Deretan 10 Cincin Pertunangan Cantik dan Mewah di Dunia yang Wajib Kamu Tahu

Deretan 10 Cincin Pertunangan Cantik dan Mewah di Dunia yang Wajib Kamu Tahu

Banyak selebriti dunia yang tak ragu menghabiskan uangnya demi mendapatkan cincin pertunangan yang istimewa sebagai tanda keseriusan menjalankan sebuah hubungan. Ini dia beberapa cincin pertunangan cantik dengan harga spektakuler yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Cincin Tunangan adalah Simbol Cinta Seorang Pria Terhadap Pasangannya

Tidak ada yang tahu dengan pasti sejak kapan tepatnya proses pertunangan selalu ditandai dengan pemakaian cincin. Namun catatan sejarah menunjukkan bahwa penggunaan cincin sebagai lambang komitmen dari sebuah hubungan antara pria dan wanita sudah terjadi sejak zaman Mesir kuno.

Penggunaan cincin dalam pertunangan memiliki filosofi tersendiri. Cincin memiliki bentuk bundar yang tak berujung. Bentuk ini sempurna untuk dijadikan simbol sebuah ikatan yang abadi tanpa ujung atau akhir.

Cincin pertunangan juga memiliki sejumlah makna yang berisi harapan terhadap sebuah hubungan. Inilah makna di balik cincin pertunangan tersebut.

  • Makna Kebersamaan
    Bentuk cincin yang bundar tanpa ujung dianggap sebagai sebuah simbol kebersamaan yang abadi. Karena itu cincin memang paling pas menjadi lambang dari bersatunya cinta dua insan yang diharapkan akan abadi selamanya.
  • Makna Saling Melengkapi
    Bentuk cincin yang bundar juga dianggap bermakna saling melengkapi dan memiliki. Sebuah hubungan tidak selalu berjalan mulus; ada hal-hal manis dan pahit, bahagia dan sedih, tertawa dan menangis. Cincin dianggap mampu menguatkan kedua pasangan untuk bisa menjalani hubungan mereka sepanjang hidupnya.
  • Makna Kekuatan dan Kejayaan
    Bahan pembuat cincin selalu istimewa. Material yang kebanyakan digunakan adalah emas. Bahan emas menunjukkan kejayaan sekaligus kekuatan karena memang tidak mudah rusak atau pecah. Sebuah hubungan diyakini juga akan mengalami kejayaan dan kekuatan bersama-sama.
  • Makna Kekompakan
    Biasanya cincin pertunangan akan didesain sedemikian rupa untuk menunjukkan kebersamaan dan kekompakan. Pasti ada ciri-ciri tertentu yang menunjukkan bahwa cincin yang dipakai pria merupakan pasangan dari cincin yang dipakai sang wanita. Hal ini menunjukkan kekompakan dari pasangan tersebut.
  • Makna Komitmen
    Sepakat untuk terikat dalam pertunangan artinya sudah siap untuk menjalankan komitmen yang lebih serius. Karena itu cincin dipakai sebagai simbol bahwa kedua belah pihak siap melaksanakan komitmen tersebut dengan sepenuh raga dan jiwa.
  • Makna Kemewahan
    Cincin pertunangan umumnya dibuat dari bahan yang tidak biasa dan berharga mahal. Apalagi jika cincin tersebut didesain khusus dan eksklusif, maka akan semakin menunjukkan kemewahan cincin tersebut.
  • Makna Kebahagiaan
    Tidak ada pasangan yang tidak berbahagia ketika akhirnya bisa bertunangan. Rasa bahagia itu bisa diwakili dengan cincin yang mereka pakai. Cincin pertunangan menunjukkan keseriusan pasangan tersebut untuk menempuh mahligai rumah tangga kelak.

Alasan Wanita Mengenakan Cincin Tunangan di Jari Kiri

Kenapa cincin pertunangan kerap dipasang di jari manis tangan kiri? Ini tentu ada ceritanya. Hal ini ternyata sudah dilakukan oleh orang-orang Mesir kuno. Mereka selalu menempatkan cincin di jari manis tangan kiri. Pada jari manis tersebut terdapat pembuluh darah yang istimewa bernama vena armoris. Pembuluh darah ini langsung menuju ke arah jantung. Hal ini bermakna bahwa pemilik cincin menyerahkan segenap jiwa dan raga untuk pasangannya.

Mitos Seputar Cincin Tunangan

Ada sejumlah mitos yang banyak diyakini orang dalam proses pertunangan, khususnya saat melakukan pertukaran cincin. Mau tahu mitos-mitosnya? Simak saja ulasannya berikut ini.

Mitos Saat Memasangkan Cincin Tunangan

Memasangkan cincin tunangan tidak bisa dilakukan sembarangan. Pria diyakini sebagai pihak yang harus memasangkan cincin kepada pasangannya. Ini menandakan bahwa pihak pria sudah siap menjadi kepala keluarga dan mengemban tanggung jawab untuk membawa keluarganya menuju kebahagiaan.

Mitos Hilangnya Cincin Tunangan

Ada mitos yang berkembang tentang cincin pertunangan yang telah disiapkan mendadak hilang tak diketahui rimbanya. Hilangnya cincin tunangan ini dianggap sebagai tanda bahwa hubungan kedua pasangan tidak akan memberi kebaikan. Bahkan ada juga yang menganggap kalau pasangan tersebut tidak sepenuh hati atau serius untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih tinggi.

Faktanya, tidak ada kebenaran yang mutlak dari mitos tersebut. Karena langgeng atau tidaknya sebuah hubungan tidak ditentukan oleh sebuah cincin. Hubungan yang berkualitas ditentukan oleh kesadaran dari pasangan tersebut untuk saling mengerti dan memahami karakter satu sama lain. Kalau cincin hilang, ya memang harus membeli yang baru.

Mitos Cincin Tunangan Jatuh Saat Dipasangkan ke Jari Pasangan

Ada juga mitos tentang cincin tunangan yang tiba-tiba jatuh saat dipasangkan ke jari. Hal ini dianggap sebagai sinyal buruk jika hubungan tersebut akan diteruskan. Padahal bisa saja salah satu dari pasangan tersebut grogi dengan situasi pertunangan yang baru mereka alami sepanjang hidup sehingga menyebabkan cincin yang dipasangkan jatuh. Sebuah hubungan yang langgeng hanya bisa terjadi jika keduanya berkomitmen untuk berusaha mempertahankannya secara maksimal.

Cincin Tunangan Termahal Dunia yang Perlu Anda Ketahui

Banyak pasangan yang bersedia mengeluarkan uang yang begitu banyak demi membeli cincin pertunangan yang mewah dan istimewa. Hal ini banyak dilakukan para pesohor di dunia. Berikut ini adalah sejumlah pasangan selebriti yang melakukan proses pertunangan dengan menggunakan cincin berharga mahal.

Pangeran William-Kate Middleton

Sumber gambar www.dailymail.co.uk

Calon pewaris tahta kerajaan Inggris, Pangeran William, melamar Kate Middleton dengan sebuah cincin yang sangat istimewa pada tahun 2010. Cincin tersebut adalah milik sang ibunda, Putri Diana, saat menikah dengan Pangeran Charles pada tahun 1981. Cincin tersebut sebenarnya diwarisi untuk Pangeran Harry. Namun Pangeran Harry rela melepas cincin tersebut. Menurut pertimbangannya, seorang calon ratu harus mengenakan cincin yang juga pernah dipakai oleh calon ratu sebelumnya.

Cincin pertunangan ini menggunakan bahan utama emas putih 18 karat bermata batu safir ceylon 12 karat berbentuk oval. Ada 14 butir berlian solitaire yang mengelilingi cincin ini. Saat Pangeran Charles membeli cincin tersebut pada tahun 1981, nilainya adalah US$40.000 (lebih dari Rp 500 juta). Seiring waktu nilai cincin tersebut menjadi semakin meningkat. Apalagi ada nilai sejarah yang terkandung dalam cincin tersebut.

Enrique Iglesias-Anna Kournikova

Sumber gambar blog.hellomagazine.com

Pasangan petenis Anna Kournikouva dan penyanyi Enrique Iglesias memang belum pernah mengumumkan kabar pernikahannya. Namun pasangan ini diyakini sudah lama bertunangan. Hal ini diketahui dari cincin cantik yang dipakai Kournikova. Cincin dengan mata berlian warna merah muda tersebut berukuran besar. Nilai cincin tersebut ditaksir setidaknya mencapai US$ 6 juta atau setara dengan Rp 80 miliar!

Michael Douglas-Catherine Zeta Jones

Sumber gambar blog.hellomagazine.com

Saat bertunangan dengan Catherine Zeta Jones, Michael Douglas memberikan sebuah cincin berlian marquise bergaya vintage pada tahun 2000. Batu berlian besar yang berada di tengah cincin dikelilingi oleh 28 batu berlian kecil. Cincin berlian 10 karat tersebut setidaknya bernilai US$ 2 juta dollar (Rp 26,7 miliar) kala itu.

Pertunangan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pernikahan pada tahun yang sama. Sayang, pernikahan tersebut akhirnya kandas setelah 14 tahun. Keduanya sempat dikaruniai dua orang anak. Tak lama setelah berpisah, Catherine terlihat masih mengenakan cincin berliannya. Rupanya dia berharap masih bisa bersatu kembali dengan Michael Douglas. Akhirnya keduanya pun rujuk dan kembali menjadi pasangan sehati.

Aristotle Onassis-Jacqueline Onassis

Sumber gambar www.jfjco.com

Raja kapal Aristotle Onassis pertama kali bertemu Jacqueline pada pertengahan 1958 di atas kapal pesiarnya bernama Christina. Aristotle langsung terpesona dengan kecantikan Jackie, sapaan Jacqueline. Menurutnya, Jacqueline punya satu aura yang berbeda dengan wanita pada umumnya. Saat itu Jackie masih menjadi istri John F Kennedy.

Setelah pertemuan itu, Aristotle Onassis tak bertemu lagi dengan Jackie. Jackie masih menjadi istri Kennedy hingga tahun 1963, saat sang suami meninggal akibat ditembak orang tak dikenal. Jackie pun kembali bertemu dengan Onassis, hingga akhirnya keduanya memutuskan untuk menikah pada 1968. Pada saat pertunangan, Onassis memberikan Jackie sebuah cincin berlian 40 karat. Berlian yang diberikan Onassis bukan berlian biasa. Itu adalah salah satu dari 16 potongan berlian terbesar dari Afrika Selatan. Cincin tersebut ditaksir bernilai US$ 2,6 juta atau sekitar Rp 37 miliar.

Donald Trump-Melania Knauss

Sumber gambar blog.hellomagazine.com

Donald Trump pertama kali bertemu Melania di acara New York Fashion Week pada tahun 1998. Pada waktu itu Trump sudah berusia 52 tahun sementara Melania tengah meniti puncak karier sebagai model di usia 28 tahun. Trump yang tertarik dengan sosok Melania mencoba meminta nomor teleponnya. Sayang, permintaan ini ditolak Melania. Namun, ia justru meminta balik nomor telepon Trump. Selang beberapa waktu kemudian, Melania memang menghubungi Trump dan keduanya kemudian mulai sering bertemu. Akhirnya mereka memutuskan untuk menikah pada tahun 2005 di Palm Beach.

Pada saat pertunangan di tahun 2004, Trump menghadiahi Melania sebuah cincin bertahtakan berlian 15 karat. Cincin yang dibuat di House of Graff London ini bernilai US$ 3 juta atau setara Rp 39,05 miliar.



Marc Anthony-Jennifer Lopez

Sumber gambar www.pinterest.com

Marc Anthony memang bukan suami pertama bagi Jennifer Lopez. Tetapi, bisa dibilang inilah cinta sesungguhnya dari seorang J-Lo. Keduanya mulai berkencan sesudah J-Lo berpisah dengan Ben Affleck pada Januari 2004. Selang empat bulan kemudian J-Lo bersedia dinikahi Marc Anthony yang memang sudah menjadi teman lama.

