No More Acne dengan 10 Rekomendasi Bedak Penghilang Jerawat Terbaik! (2022)

No More Acne dengan 10 Rekomendasi Bedak Penghilang Jerawat Terbaik! (2022)

Artikel ini akan menyediakan informasi seputar jerawat, bagaimana cara mengatasinya dan istilah apa saja yang umum digunakan di dalam produk kosmetik terkait jerawat. Lebih dalam lagi, artikel ini juga menghadirkan rekomendasi produk terbaik berupa bedak penghilang jerawat. Kenapa harus bedak? Hal ini mengingat bedak adalah benda wajib bagi pemilik kulit berjerawat yang rata-rata memang produksi sebum wajahnya berlebih. Yuk, simak lengkapnya sebagai berikut!

Jerawat Membandel, Apa Penyebabnya dan Harus Bagaimana?

Salah satu gangguan pada kulit wajah yang cukup luas dialami oleh seseorang, baik pria atau wanita, remaja atau dewasa adalah jerawat. Sepele sih, tapi mengganggu, terutama bagi kamu yang mengutamakan penampilan. Sebetulnya, apa sih yang menyebabkan jerawat itu muncul di wajah?

Jerawat disebabkan oleh banyak sekali faktor, dari dalam tubuh misalnya, hormon dan genetik. Faktor luar, misalnya lingkungan, seperti cuaca dan debu. Masih banyak juga faktor lain yang berpengaruh, antara lain pola tidur, pola makan, stress, kebiasaan buruk, dan salah dalam menggunakan skincare serta makeup.

Tidak boleh disepelekan, akan tetapi bukan berarti kamu harus panik. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah datangnya jerawat adalah dengan rajin menjaga kebersihan wajah, terutama juga tangan ketika harus menyentuh wajah.

Selanjutnya pola makan, pola tidur yang baik juga bisa meminimalisir jerawat. Jika masih saja muncul karena pengaruh dari dalam tubuh, maka kamu perlu perawatan tambahan seperti penggunaan skincare yang tepat untuk kulit berjerawat.

Penting untuk Dicatat, Istilah Seputar Produk untuk Kulit Berjerawat!

Acne Prone Skin

Seringkali kita jumpai produk dengan label "aman untuk acne prone skin". Kamu sendiri tahu nggak maksud dari acne prone skin? Jadi, acne prone skin adalah permasalahan kulit, di mana kulit menjadi lebih mudah berjerawat yang disebabkan oleh bakteri.

Ya! Selain penyebab yang sudah banyak disebutkan di atas, jerawat juga bisa disebabkan oleh bakteri. Biasanya, kulit yang seperti ini ditandai dengan banyaknya produksi minyak sehingga berlebih dan tampak kilap.

Selain itu, kulit juga lebih sensitif, seperti memerah, gatal dan muncul jerawat dalam jumlah banyak. Tak perlu khawatir, kamu bisa melakukan perawatan harian dengan skincare yang mengandung anti bakteri, termasuk juga make up, seperti kandungan salicylic acid.

Non-Comedogenic

Selain salicylic acid, kandungan lain dalam skincare dan make up yang baik untuk kulit berjerawat adalah benzoyl peroxide dan sulfur. Ketiganya baik untuk kulit berjerawat karena merupakan kandungan dalam produk yang non-comedogenic. Sering dengar ya, tapi apa sih arti sebenarnya dari non-comedogenic?

Terdapat dua jenis komedo, yaitu blackhead dan whitehead. Meski berbeda-beda jenisnya, secara umum, komedo memiliki pengertian pori-pori yang tersumbat. Oleh karena itu, produk dengan klaim non-comedogenic diharapkan dapat mencegah pori-pori tersumbat.

Lalu, apa hubungannya dengan jerawat? Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati yang memiliki potensi untuk tumbuh jerawat. Dengan begitu, produk non-comedogenic disarankan untuk menjadi pilihan kulit berjerawat!

Sebum Control

Istilah terakhir adalah sebum control. Rasanya, banyak sekali ya produk-produk yang beredar melabeli produknya dengan label ini. Sebum sendiri sebenarnya adalah minyak alami pada kulit, yang berfungsi dalam menjaga kelembapan kulit.

Meski berperan baik, beberapa faktor dapat menyebabkan produksi sebum meningkat hingga berlebih sehingga menimbulkan permasalahan baru, seperti jerawat. Salah satu yang bisa kamu lakukan dengan kondisi tersebut adalah menggunakan berbagai produk yang mengandung sebum control. Salah satu kandungan yang bagus dalam menjaga keseimbangan sebum di kulit adalah niacinamide.

10 Rekomendasi Bedak Penghilang Jerawat, No More Acne!

ERHA Acneact Acne Pressed Powder

Rekomendasi pertama dari kami untuk bedak penghilang jerawat adalah Erha Acneact Acne Pressed Powder. Sebuah produk bedak dengan formulasi non-comedogenic dan non-acnegenic khusus untuk pemilik kulit berjerawat dan berminyak. Penasaran, apa saja sih manfaat yang diklaim oleh produk ini?

