Mau Tampilan Semakin Seram? Inilah 9 Rekomendasi Topeng Seram yang Cocok untuk Pesta Kostum (2021)

Mau Tampilan Semakin Seram? Inilah 9 Rekomendasi Topeng Seram yang Cocok untuk Pesta Kostum (2021)

Sumber gambar www.wearegurgaon.com

Pesta kostum tidak selalu dirayakan saat Halloween saja, namun jika kamu menerima undangan untuk pesta kostum bisa saja kamu memilih tampil dengan nuansa seram. Untuk melengkapinya, BP-Guide punya rekomendasi topeng-topeng seram yang pastinya cocok banget untuk pesta kostum nih. Cek dulu, yuk!

Pesta Halloween Identik dengan Kostum dan Topeng Seram

Halloween yang dianggap sebagai hari paling menyeramkan dirayakan pada tanggal 31 Oktober setiap tahunnya. Dulu, perayaan Halloween hanya dilakukan dengan mengenakan kostum-kostum yang tampak mengerikan.

Namun sekarang, kostum yang dipakai di perayaan Halloween jauh lebih beragam. Selain kostum hantu yang mengerikan, banyak juga yang memakai kostum-kostum karakter unik tertentu, mulai dari karakter fiksi sampai ke tokoh unik yang khas dengan ciri-ciri tertentu.

Sejarah Halloween sebagai Festival yang Sering Menggunakan Topeng Seram

Dicetuskan Pertama Kali oleh Bangsa Celtic

Sumber gambar https://www.dictio.id/

Bangsa Celctic merupakan bangsa pertama yang mencetuskan perayaan Halloween di tanggal 31 Oktober. Mereka percaya bahwa di tanggal ini, batas antara dunia yang hidup dan yang mati menjadi kabur dan roh orang-orang mati pun banyak yang kembali ke bumi.

Selain itu, awal November juga menjadi akhir dari musim panas dan musim panen sekaligus awal musim dingin yang gelap dan dingin, sehingga seringkali dikaitkan sebagai masa-masa kematian manusia. Itulah mengapa setiap 31 Oktober – sebelum awal November, bangsa Celtic merayakan Festival Samhain atau yang kini dikenal dengan nama Halloween.

Orang-orang bangsa Celtic merayakan Festival Samhain untuk mengusir roh-roh orang mati yang kembali ke bumi. Sebab, kehadiran roh tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah merusak tanaman mereka.

Namun di sisi lain, waktu perayaan festival ini juga mempermudah para Druid – pendeta Celtic – untuk membuat prediksi akan masa depan dengan sangat akurat. Hasil prediksi atau ramalan ini kemudian menjadi sumber kenyamanan yang penting bagi bangsa Cetic untuk menghadapi musim dingin yang panjang dan gelap.

Labu Menjadi Simbol Halloween

Selain kostum menyeramkan, ada banyak sekali hal-hal unik lain yang erat kaitannya dengan Halloween, misalnya labu. Mengapa labu bisa menjadi simbol Halloween padahal labu hanyalah buah yang sama sekali jauh dari kata menyeramkan?

Jadi, simbol labu pada setiap perayaan Halloween ini sebenarnya berasal dari Amerika Utara yang memang merupakan area penghasil labu. Labu menjadi simbol Halloween karena dianggap sebagai hasil panen dari orang-orangan sawah yang juga menjadi simbol lain perayaan Halloween. Orang-orangan sawah itu adalah penjaganya. Jadi labu dan orang-orangan sawah merupakan simbol yang berhubungan di dalam perayaan Halloween ini.

Dalam perayaan Halloween, biasanya labu diukir sedemikian rupa menjadi bentuk wajah. Matanya berbentuk segitiga dengan mulut yang tersenyum lebar. Ia menjadi tampak menyeramkan dan sedikit unik di waktu yang bersamaan.

Tentang Jack-O-Lantern

Berkaitan dengan perayaan Halloween, kita sering mendengar nama Jack-O-Lantern didengung-dengungkan. Namun, sebenarnya siapa sih Jack-O-Lantern itu?

Jadi, sebenarnya Jack adalah nama seseorang yang kisahnya cukup populer di kalangan masyarakat barat. Jack dipercaya sebagai seorang petani yang cerdas, namun juga malas. Saking cerdasnya, Jack berhasil menipu setan hingga membuat setan berjanji tidak akan memasukkan Jack ke dalam neraka.

