Yuk, Intip 7+ Ide Perlengkapan Seserahan Pernikahan yang Spesial untuk Si Dia

Yuk, Intip 7+ Ide Perlengkapan Seserahan Pernikahan yang Spesial untuk Si Dia

Sumber gambar vemale.com

Jelang pernikahan, biasanya ada banyak hal yang harus dipersiapkan tak terkecuali seserahan pernikahan. Perlengkapan yang satu ini telah jadi bagian dari tradisi sebelum pernikahan sebagai simbol bahwa calon mempelai pria siap menafkahi dan memenuhi kebutuhan wanita. Ada banyak inspirasi serta ide seserahan yang bahkan terkadang juga disesuaikan dengan adat. Bagi kamu yang masih bingung mencari perlengkapan seserahan, yuk, intip referensi berikut.

Seserahan Bukan Hanya Sekadar Sebuah Ungkapan Cinta

Sumber gambar wajibbaca.com

Jelang pernikahan, pastinya kedua mempelai akan mulai mempersiapkan segala keperluan yang wajib ada dalam sebuah pesta pernikahan. Jika memakai pesta adat, tentu akan ada acara seserahan.

Untuk seserahan, sebenarnya merupakan elemen yang umum ada dalam sebuah pernikahan. Penyerahan seserahan ini diberikan pihak pengantin pria kepada pengantin wanita. Ini dilakukan untuk menunjukkan seberapa besar perhatian dan ungkapan cinta mempelai pria pada wanita.

Seserahan bukan sekadar sebuah ungkapan cinta saja, loh. Seserahan juga bisa menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan. Berikan yang terbaik saat seserahan supaya bisa terkenang dan juga bisa lebih bermanfaat untuk mempelai wanita.

Tips Memilih Barang Seserahan

Tentukan Berapa Anggarannya

Sumber gambar videoblocks.com

Memilih barang untuk seserahan tak bisa asal saja. Kamu tak bisa asal putuskan sendiri apa yang hendak kamu beli. Kamu bisa juga mendiskusikan dengan mempelai wanita mengenai apa yang harusnya ada dalam seserahan.

Sesuaikan seserahan kamu dengan bujet yang kamu miliki. Hindari terlalu boros atau mungkin sebaliknya, terlalu pelit dalam memberikan seserahan. Sesuaikan dengan bujet yang sewajarnya supaya bisa berimbang dengan keperluan lainnya.

Sebaiknya Cicil Sejak Jauh-jauh Hari

Sumber gambar d187.org

Jika memang menghendaki seserahan yang lebih mewah, tak ada salahnya kalau kamu menabung jauh hari demi membeli seserahan yang komplet. Untuk isian seserahan, kamu bisa juga mencicil membelinya jauh hari sebelum hari lamaran dan pernikahan.

Misalnya setiap minggu atau setiap bulan kamu membeli satu isi seserahan. Maka saat hari H, seluruh seserahan akan komplet karena kamu mencicilnya setiap minggu atau setiap bulan. Ini adalah cara yang efektif dilakukan jika kamu tak ingin merasa terbebani dengan banyaknya barang yang harus dibeli sekaligus.

Utamakan Barang yang Memang Terpakai

Sumber gambar blogentrelacadas.com

Seserahan berisi barang mulai dari peralatan mandi hingga peralatan makeup. Untuk yang semacam ini, ada baiknya kamu bertanya pada mempelai wanita. Ini wajib dilakukan supaya barang yang kamu beli tidak mubazir dan sia-sia karena tak terpakai.

Usahakan bertanya pada mempelai wanita, produk apa yang biasa ia gunakan. Dengan demikian, kamu bisa memastikan apa saja yang akan kamu beli. Jika produknya sesuai, maka apa yang kamu beli tak akan sia-sia karena calon istrimu pasti memakainya.

7 Pilihan Perlengkapan Seserahan yang Wajib Ada Saat Hari Seserahan Tiba

Seperangkat Alat Sholat

Sumber gambar www.tokopedia.com

Seperangkat alat sholat adalah salah satu isian dari seserahan yang utama. Jika memang kalian adalah pengantin muslim, maka perlengkapan ibadah yang satu ini wajib ada ya. Isinya adalah sajadah, mukena, tasbih dan kitab suci Al-Qur’an.

Kamu bisa membeli Seperangkat Mahar Nikah yang terdiri Fullset Seperangkat Alat Sholat. Isi dari paket ini adalah mukena katun Jepang dan sajadah. Ada juga tasbih serta kitab suci di dalamnya. Dikemas dalam box mika yang tebal sehingga sangat kokoh dan terkesan elegan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 399.000.

