Jangan Bingung Memilih Barang Seserahan! 10 Rekomendasi Ini Bisa Menjadi Inspirasi untukmu (2019)

Jangan Bingung Memilih Barang Seserahan! 10 Rekomendasi Ini Bisa Menjadi Inspirasi untukmu (2019)

Mempersiapkan pernikahan memang sangat repot. Apalagi tahapan sebelum pernikahan seperti lamaran yang juga harus diperhatikan. Bicara tentang lamaran, para lelaki tentu perlu menyiapkan seserahan untuk mempelai wanita. Tak perlu bingung menentukan barang, berikut rekomendasi seserahan yang bisa kamu sontek dari BP-Guide.

Saat Merencanakan Pernikahan, Seserahan Adalah Salah Satu Bagian Penting yang Harus Dipersiapkan oleh Pasangan

Pernikahan adalah salah satu momen yang ditunggu banyak orang. Saat istimewa ini biasanya membutuhkan banyak perhatian dan masing-masing orang bahkan memiliki pernikahan impian yang tentunya membutuhkan banyak persiapan.

Salah satu tahap yang dilewati oleh calon pengantin adalah prosesi lamaran. Lamaran menunjukkan itikad serta keseriusan calon mempelai pria kepada wanita. Pada tahap ini, umumnya calon mempelai pria menunjukkan niat pinangan dengan membawakan seserahan.

Meski tampak seperti sekadar memberi barang, namun secara umum seserahan dapat diartikan sebagai niat, simbol, serta kesanggupan calon mempelai pria yang akan memenuhi tanggung jawab pemenuhan kebutuhan calon istri setelah menikah kelak. Maka, tidak heran jika seserahan biasanya terdiri dari barang-barang yang dapat digunakan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Nah, bagaimana dengan persiapan seserahan kamu?

Bingung Mencari Barang Seserahan? Yuk, Simak Info Berikut!

Sesuaikan dengan Anggaran

Sejatinya, seserahan adalah simbol keseriusan yang menandakan pinangan resmi serta niat calon mempelai pria dalam memenuhi kebutuhan sang istri kelak. Pada saat menentukan seserahan, calon mempelai pria sebaiknya memperhitungkan anggaran dan menyesuaikannya dengan barang-barang yang akan dibeli.

Tidak perlu mewah apalagi sampai memaksakan diri untuk membeli barang-barang di luar kemampuan, kamu bisa membeli barang berkualitas dengan harga terjangkau. Ada baiknya juga jika kamu berkonsultasi dengan keluarga agar bisa mendapat referensi.

Buatlah Daftar Barang yang Dibutuhkan

Mencegah over budget, buatlah daftar barang yang sekiranya dibutuhkan dalam seserahan. Daftar ini akan membatasi dan mengontrol acara belanja barang seserahan, juga untuk meminimalkan pembelian barang sia-sia karena tidak disukai atau tidak dibutuhkan. Selain barang-barang kesukaan calon mempelai wanita, kamu bisa memilih barang-barang yang sekiranya akan diperlukan pascamenikah nanti.

Carilah Referensi

Pernikahan membutuhkan banyak persiapan dan terkadang menguras pikiran sehingga kadang kamu kebingungan dalam menentukan ini itu termasuk saat mencari barang-barang untuk seserahan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba mencari referensi seperti membaca majalah atau Internet. Referensi ini bisa membantu kamu menyortir dan juga mendapat info tempat-tempat di mana kamu bisa membeli barang-barang seserahan.

Tanyakan kepada Pasanganmu

Sebaiknya seserahan adalah barang-barang yang bisa dipakai dan disukai oleh calon mempelai wanita. Agar tepat sasaran, tidak ada salahnya jika kamu bertanya barang-barang apa yang disukai atau dibutuhkan olehnya. Terlebih ketika memilih kosmetik atau produk perawatan tubuh yang umumnya didasari pada kecocokan, maka ada baiknya kamu bertanya dulu.

Kemas Dalam Tempat yang Unik dan Cantik

Langkah terakhir adalah mengemas barang-barang tersebut dalam kemasan cantik agar enak dipandang. Saat ini, banyak kemasan seserahan unik yang membuat barang seserahan jadi tampak elegan bahkan mewah. Selain mengemas sendiri, kamu juga bisa menyewa jasa pengemasan seserahan, terlebih jika kamu tak punya waktu untuk melakukannya sendiri.

