Tips Memilih Nugget Sehat dan 10 Rekomendasi Nugget Sayur yang Bisa Dikonsumsi Anak-anak (2022)

Tips Memilih Nugget Sehat dan 10 Rekomendasi Nugget Sayur yang Bisa Dikonsumsi Anak-anak (2022)

Nugget bisa jadi pilihan camilan atau lauk makanan yang paling ampuh saat anak-anak menolak makan. Tentunya, nugget dengan kandungan sayuran memiliki nilai gizi yang tinggi untuk anak-anak. Yuk, cek dulu beragam rekomendasi nugget sehat yang jadi rekomendasi untuk anak-anak Anda.

Nugget Sayur Memiliki Banyak Kandungan Gizi

Nugget awalnya dibuat sebagai olahan daging ayam yang sudah terlalu tua. Cita rasanya yang baru dan berbeda dari olahan ayam biasa, membuat nugget makin diminati sehingga kini tersedia banyak brand yang memproduksi nugget dari daging ayam pilihan. Seiring kepopuleran nugget yang terus meningkat, dikembangkan nugget dari bahan sayur-sayuran.

Nugget berbahan sayur sering disebut nugget vegan. Nugget ini tidak menggunakan daging ayam sebagai bahan, melainkan menggunakan bahan berbasis sayuran. Sehingga nugget yang satu ini dapat dinikmati oleh vegetarian maupun orang yang sedang diet tanpa daging ayam.

Nugget vegan dibuat dari bahan seperti protein kacang kapri, kacang kedelai, protein sayuran bertekstur, dan gluten gandum. Beberapa nugget vegan menggunakan jamur sebagai bahan utamanya.

Pemilihan bahan yang mengandung protein nabati memungkinkan nugget vegan untuk memiliki tekstur yang serupa dengan nugget ayam. Namun, berbeda dengan nugget ayam, nugget vegan mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat yang berasal dari sayuran.

Nugget vegan dapat dipilih sebagai pengganti lauk anak-anak. Bagi anak-anak yang sulit makan sayur, nugget ini bisa menjadi pilihan menu yang tepat.

Ide Menu Berbahan Sayur untuk Anak

Cukup banyak anak yang tidak suka makan sayur. Anak-anak sering kali menyisihkan sayuran yang tidak disukainya pada piring tanpa memakannya. Padahal, sayuran merupakan sumber dari berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi tubuh, terutama bagi anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.

Untuk mengatasi masalah anak yang enggan makan sayur, ibu harus lebih kreatif dalam memilih menu. Ibu bisa mengkreasikan bahan sayuran menjadi masakan yang lebih menarik dan disukai anak. Saat sayur tidak melulu disajikan dalam bentuk sup atau tumis, anak akan merasa lebih tertarik untuk mencoba.

Apalagi jika dikombinasikan dengan makanan kesukaan anak. Berikut beberapa ide menu berbahan sayur yang dapat menjadi solusi bagi anak yang tidak suka makan sayur.

Mie Bayam

Tidak hanya sulit diminta makan sayur, anak bahkan seringkali malas makan nasi. Saat bosan makan nasi, biasanya anak meminta dibuatkan mie instan. Padahal mie instan termasuk makanan dengan nilai gizi rendah yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering oleh anak. Belum lagi ditambah dengan adanya perasa buatan dan pengawet yang tidak sehat.

Ibu dapat mencoba membuat mie sendiri sebagai pengganti nasi. Untuk menambahkan nilai gizi, dapat ditambahkan bahan sayuran seperti bayam dalam adonan mie. Dengan demikian, anak bisa mengkonsumsi mie yang disukainya tapi tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuhnya.

Sup Krim Labu Kuning

Kreasi menu sayuran untuk anak yang dapat ibu coba selanjutnya ialah sup krim labu kuning. Menu ini cocok disajikan saat cuaca dingin atau saat anak sedang tidak enak badan.

Labu kuning mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan tubuh, terutama vitamin A. Labu kuning memiliki warna yang cantik dan menarik bagi anak. Ditambah lagi, rasanya yang manis cocok pada lidah anak-anak.

Kue dari Sayuran

Kue termasuk salah satu cemilan yang digemari anak-anak karena rasanya yang manis. Umumnya kue menggunakan bahan tepung, telur, margarin, gula, serta variasi rasa seperti cokelat atau keju.

Ibu bisa menambahkan sayuran ke dalam adonan kue untuk meningkatkan nilai gizi. Misalnya dengan menambahkan parutan wortel atau irisan tipis sayuran hijau. Kue ini bisa disajikan sebagai cemilan sehat untuk anak yang sulit makan sayur.

Jamur Krispi

Jamur krispi dengan cita rasanya yang gurih, garing, dan renyah menjadi cemilan favorit banyak orang. Jamur merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat nabati sehingga sangat baik untuk dipilih sebagai menu makan.

Ibu dapat membuat jamur krispi yang renyah sebagai cemilan sehat bagi anak. Agar menghasilkan jamur krispi dengan kerenyahan yang tahan lama, sebaiknya gunakan air es saat membuat adonan tepung.

