Anda Punya Kulit Sensitif? Ini 9 Rekomendasi Produk Skincare yang Cocok untuk Anda (2020)

Anda Punya Kulit Sensitif? Ini 9 Rekomendasi Produk Skincare yang Cocok untuk Anda (2020)

Kulit sensitif mesti dilindungi dengan baik. Karena itu, tidak sembarangan produk bisa digunakan di kulit Anda. Salah-salah pilih, bisa berakibat fatal dan iritasi. Berikut ini, BP-Guide akan mengulas produk skincare untuk kulit sensitif. Simak, ya.

Orang yang Berkulit Sensitif Lebih Mudah Terkena Masalah Kulit

Apakah Anda memiliki kulit sensitif? Kulit sensitif berarti kulit Anda memiliki reaksi berlebih terhadap faktor tertentu, yakni hal-hal yang bisa menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit. Bisa berupa bahan kimia atau bahkan udara. Apalagi, yang biasanya memiliki kulit sensitif adalah wanita, sedangkan wanita justru yang paling banyak menggunakan beragam jenis kosmetik.

Karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pencegahan bisa dilakukan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih produk skin care. Bila produk skin care yang Anda pilih justru tidak ramah untuk kulit sensitif, maka hasilnya malah akan berdampak buruk bagi kulit Anda.

Langkah Merawat Kulit Sensitif

Pastikan Kulit Selalu Terhidrasi dengan Baik

Bila kulit Anda sensitif, maka pastikan kulit Anda terus terhidrasi. Jangan sampai kulit Anda kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, menggunakan pelembap bisa menjadi pilihan yang pas.

Anda bisa menggunakan semacam hydrating cream yang mengandung ceramide dan niacinamide. Bisa juga menggunakan pelembap yang mengandung minyak mineral dan asam linoleat. Zat lain yang sebaiknya juga mesti dikandung pelembap adalah petrolatum, dimethicone, dan gliserin yang baik dan aman untuk kulit sensitif.

Tidak hanya itu, Anda juga mesti banyak minum air putih, ya. Hal itu ditujukan agar Anda bisa menghidrasi kulit Anda dari dalam tubuh. Minumlah air putih minimal 2 liter per hari.

Pilih Produk Khusus Kulit Sensitif

Selanjutnya hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan adalah rangkaian produk yang Anda pilih untuk kulit Anda. Produk skincare yang Anda pilih mesti berlabel hypoallergenic atau tidak menimbulkan alergi. Biasanya, khusus untuk kulit sensitif, produk yang dipilih akan sedikit mengandung bahan kimia juga parfum tambahan. Ditambah lagi, biasanya formulanya akan terasa lebih lembut di kulit.

Nah, untuk itu Anda perlu memilih produk yang tepat untuk kulit Anda. Bila Anda memilih produk yang bukan ditujukan untuk kulit sensitif, maka dampaknya bisa berbahaya.

Teliti Kandungan Bahan Skincare dan Hindari Pemicu Iritasi

Apa saja bahan yang iritatif itu? Bahan iritatif adalah bahan yang mampu memberikan reaksi hingga iritasi pada kulit sensitif. Beberapa bahan iritatif tersebut biasa ada di dalam produk skincare tertentu. Misalnya bahan seperti antibakteri, benzoil peroksida, sulfur atau belerang, glycolic acid, retinoid, dan alkohol. Bahan-bahan tersebut biasa berada dalam satu produk skincare.

Tapi bila Anda adalah pemilik kulit sensitif, maka bahan-bahan tersebut mesti dihindari. Karena, kulit Anda akan mudah bereaksi ketika terpapar bahan-bahan tersebut. Jadi, lebih teliti ketika melihat kandungan bahan dalam suatu produk.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

Banyak yang bilang untuk menjaga agar kulit sensitif agar tetap terhidrasi, maka harus sering mencuci muka. Atau, untuk menjadikan kulit lebih lembut dan bersih, kadang seseorang juga melakukan eksfoliasi.

Namun, bagi pemilik kulit sensitif, hal tersebut nyatanya hanya akan membuat kulit Anda terkena iritasi. Anda hanya perlu cuci muka dua kali sehari, yakni saat pagi dan malam hari. Jangan terlalu sering menggunakan sabun, karena bisa merusak pelindung kulit sensitif Anda.