Namun naasnya, setelah meninggal, Jack juga dilarang masuk surga karena ia telah berbuat banyak dosa semasa hidupnya. Setan yang sangat membencinya pun melarangnya untuk masuk ke dalam neraka. Alhasil roh Jack ini terus terombang-ambing karena baik surga maupun neraka enggan menerima kehadirannya.

Trick or Treat

Awalnya, trick-or-treat adalah sebuah mantra yang diyakini dapat menenangkan roh-roh jahat. Sekarang justru dijadikan semacam permainan untuk bersenang-senang di perayaan Halloween. Beberapa orang bahkan menganggap permainan trick-or-treat ini mengurangi keseraman dan kesakralan perayaan Halloween.

Permainan trick-or-treat dilakukan dengan cara berkeliling membawa labu ke rumah-rumah tetangga, memakai kostum unik dan meneriakkan kalimat “trick or treat”. Biasanya pemilik rumah yang dihampiri akan segera keluar dan memberikan permen.

Cara ini kebanyakan dilakukan oleh anak-anak yang ingin mengumpulkan permen. Dulu, biasanya hanya anak-anak yang kurang mampu yang merayakan Halloween dengan hal ini. Tapi sekarang trick-or-treat menjadi budaya banyak orang tanpa memandang keadaan ekonominya.

Beberapa Jenis Topeng Seram yang Terkenal

Topeng Wayangan

Sumber gambar https://id.wikipedia.org

Indonesia memiliki ragam pertunjukan unik, salah satu yang paling terkenal adalah pertunjukan wayang topeng. Setiap pemainnya mengenakan topeng yang berbeda-beda. Penampilan mereka akan diiringi dengan musik gamelan dan tari-tarian. Pertunjukan ini kemudian dikenal dengan nama wayang topeng.

Dulu, wayang topeng dipakai sebagai media komunikasi antara raja dan rakyatnya. Apabila raja ingin memberi pesan tertentu kepada rakyat, maka dibuatlah pertunjukan ini dengan kisah yang diambil dari pesan yang ingin disampaikan oleh raja.

Namun seiring berjalannya waktu, pertunjukan yang biasanya berdurasi mulai dari 20 menit hingga berjam-jam ini justru lebih sering dipakai sebagai hiburan atau pementasan di acara-acara kesenian. Wayang topeng sering ditampilkan di beberapa acara seperti pagelaran budaya sampai pesta pernikahan untuk menghibur tamu undangan.

Topeng Plague Doctor

Plague Doctor merupakan istilah untuk menyebut para dokter yang khusus merawat pasien-pasien korban sebuah wabah. Di abad pertengahan, ketika banyak wabah mematikan bermunculan, Plague Doctor ini banyak dipercaya untuk menangani permasalahan wabah tersebut. Salah satu wabah mematikan yangt terjadi di abad ke-14 adalah Death Black. Saking mematikannya, Death Black telah membunuh sebagian besar populasi di Eropa.

Plague Doctor dipercaya untuk menangani wabah Death Black yang tengah terjadi di kala itu. Pada umumnya, Plague Doctor memerlukan “kostum” khusus untuk menghindari penularan wabah ketika sedang menangani para korban. Di masa wabah Death Black terjadi, “kostum” yang dipakai oleh Plague Doctor ini cukup unik.

Bukan jubah putih seperti dokter pada umumnya, mereka mengenakan kostum yang didominasi warna hitam. Selain itu, mereka juga mengenakan topeng dengan paruh burung panjang – dikenal dengan nama Plague Mask atau Long Beaked Mask. Selain pakaian yang serba hitam, topeng ini pun juga banyak menyedot perhatian publik.

Topeng Alexander Peden

Pada tahun 1663, seseorang bernama Alexander Peden membuat sebuah topeng yang tampak sangat menyeramkan dengan kumis, jenggot, dan bulu mata yang benar-benar terbuat dari rambut manusia. Meski tampak sederhana, alasan di balik pembuatan topeng tersebut sebenarnya jauh dari kata sederhana.

Alexander Peden adalah seorang pendeta dari Skotlandia. Suatu hari, ia diminta oleh Raja Charles untuk meninggalkan ajaran Protestan yang dianutnya. Karena memilih untuk menolak perintah tersebut, ia pun ditetapkan sebagai seorang pemberontak dan menjadi salah satu buronan yang paling dicari oleh kerajaan Inggris.

