Tubuh Terasa Lelah? Konsumsilah 13 Minuman Penambah Stamina yang Lezat ini! (2020)

Tubuh Terasa Lelah? Konsumsilah 13 Minuman Penambah Stamina yang Lezat ini! (2020)

Saat tubuh merasa lesu dan kurang semangat, tak ada salahnya jika kamu cari solusinya. Tak perlu pusing soal itu, sebab BP-Guide telah siapkan 13 minuman penambah stamina yang pas banget untuk diminum kapanpun. jadi tunggu apalagi, yuk simak di bawah ini!

Stamina yang Menurun Bisa Membuat Kegiatan menjadi Terhambat

Sering kali kita lalai dalam menjaga tubuh di era globalisasi saat ini. Iklim yang tidak menentu, sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit, polusi, serta panasnya bumi dapat menjadi pemicu penurunan stamina.

Stamina atau daya tahan tubuh merupakan kemampuan yang dimiliki oleh tubuh untuk menangkal semua zat asing yang masuk dalam tubuh. Bila tubuhmu sehat, maka dapat dipastikan daya tahan tubuhmu baik, dan berlaku sebaliknya.

Apabila daya tahan tubuh menurun maka tubuh akan sangat rentan terkena berbagai macam penyakit yang menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Inilah yang Menyebabkan Stamina Menurun

Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat Tinggi

Tanpa kita sadari pola makan yang dilakukan selama ini dapat menimbulkan masalah serius pada tubuh di kemudian hari karena terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Terkadang makanan yang di konsumsi dari sarapan hingga malam penuh dengan karbohidrat.

Apabila karbohidrat berlebihan dan tidak diproses oleh tubuh maka akan disimpan menjadi cadangan lemak. Akibatnya, jika terlalu banyak cadangan lemak membuat tubuh menjadi sangat rentan terhadap penyakit.

Selain itu, penumpukan karbohidrat ini dapat memicu penumpukan pada karies gigi dimana ini merupakan gangguan pada gigi yang terbuatnya saluran makan bagian atas dan meninggalkan zat asam di gigi terlalu lama.

Hal inilah yang membuat secara perlahan enamel gigi hancur. Lainnya, dapat memicu penyakit jantung, pengerasan arteri, dan stroke dimana karbohidrat dengan jumlah banyak dapat membuat meningkatnya kolesterol tubuh.

Makan yang Tidak Teratur

Bila kamu termasuk penyuka makanan atau minuman manis, maka mulai saat ini kamu harus mengurangi kebiasaan tersebut karena hal ini dapat membuat kemampuan sel darah putih menurun drastis setelah 5 jam dari mengkonsumsi 100 gram gula menurut American Journal of Clinical Nutrition.

Selain itu pola makan yang tidak sehat serta memakan makanan tidak sehat juga dapat menjadi penyebab menurunnya stamina tubuh karena tubuh tidak memiliki kemampuan lagi untuk melawan virus yang berusaha masuk. Akibatnya daya tahan tubuh menjadi menurun dan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh.

Kurang Olahraga

Banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika seseorang sering melakukan kegiatan olahraga, tidak hanya memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar, tetapi olahraga juga dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, menjaga daya tahan tubuh, serta menghindari tubuh dari ancaman berbagai jenis penyakit.

Akan tetapi hal ini sangat jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan orang padahal untuk melakukan olahraga tidak harus di tempat gym ataupun di luar rumah. Kamu bisa olahraga di dalam rumah dan kapan saja atau minimal seminggu sekali.

Padahal dengan berolahraga maka dapat membuat metabolisme tubuh terjaga lebih baik, yang mana metabolisme ini sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh. Hal ini berlaku sebaliknya, bila tubuh kamu sangat jarang dilatih untuk olahraga maka besar kemungkinan kamu akan mendapatkan gangguan kesehatan. Oleh karenanya, sangat besar manfaat yang dapat dirasakan bila melakukan olahraga.

Kurang Tidur

Selain menjaga pola makan dan olahraga, memiliki jam tidur yang teratur dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh, dimana ketika seseorang tidur maka itulah saat dilakukannya generasi dan produksi protein untuk sel imun sehingga sistem imun dapat berfungsi dengan baik.

