Mengemas dan Mengawetkan Produk Lebih Mudah dengan 7 Rekomendasi Mesin Vakum Portabel yang Praktis Digunakan

Mengemas dan Mengawetkan Produk Lebih Mudah dengan 7 Rekomendasi Mesin Vakum Portabel yang Praktis Digunakan

Ada banyak keuntungan menggunakan mesin vakum atau kedap udara untuk mengemas makanan atau produk lainnya. Ketahui keunggulan mesin vakum sealer dan rekomendasi produk yang tepat untuk digunakan terutama dalam skala industri.

Mesin Vakum, Metode Pengemasan yang Punya Banyak Kelebihan

Makanan yang sifatnya olahan biasanya tidak dapat bertahan lama dan dapat cepat kedaluwarsa. Oleh sebab itu, sebagian produsen makanan menggunakan bahan pengawet pada makanan yang dipasarkan. Tidak semua bahan pengawet aman untuk dikonsumsi bahkan berbahaya.

Teknologi pengemasan makanan dengan mesin vakum menjadi alternatif terbaik untuk mengurangi penggunaan bahan pengawet. Cara kerja mesin vakum adalah dengan menyedot semua udara dari dalam kemasan sebelum disegel.

Keuntungan Menggunakan Mesin Vacuum Sealer

Harga Sebanding dengan Kualitas yang Ditawarkan

Sumber gambar pacfood.com.au

Makanan yang dikemas dengan mesin vakum antara lain adalah makanan olahan seperti nugget, bakso, dan sosis. Tujuannya adalah membuat makanan lebih awet dan tahan lama. Harga mesin vakum memang relatif mahal, tetapi berguna untuk investasi jangka panjang.

Mahalnya harga mesin akan terbayar dengan kualitas makanan yang semakin meningkat dan tentunya lebih sehat karena bahan pengawet yang digunakan juga semakin sedikit.

Hemat Waktu dan Tempat

Sumber gambar www.youtube.com

Tidak hanya makanan olahan saja, mesin vakum juga bisa digunakan untuk mengemas sayur dan buah. Jenis dan bentuk mesin vakum juga beragam, disesuaikan dengan besar usaha. Untuk usaha rumahan, sebaiknya menggunakan mesin vakum yang kecil agar tidak memakan banyak tempat. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah waktu pengemasan yang singkat, yaitu hanya 3 detik saja.

Produk Makanan Lebih Tahan Lama dan Kemasan Lebih Rapi

Makanan akan lebih mudah basi dan kedaluwarsa jika terlalu banyak udara di dalamnya. Makanan seperti keripik dan kacang biasanya dikemas dengan metode seperti ini agar tetap gurih dan renyah. Pengemasan dengan menggunakan mesin vakum juga membuat makanan tampak lebih rapi dan praktis, dengan demikian meningkatkan nilai jual dari makanan itu sendiri.

Pilihan Mesin Vakum Portable yang Mudah Digunakan

Fomac DZ-280SE Vacum Sealer Powerpack

Sumber gambar www.blibli.com

Vacuum Sealer Portable yang mudah dibawa kemana saja ini memiliki daya 150 watt dengan voltase 220 V. Keunggulan yang ditawarkan antara lain menghilangkan udara dari kemasan sama sekali, menjaga makanan tetap bersih dan segar, memperlambat oksidasi makanan, dan menyegel plastik dengan rapat.

Kemasan tampak lebih rapi dan bersih. Dapat digunakan pada berbagai jenis makanan seperti manisan, bakso, buah, dan sayur. Fomac DZ-280SE Vacum Sealer Powerpack dijual dengan harga Rp 1.574.000 di Blibli.

Matrix DZ-280 SE

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Mesin pengemas makanan yang satu ini tidak hanya dapat digunakan pada makanan saja, tetapi juga benda-benda yang harus dilindungi dari air seperti barang elektronik dan kamera, perhiasan, dan obat-obatan. Kualitas barang dan makanan akan tetap terjaga dengan segel kedap udara.