Di tengah persembunyiannya, ia tetap menyebarkan khotbah mengenai ajaran agama Protestan dengan cara menyamar dan memakai topeng. Itulah mengapa kemudian Alexander Peden membuat topeng yang tampak menyeramkan, yaitu untuk menyamar atau menutupi identitas dirinya agar tidak tertangkap oleh pasukan kerajaan Inggris.

Topeng Hannya

Topeng Hannya adalah topeng dengan karakter tertentu yang memiliki ragam ekspresi wajah. Ada Shiro Hannya untuk karakter elegan dan lembut, Aka Hannya untuk karakter pemarah, dan Kuro Hannya untuk karakter pemurung. Topeng ini biasanya dipakai di pementasan Kabuki. Selama pertunjukan, satu pemain bisa berganti topeng beberapa kali untuk menunjukkan ekspresi atau perasaan apa yang ingin pemain tersebut utarakan.

Nama Hannya diambil dari nama pembuatnya, Hannya-bo, yang juga seorang biksu yang hidup di periode Muromachi (1336-1573). Hannya sendiri sebenarnya adalah kata-kata di dalam agama Buddha. Topeng Hannya menggambarkan karakter wajah seorang wanita namun dengan tanduk tinggi yang membuatnya jadi menyeramkan. Biasanya, ekspresi wajah yang ditampilkan di topeng Hannya ini mengungkapkan kesedihan dan kemarahan akibat rasa cemburu.

Rekomendasi Topeng Seram

Topeng Tengkorak Half Mask

Tahukah Anda, bahwa dengan topeng separuh wajah atau half mask, Anda sudah bisa tampak menyeramkan? Hal ini tentu saja bergantung dengan bentuk dan ekspresi yang ditampilkan oleh topeng itu sendiri.

Salah satunya adalah topeng berikut. Topeng tengkorak dengan gigi dan hidung yang menyeramkan ini sudah bisa membuat penampilan Anda seram meski hanya berupa half mask.

Bahannya terbuat dari plastik PVC berkualitas dan sudah dilengkapi dengan ikat kepala yang terbuat dari karet. Ikat karetnya sangat nyaman dipakai, menghindari Anda dari kegerahan atau pusing karena pemakaian berjam-jam.

Harga Rp. 21.000-124.000

Topeng Bujang Ganong-ganongan

Reog Ponorogo adalah salah satu kesenian khas Indonesia yang penuh dengan topeng-topeng menyeramkan. Salah satunya adalah topeng pelengkap yang biasa dikenal dengan nama Topeng Bujang Ganong. Bujang Ganong dulunya adalah patih dari Prabu Kelono Sewandono yang menciptakan kesenian reog. Oleh karena itu, karakternya masih dipakai hingga sekarang di pertunjukan-pertunjukan reog.

Topeng Bujang Ganong ini memiliki wajah berwarna merah dengan gigi taring yang menyeramkan dan mata yang nampak melotot. Di sekitar wajah dipasangi rambut-rambut panjang berwarna putih dan coklat untuk menambah efek seram dari topeng tersebut. Rambutnya terbuat dari bulu-bulu sintesis, sehingga tidak mudah bau.

Sedangkan topengnya sendiri terbuat dari material kayu yang kuat dan awet. Ukuran topeng cukup universal, sehingga dapat dipakai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika Anda sedang mencari topeng untuk pentas seni ataupun acara pengenalan budaya lokal, topeng unik ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk Anda.

Harga Rp. 45.000-140.000

Topeng Seram Hantu Zombie Tengkorak Daging Meleleh

Topeng ini bisa dibilang sangat menyeramkan. Ini adalah topeng tengkorak dengan daging yang tampak meleleh. Warna merah yang menggambarkan daging ini cukup nyata.

Biasanya topeng ini dipakai untuk menggambarkan zombie atau mayat hidup pemangsa otak manusia yang sering muncul di dalam film horror maupun film fantasi. Topeng ini terbuat dari bahan latex full head, artinya menutupi keseluruhan kepala hingga ke bagian belakang.

Harga Rp. 225.000-300.000

Topeng Babi Mask Party

Dari tengkorak kita beralih ke karakter hewan yang cukup menyeramkan, yakni babi dengan rambut panjang dan muka yang menyeramkan. Sama dengan topeng tengkorak sebelumnya, topeng babi ini juga terbuat dari bahan lateks.

Bahan yang dipilih pun adalah lateks berkualitas tinggi sehingga tampak asli dan sangat menyeramkan. Pemakaiannya juga nyaman, anti gerah sama sekali. Topeng ini juga memiliki elastisitas yang sangat baik, sesuai dengan lingkar kepala sebagian besar orang dewasa.