Umumnya, manusia cukup tidur 8 jam per hari, bila jam tidur itu kurang maka dapat dengan mudah terkena penyakit karena sistem imun menurun dan tubuh menjadi lemah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 11 pasang kembar dewasa yang memiliki rutinitas tidur yang berbeda. Hasilnya menyatakan bila kembar yang memiliki jam tidur kurang menyebabkan daya tahan tubuh lemah dan penyakit mudah menyerang.

Rekomendasi Minuman Penambah Stamina yang Bisa Dijadikan Pilihan

Jus Pisang

Jus pisang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh terutama sebagai minuman untuk menambah stamina. Kandungan jus pisang dapat menormalkan fungsi jantung yang mana elektrolit kalium masuk pada aliran darah yang berjalan disekitar sel di seluruh tubuh dan akan larut dalam cairan, hal inilah yang membuat jantung tetap berdetak.

Selain itu, manfaat jus pisang menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung di dalamnya dapat melestarikan membran yang mengelilingi mata dan menjadi komponen dari protein yang membawa cahaya untuk masuk ke kornea. Bila kamu ingin membuat minuman penambah stamina ini, maka kamu harus menyiapkan 100 gram pisang, 75 gram jeruk manis, 300 ml air matang, dan 1 sdt madu.

Caranya sangat mudah, kamu dapat mengikuti langkah berikut :

  • Kupas dan potong-potong buah pisang.
  • Kupas juga buah jeruk, ambil airnya saja.
  • Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan dan kemudian blender hingga halus.
  • Sajikan dalam gelas saji.

Jus Wortel

Minuman penambah stamina lainnya yang wajib kamu coba ialah jus wortel. Jus ini dapat memberikan manfaat mencegah tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker payudara, usus besar, pangkal tenggorokan, leher rahim, serta kandung kemih. Kandungan karoteniod yang terdapat didalamnya berfungsi mengatur gula darah sehingga tidak terlalu tinggi ataupun rendah.

Jus wortel juga bisa sebagai minuman untuk para perokok dimana dapat mencegah sesak nafas, infeksi paru-paru, dan juga mampu menghentikan kebiasaan merokok. Sedangkan untuk pasangan suami istri, jus ini dapat merangsang kelenjar porfirin yang meningkatkan hormin seks.

Kamu bisa membuat jus yang enak dan sehat ini dirumah, dengan mempersiapkan 200 gr wortel, 100 ml air matang, 4 buah jeruk manis, gula pasir dan es batu secukupnya. Proses pembuatannya sangat gampang, yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan wortel dengan mencuci dan mengupas wortel, lalu potong dadu.
  • Belah jeruk manis dan ambil airnya.
  • Masukan bahan seperti wortel yang sudah dipotong, air, dan gula ke dalam blender. Tunggu hingga benar-benar halus.
  • Tambahkan air jeruk, kemudian aduk sampai merata.
  • Bila sudah, tuangkan ke gelas saji dan tambahkan es batu secukupnya. Sajikan.

Minuman Jahe

Bila daya tahan tubuh sedang turun dimana kamu terserang flu, sakit kepala dan batuk maka kamu bisa mencoba minuman jahe untuk menyembuhkannya. Jahe dapat membunuh virus serta bakteri penyebab flu dan batuk, sehingga daya tahan tubuhmu dapat kembali sehat seperti semula.

Minuman jahe ini bisa mengatasi kondisi perut mules yang disebabkan tidak mengkonsumsi cukup serat, dan juga memiliki kemampuan untuk melancarkan asi, namun harus diperhatikan ibu menyusui harus melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum meminum air jahe untuk mendapatkan takaran yang tepat.

Kamu bisa mempersiapkan 50 gr jahe seger, 30 gr gula merah, dan 1 gelas air matang untuk membuat wedang jahe. Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Cuci bersih jahe dan buang kulitnya, lalu iris-iris.
  • Rebus air matang dan jahe, kemudian bila sudah mulai mendidih tambahkan gula merah serut.
  • Hidangkan wedang selagi hangat dan sangat cocok diminum dalam kondisi cuaca dingin.

Apel dan Susu

Buah apel memiliki banyak sekali keunggulannya dan baik untuk menambah stamina tubuh karena memiliki zat quercetin. Kandungan serat dalam buah ini dapat memperbaiki kerusakan dinding pencernaan yang disebabkan oleh peradangan.

Selain itu, nutrisi yang terdapat dalam apel dapat mencegah penyakit kencing manis, memperbaiki sel otak, serta mencegah terkena penyakit katarak.