Set Busana Wanita

Sumber gambar shopee.co.id

Isi lain dari seserahan adalah set busana wanita. Ini termasuk juga pakaian dalam, aksesori seperti sepatu dan tas, serta lainnya. Satu set busana wanita ini akan melambangkan kepercayaan satu sama lain. Ini menjadi simbol bahwa pasangan pengantin mampu menjaga rahasia dan kesucian cinta satu sama lain.

Salah satu yang bisa menjadi isi seserahan adalah Kimono Set Tricot 2in1 Baju Tidur Sexy Pakaian Wanita Seserahan Murah. Hadir dalam satu ukuran yang muat hingga XL. Baju tidur ini terdiri dari kimono dan juga lingerie. Memiliki tali pundak, baju tidur ini bagian punggungnya memiliki karet serut. Berbahan tricot import yang halus dan lembut sehingga nyaman dipakai. Silakan beli di Shopee dengan harga Rp 58.000.

Peralatan Rias atau Makeup

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selanjutnya, dalam seserahan harus ada juga nih yang namanya peralatan rias dan makeup. Wanita diharapkan bisa menjaga penampilannya dengan baik. Maka dari itu pemberian seperangkat peralatan rias ini akan makin membuat wanita mudah untuk mempercantik dirinya.

Kamu bisa membeli Paket Parcel/Paket Kosmetik Focallure. Isinya lengkap, ada highlighter powder, eyebrow pallet 3 color, dan juga eyeshadow smoky 6 color. Ada juga mascara volume waterproof, concealer stick, dan juga lipstik. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 299.500.

Makanan Tradisional

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selain barang yang biasa digunakan mempelai wanita, isi hantaran juga ada yang berupa jajanan. Umumnya makanan tradisional diberikan sebagai seserahan dengan harapan bahwa kedua pasangan akan selalu bersatu sampai akhir hayat. Makanan tradisional biasanya berbahan beras ketan yang simbolnya adalah supaya cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang masa.

Hantaran Kue Tradisional Manis & Gurih Dapur Bu Sastro ini bisa jadi pilihan. Berisi 50 buah jenis kue yang lezat dan bisa dipesan sesuai keinginan kamu. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 225.000.

Buah-buahan

Sumber gambar www.bukalapak.com

Seserahan juga bisa berisi buah-buahan beraneka ragam. Makna dari seserahan ini adalah supaya keluarga yang terbentuk nanti mampu menjadi berkah bagi saudara dan karib kerabatnya. Umumnya yang dibawa adalah buah yang sifatnya manis dan lengket untuk melambangkan cinta sepasang kekasih agar manis dan tidak terpisahkan.

Parcel Buah Small bisa kamu pilih sebagai seserahan juga. Kamu bisa membeli sepaket parcel dengan ukuran kecil yang beratnya 2 kilogram. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 250.000.

Sepatu, Selop, atau Sandal

Sumber gambar www.jogjaseserahan.com

Jangan lupa bahwa dalam seserahan juga ada sepatu atau sandal. Bisa menyertakan keduanya atau bisa juga salah satu. Ini merupakan simbol bahwa nantinya, suami dan istri hendaknya selalu berjalan beriringan. Pasangan mempelai hendaknya saling mendukung dalam segala urusan. Hal itu merupakan kunci keberhasilan rumah tangga.

Kamu bisa lirik website Jogja Seserahan untuk memesan seserahan sepatu yang cocok. Kamu tinggal setorkan sepatu apa yang kamu inginkan dan ukurannya. Nantinya, mereka akan mengemasnya secara cantik sehingga siap dibawa sebagai seserahan. Harga untuk jasa menata dan merangkainya adalah Rp 30.000.

Tas

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tas adalah salah satu keperluan wanita. Maka kamu bisa memasukkan tas dalam perlengkapan seserahan juga. Pilih jenis tas yang umumnya sering digunakan mempelai wanita. Kamu bisa juga membeli tas dari merek yang disukai mempelai wanita.

Paket Seserahan by Goviyar ini bisa kamu pilih. Dalam satu paket berisi 3 tas yakni Aster Slingbag, Khloe Clutch, dan juga Laurel Wallet. Hadir dalam warna krem yang cantik, pastinya berkesan elegan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 355.000.

From our editorial team

Jujur Pada Calon Istri Soal Anggaran Seserahan

Memutuskan menikah berarti siap menerima calon pasangan dengan segala konsekuensi. Maka, tidak ada salahnya jika kamu jujur bila memang anggaran untuk seserahan tidak terlalu besar. Kamu bisa mendiskusikan bersama calon pasangan untuk mencari alternatif barang seserahan berkualitas baik dengan harga terjangkau. Jika perlu, maka pilih barang-barang prioritas yang tak terlalu mewah. Ingat, seserahan bukan hal utama dalam pernikahan sehingga kamu tidak perlu memaksakan diri jika anggaran memang terbatas.