Ingin Sensasi Berbeda saat Menyeruput Kopi? Ini Rekomendasi 10 Mesin Kopi Manual untuk Anda (2018)

Ingin Sensasi Berbeda saat Menyeruput Kopi? Ini Rekomendasi 10 Mesin Kopi Manual untuk Anda (2018)

Bagi para penikmat kopi sejati, tentu banyak yang dibutuhkan untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmat. Anda juga akan membuat sendiri kopi dengan cara menggiling biji kopi terbaik, bukan? Untuk itu, BP-Guide memberikan Anda tips dan rekomendasi mesin kopi manual untuk Anda.

Meracik Kopi Sendiri dengan Menggunakan Mesin Kopi tentu Menghasilkan Cita Rasa dan Sensasi Berbeda

Kopi merupakan sebuah minuman yang populer dikonsumsi dalam keseharian. Mengawali pagi tanpa minum kopi seakan terasa ada yang kurang. Minum kopi sudah menjadi suatu budaya yang ada di Indonesia.

Jika gemar minum kopi, pastinya Anda memiliki banyak cara untuk menikmatinya. Bisa membeli kopi instan atau meracik sendiri kopi supaya bisa menikmati cita rasa yang berbeda. Kalau Anda memilih untuk meracik sendiri pun Anda masih dihadapkan dengan dua pilihan, meracik bubuk kopi yang sudah siap pakai atau meracik dari awal yakni menggiling dulu biji kopi lalu mengolahnya.

Meracik kopi sendiri dari awal yakni dari tahap menggiling biji kopi, bisa menghasilkan sensasi berbeda. Baik dari segi aroma maupun dari segi rasa, kopi akan memiliki nilai cita rasa khas yang tak tergantikan.

Ada Dua Jenis Mesin Kopi yang Paling Umum Digunakan

Mesin Otomatis

Rasa kopi yang dibuat langsung dengan memproses biji kopinya memang akan berbeda dengan kopi yang diseduh dari bubuk instan. Untuk memproses biji kopi Anda bisa memakai mesin otomatis. Ini akan mempermudah pekerjaan Anda.

Mesin otomatis memiliki gaya modern dan desain yang keren. Mesin ini biasanya disebut dengan mesin pod coffee. Mesinnya praktis dan mudah penggunaannya. Mesin ini memerlukan penggunaan kapsul berisi kopi untuk membuat kopi. Merek-merek yang terkenal adalah Dolce Gusto dan juga Nespresso.

Mesin Manual

Mesin untuk membuat kopi ada juga yang hadir dalam bentuk manual. Mesin ini digerakkan tenaga manusia, oleh sebab itu dinamakan mesin manual. Mesin kopi manual juga dikenal sebagai manual brew.

Mesin kopi ini bisa dipakai di rumah ,kafe, atau coffee shop. Alat manual ini harganya lebih murah dari mesin otomatis. Desain mesin ini vintage dan pastinya memberi kesan klasik yang keren. Mesin ini memiliki fitur lengkap mulai dari boiler hingga manual lever.

Proses penggilingan kopi bisa dikendalikan untuk menjaga kualitasnya. Prosesnya cukup panjang yaitu penggilingan biji kopi, tamping, pengaturan suhu dan tekanan, dan pengaturan waktu ekstraksi.

Tips Memilih Mesin Kopi Manual untuk Anda yang Suka Gaya Lama

Pilih Mesin Kopi Manual dengan Material Non Plastik

Jika sudah memutuskan untuk membeli mesin kopi manual maka sebaiknya pilih yang berkualitas. Material mesin kopi harus Anda perhatikan. Anda bisa memilih mesin kopi manual yang bahannya non plastik karena
semua jenis plastik dibuat dari minyak bumi dengan campuran berbagai bahan kimia yang bersifat racun.

Mesin Kopi dengan Garansi akan Lebih Baik

Ketika membeli mesin kopi, Anda juga harus memperhatikan garansi. Mesin kopi manual yang dilengkapi dengan garansi akan lebih baik Anda pilih ketimbang mesin kopi yang tak dibekali garansi. Anda tak perlu was-was lagi masalah perbaikan jika nantinya ada hal yang tak diinginkan terjadi.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Kopi Harian

Mesin kopi manual bisa Anda miliki jika Anda memang pecinta kopi sejati. Anda bisa menggunakannya di rumah untuk memenuhi keinginan meracik dan menyeduh kopi sendiri supaya cita rasanya lebih keluar.