Apabila kamu ingin membuat minuman penambah stamina ini, kamu bisa mempersiapkan 1 buah apel merah/hijau segar, 2 sdm gula pasir, susu kental manis, air dan es batu secukupnya.

Caranya sangat mudah, yaitu :

  • Kupas kulit apel dan buang bijinya.
  • Masukan buah apel ke dalam blender sambil dipotong.
  • Tuangkan pula air dan gula pasir kedalamnya.
  • Dan tambahkan pula susu kental manis secukupnya.
  • Blend hingga semua bahan tercampur dan apel menjadi lebih halus selama kurang lebih 3 menit dengan menggunakan kecepatan sedang.
  • Sembari menunggu blender, siapkan gelas saji yang sudah diisi dengan es batu.
  • Tuangkan jus apel pada gelas saji secara perlahan. Jus apel susu siap dinikmati.

STMJ

STMJ atau susu, telur, madu, dan jahe merupakan minuman tradisional yang dianggap memiliki khasiat seperti minuman jahe dan banyak digemari oleh masyarakat. Minuman ini setara dengan makanan pada umumnya karena kandungan yang terdapat di dalamnya seperti protein, kalsium, dan vitamin. Sehingga tak heran, bila kamu mengonsumsi ini maka dapat menambah kebugaran tubuh dan stamina.

Untuk membuat STMJ kamu bisa mempersiapkan susu panas, kuning telur ayam kampung, madu, air jahe, gula secukupnya.

Caranya sebagai berikut :

  • Masukan kuning telur ayam kampung ke dalam gelas
  • Masukan pula air jahe, madu, gula, dan susu sebagian.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  • Terakhir masukan sisa susu hingga gelas penuh. STMJ siap disajikan.

Cuka Sari Apel

Banyak penelitian yang mendukung bahwa cuka apel berkhasiat dalam bidang kesehatan, salah satunya dalam studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 2006 dimana cuka apel menjadi objek penelitiannya. Dari hasil penelitian itu membuktikan bahwa cuka apel bisa mengurangi obesitas dan kadar gula darah, selain itu juga dapat mengurangi bau mulut dan bau badan.

Tak hanya itu, cuka apel mampu meredakan sakit tenggorokan, pilek, dan infeksi sinus. Serta mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti jerawat dan bintik-bintik. Bila daya tahan tubuhmu sedang menurun, kamu bisa mengonsumsi cuka apel untuk meningkatkan stamina tubuh.

Kamu bisa membuat cuka apel dengan mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut :

  • 4 buah apel yang sudah dipotong dadu.
  • 1 L air bersih.
  • ¼ cangkir gula pasir.
  • ¼ cangkir cuka apel organik murni.
  • Toples kaca berukuran besar.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat cuka apel buatanmu sendiri :

  • Masukan potongan apel ke dalam toples.
  • Campurkan air dengan gula sebanyak secangkir, lalu kamu bisa tuangkan ke dalam potongan apel yang ada di dalam toples.
  • Lalu masukan cuka apel organik.
  • Masukan air hingga apel terendam oleh air, aduk hingga semua bahan yang dimasukkan tercampur merata.
  • Kamu bisa tutup toples dengan kuat dan simpan di tempat yang aman dan hangat. Diamkan selama kurang lebih 2 sampai 3 minggu.
  • Apabila sudah 3 minggu, pindahkan air cuka apel ke toples lain dengan membuang potongan apelnya.
  • Tutup rapat toples yang berisi air cuka apel saja, diamkan selama 2 sampai 3 minggu.
  • Dalam rentan waktu 2 hingga 3 minggu aduk sekali-sekali air cuka apel sambil di cicipi apakah sudah mendapat tingkat keasaman yang pas. Bila sudah, simpan air cuka apel ke dalam kulkas agar tetap terjaga.

Minuman Kapulaga

Minuman kapulaga memiliki khasiat menghangatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu serat yang terkandung didalamnya mampu untuk mencegah sembelit dan gas di perut, dan juga mengobati gastritis yang merupakan keram dan mules di perut. Dengan serat dan kalium di dalam kapulaga yang hampir seimbang, membuatnya mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Tidak hanya itu, kapulaga juga dapat mencegah kanker karena memiliki antioksidan sebagai perlindungan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Kapulaga juga berkhasiat untuk meredakan sakit otot, melindungi ginjal dari berbagai jenis penyakit, serta mencegah osteoporosis.