Sebagai wujud cintanya kepada J-Lo, Marc memberikan sebuah cincin berlian 8,5 karat. Cincin cantik ini setidaknya bernilai US$ 4 juta. Jika dikurs ke dalam rupiah akan mencapai nilai lebih dari Rp 52 miliar.

Pangeran Rainer-Grace Kelly

Sumber gambar www.telegraph.co.uk

Kisah asmara antara Pangeran dari Monaco dan selebriti cantik asal Amerika Serikat menghiasi pemberitaan media dunia pada tahun 1956. Pangeran Rainer III resmi menikah dengan Grace Kelly, seorang artis Hollywood yang saat itu tengah naik daun. Lamaran Rainer III diterima Grace Kelly meski akhirnya ia harus merelakan kariernya sebagai artis Hollywod berakhir di usia muda, 26 tahun.

Sebagai kompensasi, Pangeran Rainer III menghadiahi sebuah cincin berlian 10,5 karat pada saat pertunangan. Cincin buatan Cartier ini nilainya ditaksir US$ 4,06 juta atau setara Rp 48,7 miliar.

Paris Latsis-Paris Hilton

Sumber gambar www.popsugar.com

Paris Hilton memang sempat bertunangan dengan Paris Latsis pada Mei 2005, meski akhirnya tak berlanjut hingga pernikahan. Keduanya berpisah pada November 2005.

Paris sempat mendapat cincin berlian cantik sebagai cincin pertunangan mereka. Cincin yang berhiaskan berlian canary 24 karat itu setidaknya bernilai US$ 4,7 juta. Cincin berharga lebih dari Rp 62 miliar itu kemudian dilelang dan hasilnya diberikan untuk kegiatan amal.

Jay Z-Beyonce

Sumber gambar www.telegraph.co.uk

Beyonce mulai berkencan dengan Jay-Z pada tahun 2001. Usia Beyonce kala itu baru 19 tahun. Jarak usia keduanya terpaut 12 tahun. Namun, semua itu tak mengurangi tekad mereka untuk mengarungi bahtera pernikahan. Beyonce dinikahi Jay Z pada 4 April 2008.

Pada tahun 2007, Beyonce mendapatkan cincin pertunangan berupa cincin berlian 18 karat. Cincin ini ditaksir mencapai harga US$ 5 juta. Jika dirupiahkan bisa mencapai nilai lebih dari Rp 65 miliar.

Richard Burton-Elizabeth Taylor

Sumber gambar www.telegraph.co.uk

Elizabeth Taylor dan Richard Burton dianggap sebagai pasangan Hollywood paling ideal di eranya. Cinta keduanya mulai tumbuh saat sama-sama membintangi film Cleopatra. Keduanya sepakat untuk menikah pada tahun 1964.

Sebuah cincin berlian 33 karat diberikan sebagai tanda cinta Burton kepada Liz. Cincin bernilai US$ 8,8 atau sekitar Rp 125 miliar. Saking senangnya, Liz selalu mengenakan cincin tersebut dalam setiap film yang dibintanginya.

Meski bukan suami pertama bagi Liz, pernikahannya dengan Burton menjadi yang terlama. Keduanya sempat berpisah pada 1974 dan kemudian rujuk kembali setahun kemudian. Memang hanya berlangsung setahun saja, tetapi hubungan keduanya tetap akrab sebagai teman hingga Burton meninggal pada tahun 1984.

From our editorial team

Komitmen Memelihara Hubungan yang Serius Setelah Pertunangan

Keseriusan menjalani hubungan tidak hanya sekadar ditunjukkan dengan melingkarnya cincin pertunangan di jari sepasang kekasih. Keseriusan ini idealnya dilanjutkan dengan kesadaran untuk saling menghargai dan menyayangi dan keinginan untuk memelihara hubungan. Dengan begitu, kehadiran cincin pertunangan akan semakin bermakna.

Tag