10 Rekomendasi Reel Pancing yang Bagus untuk Menemani Hobi Mancingmu (2021)

10 Rekomendasi Reel Pancing yang Bagus untuk Menemani Hobi Mancingmu (2021)

Memancing bukanlah kegiatan yang hanya butuh keberuntungan. Dalam memancing, kita butuh teknik yang tepat supaya bisa segera mendapatkan hasil tangkapan yang memuaskan. Selain bermodal sabar, peralatan memancingnya juga harus disiapkan, terutama reel pancingnya. Nah, reel pancing tersedia beragam di pasaran. Simak tips memilihnya dan juga rekomendasinya dari BP-Guide, ya!

Memancing Bisa Jadi Pilihan Saat Bosan di Rumah

Memancing merupakan salah satu kegiatan yang banyak disukai pria. Memancing cocok untuk jadi hobi yang dilakukan daripada bosan diam di rumah saja. Bukan hanya seru dilakukan, kegiatan memancing memiliki banyak manfaat.

Memancing memiliki manfaat untuk relaksasi sebab selama memancing kamu akan fokus menunggu ikan sembari menikmati udara sejuk dan juga pemandangan yang indah. Ini bisa jadi metode meditasi yang baik. Kita bisa lebih rileks dan bisa berpikir dengan lebih jernih.

Selanjutnya, memancing juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat memancing di pagi hari, kita terpapar sinar matahari dan bisa mendapatkan vitamin D yang bisa mempercepat penyerapan kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut bisa membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Ketika memancing, kalori kita juga bisa terbakar dengan baik. Satu jam memancing bisa membakar rata-rata 200 kalori. Kalori bisa lebih banyak terbakar saat kamu berjalan mencari area berbeda untuk memancing, menyusun line pancing, menarik ikan, dan lain sebagainya. Memancing juga bisa menguatkan otot. Sebab, saat menangkap ikan maka bagian punggung, bahu, lengan, dan kaki akan bekerja sama untuk menarik dan mendapatkan ikan.

Sebelum Memancing, Kamu Wajib Tahu Cara Memilih Reel Pancing

Kenali Tipe Reel

Reel pancing adalah bagian penting dalam sebuah pancing. Adanya reel membuat kita jadi lebih mudah untuk menggulung dan menampung senar. Reel juga memudahkan kita mengeluarkan dan memasukkan senar kala harus dilempar dan digulung.

Reel pancing memiliki banyak tipe. Kamu bisa memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan. Pertama ada tipe reel spinning. Tipe ini cocok digunakan dalam berbagai kondisi tempat memancing. Reel jenis ini juga banyak digunakan para pemancing karena desainnya sederhana dan lebih mudah dioperasikan. Jenis spinning dilengkapi drag knob yang bisa mengatur besaran tarikan ikan sesuai dengan keinginan.

Berikutnya, ada reel baitcasting yang banyak digunakan untuk teknik casting. Reel semacam ini membuat kamu harus terus menerus melempar umpan buatan atau lure sampai kamu menemukan spot yang dianggap menjanjikan agar ikan bisa tertangkap dengan lebih mudah. Dudukan reel berada di atas joran. Untuk memakainya butuh latihan dan tidak semudah memakai reel spinning.

Reel trolling merupakan jenis reel yang hadir dengan kemampuan drag lebih tinggi. Reel ini cocok digunakan untuk memancing di laut. Reel-nya nyaman digunakan dengan teknik menyeret umpan di laut dengan menggunakan kapal dalam kecepatan tertentu. Bobot reel ini berat dengan spool besar sehingga butuh kekuatan otot lebih untuk memancing.

Sesuaikan Ukuran Reel

Kamu juga perlu menyesuaikan ukuran reel. Sesuaikan ukuran reel dengan teknik memancing yang kamu lakukan, medan memancing, dan lain sebagainya. Makin kecil line yang kamu pakai, maka makin kecil reel pancing yang kamu butuhkan.

Reel ukuran 500 hingga 1000 cocok digunakan untuk memancing di kolam harian, sungai, rawa, dan juga danau. Reel yang satu ini juga cocok untuk teknik memancing model casting.