Erha Acneact Acne Pressed Powder memberikan klaim bahwa produknya mampu menyamarkan pori, meratakan warna kulit, menyerap minyak berlebih sekaligus mencegah jerawat muncul kembali. Masa sih?

Nggak heran ya, Erha berani memberikan klaim tersebut karena memang produknya mengandung sebum absorber dan salicylic acid yang bagus untuk mengatasi jerawat. Review mengatakan bahwa produk ini bagus dalam mencegah munculnya jerawat baru.

Sementara itu, untuk kemampuannya menyerap minyak, dianggap cukup standar sehingga kamu perlu melakukan retouch bedak cukup sering. Kamu cobain juga yuk!

Harga Rp. 79.000-90.000

Wardah Acnederm Face Powder

Terjual lebih dari 10.000 produk di official store Shopee, rekomendasi dari kami selanjutnya jatuh pada bedak penghilang jerawat dari Wardah. Wardah Acnederm Face Powder, sebuah bedak translucent dengan partikel-partikel yang sangat halus dan diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Apa saja sih kandungan yang terdapat dalam bedak dengan klaim nomor 1 pilihan wanita Indonesia ini?

Wardah Acnederm Face Powder mengandung hero ingredients, antara lain derma cleanse actives dan salicylic acid. Keduanya berfungsi untuk mencerahkan, menyerap minyak, sekaligus mengurangi bakteri penyebab jerawat dan komedo. Untuk menambahkan rasa ingin mencoba kamu, perlu kamu ketahui bahwa produk ini memiliki finish matte sehingga bebas kilap lho!

Harga Rp. 33.000-44.000

Acnes Compact Powder

Berikutnya dalam list kami, yaitu Acnes Compact Powder. Kalau ini, merk sejuta umat banget deh buat pemilik kulit berjerawat. Acnes Compact Powder, berbeda dengan dua merek yang disebutkan sebelumnya, memiliki tiga varian shade yang bisa kamu pilih. Shade tersebut meliputi lovely pink, natural beige dan sweety honey.

Nggak cuma mempertimbangkan masalah jerawat, bedak satu ini juga menghadirkan pilihan untuk berbagai jenis tone kulit. Tak hanya menyerap minyak berlebih dan mengurangi bakteri penyebab jerawat, bedak penghilang jerawat dari Acnes ini juga mengandung UV Protector. Acnes Compact Powder merupakan bedak dengan kemasan compact yang sangat praktis dan cocok untuk digunakan sehari-hari.

Harga Rp. 30.000-38.000

Pixy UV Whitening 4 Beauty Benefit Loose Powder

Keempat, rekomendasi kami untuk bedak penghilang jerawat adalah Pixy UV Whitening 4 Beauty Benefit Loose Powder. Sesuai namanya, bedak ini menawarkan empat jenis manfaat. Kamu penasaran apa saja manfaat itu?

Keempat manfaat tersebut adalah whitening, protecting, moisturizing dan beautifying. Meski tidak secara spesifik untuk menghilangkan jerawat, bedak ini bisa kamu gunakan untuk menyamarkan noda-noda pada wajah termasuk juga jerawat dan bekasnya karena memiliki coverage medium.

Dikemas dengan kemasan kotak berwarna hitam dan tutup pink, produk ini cukup stand out dari segi kemasannya! Tekstur produk dinilai cukup ringan dengan finish akhir matte.

Harga Rp. 23.000-36.000

Marcks Beauty Powder Bedak Tabur

Selanjutnya, salah satu bedak penghilang jerawat yang cukup legendaris, tentu harus masuk dalam rekomendasi kami. Produk yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Marcks Beauty Powder Bedak Tabur, bedak tabur yang sudah bertahun-tahun dipercaya oleh pemilik kulit berjerawat.

Meski berfungsi untuk menyerap minyak berlebih dan mengatasi jerawat, bedak satu ini sebenarnya diformulasikan agar cocok untuk semua jenis kulit lho! Kini, Marcks Beauty Powder Bedak Tabur hadir dengan lima jenis shade yang mewakili setiap tone warna kulit Indonesia.

Shade tersebut adalah natural beige, pink, white, cream dan invisible. Minusnya, karena dijual dengan harga cukup terjangkau, produk ini masih memiliki beberapa kekurangan.

Sebagian review mengatakan bahwa partikel bedak tabur ini cukup kasar. Selain itu, wangi produknya juga cukup menyengat. Namun, kamu tak perlu khawatir karena produk ini tetap worthed to try!

Harga Rp. 13.000-28.000

Looke Holy Perfecting Pressed Powder

Beralih ke salah satu brand yang cukup booming, yaitu Looke Cosmetics. Looke berhasil mendapatkan nilai 4,7 dari total 5 di situs Female Daily untuk produknya yang satu ini lho! Ya, apalagi kalau bukan Looke Holy Perfecting Pressed Powder.