Minuman kapulaga bisa kamu buat dengan mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti 500 ml air, 2 kantong teh celup, 100 gr gula pasir, 5 buah kapulaga, serta 2 cm kayu manis batang.

Untuk membuatnya kamu bisa mengikuti langkah berikut :

  • Rebus air hingga mendidih dan celupkan teh celup, diamkan selama 5 menit lalu buang kantong tehnya.
  • Masak dengan api kecil kapulaga beserta kayu manis yang sudah dimasukkan ke dalam air rebusan tadi. Masak hingga tercium aroma harum. Angkat.
  • Masukan gula pasir dan aduk hingga merata. Sajikan selagi masih hangat.

Jus Asparagus

Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi jus asparagus yaitu asparagus dapat mengontrol kadar gula darah, mencegah kanker dan karatak, serta kaya akan serat sehingga dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.

Kandungan fitokimia pada asparagus dapat membantu menghasilkan anti-inflamasi yang memiliki khasiat untuk meringankan arthritis dan rematik. Dan juga kandungan folat untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

Sangat mudah prosesnya bila kamu ingin membuat jus asparagus, pertama yang harus dipersiapkan ialah bahan-bahannya.

Berikut bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jus asparagus :

  • 100 gr asparagus.
  • 2 sdm air jeruk nipis.
  • 50 gr seledri.
  • 100 gr buah apel.
  • 1 sdm madu.
  • 100 ml air matang.
  • Es batu secukupnya

Selanjutnya, langkah untuk membuat minuman penambah stamina ini sangat sederhana yaitu masukan semua bahan ke dalam blender kecuali es batu. Blender hingga halus. Jika sudah halus, tuangkan ke dalam gelas saji dan masukan es batu untuk menambah kesegaran jus. Dan jus asparagus siap di santap.

Jamu Beras Kencur

Jika kamu ingin mengobati batuk, melangsingkan tubuh, atau menghilangkan rasa mules, maka beras kencur dapat menjadi pilihan kamu. Rasa hangat pada besar kencur dapat membuat tubuh kamu semakin segar dan daya tahan tubuh membaik. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan beras kencur untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah serta membentuk pinggang menjadi lebih ramping.


Untuk membuat stamina tubuh bertambah, kamu bisa membuat jamu dari beras kencur ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu sebagai berikut :

  • 200 gr beras putih bersih dan tidak beraroma.
  • 6 ruas jari akar rimpang kencur.
  • 2 ruas jari rimpang kunyit. Cuci sebelum digunakan.
  • 2 sdm asam jawa.
  • 250 gr gula jawa.
  • 2 ruas jari jahe lokal ukuran sedang. Cuci sebelum digunakan.
  • 2 lembar daun pandan. Cuci sebelum digunakan.
  • 2 buah jeruk nipis ukuran sedang. Belah menjadi beberapa bagian dan ambil perasan jeruknya saja.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.

Cara membuat jamu beras kencur sebagai berikut :

  • Rendam 200 gr beras dengan air bersih selama kurang lebih 3 jam.
  • Rebus 6 gelas air bersih dengan menggunakan api sedang.
  • Masukan jahe, asam jawa, daun pandan, kencur, kunyit, dan gula jawa ke dalam air rebusan. Aduk hingga bahan tercampur semua.
  • Jika air rebusan sudah didih, saring air supaya memisahkan ampas bahan dan airnya.
  • Ambil ampas atau rendaman jahe dan kunyit, lalu tumbuk bersama kencur dan beras yang sudah direndam. Tumbuk bahan ini hingga benar-benar halus.
  • Taruh hasil tumbukan di atas saringan, lalu siram tumbukan ini dengan air rebusan rendaman.
  • Masukan air jeruk nipis ke dalam air siraman dan tambahkan garam secukupnya.
  • Kamu bisa mencicipi, bila kurang manis kamu bisa menambahkan gula paris secukupnya.
  • Jamu beras kencur siap disajikan.

Teh Hijau

Untuk menambah stamina tubuh, minuman teh hijau dapat menjadi pilihan yang wajib kamu pertimbangkan. Teh hijau memiliki kemampuan untuk mengontrol berat badan karena memiliki epigallocatechin gallate (EGCC) yang mana dapat mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Selain itu, teh hijau dapat sebagai penyegar nafas yang mana dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus, serta dapat mengurangi kolesterol karena kandungan tanin didalamnya.

