10 Rekomendasi Ukiran Jepara nan Menawan untuk Dekorasi Rumah Bernuansa Klasik (2019)

10 Rekomendasi Ukiran Jepara nan Menawan untuk Dekorasi Rumah Bernuansa Klasik (2019)

Desain rumah Anda bergaya klasik? Perabotan dan hiasan dari ukiran Jepara cocok sekali menjadi dekorasi untuk rumah Anda. Ukiran Jepara yang menawan juga akan menambah keindahan ruangan di rumah Anda. Berikut adalah rekomendasi ukiran Jepara terbaik pilihan Bp-Guide.

Sejak Abad ke-19, Daerah Jepara Sudah Dikenal sebagai Produsen Mebel dan Ukiran

Sumber gambar www.kaligrafiukir.com

Ukiran Jepara merupakan hasil seni ukir asal Jepara yang sudah dikenal sejak abad ke-19 dan kini sudah dikenal di seluruh dunia berkat publikasi yang pernah dilakukan oleh RA Kartini. Seni keterampilan ini dimiliki oleh para pengrajin asal Jepara yang didapatkan secara turun temurun untuk menghasilkan mebel dan ukiran Jepara.

Menurut sejarahnya, yang mengajarkan seni ukir pada masyarakat Jepara adalah Tjie Hwio Gwan atau patih Sungging Badar Duwung pada masa kerajaan Kalinyamat.

Di Jepara, keterampilan ini tidak hanya sekadar kegiatan mengukir dan memahat, tapi sudah menjadi bagian dari seni budaya dan ekonomi. Karena itulah kota Jepara dikenal sebagai kota Ukir dan The World Carving Center.

Hampir di setiap sudut kota Jepara kita bisa menemukan sentra produksi Jepara untuk mebel dan ukiran lainnya seperti patung, relief, dan sebagainya. Peminat ukiran Jepara tidak hanya masyarakat lokal tapi juga mancanegara. Terbukti dengan produk ukiran Jepara yang telah memiliki 113 negara tujuan ekspor dan yang paling terbesar adalah AS.

Beberapa Motif Ukiran Jepara yang Khas

Motif Makara

Sumber gambar today.line.me

Ukiran Jepara memiliki banyak sekali motif yang berbeda. Salah satu motif ukiran Jepara yang sering ditemukan adalah motif makara. Gaya ukiran ini merupakan perpaduan dari dua unsur budaya, yakni budaya Islam dan Hindu Jawa.

Makara sendiri merupakan makhluk mitologi Hindu yang ada dalam tokoh dongeng sehingga sering ditemukan pada relief candi di Indonesia. Wujudnya berupa gabungan dari dua hewan seperti gajah dan naga atau gabungan bentuk hewan lainnya. Dalam kisahnya, makhluk air asal India ini merupakan kendaraan bagi dewi Gangga dan dewa Baruna.

Motif Ukir Naga

Sumber gambar mebelidaman.com

Motif ukiran Jepara lainnya adalah motif ukir naga. Naga merupakan hewan mitologi yang juga dipercaya sebagai simbol penguasa dan dikenal di seluruh dunia. Motif ini juga terdapat pada pintu bledek di masjid Demak dan sering juga diaplikasikan pada gebyok, relief dan lukisan suku Dayak. Motif ukir naga pada gebyok ini juga banyak diminati para pecinta seni ukir.

Motif Gunungan

Sumber gambar alif.id

Motif gunungan, motif daun, dan motif tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar pegunungan dan dataran tinggi menjadi motif dari ukiran Jepara yang banyak digunakan. Contohnya adalah motif bentuk daun yang lancip meruncing ke atas mirip daun pandan dan motif pohon kamboja yang seringkali tumbuh di sekitar pekuburan. Motif gunungan ini juga dapat ditemukan pada ukiran yang ada di masjid Mantingan.

Motif Burung

Sumber gambar www.barcafurniture.com

Motif lainnya yang juga sering digunakan sebagai motif ukiran Jepara adalah motif burung. Motif ini ditemukan pada daun meja tempat jahitan Kartini. Motif burung juga ada pada salah satu karya seni bingkai ukiran yang pernah dikirim Kartini pada Pameran Nasional Karya Wanita (Nationale Tentoonstelling voor Vrownarbeid) tahun 1898. Langkah ini juga menjadi awal mula dikenalnya seni ukiran Jepara di dunia internasional.

Rekomendasi Ukiran Jepara yang Klasik dan Menawan untuk Dekorasi Rumah

Jendela Krepyak Cermin Hias Jati Ukir Mentah

Sumber gambar https://shopee.co.id

Ingin menambah dekorasi rumah dengan ukiran Jepara? Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Jendela Krepyak Cermin Hias Jati Ukir Mentah. Krepyak merupakan jendela dengan rangkaian jalusi yang tersusun secara horizontal. Jalusi berfungsi sebagai pengatur cahaya dan sirkulasi udara.

Jalusi ada yang ditanam secara permanen dan ada yang tidak. Krepyak jika dipasang pada ruangan bisa menghasilkan sirkulasi udara yang bagus dan cocok sekali untuk daerah beriklim tropis.

Jendela krepyak ini dijual dalam kondisi mentah dan nantinya bisa dicat sesuai dengan keinginan Anda. Jendela terbuat dari material kayu jati dengan hasil pengerjaan yang rapi. Ukuran yang tersedia 60 x 70 cm dan 70 x 80 cm. Jendela Krepyak Cermin Hias ini dijual seharga Rp 230.000 di Shopee tanpa cermin.

Kaligrafi Kayu Jati Ayat Kursi Ukiran Jepara

Kaligrafi Kayu Jati Ayat Kursi Ukiran Jepara Kualitas 1 Bahan Jati Perhutani ini juga bisa dijadikan dekorasi untuk ruangan bernuansa Islami. Ukuran kaligrafi 150 x 70 cm dan sudah di-finishing dan diberi kaca. Kayu jati Perhutani atau kayu jati TPK merupakan kayu jati yang dikelola oleh Perhutani.

Kualitas dari kayu jati Perhutani ini sangat bagus karena baru diambil setelah pohon berusia tua. Kayu jati ini sangat awet, warna kayunya lebih hidup, pori-pori padat dan teksturnya lebih berminyak. Ukiran kaligrafi kayu jati ini bisa dibeli di Bukalapak seharga Rp 1.756.000.

Cabinet Bufet Ukir Meja TV Kayu Jati Ukiran Jepara

Cabinet Bufet Ukir Meja TV Kayu Jati Ukiran Jepara bisa jadi dekorasi yang cantik untuk ruang keluarga Anda. Bufet ini diproduksi langsung dari kota Jepara dan proses finishing-nya melalui tiga tahapan, yakni sanding, semprot dan melamine.

Sanding merupakan lapisan dasar (intermediate) yang menghasilkan permukaan furnitur jadi lebih halus dengan warna transparan sehingga tidak menutup serat asli dari kayu jati. Bufet ukir ini berukuan 150 × 45 × 75 cm dan bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 2.950.000.

Furniture Jati Jepara Mimbar Khotbah Mimbar Ukir Masjid Ukir Kayu

Furniture Jati Jepara Mimbar Khotbah Mimbar Ukir Masjid Ukir Kayu akan jadi furnitur yang indah untuk masjid. Mimbar ukir ini terbuat dari bahan kayu jati pilihan asli produksi Jepara. Finishing melalui tiga proses yakni amplas, semprot dan melamine yang warna finishing-nya juga bisa diminta sesuai keinginan.

Finishing untuk kayu jati umumnya berwarna transparan agar tekstur kayu jati yang indah tetap terlihat. Warna finishing yang umum digunakan untuk mebel ukiran Jepara adalah warna natural walnut brown. Mimbar ukiran jati Jepara ini dijual di Tokopedia seharga Rp 7.550.000.

Meja Rias Full Ukir - Cermin Tolet Kayu Jati Jepara

Sumber gambar https://shopee.co.id

Meja Rias Full Ukir - Cermin Tolet Kayu Jati Jepara cocok untuk diletakkan di kamar tidur Anda. Meja rias ukiran ini berbahan kayu jati dan finishing-nya melalui proses sanding, semprot, dan melamine. Pada bagian pinggiran meja ada ukiran berwarna emas.

Cat melamine akan memberikan tampilan yang lebih baik pada permukaan mebel. Melalui proses ini mebel akan terlihat lebih berkilau, halus, dan warnanya lebih cantik. Meja rias ini juga tersedia yang masih mentah alias belum melalui proses finishing. Produk dikirim langsung dari Jepara dan bisa dibeli di Shopee seharga Rp 2.750.000.

Relief 3D Perjamuan Kudus Ukiran Kayu Jati Jepara

Sumber gambar https://shopee.co.id

Kayu jati banyak digunakan sebagai material untuk membuat berbagai perabotan karena jenis kayunya yang kuat namun mudah dibentuk karena seratnya yang bagus. Kayu jati yang juga dikenal dengan teak wood lebih unggul dari kayu lainnya karena memiliki zat alami anti rayap sehingga perabotan jadi tahan lama. Meski harganya mahal namun sebanding dengan daya tahannya.

Ukiran Jepara yang juga bisa dijadikan dekorasi rumah adalah Relief 3D Perjamuan Kudus Ukiran Kayu Jati Jepara. Keseluruhan relief terbuat dari kayu jati menggunakan finishing melamine. Relief 3D ini di jual di Shopee dengan harga bervariasi tergantung ukuran relief yang Anda pilih.