Untuk eksfoliasi, sebaiknya Anda hanya melakukannya maksimal 2 kali dalam seminggu. Akan sangat baik bila hanya 1 kali seminggu dan menggunakan produk yang sangat aman bagi kulit sensitif.

Hindari Sinar Matahari Langsung dan Selalu Gunakan Sunscreen

Kulit sensitif juga akan sangat berbahaya bila terkena paparan sinar matahari terlalu banyak. Oleh karena itu, hindari terkena sengatan matahari dan suhu panas dalam waktu lama. Apalagi, bila sengatan matahari tersebut terkena secara langsung.

Bila memang harus keluar rumah dan terpapar matahari, maka gunakanlah tabir surya. Untuk kulit sensitif, maka tabir surya yang khusus adalah SPF 30 dan di atasnya. Bila Anda lupa menggunakan tabir surya, maka cukup berbahaya bagi kulit Anda. Setidaknya, Anda mesti melindunginya dengan hal yang lain seperti memakai topi atau menggunakan payung agar tidak mendapatkan dampak buruk pada kulit sensitif Anda.

Rekomendasi Produk Skincare untuk Merawat Kulit Sensitif

Etude House Real Art Mild Cleansing Oil

Produk skincare untuk kulit sensitif yang bisa Anda pertimbangkan adalah Etude House Real Art Mild Cleansing Oil. Produk satu ini merupakan pilihan pembersih yang menenangkan sekaligus menyegarkan kulit Anda.

Produk ini didesain sebagai pembersih makeup yang berbahan dasar
ekstrak teh hijau dan ekstrak chamomile. Keduanya akan sangat baik untuk memberi efek menenangkan di kulit, sekaligus menghilangkan residu makeup serta kotoran di wajah Anda.

Anda bisa menggunakannya dengan mengoles ke tangan secukupnya, lalu usapkan ke wajah. Lalu, perlahan-lahan tambahkan air dan bersihkan wajah Anda. Untuk pembilasan akhir, bisa menggunakan air hangat.

Harga Rp. 3.000-5.000

The Ordinary Natural Moisturizing Factor + HA

Berikutnya ada produk The Ordinary Natural Moisturizing Factor +HA. Produk pelembap berbentuk krim ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kulit Anda.

Mengandung Hyluronic Acid (HA) yang sangat baik untuk melembapkan kulit, khususnya kulit kering. Anda bisa menggunakannya di pagi dan malam hari atau bisa juga pagi dan siang hari. Hal itu ditujukan untuk menyeimbangkan kadar minyak di kulit Anda.

Teksturnya seperti krim namun padat. Tapi, uniknya sangat gampang meresap ketika dioleskan di wajah Anda.

Harga Rp. 190.000-210.000

Wardah Purifying Toner

Selanjutnya ada merek yang sudah populer dan dipercaya untuk urusan kecantikan dan perawatan kulit wanita yakni Wardah. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Wardah Purifying Toner yang sangat baik untuk mengangkat sisa-sisa susu pembersih dengan sempurna.

Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki pH yang seimbang sehingga terasa sangat lembut di kulit serta tidak mengandung alkohol. Jadinya, sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif Anda.

Produk satu ini memiliki banyak kebaikan untuk kulit sebab terbuat dari bahan alami yakni ekstrak witch hazel. Bahan ini sangat baik untuk mengecilkan pori-pori serta menghaluskan wajah.

Harga Rp. 23.000-28.000

Sebamed Clear Face Care Gel

Produk berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Sebamed - Clear Face Care Gel. Produk satu ini merupakan pelembap yang sangat pas untuk wajah Anda yang berjerawat atau Anda yang memiliki kulit sensitif.

Produk satu ini mengandung asam Hyaluronis (HA), ekstrak lidah buaya, pathenol, dan alantoin yang sangat baik untuk melembapkan kulit, melembutkan kulit, menyembuhkan jerawat, sekaligus menghaluskan kulit Anda.

Ditambah lagi, kadar pH 5,5 yang seimbang dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit sensitif. Kelebihan lain dari produk ini adalah mampu menyejukkan wajah sehingga Anda akan lebih nyaman seharian.

