Sedang Mempersiapkan Lamaran? 10 Inpirasi Hantaran Ini Semakin Melengkapi Hari Bahagiamu Bersama Pasangan

Sedang Mempersiapkan Lamaran? 10 Inpirasi Hantaran Ini Semakin Melengkapi Hari Bahagiamu Bersama Pasangan

Selain cincin, prosesi lamaran di Indonesia memang identik dengan membawa hantaran dari pihak laki-laki untuk pihak perempuan. Barang-barang yang ada di dalam hantaran tentu nggak bisa sembarangan, ya. Kali ini BP-Guide akan berbagi inspirasi untuk hantaran lamaran. Yuk, langsung simak!

Seserahan Merupakan Salah Satu Hal Penting yang Ada di Prosesi Lamaran

Lamaran adalah langkah awal bukti nyata keseriusan sebuah hubungan sebelum melangsungkan pernikahan. Di dalam prosesi lamaran, pihak keluarga calon pengantin laki-laki mendatangi pihak keluarga perempuan untuk meminang gadis tersebut.

Tujuan kedatangan keluarga pria ini sebagai bentuk permohonan kepada keluarga perempuan agar mengizinkan sang pria mempersunting anak gadis mereka untuk dijadikan pendamping hidup.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan seserahan di dalam prosesi lamaran, terutama jika kamu adalah orang Jawa. Seserahan sebenarnya adalah sebuah tradisi dimana pihak pengantin laki-laki memberikan hadiah kepada pihak pengantin perempuan atau calon istri.

Dalam tradisi Jawa, seserahan biasanya berisi produk-produk atau barang-barang yang digunakan oleh calon istri, seperti produk untuk rambut, produk kecantikan, dan lain-lain.

Namun, jika kamu menikah dengan cara Islami mulai dari prosesi lamaran hingga ke pernikahan, rasanya kamu tidak perlu menggunakan seserahan ini. Jadi, penting atau tidaknya seserahan tergantung kepada adat apa yang akan kamu gunakan di dalam prosesi pernikahanmu.

Memberikan seserahan tentu saja tidak sembarangan. Dalam tradisi Jawa, ada beberapa barang yang sebaiknya disertakan dalam seserahan karena arti penting barang tersebut. Misalnya, pisang sanggan, pakaian lengkap, perlengkapan mandi dan kosmetik, sejumlah uang, jadah dan wajik, buah-buahan, dan lain-lain. Jumlahnya pun harus ganjil mulai dari 3, 7, 9, 11, 13, dan seterusnya.

Sebab konon, masyarakat Jawa percaya bahwa bilangan ganjil melambangkan keindahan. Selain jenisnya, pengemasan isi barang tersebut pun tidak boleh asal-asalan.

Nilai estetika wajib diperhitungkan untuk menghormati keluarga yang menerima seserahan tersebut. Saat ini, sudah banyak vendor yang berpengalaman dalam mempersiapkan seserahan untuk mendapatkan kemasan yang cantik.

Tips Mempersiapkan Hantaran untuk Lamaran

Percayakan kepada Jasa Pembuat Hantaran

Mempersiapkan hantaran mungkin seolah menjadi hal yang sepele, namun sebenarnya tidak sama sekali. Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika kamu mempersiapkan hantaran. Mulai dari belanja barang-barang yang akan diserahkan, memikirkan dekorasi kotak hantaran, dan lain-lain.

Jadi, jika kamu masih fokus dengan segala bentuk persiapan pernikahan, mengatur kelengkapan hantaran bisa menjadi salah satu hal yang semakin merepotkanmu.

Jika kamu lebih tidak ingin repot, kamu bisa mempercayakan proses persiapan hantaran kamu kepada seorang pembuat hantaran. Tidak harus yang mahal sehingga hasilnya sangat elegan. Kamu bisa memilih seseorang yang mahir dalam berkreasi membuat hantaran.

Sekarang, sudah banyak orang yang membuka jasa pembuatan hantaran dengan biaya yang murah namun hasilnya tetap cantik dan indah.

Tentukan Tema Hantaran yang Sesuai dengan Seleramu

Sumber gambar islalisa.com

Di dalam prosesi lamaran, tentunya kamu ingin hantaran yang kamu bawa terlihat cantik dan indah. Apalagi jika hantaran tersebut sesuai dengan tema prosesi pernikahanmu. Sebagai contoh, jika kamu memilih warna putih sebagai warna yang akan mengisi acara pernikahanmu, maka seluruh hiasan hantaranmu juga bertemakan putih.

