10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik Untuk Anda (2022)

10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik Untuk Anda (2022)

Mesin cuci adalah salah satu barang elektronik yang sering digunakan. Oleh karena itu, merawat mesin cuci dengan baik agar tetap bisa bekerja dengan baik. Yuk, simak rekomendasi pembersih mesin cuci terbaik dari BP-Guide berikut ini!

Mesin Cuci Harus Dibersihkan Secara Berkala

Seiring berjalannya waktu, kotoran dan sisa detergen dapat menumpuk, mengendap, dan berkerak di beberapa komponen di dalam mesin cuci, terutama pada area yang lembap seperti karet dan segel pintu.

Jika endapan kotoran tersebut dibiarkan secara terus menerus, dapat membiarkan bakteri dan jamur berkembang biak, dan menyebabkan bau yang tak sedap pada mesin cuci.

Akibatnya, kotoran tersebut dapat mengkontaminasi cucian Anda, serta membuat mesin cuci bekerja kurang efektif, membuat komponen mesin cuci jadi cepat rusak, dan memperpendek masa pakai mesin cuci.

Anda tentu tidak ingin hal-hal buruk tersebut terjadi pada mesin cuci dan baju-baju Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mencegahnya dengan merawat mesin cuci secara berkala.

Tips Membersihkan Mesin Cuci

Pastikan Tidak Ada Sisa Deterjen

Sisa deterjen yang tertinggal di bagian tabung mesin cuci akan menimbulkan noda, kerak, jamur, serta karat. Gunakanlah deterjen khusus mesin cuci untuk mencegah penumpukan residu atau sisa-sisa deterjen pada mesin cuci Anda.

Selain deterjen, ada baiknya Anda juga tidak menuangkan pelembut pakaian langsung ke dalam mesin cuci. Ketika Anda sudah selesai mencuci, pastikan Anda membersihkan sisa-sisa deterjen di mesin cuci dengan bersih.

Cek Apakah Tabung Sudah Bersih

Setelah Anda memastikan tak ada sisa deterjen di tabung mesin cuci, ceklah apakah masih ada noda di bagian dalam tabung. Jika terdapat noda pada bagian dalam tabung mesin cuci, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih mesin cuci untuk mengangkatnya.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan bahan rumahan seperti larutan cuka atau perasan lemon dengan baking soda untuk membersihkan tabung. Cara-cara yang tersebut di atas dapat Anda lakukan untuk membersihkan mesin cuci 1 maupun 2 tabung.

Bersihkan Bagian Filter

Filter alias saringan mesin cuci ini rentan tersumbat oleh serat-serat pakaian. Sebaiknya Anda membersihkannya setiap kali selesai mencuci pakaian. Tahukah Anda? Selain menyebabkan proses mencuci pakaian jadi makin lama, filter mesin cuci yang mampet itu juga rentan memicu kebakaran lho.

Menurut situs American Academy of Pediatrics, sebanyak 1 dari 22 rumah mengalami kebakaran akibat mesin cuci pada tahun 2006-2010. Keluarkan filter dari mesin cuci, dan bersihkanlah dari serat-serat pakaian. Sikatlah secara perlahan di bawah air mengalir. Keringkanlah filter tersebut sebelum memasangnya kembali.

Lap Bagian Luarnya

Dalam membersihkan mesin cuci, lakukanlah secara menyeluruh. Artinya, Anda perlu membersihkan bagian dalam dan juga bagian luarnya. Jika bagian dalam mesin cuci sudah Anda bersihkan, maka beralihlah ke bagian luar mesin cuci.

Anda bisa menggunakan larutan cuka dan baking soda untuk mengelap bagian luar mesin cuci agar bersih dari noda-noda yang menempel. Lap seluruh permukaan luar mesin cuci dengan bersih dengan larutan pembersih tersebut, lalu lap dengan lap kering. Sehingga, mesin cuci pun berada dalam keadaan yang bersih dan kering.

Biarkan Pintu Terbuka

Jika Anda sedang tidak menggunakan mesin cuci, sebaiknya Anda membiarkan pintu mesin cuci sedikit terbuka. Membiarkan pintu terbuka ini penting Anda lakukan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam tabung mesin cuci.

Jika udara tidak dapat keluar masuk dengan baik, maka kuman dan jamur akan lebih mudah berkembang biak di dalam mesin cuci. Selain mencegah perkembangbiakan kuman dan jamur, cara ini juga dapat membantu mengurangi bau tak sedap yang mungkin saja timbul di area mesin cuci.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Pembersih Mesin Cuci

Jenis Pembersih

Ada beberapa jenis formula pembersih mesin cuci, yaitu tipe cairan (liquid) atau gel, tipe tablet, dan tipe bubuk (powder). Pembersih tipe cair atau gel akan dapat mengenai semua sudut dan celah di dalam tabung mesin cuci, dan tidak mudah meninggalkan residu.

Pembersih tipe tablet akan larut sepanjang siklus pembersihan. Tipe ini bekerja lambat, tetapi dapat memecah dan membuang kerak dan residu keras lainnya. Pembersih tipe bubuk cenderung lebih murah harganya dibandingkan tipe cair, gel, dan tablet.

Tipe ini mengandung pemutih oksigen yang membantu menjaga mesin cuci tetap bersih. Sayangnya tipe ini lebih mudah meninggalkan endapan padat di tabung mesin cuci.

Tipe Mesin Cuci

Dari segi bukaan atau pintunya, mesin cuci dibedakan menjadi mesin cuci bukaan atas (top loader) dan mesin cuci bukaan depan (front loader). Mesin cuci bukaan atas dan mesin cuci bukaan depan memiliki area masing-masing yang cenderung mengalami penumpukan kotoran dan bau. Anda perlu memperhatikan area ini.

Mesin cuci bukaan atas memiliki tabung di bagian bawah, dan area inilah yang lebih sering mengalami genangan sisa air dan sabun. Genangan tersebut dapat menimbulkan tumbuhnya lumut, hingga bau apek.

Sementara pada mesin cuci bukaan depan memiliki pintu di bagian depan dengan gasket karet di sekitar pintu. Karena sering terkena air, membuatnya menjadi lembap jika tidak dilap. Apalagi pada kondisi yang gelap, area ini akan mudah ditumbuhi jamur dan bakteri.

Kandungan Bahan Kimia

Beberapa pembersih mesin cuci diformulasikan dengan kemampuan merontokkan kotoran secara hebat dan dapat membunuh kuman. Tak jarang bahan-bahan kuat pada pembersih dapat mengiritasi jika terkena kulit dan mata, serta berbahaya bagi lingkungan.

Jika Anda ingin membersihkan mesin cuci dengan bahan yang cenderung lebih aman, Anda bisa membuat larutan baking soda dengan larutan asam ringan seperti cuka atau lemon. Larutan baking soda dan cuka dapat memecah kotoran, membersihkan residu lemak, juga mengatasi jamur secara efektif, namun kurang cocok untuk pembersihan mendalam.

Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik

Dr. Beckmann Washing Machine Care Cleaner

Anda dapat mengandalkan Dr. Beckmann Washing Machine Care Cleaner untuk membersihkan dan merawat mesin cuci agar bersih dan awet. Pembersih mesin cuci tipe cair ini mudah melarutkan residu, dan mampu menghilangkan kerak kapur yang mengendap pada bagian yang sulit dijangkau tangan.

Pembersih mesin cuci ini juga mengandung bahan pendingin yang dapat menjaga bagian karet mesin agar tetap elastis, serta dapat melindungi logam agar tidak mudah berkarat.

Harga Rp. 70.000-150.000

OxiClean Washing Machine Cleaner with Odor Blasters

Dengan formulasi with Odor Blasters, OxiClean Washing Machine Cleaner ini tidak hanya dapat membersihkan mesin cuci, namun juga dapat menghilangkan bau. Jika mesin cuci sudah bersih dari kotoran dan bau, maka hasil cucian pakaian pun jadi lebih bersih dan segar karena tak ada residu di mesin yang dapat menempel pada pakaian yang dicuci di dalamnya.

Pembersih mesin cuci ini dapat Anda gunakan pada semua mesin cuci. Kekurangannya, pembersih ini dapat mengiritasi mata dan berbahaya jika tertelan, apalagi bagi anak-anak

Harga Rp. 150.000-300.000

PUTTO HOUZZ Pembersih Mesin Cuci

Anda mencari pembersih mesin cuci yang eco friendly? Pembersih mesin cuci tipe bubuk dari Putto Houzz ini hadir menjawab tanda tanya Anda.

Pembersih mesin cuci ini terbuat dari 100% ekstrak tanaman dan tidak mengandung bahan kimia tambahan. Tak hanya ramah bagi lingkungan, pembersih ini juga lebih aman untuk bayi dan kulit sensitif.

Pembersih mesin cuci dari Korea ini efektif membersihkan jamur, kuman, sisa detergen, noda air, serta bau yang tidak sedap pada tabung mesin cuci.

