Tingkatkan Kualitas Memancing dengan 10 Rekomendasi Pilihan Alat Pancing Shimano yang Sudah Teruji

Tingkatkan Kualitas Memancing dengan 10 Rekomendasi Pilihan Alat Pancing Shimano yang Sudah Teruji

Aktivitas memancing tentu jadi salah satu hobi menyenangkan bagi sebagian orang. Kalau kamu gemar memancing, kamu bisa coba alat pancing berkualitas dari Shimano sebagaimana yang BP-Guide rekomendasikan berikut ini!

Baca juga

Alat Pancing yang Bagus Akan Meningkatkan Kualitas Memancingmu

Sumber gambar www.dailyrecord.co.uk

Memancing ternyata masih menjadi hobi yang populer di masyarakat. Bahkan, salah satu TV swasta memiliki program khusus memancing. Memancing bagi sebagian orang dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Namun ternyata anggapan itu tidak berlaku bagi mereka yang hobi memancing. Memancing dapat melepas stres dan sebagai sarana melatih kesabaran.

Memiliki alat pancing tentu menjadi kebutuhan para pemilik hobi memancing. Pada dasarnya, semua fungsi alat pancing adalah sama. Hal yang membedakan alat pancing satu dengan yang lain adalah kualitas yang dimiliki. Inilah tips untuk memilih alat pancing berkualitas.

  • Panjang
    Panjang alat pancing penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi akurasi, jarak lempar, dan hook set leverage. Pancingan yang lebih pendek, yakni di bawah 7 kaki atau 2 meter, akan lebih akurat sedangkan pancingan yang panjang akan memberikan kekuatan lebih pada kait dan jarak lemparannya lebih jauh.
  • Aksi Lemparan
    Aksi lemparan sangat penting mempengaruhi kinerja alat pancing. Aksi dapat menggambarkan ke mana panjang pancingan melengkung. Alat pancing akan lebih sensitif bila aksi lemparan semakin cepat.
  • Daya
    Daya yang terlalu ringan tidak akan cocok dengan jarak dan keakuratan. Sebaliknya, daya yang terlalu berat akan menimbulkan reaksi balik dan menurunnya efisiensi. Pengukuran kepekaan dan daya alat pancing bisa diukur dari kekuatannya yakni berapa banyak bobot yang akan menyebabkan pancingan lentur.

Tips Memilih Umpan Pancing yang Baik

Pilih Material Umpan Sesuai Metode Memancing

Sumber gambar www.bukalapak.com

Ada berbagai macam umpan buatan yang masing-masing memiliki karakteristik sendiri-sendiri.

  • Minnow
    Umpan ini berbentuk mirip dengan ikan minnow dengan empat tipe yakni shallow type, deep type, floating type, dan sinking type. Umpan minnow cukup efektif digunakan di perairan tawar maupun asin terutama untuk memburu ikan yang kelaparan. Umpan minnow biasa terbuat dari plastik, metal, kayu, ataupun kombinasi.

  • Jig
    Jig berarti menari dengan irama cepat. Umpan ini harus dinaikturunkan atau digoyangkan dengan gerakan cepat dalam penggunaannya. Itulah mengapa umpan ini dinamai “jig”. Umumnya jig terbuat dari timah. Penggunaan material karet dan bulu binatang berfungsi untuk membuat jig lebih menarik. Terdapat tiga jenis jig yakni tell-weighted jig, centre-weighted jig, dan jig head.

  • Popper
    Umpan popper mempunyai keunikan yakni dapat berenang di permukaan air dan apabila ditarik, ia akan memunculkan suara cipratan air. Suara cipratan ini dapat meningkatkan potensi umpan dimakan oleh ikan. Umpan popper biasanya terbuat dari plastik dan kayu. Beberapa macam umpan popper yakni stickbait, chugger, dan pensil.

  • Konahead
    Umpan konahead sekilas memiliki bentuk seperti cumi-cumi. Umpan ini paling pas dikombinasikan dengan teknik trolling. Ikan yang biasa menjadi incaran pengguna umpan konahead adalah ikan layaran dan ikan tuna.

  • Froggy
    Seperti namanya, umpan ini mirip sekali bentuknya dengan kodok. Bahan untuk membuat umpan froggy adalah resin, karet, silikon, dan kayu. Froggy dapat melompat-lompat di permukaan air dengan cara dimain-mainkan saja.

  • Squid Umpan ini biasa digunakan untuk khusus memancing cumi-cumi. Umpan berbahan plastik ini dibentuk menyerupai udang kecil.

  • Kucir
    Umpan kucir dibentuk dengan rumbai-rumbai yang ditempelkan di bagian bawah dan atas besi/timah pemberat. Umpan kucir efektif digunakan di perairan yang memiliki kedalaman sekitar 10 m di bawah permukaan laut.

  • Spinner
    Sesuai namanya, umpan ini dapat berputar di bagian blade yang dapat menghasilkan suara atau getaran tertentu. Suara atau getaran ini berfungsi untuk menarik perhatian ikan bidikan.

  • Spoon
    Umpan ini terbuat dari sendok atau spoon. Spoon termasuk umpan buatan yang fleksibel karena dapat digunakan secara efektif untuk memancing ikan dasaran dan ikan permukaan.

Pilih Warna Umpan Sesuai Lokasi dan Waktu Memancing

Memilih warna umpan sebaiknya disesuaikan dengan lokasi memancing dan waktu memancing. Pada perairan yang sangat jernih, sebaiknya pilih warna yang mencolok karena warna yang mencolok akan mudah terlihat pada kedalaman di atas 10 kaki atau tiga meter.

Bila kamu memancing di perairan yang jernih, pilih umpan dengan warna gelap mencolok seperti biru tua. Ketika memancing di perairan yang kotor sedikit keruh, warna terbaik untuk umpan adalah warna oranye, hijau muda, dan hijau. Warna merah akan sangat dominan bila digunakan pada perairan yang keruh.

10 Rekomendasi Alat Pancing Shimano Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Joran

Joran Shimano Bassterra AX S65mh - 195 Cm

Sumber gambar id.wikiobralan.com

Alat pancing ini memiliki panjang 2,10 meter yang didesain ringan namun sangat kuat. Lapisan fuji pada setiap cincinnya membuat line lebih keluar dengan lancar. CI4 reel seat terpasang di seri ini untuk menambah keamanan pada reel. Alat pancing berbahan karbon ini dijual di Bukalapak dengan harga Rp 1.450.000.

Joran Shimano Speed S603

Sumber gambar www.tokopedia.com

Joran tipe ini sangat mudah untuk digunakan dan tanpa perlu membutuhkan perawatan khusus. Tipe ini memungkinkan untuk dioperasikan di perairan tawar maupun asin. Dibekali dengan panjang 1,83 m dan terbuat dari karbon, alat pancing ini dijual seharga Rp 1.780.000 di Tokopedia.

Joran Shimano Beast Master Bottom Ship Jb 601

Sumber gambar www.bukalapak.com

Joran tipe ini adalah joran sambung yang dapat digunakan di semua tempat. Spesifikasi dan kualitasnya terjamin dengan bahan serat karbon yang dapat tahan di segala tempat dan cuaca. Memiliki lure 8-1lb dan panjang 1,83 m dengan ring merek Fuji, alat pancing ini dijual dengan harga Rp 1.574.000 di Bukalapak.

Joran Shimano Aerocast 425 CXG

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pancing joran yang satu ini memang terbilang lebih mahal dibanding yang lain. Shimano menambahkan kualitas dan merenovasi aerocast dengan menjadikan HPC (karbon bertekanan tinggi) sebagai bahan dasar yang membuat pancing ini 40% lebih kuat dan responsif.

Cengkeraman pada tipe ini telah diubah menjadi pegangan EVA yang ergonomis. Aerocast tetap mempertahankan fitur unggulan seperti kursi kayu fosilnya. Alat pancing ini dijual di Bukalapak dengan harga Rp 2.050.000.

Joran Shimano Cruzar AXFG 602

Sumber gambar www.tokopedia.com

Joran ini terbuat dari material solid grass yang memberinya kemampuan melengkung hingga 90 derajat. Elastisitas ini dapat mencegah pancing patah saat menarik ikan. Pancing joran tipe ini dibuat dari bahan fiber dengan panjang 1,80 m. Pancing ini dijual murah seharga Rp 240.000 di Tokopedia.

Reel

Reel Shimano Technium C5000 FC

Sumber gambar s2.bukalapak.com

Shimano technium FC memiliki kelancaran rollerbearing gabungan dan 3 bantalan A-RB cocok dengan tampilan rampingnya. Alat pancing ini cocok digunakan oleh pemancing dengan bujet menengah tanpa meragukan kualitasnya.

Alat pancing Shimano ini menawarkan beragam fitur teknis seperti aerowrap II dan AR-C spool yang sangat baik untuk kinerja casting yang efektif. Kamu bisa memiliki alat pancing ini dengan harga Rp 1.435.000 di Bukalapak.

Reel Shimano Technium 4000 FD

Sumber gambar www.bukalapak.com

Shimano tipe ini hadir dengan beragam ukuran termasuk ukuran 4000. Semua fitur berkualitas terdapat pada alat pancing ini seperti bantalan bola tiga serta bantalan rol berkualitas dari Shimano yang menjamin reel ini tahan gesekan.

X-Ship gearing yang dimilikinya memberikan kekuatan lilitan yang efisien dan sempurna saat membidik ikan besar. Bukalapak menjual alat pancing ini dengan harga Rp 1.963.000

Shimano Stephano

Sumber gambar www.bukalapak.com

Stephano memiliki pegangan yang sangat pas di telapak tangan. Selain dirakit dengan gear ratio 7,1, Stephano juga dilengkapi dengan S-Turbin yang memungkinkan lebih banyak stabilitas bahkan saat kecepatan tinggi. Alat pancing ini dijual di Bukalapak dengan harga Rp 3.100.000.

REEL SHIMANO SOLSTACE 1000 FI

Sumber gambar www.bukalapak.com

Alat ini terbuat dari material grafit yang ringan dengan line capacity 2/270, 4/140, 6/110. Alat pancing yang dilengkapi dengan pegangan karet ini dijual seharga Rp 816.000 di Bukalapak.

Reel SHIMANO SPHEROS SW 6000

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tipe Spheros ini didesain tahan lama untuk menangani perairan asin. Fitur-fitur andalan Shimano telah disematkan pada alat pancing seberat 460 gram ini. Alat ini aman saat digunakan untuk memancing di lepas pantai. Pemancing pun tak perlu meragukan kualitas alat pancing satu ini yang dijual di Tokopedia dengan harga Rp 2.660.000.

From our editorial team

Gunakan Alat Pancing Berkualitas dan Sesuaikan dengan Bujet yang Kamu Miliki

Hobi memancing bisa jadi aktivitas menyenangkan untuk dilakukan saat sedang santai. Selain melatih kesabaran, memancing juga bisa melatih otot serta mendatangkan banyak manfaat lainnya. Kalau kamu gemar memancing, kamu harus pilih alat pancing yang berkualitas. Cek harga dan pelajari spesifikasi setiap produk yang akan kamu beli dan sesuaikan dengan kebutuhan serta bujet yang kamu miliki.