Carrot Cake

Carrot cake adalah kue klasik dari Eropa. Seperti namanya, kue ini menggunakan wortel sebagai salah satu bahannya.

Terkadang dapat ditambahkan pula bahan lain bersama wortel, seperti kelapa parut, nanas, kacang pecan, dan frosting krim keju putih. Kue ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis.

Tekstur carrot cake yang lembut akan sangat cocok di lidah si kecil. Selain lezat, carrot cake merupakan cemilan kaya gizi.

Tips Memilih Nugget Sayur yang Sehat

Memperhatikan Komposisi Bahan yang Digunakan

Nugget termasuk makanan olahan yang ditujukan sebagai hidangan cepat saji. Meski begitu, bukan berarti nugget harus melalui proses pengolahan berlebihan serta penggunaan bahan-bahan yang tidak sehat.

Sebaiknya Anda tidak asal mempercayai label “alami” pada kemasan nugget, namun memastikan lebih dulu komposisi bahan yang digunakan. Hal ini terutama penting untuk dilakukan saat memilih nugget sayur.

Ada baiknya memilih nugget yang menggunakan bahan sayur yang Anda kenali sehingga bisa lebih mudah untuk menentukan indikasi nugget yang lebih enak.

Mempertimbangkan Jenis Tepung yang Digunakan

Nugget terbuat dari bahan utama ayam dan tepung. Sekarang tersedia berbagai pilihan tepung yang digunakan dalam olahan nugget. Beberapa produk nugget menggunakan tepung yang diperkaya vitamin dan mineral. Ada pula yang menggunakan tepung gandum utuh.

Nugget dengan gandum utuh atau tepung dari bahan sayuran lain merupakan opsi yang lebih sehat. Tepung gandum utuh mengandung vitamin, mineral, serta serat. Dalam sistem pencernaan, serat akan memberikan sensasi lebih kenyang dan membantu menjaga kelancaran pencernaan.

Mengecek Kandungan Nutrisi

Kandungan nutrisi berkaitan dengan dampak konsumsi produk untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jika menghendaki produk makanan sehat, maka Anda sebaiknya tidak melewatkan untuk mengecek kandungan nutrisi.

Pastikan kadar karbohidrat dan lemak dalam produk tidak terlalu tinggi. Biasanya nugget berbahan ayam memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Jika Anda menghendaki nugget vegan tanpa tambahan daging, maka ada baiknya memilih nugget yang dibuat dari bahan sumber protein nabati, seperti kedelai dan jamur.

Sekarang sudah tersedia produk nugget dengan kandungan protein tinggi, namun rendah lemak dan karbohidrat. Anda dapat mengeceknya pada kemasan produk.

Mengecek Kandungan Natrium

Natrium berfungsi untuk membuat makanan olahan menjadi lebih tahan lama dalam penyimpanan. Produk makanan olahan cepat saji seperti nugget biasanya memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Baik nugget ayam maupun nugget vegan, produk dapat memiliki kandungan natrium hingga 400 mg.

Natrium termasuk salah satu senyawa yang harus diwaspadai dalam memilih menu sehat, terutama bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Lebih disarankan untuk memilih nugget dengan kandungan natrium yang lebih rendah. Anda dapat mengeceknya pada kemasan, beberapa produk menggunakan hanya sekitar 250 mg natrium.

Rekomendasi Nugget Sayur Terbaik

Pelangi Salmon Nugget Wortel

Produk ini merupakan nugget yang terbuat dari bahan salmon premium dan sayuran segar wortel. Kandungan serat yang berasal dari bahan sayuran alami dapat menjadi solusi untuk anak yang tidak suka makan sayur.

Selain serat, nugget ini mengandung protein tinggi yang berasal dari ikan salmon dan ikan kakap putih. Memiliki rasa gurih alami dan kerenyahan dari tepung yang akan disukai anak-anak.

Produk ini juga tidak mengandung penyedap rasa, pengawet, maupun pewarna buatan sehingga lebih sehat.

Harga Rp. 14.750-39.000

Sesa Food Chicken Vegetable Nugget

Chicken Vegetable Nugget dari Sesa Food dibuat dari daging ayam pilihan tanpa campuran tulang. Dipadukan dengan bahan-bahan sayuran alam seperti tepung shirataki, wortel, brokoli, dan jagung manis.

Menggunakan bahan rempah asli seperti bawang putih, garam, dan basil, nugget ini juga bebas dari MSG. Kandungan protein yang tinggi, disertai serat dan mineral dari sayuran bermanfaat untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil.

Selain itu, Sesa Food Chicken Vegetable Nugget juga tidak menggunakan bahan pengawet.

Harga Rp. 89.000-149.000

Pelangi Nugget Ayam Susu Sayur

Nugget ayam yang satu ini dibuat menggunakan dengan tambahan bahan sayuran berupa brokoli dan wortel. Selain itu, ditambahkan pula susu sapi kaya kalsium untuk meningkatkan nilai nutrisi.