Looke Holy Perfecting Pressed Powder hadir untuk semua jenis kulit, terutama untuk kamu yang ingin menyamarkan noda-noda jerawat dan bekasnya sekaligus meratakan warna kulit. Dengan coverage yang medium, selain manfaat yang sudah disebutkan, produk ini juga mengandung UV protection dan squalane oil sehingga kelembaban tetap terjaga.

Bedak ini memiliki beberapa shade dengan nama-nama unik, seperti Febe, Aurora dan Maia. Dikemas dalam kemasan berbentuk kotak berukuran 8 gram, produk ini juga terbukti sangat sedikit sekali transfer lho. Gimana, mau coba juga?

Harga Rp. 122.000-196.000

Envygreen Natural Acne Powder

Berikutnya, rekomendasi bedak penghilang jerawat yang mungkin belum kamu tahu, tetapi bisa kamu jadikan pilihan nih! Rekomendasi berikutnya adalah Envygreen Natural Acne Powder yang hadir dengan kemasan bulat transparan dengan tutup hijau mint yang so cute.

Envygreen Natural Acne Powder boleh jadi pendatang baru, namun sudah berhasil mendapatkan bintang 5 di situs Female Daily lho! Lebih lanjut lagi tentang produk satu ini, yaitu memang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Formulasinya diklaim dapat menyerap minyak berlebih dan tidak menyumbat pori-pori. Untuk kamu yang suka coba-coba produk baru, boleh ya masukkan Envygreen ini ke dalam wishlist kamu!

Harga Rp. 70.000-80.000

Somethinc Under Control HD Blur Loose Powder

Ngaku deh siapa disini yang ngefans sama aktris cantik Korea Han So Hee! Jangan ngaku-ngaku ya kalo kamu belum tahu salah satu produk yang dipromosikan dia, yaitu Somethinc Under Control HD Blur Loose Powder.

Somethinc sendiri merupakan salah satu local brand yang terus berkembang dan berinovasi, termasuk juga dalam urusan make up. Somethinc Under Control HD Blur Loose Powder hadir dengan 8 pilihan shade yang bisa kamu cocokkan dengan tone kulit kamu.

Keunggulan bedak tabur dari Somethinc ini utamanya pada partikel produk yang diklaim sebagai nano smooth particles, menempel di wajah tanpa khawatir chalky apalagi cakey! Meski fungsi utamanya untuk menahan minyak berlebih dan menyamarkan pori, produk ini memiliki satin finish dengan kandungan Tocopherol yang juga cocok untuk kulit kering.

Harga Rp. 95.000-115.000

Inez Translucent Acne Care Face Powder

Belum menemukan bedak penghilang jerawat dengan kandungan yang kamu inginkan? Yuk, simak rekomendasi kami tentang Inez Translucent Acne Care Face Powder. Meski dinamai Translucent, tetapi produk ini memiliki 3 varian shade yang bisa kamu pilih.

Apa saja sih kandungan yang menjanjikan dari bedak tabur milik Inez ini? Inez Translucent Acne Care Face Powder mengandung salicylic acid, ekstrak cinnamon dan glycine dan sebagainya.

Kandungan-kandungan tersebut berperan dalam merawat kulit jerawat, di antaranya sebagai anti bakteri. Sudah bersertifikasi halal, kemasan brand ini juga cukup elegan dengan warna sapphire blue meski harganya terjangkau.

Harga Rp. 42.000-55.000

Fanbo Acne Solution Loose Powder

Rekomendasi dari kami yang terakhir untuk bedak penghilang jerawat adalah Fanbo Acne Solution Loose Powder. Sebagai pemain lama, Fanbo nggak mau ketinggalan menghadirkan produk yang up to date nih.

Melalui Fanbo Acne Solution Loose Powder, Fanbo menawarkan tiga selling points, yaitu Natural & Gentle, Non-Comedogenic dan Sebum Control. Dari situ saja, sudah tahu ya bahwa bedak ini memang diformulasikan buat pemilik kulit berminyak, khususnya dengan jerawat.

Dengan formulasi yang super ringan, Fanbo berhasil meraih nilai 4,5 lho di situs Female Daily. Hadir dengan dua buah shade, banyak pengguna yang sangat puas dengan tekstur dan manfaat yang disajikan oleh produk satu ini. Jangan sampai kelewatan untuk kamu coba ya!

Harga Rp. 31.000-45.000
From our editorial team

Jerawat, Tak Sepele dan Jangan Panik!

Datangnya jerawat, seringkali menguras emosi, terutama bagi kita yang sangat peduli akan penampilan. STOP! Jangan emosi, apalagi panik sampai gemas main pencet jerawat yang muncul. Kebiasaan-kebiasaan tersebut, justru memicu jerawat semakin bertambah dan memperparah kondisi. Meski tampak sepele, membiarkan jerawat tumbuh hingga kempes ada baiknya. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apa-apa. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah manajemen stres, perbaiki pola makan dan tidur agar jerawat berkurang. Sisanya, kamu bisa mempercayakan kepada produk-produk perawatan kulit, baik skincare ataupun make up dengan kandungan yang baik bagi kulit berjerawat.