10 Resep Olahan Tahu yang Lezat dan Murah

10 Resep Olahan Tahu yang Lezat dan Murah

Tahu sudah menjadi makanan yang akrab di lidah orang Indonesia. Tak hanya tahu goreng semata, kini sudah ada banyak varian masakan dari bahan tahu ini. Pingin tahu? Baca selengkapnya hanya di BP-Guide.

Berbahan Dasar Kedelai, Tahu Sudah Merakyat dan Mudah Didapat dengan Harga Murah

Salah satu makanan tradisional Indonesia adalah tahu. Tahu merupakan makanan olahan kacang kedelai yang tentunya mengandung banyak protein dan kalori. Jadi, mengonsumsi tahu setiap hari akan sangat baik bagi kesehatan Anda.

Tahu bisa diolah menjadi berbagai jenis lauk dan makanan. Mulai dari teman makan nasi, sampai camilan. Ingat tahu bulat yang booming di tahun 2016 lalu, bukan? Ya, itu salah satu camilan berbahan tahu yang banyak peminatnya di Indonesia. Terlebih, makanan satu ini sangat pas untuk Anda yang ingin berhemat, karena harganya terjangkau.

Berbagai Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh

Menyehatkan Jantung

Tahu memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan jantung. Seperti kita ketahui, penyakit jantung merupakan salah satu dari 10 penyakit pembunuh utama di Indonesia. Banyak mengonsumsi tahu akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Kandungan isoflavon serta protein lain pada tahu sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, stroke, dan sebagainya. Bila Anda rutin mengonsumsi tahu setidaknya 50 gram sehari, maka risiko terkena penyakit jantung bisa berkurang drastis. Berbeda dengan orang yang tidak mengonsumsi atau menerima asupan isoflavon setiap harinya, maka resiko terkena penyakit jantung bisa tinggi.

Jadi, agar jantung lebih sehat, Anda dapat mempertimbangkan makan makanan dengan bahan dasar tahu setiap harinya.

Mengurangi Risiko Penyakit Gula

Berikutnya, protein di dalam tahu ternyata sangat baik untuk mengendalikan gula darah. Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

Diabetes menjadi penyakit pembunuh nomor 3 di Indonesia. Oleh karena itu, hindari pola makan yang tidak baik Bila sudah terkena diabetes, maka Anda bisa mulai menguranginya dengan konsumsi tahu secara rutin. Protein tahu menjadikan gula darah Anda lebih terkontrol.

Dapat Mengontrol Berat Badan

Kelebihan lain dari tahu adalah sangat menolong bila Anda ingin diet, alias menurunkan berat badan. Penyebabnya, kandungan mineral dan protein serta vitamin B6 dan K akan sangat baik dalam mencegah berat badan yang berlebih.

Tidak hanya itu, Anda yang ingin menjaga berat badan juga bisa menggunakan tahu. Tentunya, Anda perlu mengkonsumsi tahu yang dipadukan dengan olahraga teratur sehingga menjadikan berat badan Anda menjadi lebih ideal.

Sebagai Energi Cadangan

Kita semua sudah mengetahui bahwa makanan merupakan sumber energi. Energi yang berasal dari protein inilah yang nantinya akan membantu setiap aktivitas tubuh Anda.

Nah, tahu mengandung banyak energi, loh. Tercatat ada 68 kilokalori, protein, karbohidrat, dan lemak serta kalsium yang ada dalam 100 gram tahu. Ingin memiliki tenaga yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari? Jangan ragu mengkonsumsi tahu, ya.

Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darah? Tahu bisa menjadi salah satu makanan yang pas untuk Anda yang ingin melawan kolesterol jahat dalam darah.

Kolesterol bisa menimbulkan banyak penyakit yang siap menyerang tubuh Anda. Seperti jantung, stroke, hipertensi, dan sebagainya yang bisa menyebabkan kematian. Jadi, Anda perlu makan tahu untuk melawannya. Kenapa? Karena kandungan lesitin, asam linoleat, dan sejumlah kandungan lainnya dalam tahu mampu mengurangi kolesterol dan mendukung metabolisme tubuh.

Berbagai Macam Olahan Tahu Khas Indonesia

Sudah siap untuk mengkonsumsi tahu? Nah, berikut ini BP-Guide akan memaparkan apa saja resep nikmat berbahan dasar tahu yang bisa Anda coba di rumah.

Yuk, mulai jadi chef dan mengolah makanan tahu di rumah. Berikut resep-resepnya.

Perkedel Tahu Kornet

Makanan pertama yang bisa dipertimbangkan adalah Perkedel Tahu Kornet. Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat makanan ini tentunya tahu sebanyak 400 gram saja, lalu hancurkan dan haluskan. Kemudian, siapkan 100 gram kornet dan haluskan.

Bahan-bahan selanjutnya adalah 1 batang daun bawang yang sudah diiris-iris, 1/2 sendok teh garam, 1 sendok teh cabai bubuk, 1/4 sendok teh gula pasir, 1 butir telur yang sudah dikocok, 1/2 sendok teh angciu, minyak secukupnya.

Kemudian, Anda membutuhkan bahan bumbu halus yang terdiri dari 1/4 sendok merica bubuk dan 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama Anda bisa mencampurkan kornet, daun bawang, tahu, dan bumbu halus, lalu aduk. Selanjutnya, tambahkan garam, cabai dan gula pasir. Aduk lagi sampai semuanya merata. Sebelum dibentuk menjadi bulat khas perkedel, tambahkan dulu telur dan angciu di dalamnya. Kemudian digoreng di minyak yang sebelumnya sudah dipanaskan. Tunggu sampai matang, angkat lalu sajikan.

Tahu Brintik

Sumber gambar www.pengusahasukses.com

Brintik berarti keriting, jadi tahu brintik adalah tahu keriting. Nah, ingin mencoba membuat makanan yang unik satu ini? Bahan yang Anda perlu siapkan adalah 4 buah tahu putih, 3 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan tepung tapioka, garam secukupnya. dan kaldu bubuk. Kemudian untuk bahan bumbu halus, siapkan 4 siung bawang putih, merica bubuk, saus cabai, dan mayonaise.

Cara membuatnya adalah hancurkan dulu tahu namun masih kasar. Lalu, aduk bersama garam, kaldu bubuk, dan bumbu halus yang sudah dicampurkan. Aduk merata, lalu tambahkan tepung beras dan tepung tapioka. Setelah tercampur semua, sekarang panaskan minyak goreng. Lalu, buat adonan tahu dengan sendok sampai berbentuk keriting-keriting. Lalu, goreng sampai matang.

Pepes Tahu

Sumber gambar resepkoki.co

Mendengar kata pepes, tentunya Anda akan teringat dengan pepes ikan, bukan? Nah, kali ini yang akan kita buat adalah pepes tahu. Penasaran?

Cara membuat pepes tahu dimulai dengan mempersiapkan bahan antara lain 10 buah tahu kuning yang sudah dihaluskan, 1 batang serai yang sudah dipotong tipis, 6 buah daun bawang yang sudah dipotong tipis.

Siapkan juga 2 buah cabai rawit, 1 butir telur, 3 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok kaldu ayam, daun salam secukupnya, daun kemangi secukupnya, dan jangan lupa daun pisang untuk membungkus pepes ini.

Sekarang, siapkan telur, garam juga kaldu, kocok dalam satu wadah. Kemudian, masukkan bawang merah, bawang putih, daun bawang dan serai, lalu aduk merata. Masukkan tahu ke dalamnya, lalu aduk rata lagi. Masukkan juga daun kemangi.

Selanjutnya, siapkan daun pisang, yang sudah dipotong dengan ukuran sekitar 20 cm, lalu taruh di atas api, atau panci panas agar tidak tegang. Lalu, letakkan 4 sendok adonan di atas daun pisang yang diberi daun salam di bagian alasnya. Kemudian letakkan cabe rawit yang sudah dipotong di atasnya, lalu lipat dan ikat. Baru kukus sampai kurang lebih 20 menitan, kemudian angkat. Sajikan dengan nasi agar lebih nikmat.

Tahu Pletok

Sumber gambar www.masakandapurku.com

Selanjutnya, ada camilan tahu pletok yang merupakan makanan khas Tegal dan Slawi. Makanan yang sebenarnya berasal dari China ini tidak ada hubungannya dengan Bir Pletok asal Jakarta, yah. Namun, karena kulitnya yang digoreng garing, sehingga ketika dimakan menghasilkan bunyi "pletok".

Bahan yang diperlukan untuk membuat tahu pletok adalah 250 gram tahu putih, air putih, lalu 2 sendok makan tepung terigu, 5 sendok makan tepung tapioka, 1/2 sendok makan garam, 1/2 sendok makan kaldu bubuk, 2 siung bawang putih, dan bawang daun secukupnya.

Cara membuatnya, pertama buat tahu menjadi irisan kotak-kotak kecil. Lalu potong tipis-tipis daun bawang dan tumbuk bawang putih. Campurkan tepung terigu, tapioka, garam, bubuk kaldu dan aduk merata. Tahu yang sudah diiris kotak tersebut dimasukkan ke dalam adonan tersebut, lalu goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan. Angkat, lalu sajikan selagi hangat.

Bacem Tahu

Sumber gambar www.resepcaramasakan.com

Siapa yang tidak tahu dengan baceman? Makanan khas Jawa Tengah ini terkenal dengan rasa kecapnya. Biasanya yang dibuat menjadi baceman adalah tahu dan tempe.

Untuk membuat tahu bacem, siapkan 7 buah tahu, 2 lembar daun salam, garam dan penyedap rasa secukupnya, juga minyak goreng. Siapkan pula bumbu halus antara lain 1 sendok ketumbar, 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 cm lengkuas, 1 buah gula merah ukuran kecil.

Cara membuatnya, mulailah dengan menghaluskan semua bumbu. Lalu, siapkan panci yang sudah diisi dengan air lalu rebus. Masukkan bumbu halus, garam, daun salam, dan penyedap rasa. Lalu, aduk merata. Kemudian masukkan tahu dan aduk sampai air seperti mulai mengering. Lalu, angkat dan keringkan dulu airnya. Setelah kering, silakan goreng tahu tersebut. Angkat lalu sajikan.

Tahu Jeletot

Sumber gambar food.detik.com

Selanjutnya, ada tahu jeletot. Tahu satu ini seperti tahu bunting, atau gehu bandung, hanya saja isinya sangat pedas, dan luarnya sangat crispy. Ingin coba membuatnya?

Pertama, siapkan bahan kulitnya yang antara lain 100 gram tepung terigu, 20 gram tepung sagu, 1 sendok makan tepung beras, 10 buah tahu, 1 batang daun bawang yang sudah diiris, 1/4 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam dapur, dan 175 ml air.

Untuk bahan isian antara lain 5 gram udang giling, 10 gram ayam giling, 100 gram wortel, 75 gram kol, cabai rawit yang sudah diulek kasar secukupnya, 100 gram toge, 1/4 sdt merica bubuk, 1/4 sdt garam, dan 1/2 sdt gula pasir.

Cara membuatnya, pertama bahan isi seperti udang giling dan ayam giling ditumis terlebih dulu. Sedangkan wortel dan kol diiris tipis, lalu seduh dengan air panas. Begitu juga dengan toge. Selanjutnya, 10 buah tahu digoreng terlebih dulu.

Tahu yang sudah digoreng kamudian dibelah untuk memasukkan isiannya. Lalu, siapkan bahan kulit dan campurkan. Sebelumnya, tepung terigu, sagu, tepung beras, diberi sedikit air agar encer. Lalu, campurkan semuanya. Letakkan di wadah terpisah. Kemudian, siapkan bahan isi, lalu aduk merata. Tujuannya, agar tercampur. Lalu, masukkan ke dalam tahu yang sudah digoreng tadi. Tahu yang sudah diberi isi, celupkan ke adonan kulit, sampai merata, lalu goreng di minyak panas. Goreng sampai berubah warna kecokelatan, angkat, kemudian sajikan selagi hangat.

Tahu Gejrot

Sumber gambar www.pintuwisata.com

Selanjutnya ada resep Tahu Gejrot. Ini adalah camilan tahu khas Cirebon dan sekitarnya. Ingin mencoba membuatnya di rumah?

Bahan yang perlu disiapkan antara lain 10 buah tahu, 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan kecap asin, 2 sendok makan asam jawa, 3 sendok makan gula merah, 1/2 gelas air, dan minyak secukupnya. Kemudian, bahan bumbu halus antara lain 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, cabai rawit 9 buah, dan garam secukupnya.

Sekarang kita akan mulai membuat tahu gejrot ini. Pertama, siapkan gula merah, kecap manis, kecap asin dan asam jawa lalu rebus bersama air. Kemudian, giling bumbu halus, lalu siram dengan minyak panas. Tahu yang sudah disiapkan bisa dipotong-potong dengan ukuran yang kecil, campurkan dengan bumbu yang sudah digiling, lalu aduk merata. Selanjutnya, giliran air rebusan yang pertama disiramkan ke tahu tersebut. Nah, tahu gejrot sudah siap disajikan, loh.

Wedang Tahu

Sumber gambar www.kompasiana.com

Anda mungkin akan bingung dengan wedang tahu, bukan? Ya, wedang adalah minuman dengan aroma dan rasa jahe. Lalu bagaimana cara mencampurnya dengan tahu?

Nah, yang akan dicampurkan adalah kembang tahu, alias sari kedelai. Cara membuatnya, pertama siapkan dulu susu kacang kedelai sekitar 1 liter, 125 gram gula pasir. Selain itu siapkan agar-agar warna putih cairkan dengan 50 ml air dan siapkan juga 1/2 sendok teh garam.