Saat akan membeli mesin kopi manual, sebaiknya pertimbangkan dari sisi kebutuhan kopi harian Anda. Pikirkan berapa banyak gelas yang akan Anda butuhkan dalam sehari. Ini akan mempengaruhi pilihan mesin kopi manual yang akan Anda beli.

Anda bisa menyesuaikan mesin kopi dengan kapasitasnya. Jika konsumsinya hanya segelas atau tiga gelas saja, maka pilih yang kapasitasnya kecil supaya pas dengan kebutuhan. Namun, jika mesin kopi dibutuhkan untuk usaha kafe, maka Anda bisa pilih yang kapasitasnya lebih besar.

10 Rekomendasi Mesin Kopi Manual untuk Anda yang Menginginkan Cita Rasa Berbeda

Bialetti Moka Express Espresso Maker 3 Cups

Sumber gambar lazada.co.id

Bialetti 6799 Moka Espresso ini merupakan rekomendasi pertama dari kami. Mesin kopi manual ini memang memakan waktu yang lebih lama dibanding pilihan mesin espresso pada umumnya. Kendati begitu, mesin yang masin tradisional cara pemakaiannya ini akan makin memperkaya cita rasa kopi itu sendiri.

Bialetti merupakan sebuah merek asal Italia sebagai simbol keanggunan dalam desainnya yang klasik. Mesin ini mampu memberikan hasil olahan kopi yang otentik dalam beberapa menit saja. Potnya berbahan aluminium 8 sisi sehingga bisa menyebarkan panas secara merata.

Produk ini berkapasitas 3 cup dengan kapasitas air 200ml. Mesin kopi ini bahannya Food Grade Aluminium Alloy dengan ukuran 16 x 8,5 x 15,7 cm. Produk ini terdapat di Lazada dengan harga Rp 450.000.

Nano Xpresso Mesin Kopi Manual Espresso

Sumber gambar blibli.com

Nano Xpresso Mesin Kopi Manual Espresso ini adalah rekomendasi berikutnya dari kami. Mesin pembuat espresso ini desainnya minimalis sehingga terasa ringan. Mesinnya dirancang khusus supaya pembuatan espresso jadi tak merepotkan.

Cukup dengan menekannya beberapa kali tekanan, maka espresso mantap dan nikmat siap untuk disajikan. Mesin ukuran 19 x 7 x 9,5 cm ini memiliki berat 370 gram. Produk ini berbahan plastik dan BPA free. Dengan kapasitas air 80ml, produk memiliki kapasitas kopi bubuk sekitar 10 gram. Produk buatan Cina ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 849.600.

E1 Rok Presso Mesin Alat Kopi Manual

Sumber gambar tokopedia.com

E1 Rok Presso Mesin Alat Kopi Manual ini juga bisa Anda lirik sebagai pilihan. Mesin dari brand ROK ini berbahan polished alumunium. Produk dengan ukuran 26,5 x 20 x 31 cm ini memiliki berat 3 kilogram.

Mesin kopi ini hadir dalam warna hitam yang elegan. Produk yang satu ini.didesain di Inggris dengan memiliki kotak yang bisa melindungi Rok Presso dari kerusakan. Mesin pembuat kopi ini tanpa listrik dan ramah lingkungan. Kita tak perlu membeli filter kertas yang hanya akan merusak lingkungan. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 3.750.000.

Nomad Manual Espresso Maker Portable

Sumber gambar tokopedia.com

Nomad Manual Espresso Maker Portable ini merupakan mesin kopi manual yang bisa Anda miliki. Diproduksi oleh Kickstarter, mesin ini cukup populer sejak peluncuran pertamanya di 2014 lalu. Mesin ini memiliki desain minimalis yang simpel untuk dioperasikan.

Mesin ini bisa menghasilkan espresso berkualitas. Produk ini memakai sistem tekanan dan karakteristik temperatur yang telah dioptimalkan. Anda bisa menghasilkan cream yang tebal dan kaya. Produk ini mudah digunakan dan bisa menghasilkan espresso shots yang konsisten. Mesinnya portable dan mudah dibawa kemana saja. Produk ini memiliki kapasitas air 300 ml dan ukuran filter basket sebesar 50mm. Mesin bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 4 juta.

