10 Rekomendasi Mixer Roti Terbaik untuk Memudahkan Bikin Roti Sendiri (2021)

10 Rekomendasi Mixer Roti Terbaik untuk Memudahkan Bikin Roti Sendiri (2021)

Pagi-pagi paling enak sarapan roti. Selain praktis, rasanya juga enak dan bisa cukup mengenyangkan tanpa bikin kita ngantuk karena terlalu kenyang. Nah, bikin roti sendiri yuk di rumah! Tentunya kamu butuh planetary mixer untuk menghasilkan roti yang lembut, empuk, dan sempurna. Nah, simak tips memilih mixer roti dan juga rekomendasinya dari kami, ya!

Planetary Mixer Memudahkan untuk Bikin Roti Sendiri

Roti adalah salah satu jenis makanan yang digemari di Indonesia. Sebagai sumber karbohidrat, roti juga kerap jadi pilihan sarapan yang lezat untuk menggantikan nasi. Melihat banyaknya peminat roti di Indonesia, banyak orang mulai melirik bisnis roti untuk dijalankan.

Untuk membuat roti, pastinya akan dibutuhkan mixer. Yang paling cocok untuk membuat roti adalah planetary mixer. Ini merupakan mixer dengan kemampuan mengaduk adonan dengan cepat. Planetary mixer juga dibekali teknologi frekuensi sehingga kita bisa dengan mudah mengatur kecepatan aduknya.

Bentuk planetary mixer cukup unik dengan head mixer yang pengaduknya bisa diganti sesuai selera. Ada pengaduk untuk tepung dan aneka bahan kental, pengaduk untuk adonan pastry dan croissant, dan juga pengaduk yang memudahkan untuk mengaduk bahan krim, telur, hingga susu. Bagian wadah bowl mixer juga mudah dilepas sehingga kamu bisa mengeluarkan adonan lebih mudah. Ada juga yang dilengkapi dengan penutup di bagian bowl sehingga adonan tidak akan terciprat saat diaduk.

Mixer roti bisa menciptakan tekstur yang lembut pada roti. Adukan yang sempurna akan membuat adonan bisa lebih mudah mengembang dengan baik.

Tips Memilih Mixer Roti Terbaik

Cek Kapasitas

Kapasitas mixer harus diperhatikan saat kamu membeli mixer roti. Jika memang hanya untuk kebutuhan rumahan atau pribadi, maka kamu tidak perlu membeli yang kapasitasnya terlalu besar. Kamu bisa membeli yang kapasitasnya sekitar 2 liter. Namun, jika kamu membutuhkan untuk bisnis, maka ada baiknya kamu memilih yang kapasitasnya 5 liter ke atas. Ini akan membuat kamu lebih hemat listrik dan waktu karena bisa membuat banyak adonan sekaligus.

Sesuaikan Daya Listrik di Rumah

Saat memilih mixer roti, ada baiknya kamu cek berapa daya yang dibutuhkan. Sesuaikan dengan daya listrik di rumah. Jika daya terlalu besar untuk kapasitas listrik rumah maka bisa berpotensi terjadi korsleting listrik. Namun, jika memang kamu gunakan untuk usaha roti, maka ada baiknya kamu menambah kapasitas listrik di rumah. Dengan begini, kamu lebih leluasa memilih mixer dengan daya besar.

Cek Fitur yang Ditawarkan

Mixer yang ada di pasaran memiliki berbagai fitur menarik. Setiap merek tentu memiliki deretan fitur andalan tersendiri. Kamu bisa mengecek berbagai fitur yang ditawarkan suatu merek mixer roti sebelum membelinya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Fitur paling umum dalam sebuah mixer roti adalah tingkat kecepatan yang ditawarkan. Planetary mixer biasanya memiliki tingkat kecepatan pengadukan yang mudah disesuaikan mulai dari 5 level, 6 level, bahkan ada yang 10 level kecepatan. Kamu bisa memilih berapa tingkat level kecepatan pengadukan yang kamu butuhkan pada mixer yang hendak kamu beli.