Untuk menghindari bau yang muncul di bahan lateks, Anda perlu menyimpannya di tempat yang cukup sejuk dan cukup mendapatkan sinar matahari. Topeng ini cocok untuk dipakai pada perayaan Halloween, pesta kostum, pesta cosplay, atau untuk acara prank.

Harga Rp. 85.000-250.000

Topeng Nenek Sihir Mak Lampir

Selanjutnya adalah topeng nenek sihir Mak Lampir yang juga tak kalah menyeramkan. Masih terbuat dari bahan lateks, detail topeng ini cukup baik dengan garis muka yang menyeramkan dan tambahan beberapa titik keriput di dahi dan pipi.

Bagian mata juga dibuat menyeramkan dengan aksen warna hitam dan luka seperti darah. Untuk menambah tampilan seperti nenek sihir, topeng ini juga dilengkapi dengan beberapa helai rambut yang panjang dan kusut, benar-benar tampak seperti nenek sihir.

Harga Rp. 65.000-241.000

Vendetta Mask Topeng

Selain karakter hantu, ada juga karakter lain yang seringkali diwujudkan dalam sebuah topeng. Salah satunya adalah karakter hacker di sebuah film yang sering dikenal dengan nama Anonymous.

Karakter ini cukup populer, sehingga banyak pengrajin yang memutuskan untuk membuat topeng Anonymous seperti produk ini. Ia terbuat dari plastik berkualitas tinggi, sehingga menghasilkan warna putih yang cerah dan tidak mudah pecah. Topeng ini dilengkapi dengan tali belakang yang kuat namun tidak terlalu ketat, sehingga nyaman dipakai dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 10.000-24.500

Tomo Topeng Momo Urban Legend

Momo adalah salah satu tokoh hantu yang sangat terkenal dari kisah urban legend di Jepang. Oleh karena itu, kemudian karakternya dijadikan topeng yang menyeramkan.

Karakter Momo memiliki mata putih bulat yang nampak seperti hampir keluar dari kantongnya. Mulutnya tersenyum dengan sangat lebar hingga ke telinga yang membuat wajahnya nampak semakin creepy.

Kepalanya dilengkapi dengan beberapa helai rambut panjang lurus berwarna hitam.

Harga Rp. 45.000-81.000

Topeng Seram Halloween Pennywise Clown IT

Selanjutnya, ada pula topeng yang mengadaptasi dari karakter sebuah film horor. Kali ini ada karakter badut menyeramkan di sebuah film berjudul It, dengan nama karakter Pennywise.

Pennywise ini adalah seorang badut yang diceritakan gemar menyantap anak kecil. Dengan wajah berwarna putih dan garis menyeramkan di bagian mulut sampai ke kening, topeng ini tampak sangat nyata dan menyeramkan. Rambutnya berwarna oranye dan ada garis-garis di wajahnya.

Topeng Pennywise ini terbuat dari bahan lateks berkualitas yang anti gerah. Hanya tersedia dalam satu ukuran, yakni ukuran orang dewasa. Ketika dikirim, topeng akan dibungkus menggunakan bubble wrap sehingga tetap aman sampai ke tangan Anda.

Harga Rp. 200.000-400.000

Topeng Seram Halloween Nun Valak

Jika sebelumnya ada karakter Pennywise dari film It, kali ini ada juga topeng Valak dari karakter film The Nun. Valak adalah seorang biarawati dengan jubah dan kerudung serba hitam. Topeng Valak ini terbuat dari bahan latex dengan ukuran untuk orang dewasa.

Karena bahan lateksnya berkualitas, maka topeng pun bisa tampak sangat mirip dengan aslinya. Wajahnya berwarna putih dengan lingkaran hitam di sekitar mata.

Matanya juga dibuat sedikit melotot dengan tatapan tajam dan menyeramkan. Sempurna untuk dipakai ke perayaan Halloween ataupun pesta kostum yang menyenangkan.

Harga Rp. 170.000-345.000
From our editorial team

Lengkapi Topeng dengan Pakaian yang Menyeramkan

Selain bagian wajah yang tertutup topeng seram, pakaian yang digunakanmu harus mendukung. JIka kamu tidak memiliki pakaian yang sama persis dengan karatker topengnya, kamu bisa pilih pakaian serba hitam atau serba putih sebagai pelengkapnya. Pesta kostummu pasti akan semakin meriah!