Selain mempercantik, kesesuaian tema juga bisa menunjukkan bahwa kamu benar-benar serius dalam menyiapkan hantaran-hantaran tersebut. Kamu juga bisa mengomunikasikan hal ini kepada pihak perempuan untuk mengetahui tema atau konsep yang sesuai dengan hantaran yang akan kamu berikan.

Kesesuaian tema bisa dilakukan dalam berbagai aspek. Pertama, bermain dengan bentuk. Bentuk yang unik akan memberikan kesan tersendiri bagi sang penerima. Kedua, bermain dengan warna. Kamu bisa memilih warna hantaran yang sesuai dengan tema warna pernikahan secara keseluruhan seperti yang sudah disinggung sebelumnya.

Ketiga, menyisipkan pernak-pernik yang unik. Bentuk wadah yang disesuaikan dengan tema pernikahan akan semakin cantik jika dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik yang lucu. Contohnya adalah bunga-bunga aritifisial, bulu-bulu, sulur, pita, dan lain-lain.

Pilih Barang yang Berguna untukmu

Sumber gambar tokopedia.com

Sesuai dengan tradisi, barang-barang yang ada di dalam hantaran haruslah barang yang berkaitan dengan pengantin perempuan seperti misalnya produk kecantikan, baju, sepatu, dan lain-lain.

Namun, demi menghindari pemborosan, pilihlah barang seserahan yang tidak hanya diinginkan atau karena terlihat cantik semata, melainkan juga yang dibutuhkan oleh pengantin perempuan.

Hal ini juga menghindari barang-barang yang justru tidak terpakai sia-sia karena tidak pernah digunakan oleh calon pengantin perempuan. Untuk itu, kamu perlu membuat daftar barang-barang apa saja yang sekiranya perlu dijadikan hantaran. Jangan ragu untuk mengomunikasikannya dengan calon istri agar kamu tidak membeli barang-barang yang tidak berguna.

Siapkan Bujet

Sumber gambar titiw.com

Setelah membuat daftar barang-barang apa saja yang akan kamu pilih sebagai isi hantaran, kamu juga perlu menyiapkan bujet untuk membeli semua barang-barang tersebut. Tidak perlu memaksakan untuk membeli barang-barang mahal atau mewah agar isi hantaran terlihat lebih banyak dan lebih baik.

Inilah gunanya daftar barang yang kamu buat sebelumnya, yaitu untuk membuatmu fokus membeli barang-barang yang hanya ada di dalam daftar dan tidak membeli barang-barang lainnya.

10 Inspirasi Isi dalam Hantaran Lamaran

Perlengkapan Ibadah

Sumber gambar blibli.com

Perlengkapan perempuan yang sudah pasti akan sering dikenakan olehnya adalah perlengkapan ibadah. Selain sebagai hantaran, bisa juga dipakai lagi untuk acara ijab kabul sebagai tambahan mahar.

Perlengkapan ibadah ini bisa menjadi bekal bagi sang perempuan agar menjadi pendamping dan istri yang solehah sekaligus sebagai simbol bimbingan suami kepada istri. Isinya terdiri dari mukena, sajadah, Al-Quran, dan ditambah dengan tasbih.

Ada sejumlah rekomendasi barang yang bisa kamu jadikan pilihan jika ingin menjadikan perlengkapan ibadah sebagai salah satu isi hantaran. Pertama, untuk mukena, kamu bisa mencoba Java Seven STM 060 Mukena Wanita – Ungu. Mukena berbahan velvet dengan desain comfy ini dilengkapi detail elastic pada bagian kepala dan pinggang, sehingga nyaman digunakan.

Kamu juga akan mendapatkan matching bag yang memudahkan kamu jika ingin membawa mukena ini bepergian. Ukuran mukena all size, dengan panjang atasan 120 cm, panjang bawahan 120 cm, lingkar pinggang 70 cm (+karet), dan lingkar wajah 27 cm. Kamu bisa mendapatkan mukena jenis ini di Blibli dengan harga Rp 439.740.

Kedua yaitu sajadah, Kano Tebal Turki Sajadah – Merah sangat direkomendasikan untukmu. Sajadah tebal asli buatan Turki ini didesain khusus dengan bahan velvet. Dengan begini, kamu pasti sudah bisa mengetahui kualitas dan kelembutannya. Karena sangat lembut dan tebal, sajadah ini tidak akan membuat kaki kita sakit ketika beribadah.

Namun, barang ini sulit didapat karena stoknya yang terbatas. Jadi, jika kamu ingin mendapatkannya, kamu harus segera membeli jika stok sudah tersedia agar tidak kehabisan. Dapatkan sajadah yang cantik dan nyaman ini di Blibli dengan harga Rp 661.500.