Fitur lain yang bisa kamu lirik adalah fitur timer. Adanya fitur timer bikin kamu tidak perlu memegangi mixer dan melihatnya bekerja sepanjang waktu. Kamu bisa menyalakan mesin pengaduk lalu menyetel timer-nya. Setelahnya, kamu bisa melakukan pekerjaan lainnya sambil menunggu timer otomatis mati. Adanya fitur ini juga bisa menguntungkan kamu. Semisal mesin terlalu panas, mesin akan otomatis mati untuk mendinginkan mesin.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

Ketika memilih mixer roti, usahakan untuk memilih yang desainnya simpel. Ini supaya kamu lebih mudah untuk membersihkannya. Peralatan yang kotor bisa mempengaruhi hasil kue atau roti yang kita buat.

Pastikan bagian pengaduk mudah dilepas secara manual atau secara otomatis dengan menekan tombol. Pengaduk yang mudah dilepas akan memudahkan dalam mencucinya usai digunakan.

Pilih juga mixer yang bagian motornya mudah diangkat agar kamu bisa mudah membersihkan cipratan adonan. Bersihkan seluruh bagian mixer usai digunakan agar mesin lebih awet dan juga bisa lebih tahan lama digunakan.

Ini Dia Rekomendasi Mixer Roti Terbaik untuk Kamu

Oxone OX-855 Planetary Stand Mixer

Oxone OX-855 Planetary Stand Mixer Oxone OX-855 adalah rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini hadir dengan kecepatan untuk mengaduk dan mencampur dengan sempurna. Mixer terbuat dari bahan stainless steel yang berkualitas. Dengan pilihan warna yang elegan, produk ini mampu memperindah tampilan dapur kamu.

Ada 6 pilihan kecepatan yang bisa memudahkan kamu untuk mengolah adonan. Ada juga sistem thermostat yang bisa membuat mesin tetap stabil dan tidak overheat. Konsumsi dayanya cenderung rendah sehingga kamu bisa lebih hemat tagihan listrik juga.

Harga Rp. 1.899.000-2.095.000

Bosch Kitchen Machine MUM44R1

Bosch Kitchen Machine MUM44R1 hadir dengan motor yang kuat sebesar 500 watt sehingga bisa menghasilkan daya aduk yang lebih cepat dan adonan bisa teraduk dengan sempurna. Kapasitas bowl pengaduknya adalah 3,9 liter sehingga kamu bisa membuat banyak adonan sekaligus.

Planetary mixer ini memiliki 4 level kecepatan yang mudah untuk disesuaikan. Dalam pembelian sudah lengkap dengan 3 jenis aksesori pengaduk. Ada ruang tersendiri untuk menyimpan kabel sehingga tampak lebih rapi. Bagian kaki mixer dilengkapi karet sehingga bisa lebih stabil dan anti selip.

Harga Rp. 1.274.000-2.985.000

Philips Daily Collection MixerHR1559

Philips Daily Collection MixerHR1559 adalah produk hemat listrik yang cocok untuk digunakan membuat aneka roti dan kue. Mixer keren ini banyak dicari orang karena kualitasnya tidak main-main. Hadir dengan 5 level kecepatan yang mudah dipindahkan, kamu jadi bisa menyesuaikan kecepatan yang diinginkan. Bagian bowl bisa berputar secara otomatis. Di bagian bawah dilengkapi karet sehingga anti selip dan mixer tidak mudah bergeser saat digunakan. Kapasitas bowl mixer adalah 2 liter. Daya yang dibutuhkan hanya 170 watt.

Harga Rp. 465.000-759.000

Electrolux Assistent Kitchen Machine EKM5570

Electrolux Assistent Kitchen Machine EKM5570 memiliki dua kapasitas bowl yang berbeda. Ada bowl kapasitas 2,9 liter dan 4,8 liter yang bisa digunakan.

Produk ini juga memiliki fitur PerfectRiseLid. Fungsinya adalah untuk membantu proses fermentasi di dalam bowl. Untuk pengoperasiannya, produk ini membutuhkan daya 1200 watt. Mixer ini hadir dengan 10 level kecepatan yang bisa mudah disesuaikan.

Harga Rp. 6.500.000-10.174.700

Planetary Mixer Fomac DMX-B10

Planetary Mixer Fomac DMX-B10 memiliki kapasitas hingga 10 liter. Ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki bisnis toko roti. Dengan performa tangguh dan kuat, mixer ini bisa diandalkan setiap harinya. Ada banyak jenis adonan yang bisa kamu aduk dengan planetary mixer ini mulai dari adonan cair hingga padat. Produk ini terbuat dari besi anti karat yang kokoh dan tahan lama digunakan.