Nugget Pelangi yang satu ini terbuat dari daging ayam fillet rendah lemak, bumbu alami, dan campuran tepung yang terdiri dari pati jagung, tepung pelapis, dan breadcrumb.

Tidak hanya memiliki kandungan nutrisi tinggi, produk ini juga bebas dari pengawet dan pewarna sintetis.

Harga Rp. 32.000-39.000

D’Mamam Nugget Ayam Wortel

D’Mamam Nugget Ayam Wortel dibuat menggunakan bahan daging ayam segar tanpa kulit. Memiliki kandungan serat tinggi yang berasal dari oatmeal dan parutan wortel.

Dilengkapi pula dengan tambahan susu cair untuk meningkatkan kandungan nutrisi. Nugget ayam yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan kaya nutrisi.

Selain memiliki cita rasa gurih, nugget ini lebih sehat bagi si kecil karena tidak menggunakan tambahan MSG dan pengawet.

Harga Rp. 30.500-55.000

Fiesta Cheesy Chicken with Broccoli

Nugget dari Fiesta yang satu ini terbuat dari bahan daging ayam pilihan. Nugget ini memiliki isian berupa keju dan brokoli yang sehat dan kaya nutrisi.

Renyah gurihnya nugget dipadukan dengan kelembutan dan rasa khas keju serta manfaat sehat brokoli menjadi keunggulan utama produk ini.

Nugget ini juga menggunakan susu skim sebagai bahan. Kelezatan dari produk Fiesta sudah dikenal baik. Namun, nugget ini mengandung tambahan bahan pengawet dan pewarna sintetik.

Harga Rp. 52.000-127.000

D’Mamam Nugget Ayam Keju Brokoli

Satu lagi nugget sayur produksi D’Mamam. Seperti namanya, nugget ini dibuat dari daging ayam pilihan dengan tambahan keju cheddar dan brokoli.

Dilengkapi dengan parutan wortel, oat, dan susu segar, produk ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Tinggi akan protein, serat, vitamin, mineral, serta kalsium yang diperlukan bagi pertumbuhan si kecil.

D’Mamam Nugget Ayam Keju Brokoli dapat menjadi opsi menu sehat bagi anak karena tidak mengndung MSG, pengawet, dan pewarna buatan.

Harga Rp. 37.000-49.000

Fiesta Volcano Cheese Nugget Ayam isi Keju dan Sayuran

Satu lagi varian nugget sayur dari Fiesta. Nugget terbuat dari daging ayam pilihan sehingga memiliki tekstur lembut dan gurih.

Dilengkapi dengan isian berupa keju, sayuran, dan jamur shitake. Penambahan sayuran sebagai isian meningkatkan nilai nutrisi dan serat dalam nugget.

Jamur shitake memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Nugget ini cocok dijadikan lauk makan maupun camilan. Namun, karena konsumsi terlalu sering kurang dianjurkan karena mengandung pengawet dan pewarna sintetik.

Harga Rp. 53.000-138.000

Ci Wei Nugget Vegetarian

Nugget yang satu ini tidak menggunakan daging ayam sebagai bahan. Nugget Vegetarian Ci Wei dibuat dari jamur, kacang kedelai, tepung, dan minyak nabati.

Produk ini tidak menggunakan bahan pengawet, tapi mengandung perasa buatan. Nugget ini 100% terbuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, sehingga cocok untuk dipilih sebagai menu hidangan vegetarian.

Harga Rp. 50.000-135.000

Bumbonbee Nugget Ayam Wortel Non Terigu MPASI

Produk nugget ini dibuat untuk disesuaikan dengan anak usia dini, sehingga bisa digunakan sebagai menu MPASI (makanan pengganti air susu ibu). Nugget ini dibuat menggunakan daging ayam bagian dada, telur, dan wortel tanpa menggunakan tepung terigu.

Pembuatan nugget tidak menambahkan perasa sintetik maupun pengawet sehingga aman dan sehat untuk anak. Bisa dikonsumsi sebagai finger food bagi buah hati usia 8 bulan maupun untuk lauk orang dewasa.

Harga Rp. 32.000-55.000

Fourlet Nugget Ayam Sayur No MSG

Nugget ini terbuat dengan bahan daging dada premium yang tidak mengandung lemak. Menggunakan campuran sayur berupa wortel dan brokoli, serta potongan keju untuk meningkatkan nilai nutrisi. Nugget ayam ini dibuat tanpa tambahan tepung sama sekali.

Selain itu, nugget juga tidak mengandung MSG, bahan pengawet, maupun bahan kimia lainnya. Pemesanan nugget dari Fourlet ini menggunakan sistem pre-order selama 3 hari.

Harga Rp. 55.000-75.000
From our editorial team

Penuhi Gizi Anak dengan Memilih Nugget Sehat

Komposisi nugget yang berisi protein hewani dan beragam sayuran sudah memenuhi kebutuhan nilai gizi yang dibutuhkan anak-anak. Penting untuk tetap memilih nugget yang sehat sehingga walaupun anak menolak makan bersama karbohidrat utama, gizinya masih bisa terpenuhi karena komposisi nuggetnya sudah terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat.