Buat Ruangan di Rumahmu Lebih Cerah dengan 10 Rekomendasi Taplak Meja Cantik Ini

Buat Ruangan di Rumahmu Lebih Cerah dengan 10 Rekomendasi Taplak Meja Cantik Ini

Ada banyak cara untuk membuat rumah lebih indah, salah satunya dengan menambahkan elemen dekorasi yang menarik. Lapisi meja dengan taplak yang cantik agar ruangan semakin ciamik. BP-Guide punya rekomendasinya untukmu.

Ruangan Terlihat Lebih Hidup dengan Pemilihan Taplak Meja yang Tepat

Sumber gambar dhgate.com

Ada banyak cara membuat rumah menjadi lebih indah estetis. Tidak hanya lewat perabotan yang besar, tetapi juga hiasan-hiasan kecil yang sering dilupakan. Salah satunya adalah taplak meja. Kadang keberadaan taplak meja kerap diremehkan, bahkan dianggap tidak penting. Padahal taplak meja bisa membuat ruangan menjadi lebih berwarna lho.

Selain sebagai hiasan, taplak meja juga membantu menjaga kebersihan furnitur yang ditutupnya. Agar taplak meja terlihat mencolok dan menonjol pilih yang warnanya cerah dengan motif-motif berwarna. Jadi, kamu pengen mejamu tampak cantik juga nggak nih?

Berbagai Jenis Taplak Meja

Taplak Meja Rajut

Sumber gambar amazon.com

Taplak meja rajut mengingatkan kita pada rumah nenek yang selalu kita kunjungi saat liburan. Bahan rajut yang klasik ini tidak lekang oleh waktu dan tidak membuat ruangan tampak jadul. Justru semakin unik karena keberadaannya.

Rawat taplak rajut agar seratnya tetap awet dan berbentuk dengan mencucinya menggunakan tangan. Cuci dengan deterjen ringan tanpa pemutih yang bisa melindungi taplak rajut, lalu jangan keringkan dengan cara digantung ya. Agar tidak melar, bahan rajut sebaiknya dijemur di atas bidang yang rata dan biarkan semua airnya terserap matahari. Setelah itu, simpan di tempat yang kering dan bersih.

Taplak Meja Kain

Sumber gambar lazada.co.id

Taplak meja yang satu ini adalah yang paling terkenal dan banyak dipakai. Bentuk, ukuran, warna, dan motifnya pun juga sangat beragam. Mulai dari warna dasar seperti hitam dan putih, sampai warna-warna mencolok untuk membuat ruangan lebih hidup.

Taplak meja berbahan kain tidak hanya tahan lama, tetapi lebih mudah dibersihkan. Taplak meja yang sangat kotor sebaiknya direndam dengan cairan pembersih selama semalam suntuk. Sedangkan untuk taplak yang relatif tidak ternoda bisa direndam selama 30 menit saja. Kucek lembut dengan tangan, lalu bilas dan jemur di bawah sinar matahari.

Taplak Meja Plastik

Sumber gambar simplytablecloths.co.uk

Kamu yang tidak mau ribet harus sering-sering membersihkan taplak meja cocok banget pakai yang satu ini. Taplak meja plastik banyak direkomendasikan untuk ruangan-ruangan yang rawan basah seperti dapur dan meja makan. Kalau kotor, tinggal lap saja dengan kain dan kondisinya akan kembali seperti semula.

Tapi karena tampilan taplak plastik yang sangat biasa, jangan memasangnya di ruang tamu atau ruang keluarga ya. Meski mudah dibersihkan, taplak plastik tidak terlalu awet karena mudah sobek.

Pentingnya Taplak Meja

Melindungi Meja dari Debu

Sumber gambar aliexpress.com

Fungsi utama taplak meja adalah melindungi meja dari debu dan kotoran lainnya. Sering terkena debu dan kotoran bisa mengikis bahan furnitur, terutama yang terbuat dari kayu. Jika tertutup dengan taplak, kamu bisa melindungi mejamu dari paparan matahari, asap rokok, coretan, dan noda-noda yang lainnya. Taplak meja membuat furnitur tampak selalu baru dan kinclong.

Membantu Menyembunyikan Kekurangan pada Permukaan Meja

Sumber gambar aliexpress.com

Kadang meski sudah dirawat dan dijaga dengan sangat baik, kotoran pada meja tidak bisa dihindari. Apalagi kalau yang susah dihilangkan seperti bekas coretan dan asap rokok. Tutupi ketidaksempurnaan mejamu dengan menggunakan taplak meja. Dari luar, meja tetap kelihatan cantik dan menarik karena sudah tertutup kain yang bersih.

Mempercantik Meja

Sumber gambar decoration.com

Terakhir, taplak meja membuat meja terlihat lebih estetik. Kamu tinggal sesuaikan saja model dan motifnya dengan tema ruangan. Taplak meja hadir dalam berbagai varian bentuk, warna, motif, dan bahan. Apapun warna yang dipilih, pastikan taplak meja terbuat dari bahan yang berkualitas agar bertahan lama. Jangan lupa juga untuk memilih ukuran taplak sesuai dengan meja. Jangan sampai kekecilan atau kebesaran.

10 Rekomendasi Taplak Meja yang Pas untuk Mempercantik Ruangan

HomeStuff 929 Oval Tablecloth Taplak Meja Makan

Sumber gambar www.blibli.com

Buat tampilan meja makan semakin indah dengan taplak meja keluaran HomeStuff ini. Taplak warna putih dengan ukuran 150x270 cm ini terbuat dari bahan poliester berkualitas. Desain yang chic dengan bentuk oval, terlihat sangat klasik dan unik.

Dibuat dengan teknik rajut mesin khusus untuk membuatnya awet dan tahan lama. HomeStuff 929 Oval Tablecloth Taplak Meja Makan dapat dibeli di Blibli seharga Rp 95.000 dan di Bukalapak seharga Rp 104.000.

Nietuniw Ivygreen Table Runner Taplak Meja

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi taplak meja yang bisa kamu pasang di ruang tamu atau ruang keluarga. Taplak meja dengan desain trendy ini datang dari brang Nietuniw. Terbuat dari bahan katun berkualitas, taplak ini akan menghadirkan suasana berbeda di rumahmu. Hadir dalam 2 motif bolak-balik yang bisa digunakan bergantian, dengan hiasan tassel unik pada kedua ujungnya.

Taplak meja ini punya ukuran 140x40 cm. Kamu bisa memiliki Nietuniw Ivygreen Table Runner Taplak Meja dengan membelinya di Blibli seharga Rp 52.250.

Freemir Taplak Meja Renda Linen

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kalau kamu ingin taplak meja yang terlihat mewah, coba pilih yang terbuat dari bahan linen. Seperti taplak ini. Terbuat dari kain linen yang berkualitas dan tahan lama, kamu bahkan bisa menggunakannya seumur hidup kalau pintar merawat.

Permukaannya yang sangat halus membuat meja tampak mewah dan indah, juga mudah dalam perawatan. Cukup cuci taplak dengan mesin cuci dan air dingin, lalu haluskan menggunakan setrika bersuhu rendah. Taplak meja ini punya berbagai macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan mejanya.

Detail pola bunga dan renda membuatnya terlihat semakin chic dan menarik. Freemir Taplak Meja Renda Linen yang cantik ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 58.900 dan di Blibli seharga Rp 58.900.

Ellenov Kanvas Tebal Taplak Meja

Sumber gambar www.blibli.com

Tidak hanya rawan kotor, taplak meja juga rawan kusut. Maka dari itu, kamu harus pandai memilih bahan taplak seperti kanvas tebal ini. Bahan ini memang tidak mudah kusut, dengan desain yang elegan dan full pattern untuk mewarnai ruangan. Detail tassel pada kedua ujungnya memberikan kesan klasik yang indah.

Selain sebagai penutup meja, kamu bisa menggunakan taplak ini untuk tutup over atau tutup kulkas juga. Ada dua pilihan ukuran, yaitu 35x150 cm dan 40x150 cm. Bahan awet dan tidak mudah luntur.

Dapatkan produk Ellenov Kanvas Tebal Taplak Meja ini di Lazada seharga Rp 137.750 untuk warna Dark Green atau di Blibli dengan harga Rp 62.900 untuk warna merah. Taplak yang sama dengan ukuran 30x80 cm berwarna navy bisa dibeli di Shopee seharga Rp 62.900.

Shafiyyah.Sarban Rumbai 16 Taplak Meja Makan - Multicolor

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hias meja lamamu agar tampak lebih cantik dan indah dengan taplak dari Shafiyyah Sarban ini. Taplak dengan desain yang elegan, dibuat untuk menghias meja makan agar terlihat lebih berwarna. Terbuat dari bahan katun PVC dan poliester berkualitas, taplak ini dilengkapi dengan rempel di keempat sisinya dan dijahit dengan rapi.

Ada banyak pilihan motif dan warna menarik yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Ukuran taplak 140x180cm, ideal untuk menutup meja makan besar. Yuk, segera miliki produk dengan nama Shafiyyah.Sarban Rumbai 16 Taplak Meja Makan - Multicolor ini di Tokopedia seharga Rp 85.000 dan di Blibli seharga Rp 95.000.

Valery Taplak Meja

Sumber gambar www.blibli.com

Taplak yang satu ini berbeda dengan taplak yang lain karena bahannya yang lembut dan berbulu. Hadir dalam ukuran 50x150cm, terbuat dari bahan rasfur dengan desain comfy dan elegan. Tidak hanya untuk meja, taplak dari brand Valery ini juga bisa digunakan untuk menutup dasbor mobil.

Pilihan 22 warnanya sangat menarik dan membuatmu ingin mengoleksi semuanya. Kamu bisa memiliki Valery Taplak Meja dengan membelinya di Lazada seharga Rp 18.000 atau di Blibli seharga Rp 23.000.

Nietuniw Artiesti Table Runner Motif Bolakbalik Taplak Meja [140 x40 cm]

Sumber gambar www.blibli.com

Berbeda dengan taplak, table runner punya ukuran yang lebih kecil. Fungsinya memang tidak untuk menutup meja secara keseluruhan, namun hanya sebagian permukaannya saja. Taplak jenis ini banyak digunakan sebagai hiasan, bukan untuk penutup meja.

Nietuniw Artiesti Table Runner Motif Bolakbalik Taplak Meja 140x40 cm hadir dalam desain simpel dengan motif bolak balik. Ada detail tassel di kedua ujungnya, membuat taplak semakin cantik dan menarik. Taplak hias ini terbuat dari bahan katun CVC berkualitas, dapat dibeli di Lazada seharga Rp 52.500 atau di Blibli seharga Rp 55.000.

ANCollections TM-43 Table Runner

Sumber gambar www.blibli.com

Kamu mungkin masih bingung bagaimana cara menempatkan table runner. Karena ukurannya yang kecil, table runner memang berfungsi sebagai hiasan saja. Umumnya cocok digunakan untuk meja yang berbentuk persegi panjang dan terbuat dari bahan kayu. Tapi dengan ukuran yang pas, kamu bisa menghias meja persegi dengan table runner juga.

ANCollections TM-43 Table Runner hadir dalam ukuran 120x40 cm, bisa digunakan untuk menghias meja tamu, meja makan, atau sebagai penutup sofa. Tersedia 2 motif berbeda dengan tassel di kedua ujungnya. Table runner ini terbuat dari bahan katun berkualitas, dapat dibeli di Blibli seharga Rp 45.000.

Lucky Bird Motif Camellia Taplak Meja

Sumber gambar m.tokopedia.com

Taplak meja yang terbuat dari bahan vinyl anti air cocok untuk dipasang di ruang makan. Selain mudah dibersihkan, meja makan akan terlihat lebih menarik dan berwarna dengan taplak ini.

Lucky Bird Motif Camellia Taplak Meja hadir dalam ukuran 120 x 152 cm untuk menutup meja makanmu. Desainnya yang trendy dan menarik, lengkap dengan berbagai pilihan motif yang unik. Kamu bisa membeli taplak dengan motif bunga Camellia yang indah ini di Tokopedia seharga Rp 28.000 atau di Blibli seharga Rp 31.500.

Glerry.co Blue Light Table Runner Taplak Meja

Sumber gambar www.tokopedia.com

Table runner cocok untuk kamu yang suka dengan gaya minimalis. Ukurannya yang kecil hanya menutup sebagian permukaan meja saja, tapi tetap bisa membuatnya terlihat indah dan menarik. Glerry.co Blue Light Table Runner Taplak Meja hadir dalam ukuran 200x30cm, terbuat dari kombinasi bahan kanvas dan katun.

Miliki taplak stylish ini dan gunakan untuk menghias permukaan mejamu. Kamu bisa membelinya di Blibli seharga Rp 190.000. Kamu juga bisa membeli table runner dengan ukuran yang lebih kecil, 100x30 cm di Tokopedia seharga Rp 130.000.

From our editorial team

Pilih Motif Taplak Meja Sesuai dengan Dekorasi Rumahmu

Taplak meja memang bisa menjadi elemen dekorasi yang bagus untuk ruangan. Tapi kalau tidak disesuaikan dengan tema keseluruhan, malah tampak aneh dan tidak matching. Jangan lupa pilih taplak meja favoritmu, rekomendasi terbaik dari BP-Guide di atas ya!