Pakaian

Sumber gambar qlapa.com

Pakaian perempuan adalah salah satu pilihan tepat untuk menjadi isi hantaran karena juga pastinya akan dipakai terus menerus. Hanya saja kamu harus memperhatikan betul ukurannya sehingga tidak salah beli dan malah tidak bisa dipakai. Jenis pakaian yang menjadi isi hantaran pun tergantung kesepakatan.

Ada calon pengantin perempuan yang meminta kebaya dengan kain batik atau kain songket sebagai bawahannya, ada juga yang memilih dress, ada juga yang memilih pakaian kerja, dan lain sebagainya. Selain pakaian, ada juga beberapa pihak yang menambahkan aksesoris seperti tas maupun sepatu.

Jika ingin sesuai dengan tradisi Jawa, maka pakaian yang kamu berikan haruslah berjenis kebaya dengan kain batik sebagai bawahannya. Rekomendasi baju kebaya dari Dhievine Batik, baju kebaya set – Plipur Asri Kebaya Set (kebaya dan rok). Baik rok maupun atasan tersedia dalam ukuran all size. Untuk atasan, ukurannya yaitu length 60 cm, bust 85 cm, waist 70 cm, dan panjang lengan 40 cm.

Sedangkan untuk rok, waist 70 cm, hip 98 cm, dan length 50-80 cm. Meski berjenis pakaian tradisional, kebaya yang satu ini sangat bisa membuat penampilan kamu menjadi lebih fashionable dan cocok dikenakan di berbagai kesempatan, baik formal maupun kasual. Dapatkan jenis kebaya yang satu ini di Blibli dengan harga Rp 1.500.000.

Sepatu

Sumber gambar blibli.com

Alas kaki memang menjadi pilihan unik sebagai salah satu isi hantaran. Biasanya, sepatu yang dijadikan isi hantaran ini sengaja dipilih yang sangat spesial. Sepatu yang branded dan berkualitas baik menjadi pilihan yang tepat untuk membuat calon istri merasa begitu spesial. Selain itu, filosofi pemberian alas kaki ini biasanya begitu dalam.

Sepatu bermakna agar kedua mempelai siap menjalani kehidupan bersama-sama dan menapaki mahligai rumah tangga dengan mantap serta sama-sama berusaha selalu di jalan yang lurus. Penataan seserahan sepatu biasanya dipadukan dengan tas agar tray seserahan tidak terlalu terlihat kosong.

Karena spesial, kamu tidak boleh memilih sepatu secara sembarangan untuk diberikan kepada calon istrimu. Rekomendasi sepatu sebagai isi hantaran yang paling tepat adalah Aris DV Imogen Black, pointed high heel shoes berbahan genuine leather.

Desainnya elegan, chic, dan dilengkapi detail velvet criss cross ribbon di bagian depan. Heelsnya setinggi 7 cm sehingga sangat mampu menunjang penampilan calon istrimu. Dapatkan Aris DV Imogen Black di Blibli dengan harga Rp 750.000.

Kosmetik

Sumber gambar instagram.com

Kosmetik biasanya sangat menjadi concern perempuan ketika memilih perlengkapan hantaran. Selain itemnya cukup banyak dan tidak semua laki-laki bisa memahaminya, biasanya para perempuan juga memiliki brand-brand khusus yang sesuai dengan tipe kulit atau pun warna kulitnya. Jadi, kosmetik ini benar-benar sangat beragam dan cara memilihnya disesuaikan dengan selera dari sang perempuan.

Jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa membeli paket seserahan dari satu brand tertentu, misalnya Wardah Paket Seserahan Princess yang bisa kamu dapatkan di situs Wardah Komestika Online seharga Rp 653.000.

Wardah Paket Seserahan Princess ini terdiri dari paket make up series dan skincare. Untuk make up series, kamu akan mendapatkan Everyday Luminous Two Way Cake shade: light beige, beige, ivory, light ivory (Rp 47.000), Everyday Luminous Creamy Foundation Extra Cover (Rp 37.000), Eyeshadow – pilih varian warna (Rp 46.000), Eyeshadow – pilih varian warna (Rp 43.000), EyeXpert Staylast Gel Eyeliner (Rp 47.000), Mascara Perfect Curl (Rp 63.000), Exclsive Lipstick – pilih nomor (Rp 40.000), Double Function Kit (Rp 50.000), Roll On For Her (Rp 22.000), dan body mist (Rp 70.000).

Di dalam paket tersebut, kamu juga akan mendapatkan katalog Wardah dengan foto Dewi Sandra, Dian Pelangi, atau Tatjana Saphira (persediaan terbatas), paper bag Wardah, dan merchandise Wardah (persediaan terbatas).