Mixer ini memiliki tiga pilihan pengaduk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pengoperasian mixer juga mudah dan sederhana karena tinggal tekan dan atur sesuai keinginan saja.

Harga Rp. 2.694.500-7.440.000

Turbo ProChef EHM9588

Turbo ProChef EHM9588 dilengkapi fitur timer yang tentu saja bikin alat ini praktis digunakan. Produk yang satu ini dilengkapi dengan mangkuk stainless steel ekstra besar berkapasitas 5,5 liter. Desain mangkuknya unik dengan tutup atas dan gagang ergonomis. Ini membuat adonan tidak akan terciprat kemana-mana saat level kecepatannya tinggi. Produk ini juga dibekali dengan fitur lampu sehingga kamu bisa melihat ke dalam mangkuk dengan jelas.

Motor mixer ini bisa diatur dengan 8 pilihan kecepatan. Ada mode pulse juga jika kamu ingin menghasilkan adonan yang lebih halus. Mesin ini membutuhkan daya 900 watt untuk beroperasi.

Harga Rp. 704.000-3.223.500

Mito Mixer MX-100

Mito Mixer MX-100 hadir dengan desain yang ramping. Kamu bisa menyimpannya di dapur tanpa memakan banyak tempat. Mixer keren ini hadir dengan kecepatan mesin 3.000 hingga 16.000 rpm. Ada 12 level kecepatan yang bisa disesuaikan dengan adonan yang dibuat. Kapasitas mixer ini adalah 5 liter. Daya yang dibutuhkan cukup rendah yakni 350 watt.

Harga Rp. 1.572.000-1.690.000

Mixer ProMax Signora

Mixer Pro Max Signora sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Hadir dengan mesin yang kuat, mixer yang satu ini bisa mengolah banyak adonan sekaligus. Putaran rotor mesinnya juga optimal dengan desain yang keren. Mangkuknya berbahan stainless steel dengan kapasitas 6,7 liter sehingga cocok untuk usaha.

Harga Rp. 5.780.000-6.980.000

Kenwood KVL4100S Chef XL

Kenwood KVL4100S Chef XL cocok untuk kamu yang ingin membuat makanan dalam jumlah banyak. Kapasitas yang besar membuatnya memiliki konsumsi daya yang besar juga. Alat ini membutuhkan daya sekitar 1200 watt.

Planetary mixer ini memiliki mode total mixing action serta electronic speed control. Ini membuat kamu lebih mudah dalam mengoperasikannya. Desainnya elegan dan tampak mewah dengan lapisan doff warna abu-abu. Produk ini terbuat dari bahan logam sehingga bisa memberikan daya tahan tinggi. Mangkuknya juga berbahan aluminium sehingga adonan tidak mudah lengket dan lebih mudah dibersihkan.

Harga Rp. 7.949.000-8.888.000

Cosmos Planetary Stand Mixer Artisan CM-8000

Cosmos Planetary Stand Mixer Artisan CM-8000 ini merupakan rekomendasi terakhir kami. Mixer roti yang satu ini hadir dengan harga yang lebih terjangkau. Meski harganya murah namun kualitasnya tetap terjaga. Produk ini memiliki kapasitas 4 liter. Bahan pembuat mixer adalah logam yang tahan lama dan juga non toxic.

Mixer ini hadir dengan 6 pilihan kecepatan yang mudah disesuaikan. Motor mixer juga tahan lama dan tidak cepat panas. Motor ini juga telah dilengkapi proteksi overheat sehingga tidak mudah naik suhunya meski digunakan dalam waktu lama. Ada fitur bowl cover yang bisa memudahkan kamu menuang adonan. Produk ini juga dilengkapi dengan kaki anti selip sehingga lebih kokoh.

Harga Rp. 1.039.000-2.009.000
From our editorial team

Beli di Toko Tepercaya agar Bergaransi

Ketika membeli mixer roti, pastikan kamu membeli di toko yang tepercaya. Membeli di toko yang terpercaya akan membuat kamu lebih aman dan tidak was-was akan keaslian produknya. Tambahan lagi, kamu pasti mendapatkan garansi, baik garansi resmi dan juga garansi toko. Adanya garansi menjamin kualitas produk tersebut. Kamu juga tidak perlu khawatir jika ada kerusakan produk karena garansi akan membuat kamu tidak perlu membayar atau mengeluarkan biaya mahal untuk perbaikan selama masa garansi masih berlaku.