Harga Rp. 50.000-100.000

SENTAKU Washing Machine Cleaner

Sentaku Washing Machine Cleaner ini dirancang agar dapat membersihkan bagian dalam segala model mesin cuci. Dengan formula bubuk, produk pembersih mesin cuci ini efektif dalam menghilangkan sisa deterjen, endapan kalsium atau kapur, serabut, bakteri, jamur, dan semua kotoran yang mengendap pada mesin cuci.

Kerennya lagi, produk pembersih ini juga dapat mencegah kerusakan mesin cuci, dan tidak mengubah warna pakaian.

Harga Rp. 25.000-75.000

iLiFE Washing Machine Cleaner

iLiFE Washing Machine Cleaner diformulasikan dengan bahan yang ramah lingkungan. Produk ini dapat menghilangkan kerak yang menempel pada bagian-bagian mesin cuci. Pembersih mesin cuci ini juga mampu mendekontaminasi mesin cuci Anda supaya menjadi lebih bersih dan segar.

Selain membersihkan tabung mesin cuci, iLiFE Washing Machine Cleaner juga tidak merusak logam, sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 40.000-85.000

Tide Washing Machine Cleaner

Tide Washing Machine Cleaner hadir dengan formulasi oxygen bleach yang dapat menyingkirkan residu sisa deterjen sekaligus kotoran pada mesin cuci. Produk pembersih mesin cuci ini juga ampuh membasmi bakteri penyebab bau pada mesin cuci. Walhasil, pakaian yang dicuci di dalamnya pun akan jadi wangi menyegarkan.

Tide Washing Machine Cleaner ini dapat Anda andalkan untuk membuat mesin cuci Anda menjadi bersih, segar, dan terlihat lebih berkilau.

Harga Rp. 150.000-300.000

SANNI Washing Machine Cleaner

SANNI Washing Machine Cleaner ini mengandung bahan blue active powder yang ampuh dalam membasmi kuman. Anda dapat mengandalkan pembersih mesin cuci dari SANNI ini untuk mengangkat berbagai jenis kotoran, seperti jamur, lumut, lumpur, residu detergen, atau partikel lainnya pada mesin cuci.

Produk pembersih yang satu ini juga tidak menghasilkan busa berlebih, sehingga Anda tak akan kerepotan saat membilasnya.

Harga Rp. 60.000-100.000

Prokleen Washing Machine Cleaner

Prokleen Machine Washing Cleaner ini dapat membasmi kuman penyebab penyakit, kotoran yang memicu alergi pada kulit, serta mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur. Pembersih mesin cuci dari Prokleen ini juga memiliki aroma yang harum, namun tidak menyengat, sehingga enak di hidung.

Jika mesin cuci sudah bersih dan harum, maka pakaian yang dicuci di dalamnya pun mendapatkan kebersihan dan keharuman yang lebih maksimal.

Harga Rp. 70.000-250.000

Puro Washing Machine Cleaner

Anda dapat menggunakan Puro Pembersih Mesin Cuci Box ini untuk membersihkan mesin cuci top load maupun front load. Produk ini juga sangat cocok untuk mesin cuci yang digunakan untuk laundry.

Pembersih mesin cuci dengan formulasi bubuk ini dapat membersihkan mesin cuci secara maksimal, mulai dari tabung, karet pintu, hingga saluran air. Formulasinya aman untuk bahan stainless maupun plastik.

Pembersih dari Puro ini memiliki bahan aktif Power Clean yang efektif mengangkat kotoran yang sudah mengeras, sisa deterjen, serta jamur, tanpa meninggalkan residu. Formulasinya juga aman untuk kulit tangan Anda, dan mudah dibilas

Harga Rp. 50.000-150.000

Daily Washing Machine Cleaner

Daily Washing Machine Cleaner ini merupakan pembersih mesin cuci dalam bentuk tablet. Karena bentuknya tablet, pembersih ini tidak mudah tumpah berserakan seperti tipe cair dan tipe bubuk.

Dalam satu toples Daily Washing Machine Cleaner ini terdapat 16 tablet yang bisa Anda pakai untuk empat kali mencuci. Bila dihitung, biaya sekali pembersihan sangatlah terjangkau.

Pembersih mesin cuci tablet dari Daily Washing Machine Cleaner ini mampu secara efektif meluruhkan tumpukan kotoran, dan membasmi kuman penyebab bau dan alergi dalam sekejap.

Harga Rp. 40.000-50.000
From our editorial team

Jika Belum Pernah Membesihkan Mesin Cuci Sendiri, Lihat Dulu Tutorialnya

Membersihkan mesin cuci sebenarnya bukan pekerjaan sulit. Apalagi jika Anda memilih produk rekomendasi terbaik dari BP-Guide di atas. Namun jika Anda belum pernah melakukannya sendiri, tonton dulu tutorialnya ya!

Tag