Tampil Menawan di Hari Pernikahan dengan Tips dan 8 Rekomendasi Produk Makeup Terkini (2018)

Tampil Menawan di Hari Pernikahan dengan Tips dan 8 Rekomendasi Produk Makeup Terkini (2018)

Pernikahan adalah momen langka yang banyak diidam-idamkan banyak wanita. Karenanya, mereka akan dengan cermat memilih tampilan terbaik. Makeup mempelai wanita pun tak diragukan lagi menjadi inti acara sakral tersebut. Lalu bagaimana cara menerapkan riasan sempurna yang mengundang decak kagum? Simak yuk cara-caranya di artikel berikut!

Wanita Mana pun Ingin Tampil Memesona di Hari Spesialnya dengan Makeup Serasi

Sumber gambar www.wattpad.com

Hari pernikahan adalah hari paling membahagiakan sekaligus tak terlupakan bagi sepasang mempelai. Karenanya, acara pernikahan selalu disiapkan sedetail bahkan semeriah mungkin.

Wanita yang hendak menikah tentunya tak ingin hari spesialnya menjadi berantakan. Dari pengaturan acara sampai penampilan, semuanya harus sudah tersusun dan tertata rapi. Busana dan aksesori pun harus dipilih jauh-jauh hari agar nantinya tidak kerepotan. Begitu juga dengan persiapan makeup. Tentu wajar bagi wanita bila ingin tampil menawan lewat riasan yang serasi dengan gaun pernikahannya.

Ragam Makeup Pernikahan Indonesia

Sumber gambar www.pictaram.me

Tiap negara pasti memiliki pola riasan berbeda dalam menunjang penampilan sang pengantin. Di Indonesia sendiri, kecakapan penata riasnya tak kalah hebat dengan mereka yang berkelas internasional. Lewat jemari mereka, para mempelai wanita disulap lebih cantik dan memikat di hari berbahagia tersebut.

Karena ragamnya yang bervariatif, makeup pernikahan Indonesia kerap kali membuat banyak calon pasutri bingung. Tidak perlu panik, beberapa tren riasan pernikahan lokal berikut bisa membantumu menentukan pilihan:

  • Bold brows, pengaplikasian alis tebal pada pengantin wanita sudah lama menjadi tren di perkawinan tanah air. Meski bertujuan untuk mempertegas wajah, usahakan agar alis tidak terlalu tebal dan melengkung supaya hasilnya tak menjadi kaku.
  • Individual lashes, tren berikut ini mampu menimbulkan efek glamor yang luar biasa dan cocok diaplikasikan untuk mereka yang bermata sipit.
  • Natural makeup, penggunaan riasan yang tipis banyak diminati karena membuat wajah segar dan cantik.
  • Under eye blush menjadikan muka terkesan lebih cerah lewat sapuan brush pada area bawah mata hingga ke tulang pipi. Jika penerapannya tepat, wajah akan terlihat muda dan innocent.

Tips Makeup Pernikahan yang Harus Diketahui Calon Pengantin Wanita

Jangan Memakai Makeup yang Terlalu Tebal

Sumber gambar cantik.tempo.co

Untuk urusan makeup pernikahan, wanita kebanyakan pasti memercayakan dirinya pada MUA (makeup artist) terbaik. Kendati demikian, sudah sepatutnya kamu mengetahui tatanan makeup yang tepat. Ini penting supaya kamu bisa memberi masukan atau usul riasan yang cocok kepada MUA kamu nanti.

Hal yang penting diingat adalah hindari makeup yang terlalu tebal karena kesannya akan terlalu berat di wajah. Mintalah MUA-mu mengaplikasikan riasan secukupnya. Jangan terlalu menor apalagi membuat muka terlihat lebih tua.

Ketahui Makeup yang Kamu Perlukan

Sumber gambar www.istockphoto.com

Sebagai calon pengantin, kamu mesti tahu berbagai peralatan makeup yang harus ada di meja rias. Jika sudah terbiasa memakai makeup lengkap, kamu hanya perlu memberitahu perias tentang produk dan shade apa yang biasa kamu pakai. Nantinya perias akan menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Untuk masalah foundation juga sama. Katakan pada perias wajahmu warna apa yang biasa kamu gunakan. Lewat penyesuaian foundation dengan warna kulit, hasil makeup akan terlihat lebih natural. Kamu pun bakalan percaya diri karena terlihat lebih cantik dan mempesona.

