10 Rekomendasi Mic Wireless Terbaru untuk Having Fun di Weekend ini! (2021)

10 Rekomendasi Mic Wireless Terbaru untuk Having Fun di Weekend ini! (2021)

Kegiatan audio tentu akan lebih menyenangkan atau maksimal ketika kita dapat menggunakan perangkat yang berkualitas. Mic Wireless saat ini menjadi kebutuhan khusus dalam kegiatan tersebut mengingat mic tanpa kabel ini simple dan menghasilkan kualitas yang lebih baik. Mic Wireless mana sih yang bisa menjadi pilihan para BP-Guide? Simak yuk.

Mic Wireless Digunakan untuk Kebutuhan Berbagai Kegiatan Audio

Microphone wireless merupakan mic tanpa kabel yang menjadi inovasi teknologi saat ini dalam mempermudah kebutuhan audio. Mempermudah pengguna pada suatu acara atau saat pentas karena tidak terbatas pada jangkauan kabel. Sudah banyak digunakan pula dalam berbagai kegiatan, seperti acara televisi, konser musik, acara lapangan, dan lain sebagainya.

Tidak dipungkiri memang, bahwa mic wireless ini sudah banyak digunakan. Selain simple, microphone ini juga memiliki desain yang beragam dengan warna-warna yang kece. Selain memberikan suara berkualitas juga membuat penampilan lebih percaya diri.

Merek Mic Wireless Paling Bagus dan Dicari

Shure

Mic wireless merek Shure merupakan microphone yang sering digunakan oleh profesional. Apalagi saat ini podcast menjadi kegiatan yang sangat digemari. Mic Shure ini sangat direkomendasikan untuk keperluan podcast. Terkadang juga digemari oleh para musisi karena mic nirkabel ini memiliki suara yang jernih.

Sennheiser

Sennheiser menjadi salah satu merek mic populer untuk karaoke dan keperluan digital audio pada acara-acara besar. Perusahaan audio asal German ini memang memiliki kualitas produk yang baik. Tidak dipungkiri bahwa produknya terbukti tahan lama.

Memiliki jangkauan 100 meter dengan suara yang dihasilkan sebesar SKM 9000 jernih dan lembut. Desain yang dibuat juga sangat nyaman digenggam serta dilengkapi slot untuk meletakkan baterai. Dilengkapi pula dengan frekuensi UHF yang bisa diganti sewaktu-waktu.

Rode

Mic wireless merek Rode NT3 ini tergolong memiliki harga yang cukup mahal. Mic ini memang cocok digunakan untuk gitar akustik yang mana suara gitar cukup sulit ditangkap dengan baik. Menggunakan mic Rode NT3 suara gitar akustik akan lebih tertangkap. Selain gitar, mic ini juga bisa digunakan untuk alat musik lain, seperti drum, perkusi, dan lainnya.

Merek Rode ini juga menjadi microphone yang banyak digunakan oleh kalangan content creator. Tentu saja untuk keperluan videografer, vlogger, youtube sangat memerlukan kualitas audio yang baik. Rode bisa memberikan kualitas audio yang lebih maksimal.

Begini Cara Memilih Mic Wireless yang Bagus

Pilih Berdasarkan Jangkauan

Kebutuhan jangkauan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan sebelum memilih mic wireless. Apabila kamu menggunakannya di area outdoor pasti memerlukan jangkauan yang lebih luas dibandingkan di area indoor. Selain jarak, kamu juga perlu memastikan sinyal yang kuat antara transmitter dan receiver.

Ketika kamu membeli mic nirkabel sebaiknya melakukan tes terlebih dahulu untuk membuktikan bahwa jangkauan sesuai yang diinginkan. Kualitas yang baik bisa dibuktikan pula ketika mic nirkabel digunakan pada area outdoor.

Jangan Salah Mengenali Jenis Microphone Wireless

Sebelum memilih microphone sebaiknya kenali dulu jenis-jenisnya karena ada beragam microphone sekarang ini dan untuk kebutuhan yang berbeda pula. Umumnya ada tiga jenis microphone, yaitu handheld, headset, dan lavalier. Ketiga microphone tersebut memiliki bentuk dan kebutuhan yang berbeda.

Handheld bisa disebut juga sebagai tradisional microphone yang transmitternya menyatu dengan mic, biasanya digunakan untuk pidato, aksi panggung, karaoke, bahkan podcast. Headset digunakan di bagian kepala yang memiliki flaksibilitas. Lavalier biasa disebut clip-on mic untuk mempermudah pengguna agar tidak memegang microphone, jadi hanya dijapitkan saja di kerah atau area yang dekat dengan mulut.

Perhatikan Konsumsi Daya

Microphone dengan teknologi yang saat ini sudah mempermudah pengguna tentu memerlukan daya. Microphone nirkabel tetap menggunakan baterai yang sekali pakai ataupun bisa diisi ulang. Sebelum membelinya pastikan daya baterai dapat bertahan lama karena menjadi salah satu pendukung acara. Mic wireless pasti menggunakan jenis baterai A3 ataupun berbentuk kotak 9 volt.

Merek Berperan Menentukan Kualitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang merek menentukan kualitas. Ada merek yang dibandrol dengan harga mahal dan murah tergantung dari spesifikasi yang dimiliki. Meskipun banyak pula mic wireless yang dibandrol dengan harga miring tetapi jangan sampai terkecoh ya. Pilih mic wireless dari merek yang sudah terjamin kualitasnya.

