Buat Calonmu Senang dengan Memberikan Seserahan 10 Perhiasan Ini

Buat Calonmu Senang dengan Memberikan Seserahan 10 Perhiasan Ini

Pemberian seserahan adalah salah satu cara menunjukan keseriusan pria terhadap wanita untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Perhiasan menjadi salah satu barang dalam seserahan. Agar calon istri lebih senang, berikan perhiasan yang sesuai dengan kepribadiannya. Bingung? Baca artikel BP-Guide ini agar tak bingung lagi.

Pemberian Seserahan Adalah Acara Wajib Sebelum Pernikahan

Masing-masing negara memiliki budaya serta adat berbeda kala menyambut pernikahan. Tahap lamaran pun bisa dilalui dengan cara yang tidak sama di negara satu dengan yang lain. Indonesia sendiri mempunyai beberapa kebiasaan unik sebelum pernikahan dilangsungkan yang biasanya melibatkan kedua keluarga calon mempelai.

Setelah lamaran atau pembicaraan pernikahan berlangsung dan disepakati di antara calon mempelai, umumnya pihak keluarga pria akan bertandang ke rumah pihak perempuan sebagai simbol peresmian lamaran. Pada tahap ini, biasanya keluarga kedua calon akan bertemu untuk membicarakan tanggal pernikahan serta persiapan yang harus disiapkan. Tidak bertamu dengan tangan kosong, acara lamaran biasanya dihiasi dengan bingkisan yang disebut dengan seserahan.

Seserahan ini selain dimaknai sebagai tanda keseriusan dan keinginan untuk mengikat si calon mempelai wanita, juga bisa diartikan sebagai simbol usaha calon mempelai pria untuk menghidupi atau memenuhi kebutuhan istri kelak. Oleh sebab itu, seserahan biasanya terdiri dari berbagai jenis barang dan umumnya juga bisa disesuaikan dengan selera si calon mempelai wanita.

Seserahan di Indonesia umumnya mengikuti adat daerah masing-masing. Tapi secara garis besar, ada beberapa jenis benda yang biasanya diberikan. Seserahan meliputi makanan ringan, makanan khas daerah, alat rias, kosmetik, perlengkapan mandi, perlengkapan ibadah, perhiasan, pakaian hingga uang yang umumnya dirangkai menjadi berbagai bentuk cantik.

Tentu saja, seserahan ini juga bisa disesuaikan dengan kemampuan si calon mempelai lelaki dan bisa diantarkan satu hingga dua kali yakni pada saat lamaran dan ketika pernikahan dilangsungkan.

Jenis Seserahan yang Biasanya Diberikan di Indonesia

Siap melamar tambatan hati? Persiapkan mental dan fisik. Jangan lupa untuk membawa seserahan sebagai tanda penghormatan terhadap keluarga calon istri. Ada beberapa jenis seserahan yang bisa Anda berikan seperti dalam referensi berikut ini.

Seperangkat Alat Sholat

Pernikahan menjadi salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam sehingga sebaiknya kaum pria muslim mempersiapkan diri untuk menjadi imam serta kepala keluarga yang baik. Membimbing istri untuk melaksanakan ibadah seperti sholat dan puasa wajib adalah salah satunya.Untuk menunjukkan keseriusan dalam mempersiapkan hal ini, Anda bisa memberikan seperangkat alat sholat sebagai seserahan.

Alat sholat juga dapat menjadi pengingat bahwa rumah tangga yang akan dijalani kelak sebaiknya berada di jalan yang sesuai dengan agama supaya tercipta rumah tangga yang penuh cinta serta kasih sayang. Anda bisa memberikan alat sholat berupa mukena cantik yang saat ini hadir dalam berbagai jenis.

Namun, sebaiknya pilih mukena sederhana yang tidak menerawang serta tebal agar nyaman dikenakan kala melaksanakan ibadah sholat.

Busana

Suami berkewajiban untuk memberi nafkah kepada istri termasuk menyediakan pakaian atau busana yang baik. Untuk benda yang satu ini, bisa Anda diskusikan bersama calon mempelai karena biasanya wanita memiliki selera yang berbeda-beda. Pakaian yang diantar sebagai seserahan juga bisa berupa baju tidur atau pakaian dalam bahkan bahan kain batik serta kebaya yang bisa dijahit.

Anda juga bisa menyertakan kerudung bagi calon mempelai yang sudah mengenakan hijab atau menambahkan kaus kaki, sepatu, sandal dan kebutuhan lain yang sekiranya disukai atau diinginkan calon mempelai wanita. Tidak perlu mahal, Anda bisa mencari alternatif busana yang murah tapi berkualitas baik.

Kosmetik

Anda sebaiknya cermat saat akan memberikan peralatan kosmetik sebagai seserahan. Alat rias dan kosmetik tidak bisa dipilih sembarangan karena berkaitan dengan jenis kulit serta kecocokan pada calon mempelai wanita. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa bertanya terlebih dahulu soal brand kosmetik yang digunakan calon istri.