Pilih Tema Makeup yang Anggun dan Elegan

Sumber gambar ww9.onvacations.co

Bukan hanya pesta pernikahan saja yang wajib dipikirkan temanya, kamu pun harus memilih tema untuk makeup pernikahan nanti. Kamu tidak mau kan tampil biasa saja di hari paling istimewa dalam hidupmu?

Gunakanlah tema riasan yang memberikan efek anggun nan elegan sehingga momen ‘ratu sehari’ kamu jadi lebih sempurna. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jangan terlalu ramai mendandani mukamu sehingga terkesan lebih tua atau bahkan membuatmu terlihat asing. Sebaiknya gunakan makeup sederhana yang bisa menjadikan wajah segar dan lebih muda.

Lebih Baik Menggunakan Foundation Bagus walaupun Harganya Mahal

Sumber gambar www.idntimes.com

Foundation termasuk salah satu item dasar rias yang tidak boleh terlewatkan dalam berbagai acara besar, khususnya pernikahan. Maka dari itu, penting bagimu untuk tidak memilih foundation secara asal-asalan.

Biasanya base makeup yang bagus dapat bertahan lebih lama. Karenanya, gunakan foundation terbaik supaya riasan tampak alami saat acara pernikahan maupun sesi foto. Selain daya tahannya, pakailah juga produk yang bisa membuat wajah terasa ringan. Ada baiknya kalau kamu memakai merek ternama meski memang harganya jauh lebih mahal. Anggaran yang kamu keluarkan pun nantinya akan terbayar dengan hasil yang memuaskan.

Mainkan Shading dengan Tepat

Sumber gambar ranodjo.net

Kalau bicara soal makeup pernikahan, tentu banyak detail yang harus diperhatikan. Salah satu hal penting dalam riasan pernikahan adalah penggunaan shading. Pengaplikasian shading ini sangat penting terlebih untuk menonjolkan dan juga menyamarkan area tertentu.

Mainkan shading dengan tepat untuk hasil riasan yang lebih sempurna. Perjelas juga bentuk alis supaya kontur wajah menjadi lebih tegas. Lalu terapkan highlight pada tulang pipi, garis rahang serta daerah pinggiran dan tulang hidung. Hal ini berguna agar struktur wajah lebih kentara.

Inspirasi Makeup Pernikahan Artis Indonesia

Putri Marino

Sumber gambar www.cantika.com

Aktris yang satu ini tak jarang menyita perhatian karena paras ayunya, terutama ketika dirinya menikah dengan sang kekasih, Chicco Jerikho. Pada hari istimewa yang digelar di Bali tersebut, Putri Marino hadir dengan riasan sempurna hasil karya Ifan Rivaldi.

Riasan sederhana Ifan justru bisa menonjolkan kecantikan alami sang mempelai wanita. Bahkan tak sedikit yang mengira kalau ia tampil tanpa riasan dalam acara sakral tersebut. Berkesan cantik dan segar, pemeran Lala di film "Posesif" ini memakai gaya lipstik ombre yang kekinian.

Bagian alis yang ditebalkan dan mengikuti garis alami tersebut menambah tampilannya yang begitu istimewa. Blush on dipulas tipis sehingga terlihat tak berlebihan. Tampilan aktris yang satu ini dapat menjadi rekomendasi tepat bagi kamu yang ingin terlihat natural.

Raisa

Sumber gambar www.kapanlagi.com

Raisa Andriana juga tak kalah cantik dalam acara pernikahannya dengan aktor sekaligus arsitek, Hamish Daud. Tampilan mempesona penyanyi cantik tersebut bukan hanya berasal dari busananya, namun juga dari penerapan makeup yang elok.

Memilih riasan natural, pelantun "Serba Salah" tersebut mencuri perhatian dengan tampilannya yang mengagumkan. Wanita kelahiran Jakarta itu memilih makeup alami karena tak ingin terlalu menor. Benar saja, dirinya justru makin terlihat cantik dengan gaya dandanan tersebut. Tampak sempurna, riasan karya Marlene Hariman itu pun banyak menuai pujian.

Bunga Citra Lestari

Sumber gambar foto.kapanlagi.com

Artis yang dikenal dengan panggilan BCL ini juga tampil menawan kala menikah dengan Ashraf Sinclair pada 2008 lalu. Hingga kini, riasan pengantin ala penyanyi sekaligus aktris cantik ini masih banyak diperbincangkan publik. Saat menikah, BCL terlihat sangat elegan dengan hiasan kepala yang menjadi pakem busana pengantin tradisional.

