini didukung oleh prosesor Intel Core i7 generasi kesembilan, grafis Nvidia GeForce GTX 1650, serta RAM 8 GB. Tidak lupa memori internal jenis SSD sebesar 512 GB untuk performa yang ngebut. Laptop ini juga disokong oleh baterai dengan daya tahan hingga 8.5 jam.

Untuk melindungi kesehatan dan keamanan penggunanya, Lenovo menyematkan fitur Lenovo Vantage untuk mengurangi emisi cahaya biru, serta fitur TrueBlock Privacy Shutter untuk menutup webcam dan melindungi privasi pengguna.

Harga Rp. 4.000.000-7.000.000

Lenovo IdeaPad Gaming 3 SDID

Salah satu laptop Lenovo yang paling banyak direkomendasi untuk para gamers adalah Lenovo IdeaPad Gaming 3 SDID. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 5, yang disesuaikan dengan tertanamnya kartu NVIDIA GeForce GTX 1650Ti dan memori DDR4 sehingga performa saat bermain game akan semakin sempurna.

Agar Anda dapat melihat setiap detail pada game, Laptop ini memiliki resolusi layar full HD 15,6 dengan refresh rate hingga 120 Hz. Dengan tampilan ini, permainan game Anda akan semakin cepat dan visualnya tetap jernih. Dilengkapi juga dengan keyboard dengan jarak 1,5 mm sehingga sangat nyaman digunakan untuk bermain game.

Terdapat port HDMI 2.0 pada bagian samping laptop yang dapat Anda gunakan untuk menyambungkan laptop dengan TV atau proyektor. Tidak perlu khawatir baterainya cepat habis karena laptop ini memiliki teknologi Rapid Charger yang hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk mengisi 80% daya.

Harga Rp. 12.000.000-15.000.000

Lenovo IdeaPad Flex 5 40ID

Lenovo IdeaPad Flex 5 40ID ini memiliki layar 14 inci. Tampilan laptop lebih ringkas karena bezel layar yang tipis sehingga tampak lebih mewah. Hadir dengan fitur layar sentuh, laptop ini merupakan laptop hybrid yang dapat bekerja powerfull dengan prosesor AMD Ryzen 7.

Resolusinya full HD 1920x1080p dengan dukungan teknologi IPS (In-Plane Switching) LCD LED backlight, sehingga mumpuni untuk memberikan kecerahan hingga 250 nits dan memancarkan spektrum color gamut 45% NTS yang cemerlang.

Tidak perlu pusing untuk mencari dan menginstall Windows original, karena Lenovo IdeaPad Flex 5 40ID ini juga telah dibekali dengan Windows 10 x64 dan Microsoft Office and Student 2019 yang asli untuk mendukung pekerjaan Anda.

Harga Rp. 2.500.000-4.000.000

Lenovo Legion 7-16ACHg6

Legion 7 hadir dengan layar seluas 16 inci dan resolusi 2650x1600 WQXGA. Panel IPS yang digunakan super cerah hingga 500 nits, dan sudah ada sistem anti glare dan refresh rate 165 Hz. Keyboardnya nyaman untuk mengetik maupun bermain game. Ada lampu RGB Backlit agar nyaman digunakan di tempat redup.

Spek yang dimiliki oleh Legion 7 ini juga terbilang sungguh mempesona. Laptop ini menggunakan chipset AMD Ryzen 7 5800H sebagai otaknya. Dilengkapi dengan RAM 32 GB (2x16GB) untuk performa multitasking yang kencang.

Lenovo turut menyematkan penyimpanan internal berupa SSD sebesar 1TB untuk memuaskan Anda. Storage ini juga bisa diperbesar karena ada satu slot NVME SSD yang bisa digunakan. Secara total, Anda dapat menikmati internal storage sampai kapasitas 2TB.

Bicara soal grafis, Lenovo memercayakannya kepada NVidia GeForce RTX 3060 6GB DDR6. Meski banyak yang menyayangkan karena ada RTX 3070 dan 3080, tetapi performa yang ditawarkan sudah sanggup untuk pengolahan grafis mumpuni untuk menyunting video maupun bermain game.

Harga Rp. 28.000.000-32.000.000

Lenovo Yoga Duet 7i

Lenovo Yoga Duet 7i termasuk ke dalam laptop yang sudah memiliki layar sentuh dan fungsi 2 in 1, sehingga Anda bisa mendapatkan laptop sekaligus tablet. Dengan berat 1,16 kg saja dan layar berukuran 13 inci, laptop ini sangat mudah dibawa kemana saja.

Dukungan VGA Intel Iris Xe Graphics akan memberikan visual yang menarik. Lenovo Yoga Duet 7i sudah dilengkapi dengan teknologi face recognition. Dengan fitur face recognition ini, Anda bisa login ataupun logout secara otomatis hanya dengan memberikan senyuman.

Memiliki prosesor Intel Core i5-1135G7, RAM 8 GB dan internal storage hingga 512 GB SSD, laptop ini memiliki performa yang cepat. Daya tahan baterainya juga terbilang cukup lama hingga 10,8 jam.

Harga Rp. 17.000.000-21.000.000

Lenovo Ideapad 320-14AST

Harga ekonomis, namun memiliki performa yang maksimal dalam menunjang pekerjaan, Lenovo IdeaPad 320 hadir dengan bentangan layar sebesar 14 inchi dan memboyong prosesor AMD generasi ketujuh.

Tidak lupa dengan kartu grafis AMD Radeon R3 untuk mengisi dapur pacunya. Anda dapat menjamah beragam aplikasi di laptop tanpa hambatan. Selain performa yang terbilang oke, Ideapad 320 juga dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang cukup mumpuni, yakni RAM berkapasitas 4GB dan juga HDD 500GB.

Fitur konektivitas yang terdapat pada produk ini terdiri dari HDMI, LAN, USB 3.0, Media Reader, WiFi, serta Bluetooth yang sangat berguna untuk menyokong kebutuhan transfer media dan keterhubungan jaringan internet. Lenovo pun turut menyematkan sistem operasi Windows 10 Original Home untuk mengisi kekuatan laptopnya.

Harga Rp. 3.500.000-5.000.000
From our editorial team

Gunakan Laptop Dengan Bijak Agar Tidak Cepat Rusak

Seperti barang elektronik lainnya, laptop juga bisa rusak jika Anda tidak menggunakannya secara bijak. Misalnya adalah dengan memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan laptop. Dengan demikian, jika Anda membeli salah satu produk rekomendasi laptop Lenovo dari artikel BP-Guide di atas, laptop tersebut akan bisa digunakan dalam waktu yang lama.