Harga Rp. 160.000-175.000

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion

Sedang mencari produk sunscreen lotion? Anda bisa mempertimbangkan Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion. Produk satu ini diformulasikan agar aman digunakan untuk jenis kulit apa saja, termasuk kulit sensitif.

Produk ini dibuat dari bahan minyak biji bunga matahari, beeswax, dan non-nano zinc oxide. Jadinya sangat baik melindungi wajah dari paparan sinar UVA dan UV-B serta tahan terhadap air. Selain itu juga mampu menghidrasi kulit serta membentuk lapisan air untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Karena itu, produk ini akan sangat pas digunakan bila Anda ingin keluar rumah.

Harga Rp. 120.000-150.000

ElsheSkin Soothing Daily Protection

Berikutnya ada produk ElsheSkin Soothing Daily Protection. Produk satu ini adalah salah satu tabir surya dengan SPF30 yang sangat pas untuk kulit sensitif Anda. Produk ini mengandung sejumlah bahan yang aman bagi segala jenis kulit.

Bahan yang dikandungnya antara lain titanium dioxide, ethylhexyl palmitate, tocopheryl acetate, chamomilla recutita flower extract, dan ethylhexyl mtehoxycinnamate. Paduan dari bahan-bahan tersebut mampu melindungi kulit secara sempurna dari sinar UV, radikal bebas, polusi, dan kotoran.

Tidak hanya itu, sunscreen untuk kulit sensitif ini juga sangat baik mencegah iritasi. Kulit wajah akan sangat sehat, karena produk ini juga melembapkan kulit Anda.

Harga Rp. 66.000-85.000

Avene Clearance Gel

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah Avene Cleanance Gel 200 ML Nettoyant Cleansing Gel. Produk satu ini merupakan pembersih berbentuk gel yang sangat pas untuk kulit sensitif Anda.

Sebab, selain tidak mengandung sabun, produk ini juga tidak mengandung paraben. Keduanya tentu sangat berbahaya dan memiliki dampak buruk bagi kulit sensitif. Pembersihan wajah menggunakan produk ini tidak akan membuat kulit kering namun mampu membersihkan wajah secara maksimal.

Produk ini juga dapat mengontrol sekresi sebum, jadinya wajah tidak berminyak. Anda yang memiliki masalah dengan kulit berminyak dan jerawat bisa menggunakan produk ini.

Harga Rp. 300.000-450.000

Dr Jart+ Cicapair Calming Gel

Produk berikutnya cukup unik, yakni Dr Jart Cicapair Calming Gel Cream. Produk satu ini dipercaya sebagai krim gel antistres, yang mampu mengatasi masalah di kulit sensitif Anda. Selain mengobati ruam, jerawat, dan peradangan, produk ini juga sangat baik melembutkan wajah.

Produk ini juga diformulasikan untuk melindungi lapisan epidermis dari faktor lingkungan yang bisa memberi efek agresif. Ditambah lagi, kadar air dan minyak pada kulit wajah akan seimbang. Produk ini juga sangat baik untuk memerangi rosacea sekaligus memperkuat pembuluh darah dan mengurangi permeabilitas kapiler.

Harga Rp. 350.000-375.000

Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Berikutnya ada Avoskin PHTE yang dapat memelihara kulit agar tetap terhidrasi dan terjaga kesehatannya. Tidak hanya itu produk ini juga sangat baik menghilangkan jerawat, mencerahkan kulit, mengatasi bruntusan, dan mencegah penuaan dini.

Produk ini mengandung ascorbic acid, ekstrak chamomile, minyak wortel, dan rosehip oil. Jadinya mampu memberikan sensasi menyegarkan dan membuat kulit menjadi kenyal dan lembut. Pori-pori wajah pun akan mengecil dan wajah menjadi halus.

Selain berfungsi sebagai esens, produk ini juga bisa digunakan sebagai primer dan pelembap wajah.

Harga Rp. 109.000-129.000
From our editorial team

Pemilik Kulit Sensitif Harus Berhati-hati Dalam Memilih Produk Perawatan Wajah

Memilih produk perawatan kulit untuk kulit sensitif mesti dilakukan dengan lebih hati-hati. Produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Sebab produk-produk tersebut memang ditujukan untuk pemilik kulit sensitif, jadi formulanya benar-benar aman.