TOKUNIKU Ceramic Manual Handy Coffee Grinder

Sumber gambar blibli.com

TOKUNIKU Ceramic Manual Handy Coffee Grinder ini merupakan mesin pilihan lainnya untuk Anda. Mesin penggiling biji kopi ini memiliki bahan stainless steel sehingga lebih awet digunakan. Kapasitas yang bisa ditampung yakni kurang lebih 20 gram biji kopi.

Grinder dari mesin ini berbahan keramik yang tahan panas, awet, dan juga kuat. Produk akan memutar tuas penggiling searah jarum jam. Kehalusan bubuk yang diinginkan juga bisa diatur. Produk ini memiliki ukuran 175 x 43 x 14 cm. Mesin yang satu ini memiliki berat 250 gram. Produk ini bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 236.000.

JPW Coffee French Press Mesin Kopi

Sumber gambar blibli.com

JPW Coffee French Press Mesin Kopi ini merupakan produk yang bisa jadi pilihan tepat Anda. Mesin yang bisa dipakai untuk menyeduh kopi ini menggunakan metode saring, sehingga kopi yang dihasilkan akan tanpa ampas.

Produk ini mudah dioperasikan dan bisa dipilih level kekasaran bubuk kopinya. Produk ini memiliki kapasitas 350 ml untuk 3 cup. Produk ini bisa dibeli di Elevenia dengan harga Rp 120.000.

Bellman CX-25 Espresso Maker

Sumber gambar bukalapak.com

Bellman CX-25 Espresso Maker ini merupakan produk yang tepercaya. Produk ini berbahan stainless steel sehingga lebih kokoh dan awet. Ukurannya 30 x 20 cm dan memiliki berat 1,35 kilogram.

Produk Bellman yang satu ini memiliki desain klasik khas Italia. Mesin ini mengadaptasi prinsip yang sama dari mesin kopi tipe atomik ciptaan Giordano Robbiati.

Produk ini bisa menghasilkan kopi yang intens dan menghasilkan uap yang cukup kuat sehingga bisa menghasilkan frothed milk dan memanaskan susu untuk keperluan minuman berbahan susu. Mesin ini bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 1.790.000.

Cafflano Kompresso Espresso Maker

Sumber gambar blibli.com

Cafflano Kompresso Espresso Maker ini adalah salah satu alat yang bisa Anda miliki. Produk mesin kopi manual ini modelnya compress dan espresso. Mesin ini berbahan kombinasi stainless steel, siliko,n dan juga bioplastic ecozen.

Produk yang satu ini memiliki ukuran 17 x 10 cm dengan berat 200 gram. Mesin yang satu ini memiliki kapasitas air 80 ml dan kapasitas basket filter 15 gram. Mesin yang dibuat di Korea ini tergolong yang paling ringan namun performanya cukup bagus. Produk ini mudah dibersihkan dan juga dipergunakan. Mesin ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 949.000.

Hario TCA-5 Syphon Technica Mesin Kopi

Sumber gambar blibli.com

Hario TCA-5 Syphon Technica Mesin Kopi ini adalah salah satu mesin kopi manual yang bisa Anda miliki. Mesin berkualitas tinggi ini memiliki ukuran 16 x 11 x 36 cm dengan berat 700 gram. Produk ini memiliki kapasitas 600 ml atau setara 5 cup.

Mesin ini bisa menghasilkan kopi yang memiliki rasa dan kualitas yang sangat baik. Material kacanya anti panas sehingga suhu bisa lebih dikendalikan. Produk ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 760.000.

Willman Coffee Grinder ZY 600

Sumber gambar blibli.com

Willman Coffee Grinder ini juga tak boleh ketinggalan untuk dimiliki. Produk ini bisa dipakai di rumah maupaun kafe. Bisa juga digunakan di warung kopi. Sangat praktis sehingga mudah pengoperasiannya.

Mesin compact ini hadir dalam warna merah dan hitam dan memiliki garansi 1 tahun. Corongnya dapat menampung 250 gram biji kopi, sementara kapasitas gilingnya adalah 350 gram per menit. Produk dengan ukuran 36cm x 26cm x 16cm ini memiliki berat 3 kilogram. Produk ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 575.000.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Membuat Kopi Sendiri, Memberi Sensasi Tersendiri

Membuat kopi sendiri dengan alat sendiri di rumah tentunya memberikan kesan dan sensasi yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa menetapkan sendiri seberapa halus kopi yang ingin Anda minum. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memastikan kopi tersebut tetap steril, bukan?

Tag