Sementara itu, reel ukuran 1000 hingga 2500 paling pas digunakan di muara, danau, rawa, atau tepian pantai. Ini cocok dipakai untuk teknik memancing casting dan kolam harian.

Reel ukuran 2500 sampai 3000 pas untuk memancing di sungai, muara, hingga tepi pantai. Teknik memancing yang pas adalah light jigging, koncer, buttom fishing, dan lain sebagainya.

Untuk reel ukuran 4000 ke atas paling pas untuk digunakan di air laut dengan teknik memancing dasaran, surf fishing, popping, rockfishing, dan lain sebagainya,

Pastikan Bahannya Kuat

Pastikan reel pancing yang kamu gunakan terbuat dari bahan yang kuat. Bahan yang kuat akan menentukan kualitas reel. Pilih reel dari grafit atau aluminium anodized. Bahan semacam ini akan bisa membuat bobot reel terasa lebih ringan namun tetap kuat untuk menarik ikan yang besar. Kamu juga bisa memilih reel berbahan magnesium. Bahan magnesium begitu awet dan ringan bobotnya.

Ini Dia Rekomendasi Reel Pancing Terbaik untukmu

Maguro Barra 1000

Maguro Barra 1000 merupakan reel dari bahan alumunium yang kokoh dan tangguh. Bahan alumuniumnya mampu membuat reel bekerja lebih mulus. Ada 5 ball bearing pada reel yang dibuat dengan ketepatan yang presisi sehingga memancing jadi lebih mudah. Produk ini tahan lama dan tidak cepat rusak. Kamu bisa memakai reel yang satu ini untuk kebutuhan memancing di sungai, waduk, hingga muara. Ada pilihan warna emas, hitam, dan perak yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 190.000-357.000

Golden Fish Metanium 105

Golden Fish Metanium 105 memiliki bobot ringan. Ini akan memudahkan kamu saat memancing meski dalam waktu lama karena kamu jadi tidak merasa kelelahan. Ada 5 ball bearing pada reel yang presisi. Kamu juga bisa menggeser ke kiri atau ke kanan sesuai kebutuhan. Untuk gear ratio pada reel ini adalah 5:1:1 jadi cocok jika kamu ingin memakai reel pancing di laut untuk menangkap ikan yang besar dan aktif bergerak. Kamu juga bisa memakainya untuk memancing di danau atau empang. Produk ini harganya terjangkau sehingga cocok dibeli oleh para pemula dalam hal memancing.

Harga Rp. 125.000-201.000

Shimano AX 2500FB

Shimano AX 2500FB begitu ringan dan bahkan termasuk sebagai reel terbaik. Bobotnya hanya 220 gram saja namun mampu menarik ikan dengan bobot maksimal hingga 5 kg, loh. Reel berbahan alumunium ini kokoh dan tahan lama digunakan. Putaran gear tidak berisik karena sangat halus. Ada fitur super stopper II anti reverse dan juga fitur anti wobble sehingga kamu bisa lebih stabil saat menarik ikan yang tertangkap.

Harga Rp. 305.000-400.000

Versus Duval 3000

Versus Duval 3000 adalah reel yang akan memberikan kamu pengalaman memancing yang menyenangkan. Reel yang satu ini memiliki ball bearing 9+1 dengan sistem satu arah dan gear ratio 5.1:5. Reel hadir dengan handle yang mudah dipindah di posisi kanan atau kiri. Bahan reel dari aluminium. Reel dengan bobot 295 gram ini bisa menarik beban hingga 7 kg. Produk ini berkualitas dengan rotor yang seimbang.

Harga Rp. 304.000-660.000

Okuma Ceymar C-10

Okuma Ceymar C-10 merupakan reel dengan desain cyclonic flow rotor sehingga bisa meningkatkan aliran udara lewat portal rotor. Ini juga bisa meminimalisir masuknya air dan bisa mengurangi risiko terbentuknya karat. Dengan gear system bentuk panjang dan presisi, reel ini akan meminimalisir gesekan selama casting pancing sehingga bisa meningkatkan jarak lemparan. Akurasi lemparan juga bisa lebih pas dan senar jadi lebih awet.