Rekomendasi Mic Wireless Terbaik Sesuai Kebutuhanmu

Shure PG58

Shure BLX288/PG58 merupakan mic wireless yang memiliki kualitas profesional dan pengaturan sederhana. Transmitter-nya memiliki fitur kapsul mikrophon PG58, rangka polimer ABS, bantalan 10 dB, tombol ergonomis On/Off, dan indikator baterai LED. Memiliki keragaman antena internal dikendalikan oleh mikroprosesor. Hanya dengan satu sentuhan QuickScan dapat menempatkan frekuensi terbuka yang baik.

Harga Rp. 9.500.000-9.850.000

Saramonic Blink 500

Saramonic Blink 500 B2 menjadi microphone yang sangat ideal untuk video, podcast, ataupun keperluan audio lainnya dibandingkan microphon built-in pada kamera. Memiliki satu Blink 500 RX Receiver dan dua Blink500 TX Transmitters. Sistem Blink500 tersebut berada pada spektrum 2.4 GHZ yang secara otomatis melakukan pergantian saluran sehingga tetap aman ketika saluran terputus. Selain itu, mic wireless saramonic Blink500 ini juga dapat menjangkau frekuensi 50Hz hingga 18 KHZ.

Harga Rp. 2.149.000

Shure URD-9

Mic Wireless Shure URD9 dilengkapi dengan handle digital LCD yang daya energinya bersumber dari baterai cas ataupun non cas. Memiliki 1 receiver digital display, 2 mic handle digital display frequensi yang bisa diubah. Dilengkapi dengan 1 unit kabel out in dan 1 adapter. Jarak frekuensi bisa mencapai 50 meter dan memiliki suara yang tetap jernih.

Harga Rp. 1.725.000-1.850.000

Shure ULX-9

Mic Wireless Shure ULX 9 ini mampu menjangkau 60 meter dengan syarat tidak terhalang oleh dinding atau sejenisnya. Memiliki 1 receiver display digital dan 2 mic pegang display digital. Dilengkapi pula 1 unit kabel audio output, baterai AA, dan free koper. Memiliki jenis Frequency UHF yang mampu memberikan suara jernih, bagus, dan empuk hingga jarak 40m.

Harga Rp. 600.000-775.000

Yamaha YM M-9

Mic Wireless Yamaha YM 9 M ini memiliki jangkauan hingga 45 meter. Dilengkapi 2 handle dengan 1 receiver yang berbahan pelat metal. Menggunakan jalur frequency UHF yang cocok digunakan untuk karaoke, MC, pidato, seminar indoor ataupun outdoor.

Harga Rp. 450.000-490.000

Kenwood KW99 Pro

Mic Wireless Kenwood KW-99PRO mampu menjangkau hingga 40 meter yang cocok digunakan untuk berbagai acara indoor ataupun outdoor. Memiliki 1 receiver dengan 2 mic handle sebagai kebutuhan acara. Menggunakan baterai AA dan frequency UHF. Jangkauan yang cukup jauh tersebut, mic wireless jenis ini juga tetap memiliki suara yang bagus, jernih, dan empuk.

Harga Rp. 325.000-400.000

Shure GLX-D 24

Mic Wireless Shure GLXD24 merupakan mic wireless terbaik nomor dua. Hal ini karena kualitas dan fungsinya yang cukup mumpuni, yaitu melakukan manajemen frekuensi secara otomatis, menyediakan operasi tanpa batas, dan menjernihkan audio digital. Memiliki 1 receiver dengan 2 mic display digital, 1 kabel audio output. Dilengkapi pula dengan 1 buah koper, free baterai AA, jenis frekuensi UHF. Mic wireless ini dapat menjangkau hingga 50 meter dengan suara yang tetap bagus, jernih, empuk, dan bersih.

Harga Rp. 800.000-875.000

Sony SN87

Microphone Mic Wireless Sony SN87 merupakan microphone terbaik yang memiliki 2 pcs handheld microphone dalam satu kemasan. Mampu menjangkau hingga 30 meter dengan suara yang tetap jernih meski berada pada jarak maksimal. Mic wireless yang didesain dengan tegangan rendah ini mengadopsi sirkuit ALC unik yang bisa menghindari THD pada volume tinggi. Cocok digunakan untuk berbagai keperluan acara dan di area indoor ataupun outdoor.

Harga Rp. 310.000-330.000

Wisdom Q2

Mic Wireless Wisdom Q2 memiliki kualitas yang mumpuni karena terpercaya juga dipakai pada acara TV D'Academy. Mampu menjangkau suara hingga jarak 50 meter. Memiliki 1 receiver dengan 2 mic. Dilengkapi 1 kabel audio output dan free baterai AA. Mic wireless ini, frekuensinya juga bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 1.550.000-1.750.000

Shure SVX

Mic Wireless Shure SVX 24/PG 28 merupakan mic wireless yang memiliki fitur menarik, antara lain pemancar genggaman dan microphone PG8. Memiliki tingkat Squelch yang dapat disesuaikan dan RF Level Switch antara 1 mW dan 10 mW. Daya tahan baterainya hingga 10 jam.

Harga Rp. 3.800.000-7.220.000
From our editorial team

Pilihan microphone wireless yang baik untuk audio berkualitas

Pilihan microphone tentu mempengaruhi kualitas audio, sebaiknya pilih microphone wireless dengan merek terpercaya. Riset microphone wireless sebelum memutuskan pilihan agar tidak terjebak oleh merek abal-abal.