Kamu bisa menggunakan bahan berikut untuk membuat teh hijau celup :

  • 1 sdt teh hijau celup untuk 1 gelas.
  • 6 lbr daun tulsi.
  • Air panas secukupnya.
  • Madu secukupnya.
  • Air perasan jeruk lemon.

Selanjutnya, proses pembuatan teh hijau dapat mengikuti langkah sebagai berikut :

  • Rebus air hingga mendidih. Angkat.
  • Tungkan 1 sdt teh hijau celup dalam saringan, lalu taruh saringan diatas gelas.
  • Selanjutnya saringan yang berisi teh disirami air panas yang mana hasil siraman ini masuk ke dalam gelas.
  • Celupkan teh hijau ke dalam gelas selama kurang lebih 3 menit, namun jangan terlalu lama agar tidak terlalu terasa rasa pahitnya. Teh hijau siap disajikan.

Air Jeruk

Khasiat air jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit karena terdapat kandungan vitamin B, B6, serta asam pantotenat. Minuman air jeruk ini juga dapat menangkal radikal bebas dan membantu pengeluaran toksin atau racun pada malam hari.

Selain itu, air jeruk dapat menurunkan berat badan dengan kandungan vitamin C, potassium, dan asam folat, serta dapat melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang terdapat didalamnya.

Untuk mendapatkan minuman jeruk hangat, sebaiknya tidak menggunakan air yang terlalu panas karena kandungan vitamin B dan C dapat rusak dan akhirnya tidak memiliki khasiat apapun atau kamu juga dapat sajikan air jeruk ini dalam bentuk jus agar kandungan yang terdapat didalamnya tetap terjaga.

Kunyit Asem

Minuman lain yang dapat menambah stamina ialah kunyit asem yang memberikan manfaat sebagai detoksifikasi, mempertahankan berat badan, membuat siklus haid menjadi lancar, serta membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan kunyit asam untuk menyembuhkan perih karena paparan sinar ultraviolet, menyembuhkan luka bakar, dan menyembuhkan radang tenggorokan.

Apabila kamu ingin membuat minuman dengan bahan dasar kunyit asam, maka berikut beberapa bahan yang harus kamu siapkan :

  • ½ kg kunyit yang sudah tua.
  • ½ kg asam jawa.
  • ¼ gula jawa atau gula aren.
  • 2 L air matang.
  • ¼ sdt garam.

Kamu bisa mengikuti cara berikut untuk membuat minuman kunyit asem ini :

  • Cuci kunyit hingga tidak ada kotoran yang menempel. Lalu tumbuk atau parut sampai halus, peras, dan ambil air perasan kunyit ini.
  • Rebus air perasan kunyit bersama dengan air, asam jawa, dan gula aren.
  • Masukan garam ketika rebusan cukup panas, lalu aduk hingga merata hingga rebusan mendidih.
  • Matikan api, lalu saring jamu sampai ampasnya tidak ikut. Jamu kunyit asam siap disajikan.

Air Madu

Madu adalah gula alami menyediakan kalori yang sehat yang tidak mungkin meningkatkan berat badan. Jika kamu meminum air madu secara teratur maka akan sangat membantu dalam proses pencernaan seperti mengatasi masalah sembelit dan menenangkan perut dari peradangan. Bahkan, bila kamu meminum air madu sebanyak dua kali sehari akan menguras semua racun dalam tubuh dimana racun ini dapat membuat kekebalan tubuhmu berkurang.

Kamu hanya perlu menyiapkan 1 hingga 2 sdm madu dan 1 cangkir air panas. Proses pembuatannya tergolong mudah, cukup campurkan semua bahan dan aduk hingga merata. Cicipilah apakah air madu sudah pas manisnya atau belum, jika belum kamu bisa menambahkan madu lagi. Yang perlu kamu ingat ialah madu hanya diperlukan untuk menambah rasa pada air, yang mana kamu tidak perlu meminum madu murni secara langsung.

From our editorial team

Minuman Penambah Stamina Menjaga Tubuh Tetap Segar dan Aktif

Tak sulit untuk mendapatkan tubuh yang selalu berstamina dan penuh semangat. Dengan minuman penambah stamina yang kami resepkan, kamu bakal tak lagi lesu. Segera cari bahan-bahannya yang mudah didapat tersebut. Rasakan minuman yang bermanfaat dan lezat tersebut! Selamat menikmati!