Hantaran akan dikemas di dalam box atau keranjang hias modern seharga minimal Rp 60.000 dengan pita dan bunga hias yang mewah, plastik wrapping, wedding flyers, dan packing full dengan fragile sticker. Sangat lengkap, bukan?

Perhiasan

Sumber gambar bukalapak.com

Perhiasan di dalam isi hantaran berbeda dengan cincin kawin. Jika memutuskan untuk memberi perhiasan, biasanya akan dipilih satu set perhiasan mulai dari anting, kalung, hingga gelang.

Memberikan perhiasan ini harus memperhatikan banyak hal seperti jenisnya, beratnya, modelnya, sampai ukurannya. Sebaiknya, diskusikan terlebih dahulu dengan calon pengantin perempuan dan sesuaikan keinginannya dengan budget yang kamu miliki.

Rekomendasi perhiasan untuk isi hantaran adalah Tiaria 18K Leo Peridot Pendant Aksesoris Emas Liontin Wanita yang merupakan liontin berbahan emas 18K, berdesain chic dengan taburan batu peridot 0,1crt. Dibuat menggunakan teknik 3D terbaik dalam perancangan perhiasan sehingga hasil akhirnya lebih rapi, detil, dan akurat. Keuntungan lainnya yaitu kamu akan mendapatkan garansi seumur hidup dan pelapisan emas ulang.

Ketika kamu membeli perhiasan yang telah mendapat sertifikasi oleh International Gemological Service, kamu akan mendapatkan perhiasan berkualitas tiara pesananmu, kain khusus untuk membersihkan perhiasan.

Kamu juga akan mendapat kartu ucapan dengan desain khusus, kotak perhiasan mewah berbahan beludru, kartu garansi internasional dari Tiaria, dan sertifikat perhiasan dai IGS. Kamu bisa mendapatkannya secara online di Blibli dengan harga Rp 3.704.900.

Makanan

Hantaran tidak akan terasa lengkap tanpa adanya makanan dan buah-buahan. Sebagai contoh, dalam tradisi Betawi, calon pengantin laki-laki wajib menyiapkan roti buaya. Dalam beberapa tradisi lain juga ada yang disarankan membawa makanan manis agar kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Di daerah Jawa sendiri, disarankan untuk memberi makanan yang lengket seperti jadah, jenang, dan wajik agar selalu lengket bersama pasangan.

Jenis makanan sebenarnya bisa apa saja. Apabila kamu ingin memberikan makanan yang tahan lama, kamu bisa memberikan sejenis kue-kue kering. Tapi, akan lebih baik jika kamu memberikan makanan-makanan yang kalian sukai saja agar tidak mubazir.

Setidaknya ada tiga jenis makanan yang wajib dibawa untuk hantaran yaitu makanan pokok, makanan kecil (snack), dan buah-buahan.

Makanan pokok terdiri dari nasi dan lauk pauk seperti daging sapi, daging ayam, ikan, dan berbagai jenis sayur. Makanan kecil bisa terdiri dari kue atau pilihan jajanan pasar.

Terakhir, yaitu buah-buahan. Tidak ada syarat khusus untuk membawa jenis buah tertentu sebagai isi hantaran, yang penting tersedia dalam satu keranjang dengan berbagai cita rasa yang manis.

Perlengkapan Mandi

Sumber gambar www.bukalapak.com

Perlengkapan mandi yang bisa kamu serahkan sebenarnya memiliki banyak jenis. Namun pastikan untuk memilih jenis-jenis perlengkapan mandi yang berguna dan akan sering digunakan. pilihlah sabun mandi (sabun cair atau sabun batang tergantung preferensi), pasta gigi dan sikat gigi, lulur, handuk, shampoo dan kondisioner, handuk keramas, sisir, dan spons mandi.

Jika kamu ingin praktisnya, lagi-lagi sudah ada yang menyediakan paket seserahan alat mandi dan lain-lain di Bukalapak. Dengan harga Rp 489.000, kamu akan mendapatkan 2 pasang handuk tebal, 1 sabun cair 250 ml, 1 buah hand and body lotion, 1 buah shampoo Emeron 120 ml, 1 lulur Mustika Ratu, 1 parfum botol kaca random, 1 pasta gigi Pepsodent, 3 buah sikat gigi, 1 buah sabun batang, dan 1 hand and body lotion travel size (bonus).

Untuk membeli ini, kamu tidak perlu khawatir kehabisan karena barang selalu ready dengan waktu pengerjaan selama 2 hari. Kamu bisa membooking barang belanjaanmu terlebih dahulu melalui pesan. Selain itu, kamu juga bisa mengonsultasikan merek produk yang akan kamu gunakan di dalam paket seserahanmu.