Gaya riasannya juga mengusung konsep adat yang sama dengan daerah yang ia bawakan. Pakaian, pernik aksesori, hingga riasan yang digunakan pelantun "Pernah Muda" tersebut berasal dari industri rumahan Ratu Busana yang dimiliki Juwariyah Suroto. Tradisional dan anggun, itulah yang tergambar dari riasan dan busana BCL kala itu.

Laudya Cynthia Bella

Sumber gambar www.tabloidbintang.com

Laudya Cynthia Bella mengakhiri masa lajangnya setelah resmi menikah dengan pengusaha Malaysia Engku Emran pada 2017 lalu. Selain pesta pernikahannya yang meriah, riasan istimewa Bella pun begitu menyita perhatian karena membuatnya begitu mempesona.

Mercia Dewi dipilih sebagai MUA untuk pernikahan Bella. Makeup yang diterapkannya bernuansa polos sehingga terkesan lebih natural. Seperti tanpa makeup, artis cantik ini tetap memikat bahkan berseri di hari spesialnya itu.

Mau Coba Makeup Pernikahan Sendiri? BP-Guide Punya Tips dan 8 Rekomendasi Produknya

Pakai Primer pada Wajah dan Kelopak Mata

Sumber gambar www.jeancoutu.com

Bagi yang sudah terbiasa merias wajah, pasti ngebet rasanya untuk berdandan sempurna di hari pernikahan sendiri. Memang tak ada salahnya mencoba merias penampilanmu untuk momen spesial ini.

Namun ada hal yang perlu pertama kali diingat, yaitu penggunaan primer pada wajah dan kelopak mata. Primer bertujuan menyamarkan garis halus di wajah serta menutup pori wajah secara menyeluruh, sedangkan eye primer digunakan untuk meratakan warna kelopak mata.

Untuk rekomendasi, Maybelline Baby Skin Pore Eraser Primer bisa jadi pilihan bagus untuk kulit wajah yang ringan dan nyaman. Produk ini mampu mengecilkan pori dan melindungi kulit dari radikal bebas. Cukup oleskan tipis dan merata di wajah agar menjadi lembut seperti kulit bayi. Kamu bisa mengaplikasikannya dua kali di bagian T-Zone untuk hasil maksimal. Produk ini bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 70 ribu.

Sesuaikan Foundation dengan Warna Kulit

Sumber gambar www.lagirlusa.com

Sebelum mengaplikasikan berbagai makeup, kamu harus tahu warna foundation mana yang sesuai dengan kulit kamu. Pilihlah foundation yang warnanya selaras dengan kulit bahkan sebelum diratakan. Apabila masih bingung, kamu bisa menanyakannya langsung pada konsultan kecantikan atau sales ketika ingin membelinya. Hindari pemakaian foundation yang jauh dari warna kulit karena akan membuatmu terlihat seperti memakai topeng.

Foundation LA Girl Pro Matte bisa jadi pilihan yang cocok untuk koleksi makeup kamu. Produk ini dapat memberikan hasil riasan yang mulus serta meminimalkan garis halus dan pori. Kamu bisa menggunakannya saat siang maupun malam. Bukalapak menjual foundation ini dengan harga Rp 280 ribu.

Hindari Makeup dengan Kandungan SPF

Sumber gambar www.blibli.com

Makeup khusus pernikahan cukup berbeda dengan makeup untuk kegiatan sehari-hari. Makeup dengan kandungan SPF memang pas untuk aktivitas harian karena dapat melindungi kulit dari sinar UV. Namun, ada baiknya produk dengan komposisi tersebut dihindari dalam riasan pernikahan. Ini karena SPF itu sendiri bisa memberikan hasil buruk pada jepretan foto. Zinc dan titanium oksida yang terkandung di dalamnya dapat menimbulkan efek white cast (bekas putih) pada wajah saat terkena cahaya kamera.

Revlon Colorstay Liquid For Combination-Oily Skin Foundation hadir dengan varian Ivory dan tentunya tanpa SPF. Selain itu, produk ini cocok untuk makeup pernikahan karena dapat menyempurnakan tekstur wajah, menyamarkan flek dan meratakan warna kulit. Hadir dalam kemasan 30 ml, kosmetik ini dijual di Blibli dengan harga Rp 350 ribu.