Selanjutnya, untuk membuat kuah jahe bahan yang Anda perlukan antara lain gula pasir 250 gram, gula merah 100 gram, air 1 liter, jahe 150 gram yang sudah dikupas dan dimemarkan, 3 lembar daun pandan, 2 lembar daun jeruk, kayu manis 3 cm, garam secukupnya, dan cengkeh 3 buah.

Cara membuatnya, pertama rebus dulu susu kedelai sampai mendidih, lalu masukkan agar-agar, gula dan garam. Setelah mendidih dan diaduk merata, angkat dan simpan dulu. Kemudian, rebus gula merah, gula pasir, jahe, kayu manis, cengkih, daun pandan dan garam lalu aduk merata. Jangan lupa disaring dulu baru diangkat. Nah, siapkan gelas dan tuangkan dua adonan tersebut lalu aduk merata. Sajikan selagi hangat.

Tahu Kukus

Sumber gambar www.dapurkobe.co.id

Selanjutnya ada tahu kukus. Makanan dengan bahan tahu satu ini sangat pas untuk Anda yang anti dengan gorengan. Agar lebih sehat, kita akan membuat tahu kukus dengan isi sayuran.

Bahan yang perlu disiapkan, tahu putih sebanyak 200 gram yang dihaluskan. Lalu, siapkan 1 butir telur ayam dan 2 utas kucai yang sudah diiris tipis.

Siapkan juga gula pasir dan garam secukupnya. Untuk bahan isian, siapkan wortel 1 buah yang sudah dipotong kecil-kecil, sosis sapi 1 buah potong juga kecil-kecil, 25 gr tauge, 1 lembar daun bawang yan diiris-iris tipis, serta minyak sayur secukupnya.

Bahan isian akan semakin nikmat dengan bumbu. Karena itu disiapkan juga 2 siung bawang putih, 1/4 siung bawang bombay yang sudah dicincang kasar, 1 sdt kecap inggris, 1/4 sdt saus tomat, garam, 1/8 sdt lada putih bubuk, dan 1/2 sdt gula pasir.

Cara membuatnya, siapkan tahu lalu campurkan dengan telur, kucai, garam, lada putih, gula pasir lalu aduk semuanya sampai rata. Siapkan bahan isian beserta bumbunya lalu tumis sampai aromanya keluar. Sekarang, masukkan adonan tahu ke dalam cetakan, lanjut dengan memasukkan isian dan tutup rata. Selanjutnya, kukus dalam panci sekitar 20 sampai 30 menit. Setelah metang, angkat dan sajikan selagi hangat.

Tahu Mercon Goreng

Sumber gambar cookpad.com

Pernah dengar tahu mercon? Disebut mercon karena akan ada "ledakan" ketika menikmatinya. Maksudnya, rasanya pedas sekali!

Bahan yang diperlukan ada tiga jenis yaitu bahan isi, bumbu bahan isi, dan bahan lapisan tahu. Untuk bahan isi, siapkan 100 gram daging ayam yang sudah dicincang, 2 buah wortel yang sudah diserut, 4 lembar kol yang sudah dicincang, 125 gram toge, 1 batang daun bawang yang sudah dirajang halus, dan 2 batang seledri.

Kemudian, siapkan bahan bumbu isi tahu yakni 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1/2 bawang bombai, dan 15 buah cabai rawit. Cincang semua bahan yang sudah disebut. Selanjutnya, siapkan pula merica bubuk, garam, dan penyedap secukupnya.

Terakhir, bahan lapisan tahu. Siapkan 125 gram tepung terigu, tepung beras 2 sendok, tepung tapioka 1 sendok, ketumbar bubuk 1 sendok teh, 1/2 sendok teh garam, 1 batang daun bawang yang diiris halus, dan air sekitar 200 ml.

Goreng tahu, lalu, keluarkan sebagian isinya. Kemudian, bahan isian tahu beserta bumbunya ditumis dulu. Setelah masak, ambil bahan isian dan masukkan ke dalam tahu. Bagian yang sobek tersebut tutup dengan adonan yang dibuat dari semua bahan lapisan tahu mercon yang sudah dicampur dan diaduk merata. Sekarang, tinggal digoreng sampai garing, lalu angkat dan sajikan.

From our editorial team

Boleh Berkreasi

Semua resep yang sudah Anda baca sangat boleh dilakukan inovasi. Karena selera setiap orang pastilah berbeda. Anda bisa menambahkan berbagai varian bahan yang akan membuat makanan dari bahan tahu ini semakin nikmat di lidah Anda.