Berbagai Rekomendasi Barang Seserahan untuk Sesi Lamaran Kamu

Perlengkapan Ibadah

Sumber gambar tokopedia.com

Bagi muslim, menikah berarti menyempurnakan separuh agama. Menikah berarti ibadah dan tanggung jawab suami adalah menuntun sang istri agar bisa membangun keluarga yang bahagia sekaligus taat. Maka, tidak heran jika dalam barang seserahan, perlengkapan sholat selalu disertakan. Ini menjadi simbol calon suami yang siap membimbing ibadah calon istri.

Salah satu rekomendasi perlengkapan ibadah muslimah adalah Tas Set Mukenah Velvet Swarovski. Mukena yang terbuat dari bahan velvet semi sutra ini cocok dijadikan seserahan resmi karena tampilannya yang cantik dan elegan.

Pada permukaan, terdapat taburan payet sehingga membuat mukena terlihat eksklusif dan pada bagian tepi bawah terdapat bordir yang memberi kesan anggun. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 629.900.

Pakaian

Sumber gambar zalora.co.id

Memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan jadi tanggung jawab suami sepenuhnya setelah menikah. Hal ini disimbolkan dengan pemberian pakaian dalam seserahan. Pakaian yang dipilih sebaiknya memang disukai dan dibutuhkan oleh wanita agar setelah proses lamaran tidak sia-sia.

Busana cantik Zalora Ruffle Sleeves Dress ini bisa jadi pilihan agar kelak istri dapat tampil menawan di depan suami. Mini dress ini terbuat dari bahan rayon dengan aksen ruffle bertumpuk di bagian lengan. Anggun lewat warna hitam, gaun ini didesain dengan kerah bulat dan kancing belakang. Pesan di Zalora seharga Rp 339.000.

Tas

Sumber gambar berrybenka.com

Awet dan bisa dipakai sehari-hari, kamu bisa memasukkan tas dalam daftar seserahan bagi calon istri. Salah satu yang dapat dipilih adalah Nilda Julian Checkered Sling Bag Black. Tas ini didesain simpel dengan gaya tas selempang berukuran kecil dan dihias akses kombinasi warna menawan dan elegan.

Motif tartan pada tas ini cocok bagi calon istri yang menyukai gaya kasual tapi tetap terlihat feminin. Ada aksen kancing di bagian depan tas dengan tali rantai berwarna keemasan. Tas ini bisa dipesan melalui Berrybenka seharga Rp 349.000.

Sepatu

Sumber gambar blibli.com

Saat memilih sepatu untuk dijadikan seserahan, pastikan jika kamu sudah mengetahui ukuran calon mempelai wanita. Selain itu, sesuaikan juga dengan kebiasaan dan seleranya. Beberapa wanita menyukai sepatu bertumit tinggi alias high heels sementara yang lain bisa saja lebih nyaman menggunakan sepatu bertumit datar. Maka, kamu perlu tahu sepatu jenis apa yang biasa dikenakan calon istri sehari-hari.

Untuk pilihan sepatu bertumit tinggi, kamu bisa memilih Zhen Wei Mei a9616-22 01 Shoe Korean Model Sepatu High Heels. Sepatu ini cocok untuk acara resmi atau formal dengan tinggi tumit 10 sentimeter. Bagian depan sepatu didesain runcing dengan tampilan chic yang elegan. Bisa dipesan melalui Blibli seharga Rp 224.400.

Kosmetik

Sumber gambar sephora.co.id

Saat memilih kosmetik untuk pasangan, pastikan produk tersebut aman digunakan. Jangan tergiur harga murah apalagi kosmetik yang tidak terjamin keamanan serta tidak memiliki izin resmi dari lembaga atau badan terkait. Sebagai panduan, kamu bisa membaca referensi dari blog atau bertanya langsung kepada pasanganmu tentang merek yang biasa digunakan.

Salah satu merek tepercaya yang menghadirkan produk berkualitas adalah Sephora. Untuk seserahan, kamu bisa membeli Sephora Collection, Medium Bag Palette. Produk ini adalah paket serba guna yang terdiri dari lip gloss, bronzer, eyeshadow, blusher, plus cermin.

Produk ini dikemas dalam kemasan tas yang ramping dan mudah dibawa dengan pilihan warna variatif, jadi kamu tak perlu membeli banyak produk terpisah. Bisa dipesan melalui situs Sephora seharga Rp 470.000.

Set Peralatan Mandi

Sumber gambar blibli.com

Pilihan barang seserahan berikutnya adalah peralatan mandi. Meski tampak sepele, peralatan mandi bisa jadi benda penting yang bisa kamu masukkan dalam daftar. Terlebih, saat ini banyak peralatan mandi yang dikemas cantik sehingga cocok dijadikan seserahan.