Peralatan Tidur

Sumber gambar blibli.com

Peralatan tidur sendiri ada beragam jenisnya. Ada yang memberikan pakaian tidur (seperti baju tidur, lingerie, atau slippers), sarung bantal dan guling, selimut, atau sprai. Semuanya tergantung selera dan preferensi masing-masing.

Lagi-lagi kamu perlu mendiskusikannya dengan calon pengantin perempuan untuk mengetahui kira-kira jenis perlengkapan tidur yang mana yang lebih penting untuk dibeli.

Di masyarakat sendiri, paket perlengkapan tidur yang paling sering dijadikan isi seserahan adalah seprai sekaligus bed-cover yang cantik. Ada juga yang memberikan sprai beserta sarung bantal dan guling. Hadiah yang satu ini memang seringkali diberikan kepada pasangan pengantin baru karena ringan, praktis, harga terjangkau, dan mudah didapat.

Rekomendasi perlengkapan tidur untuk isi seserahan kamu adalah Sleep Buddy Silky Flower Sutra Tencel Set Sprei dan Bed Cover – Dark Orange. Bed cover ini berisi siliconized anti allergic dengan warna cerah dan handfeel bahan halus dan lembut. Terbuat dari bahan CVC yang memiliki keunggulan selain lembut dan nyaman, juga warnanya tidak mudah pudar dengan desain yang selalu update dan mewah.

Ada beberapa ukuran mulai dari single (sprei 120 cm x 200 cm, 1 sarung bantal, 1 sarung guling, dan bed cover 180 cm x 240 cm), queen size (sprei 160 cm x 200 cm, 2 sarung bantal, 2 sarung guling, dan bed cover 220 cm x 240 cm), king size (sprei 180 cm x 200 cm, 2 sarung bantal, 2 sarung guling, dan bed cover 240 cm x 240 cm), serta extra king size (200 cm x 200 cm, 2 sarung bantal, 2 sarung guling, dan bed cover 260 cm x 240 cm). Kamu bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 1.599.000 – Rp 1.999.000.

Perawatan Tubuh

Sumber gambar blibli.com

Perempuan memang wajib menjaga dan merawat tubuhnya agar selalu tampil cantik. Oleh karena itu, produk perawatan tubuh (bodycare) adalah salah satu isi hantaran yang cukup penting untuk diberikan kepada calon pengantin perempuan.

Hal ini dimaksudkan agar calon pengantin perempuan bisa menjaga penampilannya sehingga sang suami akan selalu bahagia melihat istrinya selalu cantik.

Rekomendasi produk bodycare untuk isi seserahan adalah Age D’or Skin and Scalp Care Triple Set Perawatan Tubuh. Merupakan satu set produk perawatan kulit dan kepala yang diformulasikan dari natural plant oil, sehingga aman dan tidak berbahaya bahkan bagi kulit sensitif sekalipun. Kamu bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 1.510.000.

Pakaian Dalam

Sumber gambar blibli.com

Untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, biasanya underwear juga menjadi salah satu barang yang dijadikan sebagai isi seserahan. Pemberian underwear ini diyakini bahwa calon pengantin sudah saling terbuka satu sama lain dan bersedia menerima pasangan apa adanya.

Underwear yang biasanya dijadikan isi seserahan yaitu bra, celana dalam, dan kaos kaki. Ada juga yang melengkapinya dengan lingerie.

Jika kamu ingin memberikan underwear berkualitas baik untuk calon istrimu, cobalah Raquel Lingerie Alessandra Babydoll Lingerie – Black. Lingerie berbahan polyamide dan elastan dengan desain yang seksi dan detail lace ini sangat elegan untuk diberikan kepada calon istri. Bahannya lembut, sama sekali tidak kasar, potongannya pun sangat cocok untuk perempuan-perempuan Asia.

Perlu dicatat bahwa pembelian lingerie ini tidak termasuk celana dalam. Ukurannya pun beragam, mulai dari S hingga XL sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam memilihkan ukuran. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 527.920.

From our editorial team

Sesuaikan dengan Kebutuhan Calon Istri

Selain memilih barang-barang yang akan terlihat cantik saat dikemas menjadi hantaran, mengutamakan barang-barang hantaran dengan kebutuhan calon pengantin perempuan akan jauh lebih baik karena barang-barang yang diberikan pasti digunakan tidak akan terbuang sia-sia. Jadi, cobalah untuk terus berkomunikasi antara kamu dengan pasangan, ya!