Jika harga kosmetik terbilang cukup mahal, Anda bisa menyiasati dengan membeli paket kosmetik yang biasanya di banderol dengan harga cukup terjangkau. Selain cenderung lebih hemat, paket kosmetik khusus umumnya juga sudah dikemas rapi sehingga Anda tinggal memberikannya atau menambah hiasan secukupnya.

Makanan

Makanan menjadi salah satu elemen penting dalam seserahan dan biasanya diutamakan. Bisa berbentuk buah-buahan dan kue-kue, makanan juga umumnya disesuaikan dengan daerah atau domisili tertentu. Kue-kue yang diantar biasanya berupa kue tradisional dan memiliki simbol-simbol tertentu.

Lemper yang punya tekstur lengket misalnya, diidentikkan dengan harapan bahwa pasangan suami istri akan rekat selalu satu sama lain. Lain lagi dengan roti buaya di masyarakat Betawi yang menyimbolkan kesetiaan sebab buaya hanya kawin dengan satu buaya lain sepanjang hidupnya.

Sebelum menyelipkan makanan sebagai seserahan, sebaiknya Anda juga mencari tahu selera keluarga si calon mempelai wanita agar makanan bisa disantap dan tidak terbuang karena kurang sesuai selera.

Perhiasan

Harga perhiasan yang cukup mahal umumnya diidentikkan dengan kerja keras si calon mempelai pria untuk mendapatkannya. Perhiasan untuk seserahan sedikit berbeda dengan perhiasan yang dijadikan mahar dalam akad nikah. Untuk perhiasan yang diantar sebagai seserahan biasanya meliputi satu set mulai dari anting hingga gelang.

Namun, jangan jadikan hal ini sebagai beban. Anda bisa berkonsultasi dengan calon mempelai wanita soal kemampuan Anda dalam membeli perhiasan. Pilih jenis perhiasan dengan material dan juga kadar yang Anda sanggupi.

10 Inspirasi Set Perhiasan untuk Seserahan

Kebingungan saat mencari set perhiasan untuk seserahan? Jangan khawatir karena BP-Guide akan memandu Anda untuk mencari perhiasan cantik yang akan membuat calon mempelai wanita terkesan.

Elli Germany - Jewelry Set Classic Swarovski Crystals

Sumber gambar www.zalora.co.id

Memberikan perhiasan saat seserahan bisa menjadi sebuah tanda mata dan simbol keseriusan si pria untuk mempersunting si calon istri. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih set perhiasan yang berkualitas baik. Tidak perlu terlalu mahal dan sesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Salah satu set perhiasan yang bisa Anda jadikan seserahan adalah Jewelry Set Classic Swarovski Crystals dari Elli Germany. Terbuat dari material 925 sterling silver, set perhiasan ini terdiri dari kalung serta anting yang cantik. Bisa dibeli melalui Zalora seharga Rp 999.000.

Cocoa Jewelry Wind Blows Set Collection Perhiasan

Sumber gambar www.blibli.com

Saat membawa perhiasan sebagai seserahan, kemaslah dalam kotak yang sudah disediakan atau Anda bisa memesan kotak yang dibuat khusus. Saat ini, sudah banyak jasa pembuatan kotak perhiasan yang bisa didesain sesuai dengan keinginan.

Agar memberi kesan yang hangat, Anda bisa mengemas dalam kotak berwarna natural seperti cokelat atau jika ingin menampilkan kesan mewah, bungkuslah perhiasan dalam kotak beledu berwarna mencolok seperti merah, perak atau ungu.

Alternatif perhiasan yang bisa Anda berikan sebagai seserahan adalah Cocoa Jewelry Wind Blows Set Collection Perhiasan. Terdiri dari anting yang terbuat dari new brass dengan plating emas serta kalung. Produk yang berasal dari Korea ini akan memaksimalkan kecantikan calon pengantin wanita di hari bahagianya. Bisa dipesan melalui Blibli dan Elevenia seharga Rp 258.000.

ALDO - Miraude Necklace and Earring Set

Sumber gambar www.zalora.co.id

Model perhiasan yang akan diberikan sebaiknya disesuaikan dengan karakter calon pengantin Anda. Ada perempuan yang suka dengan desain minimalis, ada juga wanita yang suka tampil anggun bahkan glamor. Anda bisa berkonsultasi dengan toko perhiasan atau melihat referensi model perhiasan yang sedang tren saat ini.

Salah satu perhiasan cantik yang memiliki model elegan bisa Anda dapatkan dari merek Aldo, yaitu Miraude Necklace and Earring Set. Didesain anggun dengan bentuk daun pada perhiasan anting juga liontin kalung, set perhiasan ini bisa Anda jadikan seserahan berkesan. Terbuat dari tembaga yang memberi kesan klasik, perhiasan ini bisa Anda dapatkan melalui Zalora dengan harga Rp 399.000.

CANNICE Austrian Vintage Set Perhiasan Wanita - Aquamarine

Sumber gambar www.blibli.com

Masing-masing material perhiasan dapat memberi simbol atau kesan tertentu, demikian juga dengan bebatuan mulia seperti berlian dan lainnya. Platinum yang kuat misalnya, menyiratkan harapan akan hubungan yang tidak tergoyahkan.