Mesin vakum ini memiliki daya 150 watt dengan voltase 220. VACUUM SEALER MATRIX DZ-280 dijual dengan harga Rp 1.087.800 di Blibli dan Bukalapak.

Sinbo DZ 280 Vacuum Sealer

Sumber gambar www.amazon.com

Teknik pengemasan vakum untuk menyedot udara bermanfaat untuk mencegah makanan agar tidak cepat busuk dan menjaga kualitasnya tetap baik. Sinbo DZ 280 Vacuum Sealer dapat digunakan untuk mengemas makanan basah seperti manisan, pempek, rendang, atau bakso.

Daya listrik mesin ini sebesar 150 watt dengan voltase 220 V. Mesin vakum berukuran 38x10x18 cm ini praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 734.000 di Blibli.

Besser Vacuum Sealer Fresh 33

Sumber gambar mfk.co.id

Pengemas makanan bebas udara ini dibuat langsung di Italia dengan kualitas yang baik. Vacuum sealer ini memiliki pengaturan ganda, yaitu manual dan otomatis. Ukuran barang hanya 30x39x18 cm dengan berat 650 gram sehingga tidak memakan banyak tempat.

Bodi mesin terbuat dari bahan stainless steel yang tidak mudah rusak dan berkarat. Alat ini sangat bermanfaat bagi industri makanan rumahan yang tidak terlalu besar karena hanya memakan daya 250V/110V.

Besser Vacuum Sealer Fresh 33 dijual di Jualo dengan harga Rp 5.900.000 atau di Ramesia dengan harga Rp 5.700.000.

Pompa Vacuum Sealer Multifungsi - SX-100 OMOT6OBK

Sumber gambar www.titangadget.com

Makanan yang dikemas dengan menggunakan vacuum sealer akan lebih tahan lama dan terjaga rasa serta kualitasnya. Terutama jika Anda berbisnis makanan, mengemas produk dengan mesin vakum tidak hanya menjaga kualitas makanan saja tetapi juga membuat kemasan tampak lebih bersih dan praktis.

Pompa Vacuum Sealer Multifungsi - SX-100 OMOT6OBK dilengkapi dengan garansi 1 bulan untuk segala kerusakan. Hadir dalam warna hitam yang elegan. Vacum sealer multifungsi ini dijual di Shopee dengan harga Rp 822.900.

Hippo Vacuum Sealer AS-V-320

Penggunaan vacuum sealer menjadi pilihan bagi pengusaha atau pebisnis rumahan untuk mengemas produk mereka. Dengan metode pengemasan seperti ini, makanan tetap segar dan terjaga kualitasnya. Hippo Vacuum Sealer AS-V-320 dapat menjadi alternatif mesin vakum yang bisa digunakan.

Daya listrik mesin adalah 200 watt dengan voltase 240V. Pengemasan menjadi lebih mudah dan praktis, menghasilkan kemasan yang lebih rapi dan menarik. Produk ini dijual di Monotaro dengan harga Rp 9.990.000 dan di Bukalapak dengan harga Rp 12.897.000.

Mesin Vacum Sealer Makanan Wirastar HVC 260

Sumber gambar www.bukalapak.com



Mesin Vacum Sealer Makanan Wirastar HVC 260 dapat digunakan untuk mengemas makanan, bahan kimia, obat-obatan, barang elektronik, dan barang lainnya. Daya listrik mesin adalah 370 watt dengan sealing power 150 watt. Ukuran mesin 34x49x36 cm dengan berat 35 kg. Produk ini dijual dengan harga Rp 8.500.000 di Shopee dan Bukalapak.

From our editorial team

Pilih Mesin Vakum Sealer Sesuai Kebutuhan dan Fungsinya!

Untuk mempermudah usaha bisnis makanan dan lainnya, kemasan tentu harus lebih ditata dengan rapi agar produk lebih tahan lama, awet dan bisa menarik pelanggan. Pilih jenis mesin vakum yang sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangkan juga ukurannya sesuai dengan skala bisnis yang akan dijalani. Sedangkan untuk penggunaan rumah tangga, mesin vakum sealer berukuran mini bisa jadi pilihan.