Reel ini halus dengan tekanan drag yang maksimal. Produk ini memiliki roller bearing anti putar balik. Bodi dan rotornya dari bahan grafit yang anti karat. Reel-nya kokoh dengan bahan seng dan desain handle anodisasi warna hitam. Ada knob handle dengan bahan eva yang ringan dan nyaman dipegang.

Harga Rp. 510.000-558.000

Reel Ryobi Micro Power 800

Reel Ryobi Micro Power 800 adalah reel yang cocok menemani aktivitas memancing agar lebih nyaman. Produk yang satu ini hadir dengan bobot ringan hanya 180 gram saja. Meski bobotnya ringan, namun kemampuan drag produk ini mencapai 3 kg. Reel hadir dengan ball bearing 3+1 dengan gear ratio 5,2:1. Ini akan memudahkan kamu saat menarik ikan. Ada juga fitur anti trap line untuk mencegah senar terlilit di bawah spool saat digulung.

Harga Rp. 520.000-580.000

Shimano Sienna FD 500

Shimano Sienna FD 500 memiliki ball bearing 3+1 dengan bahan stainless steel dan rasio putar 4.7:1. Reel pancing yang satu ini tahan air asin sehingga tidak akan mudah berkarat. Kamu bisa nyaman memancing di mana saja kamu inginkan. Produk ini dibekali kartu garansi sehingga mutunya lebih terjamin. Berat produk ini hanya 170 gram sehingga terbilang sangat ringan.

Harga Rp. 395.000-425.000

Reel Baitcasting Maguro Energy

Reel Baitcasting Maguro Energy adalah rekomendasi berikutnya yang bisa kamu lirik. Pegangannya dari aluminium dengan knob yang dilengkapi karet ergonomis. Reel ini memiliki ball bearing 4+1 dari stainless steel sehingga anti karat. Gear ratio produk ini adalah 6.2:1 dengan perpaduan material aluminium dengan kuningan.

Harga Rp. 450.000-630.000

Pioneer Rexo RX-5000

Pioneer Rexo RX-5000 ini bisa juga jadi pilihan. Reel dengan desain keren ini termasuk sebagai Best Product Award Spinning Reel China Fish. Kamu tidak perlu ragu lagi memakainya karena kualitasnya terjamin. Dengan sistem anti reverse, reel ini membuat kamu mudah melawan tarikan ikan. Pegangannya kokoh jadi tidak akan mudah berputar balik. Reel ini memiliki gear ratio 5:6:1 dengan maksimal drag 12,5 kg. Ada ball bearing 9+1 dari stainless steel pada reel sehingga bisa membuat kamu lebih tenang dan senang saat memancing.

Harga Rp. 1.426.000-2.133.000

Abu Garcia Ambassadeur C4

Abu Garcia Ambassadeur C4 merupakan reel asal Swedia yang tidak asing di mata para pemancing profesional. Reel dengan 4+1 ball bearing ini memiliki gear ratio 6.3: 1. Berat reel-nya mencapai 260 gram namun kemampuan drag mencapai 7 kg. Desainnya simpel dan halus dengan performa luar biasa. Reel dengan right handle ini dirancang untuk memenuhi tuntutan para pemancing yang ingin pengalaman lebih seru.

Harga Rp. 2.610.000-3.150.000
From our editorial team

Sesuaikan Bujet Dalam Membeli Reel

Di pasaran, kita bisa memilih berbagai jenis reel pancing. Ada yang mahal dan ada juga yang murah. Kadang meski harganya mahal belum tentu kualitasnya bagus. Sebaiknya kamu cek dulu bagaimana kualitasnya dari segi bahan, fitur, keawetan, dan kemudahan pengaturannya. Selanjutnya, sesuaikan pembelian dengan bujet yang kamu siapkan. Tidak ada salahnya membeli yang terjangkau atau sesuai bujet asalkan kualitasnya bagus. Jika memang bujet kamu belum mencukupi, maka kamu bisa menabung lagi untuk membeli yang lebih bagus.

Tag