Salah satunya adalah The Body Shop Gift Hair Fuji Green Tea ini. Set perawatan tubuh ini dikemas dalam kemasan kecil yang cocok dibawa bepergian. Paket ini terdiri dari green tea bath treats, body lotion, dan shower gel. Dapatkan seharga Rp 189.000 di Blibli.

Set Perawatan Tubuh

Sumber gambar lazada.co.id

Senada dengan rekomendasi sebelumnya, kali ini kamu bisa melengkapi set peralatan mandi dengan set perawatan tubuh. Salah satunya adalah Hafshop Paket Herborist Zaitun Komplit. Paket ini terdiri dari sabun, body butter, minyak, lulur, sampo, body wash, dan facial foam.

Lewat kandungan zaitun yang bisa melembutkan dan menyehatkan kulit, paket ini bisa jadi bingkisan seserahan yang disukai calon mempelai wanita. Kamu bisa memperolehnya melalui Lazada seharga Rp 132.000.

Pakaian Dalam

Sumber gambar tokopedia.com

Meski tampaknya agak memalukan, ternyata barang ini lazim dan sering ditemui dalam rangkaian barang seserahan, loh. Hal ini bisa menjadi simbol kesanggupan calon suami dalam memenuhi kebutuhan istri bahkan sampai hal-hal mendasar seperti pakaian dalam. Sebelum membeli, ada baiknya jika kamu mencari tahu jenis dan bahan pakaian dalam yang nyaman dan disukai oleh calon mempelai wanita.

Salah satu yang bisa dipilih adalah You’ve Bra Set Smooth body 8876 Salem ini. Terdiri dari bra dan celana dalam yang didesain simpel tetapi menggemaskan, set pakaian dalam ini terbuat dari material lycra dan poliester. Terdapat karet pada celana dan extender untuk bra, kamu bisa memesan set pakaian dalam ini di Tokopedia dengan harga Rp 60.000.

Buah

Sumber gambar tokopedia.com

Hantaran yang sebaiknya kamu sertakan sebagai seserahan adalah buah. Seserahan satu ini memberi simbol jika calon suami siap memenuhi kebutuhan pangan serta mengupayakan agar bisa memenuhi tanggung jawab pada keluarga secara keseluruhan.

Jika kamu tidak sempat berbelanja apalagi merangkai buah sendiri, kamu bisa memilih Parcel Buah Keranjang Oval S-2. Terdiri dari sekitar 14 buah seperti apel merah USA, apel Fuji, jeruk, anggur, serta pear yakli, buah-buahan ini dikemas dalam kemasan cantik. Bisa dipesan melalui Tokopedia seharga Rp 100.000.

Kue

Sumber gambar shopee.co.id

Pada beberapa adat dan kebiasaan di daerah-daerah tertentu, hantaran kue memiliki makna yang kuat sehingga tak heran jika makanan tradisional kerap dijadikan seserahan dengan simbol harapan agar calon mempelai bisa hidup rukun, langgeng, dan selalu bahagia serta setia satu sama lain.

Pada adat Betawi misalnya, roti buaya biasanya dijadikan hantaran. Bukan tanpa sebab, karena buaya diyakini sebagai hewan yang sangat setia sehingga hanya kawin dengan pasangan yang sama dalam hidupnya, tidak seperti kebanyakan hewan lain. Kesetiaan ini kemudian disimbolkan dalam bentuk roti buaya dengan harapan agar calon mempelai bisa saling menjaga setia satu sama lain dalam rumah tangga kelak.

Rekomendasi roti buaya yang bisa kamu pilih adalah Roti Buaya ( 70 Cm + 40 Cm) / Seserahan / Sunatan / Pernikahan Betawi yang hadir di Shopee seharga Rp 269.000. Roti ini berbentuk buaya besar (70 cm) dan buaya kecil (40 cm) yang dikemas cantik sehingga cocok dijadikan hantaran seserahan. Kamu bisa memesannya dengan sistem pre order satu hari agar roti lebih segar.

From our editorial team

Rekomendasi Barang untuk Seserahan

Calon pengantin pria kerap mengalami kebingungan untuk menentukan barang yang cocok digunakan sebagai seserahan. Apalagi seserahan merupakan suatu simbol kesungguhan pria dalam meminang pasangannya. Tak perlu bingung lagi, kamu bisa memilih barang sesuai rekomendasi di atas untuk seserahan yang istimewa