Ukuran dan Harga Relief:

  • Ukuran 100 X 55 cm harga Rp 2.400.000
  • Ukuran 125 X 65 cm harga Rp 2.700.000
  • Ukuran 130 X 70 cm harga Rp 3.000.000
  • Ukuran 150 X 80 cm harga Rp 4.800.000
  • Ukuran 180 X 90 cm harga Rp 6.500.000
  • Ukuran 200 X 100 cm harga Rp 10.000.000
  • Ukuran 250 x 130 cm harga Rp 14.000.000
  • Ukuran 300 x 150 cm harga Rp 22.000.000

Set Kamar Tidur Luxury - Tempat Tidur Mewah Ukir Jepara

Kamar tidur bernuansa klasik mewah bisa Anda miliki dengan memilih Set Kamar Tidur Luxury - Tempat Tidur Mewah Ukir Jepara. Set kamar tidur ini terbuat dari kayu mahoni dan MDF mahoni dan telah di-finishing. Kayu mahoni (Swietenia mahagoni) merupakan kayu berkualitas yang terbilang langka dan masuk dalam jenis kayu mewah dalam dunia industri furnitur.

Kayu mahoni juga banyak dipilih pengrajin Jepara karena kualitasnya yang tak kalah bagus dengan kayu jati. Karakteristik kayu mahoni yakni berpori-pori kecil dan memiliki tekstur yang keras. Satu set kamar tidur ini terdiri dari 1 tempat tidur ukuran 180 x 200 cm, 1 nakas, dan 1 meja rias. Set kamar tidur ini bisa Anda beli di Bukalapak seharga Rp 14.250.000.

Kursi Tamu Sofa Mewah Ukiran Jepara

Kursi Tamu Sofa Mewah Ukiran Jepara ini akan membuat ruang tamu Anda kental dengan nuansa klasik nan mewah. Sofa ukir terbuat dari kayu jati Jepara yang kuat dan awet dengan finishing melamine natural sanded atau bisa juga dipilih sesuai keinginan.

Jok sofa menggunakan bahan kulit sintetis (oscar) yang tahan dan tidak mudah terkelupas. Bahan oscar ini paling diminati karena bentuknya yang fleksibel, perawatannya mudah dan membuat dudukan jadi terasa empuk. Satu set sofa tamu ini terdiri dari 1 meja, 2 meja sudut, 1 sofa 3 dudukan dan 2 sofa 1 dudukan. Satu set sofa tamu ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 15.800.000.

Sofa Waldrof Kursi Tamu Ukiran Khas Jepara

Pilihan lain sofa ukiran untuk ruang tamu adalah Sofa Waldrof Kursi Tamu Ukiran Khas Jepara. Sofa tamu ini memiliki model yang elegan dengan desain Italia, cocok sekali untuk ruang tamu Anda yang luas. Setiap lekukan pada kayu jati memiliki aksen ukiran yang anggun dan mewah.

Sofa ukiran ini juga sangat kokoh karena terbuat dari material kayu jati TPK Perhutani berkualitas grade A super dan sudah di-finishing PU pewarnaan emas antik dengan warna gradasi walnut brown. Finishing PU ini lapisan filmnya lebih tebal dan memiliki daya tahan terhadap suhu panas tinggi dan air.

Satu setnya terdiri dari meja tamu, meja sudut dan 3 dudukan dengan ukuran berbeda. Ukuran dan warna sofa juga bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda. Satu set sofa tamu ini dijual seharga Rp 37.500.000 di Tokopedia.

Detail Ukuran:

  • Sofa Tamu Mewah Waldorf 3 Dudukan P 250 x L 110 x T 122 cm
  • Sofa Tamu Mewah Waldorf 2 Dudukan P 190 x L 110 x T 120 cm
  • Sofa Mewah Waldorf 1 Dudukan P 130 x L 110 x T 120 cm
  • Meja Tamu Mewah Wardorf P 110 x L 110 x T 40 cm
  • Meja Sudut Mewah Wardorf 60 x L 60 x T 65 cm

Kamar Set Ukiran Duco Klasik - Kamar Set Mebel Jepara

Kamar Set Ukiran Duco Klasik - Kamar Set Mebel Jepara ini juga cocok untuk kamar tidur Anda yang luas dan akan menjadikan kamar tidur Anda terlihat mewah bergaya klasik Eropa. Jadi pilihan yang tepat juga untuk Anda yang akan segera menjadi pegantin.

Kamar set terbuat dari kayu jati dan ukurannya juga bisa disesuaikan. Finishing menggunakan cat duco dengan teknik semprot. Hasil akhir dari cat duco bisa dibuat doff atau mengkilap. Kamar set ukiran ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 39.270.000.

From our editorial team

Ukiran Jepara Berbahan Jati Memang Mahal namun Sangat Awet

Ukiran Jepara berbahan kayu jati pilihan kualitas terbaik memang harganya sangat mahal. Namun tingginya nilai jual produk ukiran jati sebanding dengan kualitas dan daya tahannya. Perabotan berbahan kayu jati berkualitas dijamin membuat Anda puas karena akan awet hingga bertahun-tahun.