Jangan Pakai Finishing Powder Putih

Sumber gambar beautyhaul.net

Hal lain yang patut dihindari kala menerapkan makeup pernikahan sendiri adalah memakai finishing powder berwarna putih. Sama halnya seperti SPF, bedak putih juga bisa menimbulkan white cast pada wajah saat terkena cahaya kamera.

Kamu bisa mencoba Focallure Oil Free Loose Powder untuk menghindari hal tersebut. Produk yang hadir dalam tiga pilihan warna ini penting untuk diaplikasikan supaya riasan menjadi lebih awet dan tahan lama. Bedak ini lembut dan halus di kulit sehingga wajah terlihat sehat sepanjang hari. Garis halus pun dapat tersamarkan dan pori tertutup sempurna. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 52 ribu.

Bingkai Alis dengan Produk yang Tahan Lama

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Jangan pernah melupakan detail kecil saat mengaplikasikan makeup pernikahan, terlebih pada area alis. Untuk itu, kamu dianjurkan membingkai alis dengan produk yang tahan lama. Umumnya produk pomade lebih awet digunakan dibanding pensil alis. Namun untuk penerapannya sendiri, pensil alis jauh lebih mudah.

Viva Eyebrow Pencil bisa jadi pilihan pas untuk alismu. Produk ini mudah diaplikasikan dan hadir dengan warna yang bisa membuat alis terlihat natural. Kamu bisa mendapatkannya di Lazada atau toko kosmetik terdekat dengan harga terjangkau, yakni Rp 32 ribu.

Pilih Maskara Kedap Air

Sumber gambar www.blibli.com

Ada momen mengharukan dalam pernikahan yang tak jarang membuat kita menangis. Nah, supaya makeup kamu tidak luntur terkena air mata, maka lebih baik memakai maskara waterproof alias tahan air. Dengan begitu, kamu bakalan tenang karena riasanmu tak mudah hancur.

Silkygirl Big Eye Collagen Waterproof Mascara bisa jadi andalan untuk masalah ini. Maskara yang satu ini mampu membuat bulu mata 15 kali lebih tebal. Warna hitam dan dramatis pun bisa kamu dapatkan lewat produk yang satu ini. Kosmetik ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 60 ribu.

Teliti dalam Pemakaian Lipstik

Sumber gambar www.zalora.com.ph

Pemilihan dan pemakaian lipstik untuk mempelai wanita juga wajib diperhatikan. Lip balm sebaiknya diaplikasikan sebelum memoleskan lipstik. Gunakan lipstik creamy atau satin supaya bibir tak kering dan pecah-pecah. Pulaslah lipstik dengan tipis supaya hasilnya alami. Kamu bisa pakai lip liner pada bagian luar bibir jika ingin memberi kesan berisi.

Maybelline Powder Matte Lipstick bisa jadi pilihan terbaik untuk bibirmu. Produk ini hadir dengan kandungan powder pigment yang dapat membuat tampilan matte dua kali lebih intens. Selain itu, terdapat juga bahan honey nectar yang bisa melembutkan bibir. Hadir dalam 26 varian shade yang cantik, kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 45 ribu.

Sempurnakan Makeup dengan Setting Spray

Sumber gambar www.nyxcosmetics.com

Supaya riasan pernikahan lebih tahan lama, kamu perlu memakai setting spray. Ini akan membuat makeup kebal terhadap keringat dan air. Perhatikanlah pilihan dengan tepat sehingga setting spray yang digunakan dapat memberi hasil maksimal.

Kamu bisa menggunakan NYX Makeup Setting Spray Matte Finish dengan formula yang juga sesuai untuk kulit berminyak, terlebih setting spray ini dapat menghasilkan efek matte tanpa kilap. Hadir dalam kemasan 60ml, produk ini hanya perlu disemprot 30 cm dari muka. Lazada menawarkannya dengan harga Rp 159.000.

From our editorial team

Pilih Makeup Pernikahan yang Menonjolkan Keaslianmu

Bak jamur, berbagai produk kecantikan makin hari semakin bermunculan. Pemilihan makeup pernikahan pun menjadi rumit lantaran banyaknya fitur yang ditawarkan beragam kosmetik. Meski begitu, tak perlu ambil pusing bila kamu tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk menciptakan penampilan yang menawan. Cukup aplikasikan makeup yang dapat memaksimalkan kecantikan wajahmu, bukan yang membuat kamu terlihat seperti orang yang sama sekali berbeda.