Jika Anda tertarik untuk menghadiahkan perhiasan yang terbuat dari bahan satu ini, Anda bisa membeli CANNICE Austrian Vintage Set Perhiasan Wanita-Aquamarine.

Set perhiasan ini terdiri dari kalung, gelang serta anting-anting yang didesain cantik lewat hiasan kristal berwarna biru nan anggun. Berlapis platinum, set perhiasan ini bisa Anda dapatkan melalui Blibli dan Lazada seharga Rp 199.000 atau melalui situs tokobajuaisyah.com seharga Rp 175.000.

1901 Jewelry - Taletha Love Set

Sumber gambar www.zalora.co.id

Bagi calon mempelai wanita yang punya gaya girly dan feminin, Anda bisa memberikan Taletha Love Set dari 1901 Jewelry ini. Terdiri dari sepasang anting dan sebuah kalung, set perhiasan ini tampil manis dengan liontin serta detail berbentuk hati. Terbuat dari gold plated, set ini bisa Anda dapatkan melalui Zalora seharga Rp 399.000.

Nataria 33510 - Necklace with Bracelet, Ring & Earing Set Perhiasaan

Sumber gambar www.blibli.com


Untuk perhiasan, sebaiknya Anda memilih sendiri agar lebih berkesan. Jika kebetulan calon istri memiliki kepribadian atau selera yang unik, Anda bisa memberi set perhiasan dengan detail menarik seperti Nataria 33510-Necklace with Bracelet, Ring & Earing Set Perhiasan ini. Terbuat dari batu berlian imitasi dan terdiri dari kalung, anting, gelang serta cincin, set ini di banderol seharga Rp 90.000 di Blibli.

SWAROVSKI - Angelic Square Set

Sumber gambar www.mapemall.com

Jika tidak memiliki waktu untuk mengemas seserahan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa khusus menerima pesanan untuk mempercantik antaran. Biasanya, jasa ini juga sudah termasuk penyediaan kotak-kotak kemasan cantik dengan model atau warna yang bisa dipilih sendiri.

Untuk perhiasan, Anda bisa memilih Angelic Square Set dari Swarovski ini. Mewah dan elegan dengan pendant berlapis rose gold, set perhiasan yang terdiri dari kalung serta anting ini memberi kesan anggun dan bisa dijadikan seserahan berkesan. Dapatkan melalui Map Emall seharga Rp 2.001.300.

Smesco Trade Bross Set Alpaka Bunga

Sumber gambar www.blibli.com

Selain kalung, anting-anting dan gelang, Anda juga bisa menjadikan bros sebagai alternatif seserahan yang berkesan. Bros yang cantik bisa dikenakan sebagai pemanis busana atau aksesori hijab. Untuk desain, Anda bisa memilih model yang klasik seperti Bross Set Alpaka Bunga dari Smesco Trade ini.

Terbuat dari kuningan dan batu alam cantik sehingga memberi nuansa vintage yang anggun, bros ini bisa Anda dapatkan melalui Blibli seharga Rp 1.250.000. Kemas dalam kotak perhiasan dalam warna yang kontras agar bros terlihat cantik dan bercahaya.

Elli Germany - 925 Sterling Silver Perhiasan Set Gemstone Hijau Hijau

Sumber gambar www.lazada.co.id

Perhiasan cantik tidak melulu berwarna perak atau emas. Anda bisa mencari alternatif perhiasan dalam warna menawan seperti hijau. Perhiasan dengan bebatuan cantik juga bisa memberi nuansa anggun dan elegan pada wanita. Warna seperti hijau emerald cocok bagi perempuan yang memiliki kesan lembut dan tenang.

Salah satu perhiasan berwarna hijau memukau yang bisa Anda pilih adalah 925 Sterling Silver Perhiasan Set Gemstone Hijau Hijau dari Elli Germany. Terbuat dari 925 sterlng silver sebagai bingkai bebatuan cantik, set perhiasan yang terdiri dari kalung dan sepasang anting ini bisa dipesan seharga Rp 1.399.000 di Lazada.

1901 Jewelry Kalung Set Bik-X

Sumber gambar www.zalora.co.id



Jadikan saat lamaran semakin berkesan dengan memberi Kalung Set Bik-X dari 1901 Jewelry sebagai seserahan. Berlapis emas 24 K dengan desain anggun, set perhiasan yang terdiri dari kalung, cincin dan sepasang anting ini bisa Anda peroleh melalui Zalora dengan harga Rp 780.000 atau seharga Rp 546.000 di Shopee.

From our editorial team

Perhiasan untuk Seserahan

Memberikan perhiasan untuk seserahan perlu menyesuaikan dengan selera calon istri, bujet, dan waktu untuk memilih perhiasan berkesan. Tak perlu membeli yang mahal kecuali memang Anda sudah mempersiapkan bujet sendiri. Desainnya bisa disesuaikan dengan calon istri agar ia merasa senang dan perhiasan pun nantinya terpakai.