Lindungi Tubuh saat Hujan dengan 10 Rekomendasi Jas Hujan Penguin yang Berkualitas dan Tidak Mudah Robek (2020)

Lindungi Tubuh saat Hujan dengan 10 Rekomendasi Jas Hujan Penguin yang Berkualitas dan Tidak Mudah Robek (2020)

Memasuki musim penghujan sudah selayaknya mempersiapkan hal-hal yang dapat melindungimu dari terpaan hujan. Jangan sampai salah memilih jas hujan karena BP-Guide punya rekomendasi berbagai jas hujan Penguin yang kualitasnya sudah terjamin. Cek dulu di sini, yuk!

Jas Hujan merupakan Perlengkapan yang Efektif untuk Melindungi Tubuh agar Tidak Kebasahan saat Hujan

Fungsi utama jas hujan adalah meminimalkan cipratan air mengenai pakaian dan bagian tubuh kita, terutama ketika kita berkendara menggunakan motor di bawah hujan lebat. Model jas hujan yang paling sering ditemui adalah model ponco serta model atasan dan bawahan.

Kedua model tersebut memanglah yang paling nyaman dan aman dipakai oleh para pengendara. Jas hujan dibuat dari material-material tahan air, seperti PVC dan polyurethane. Bahkan, material polyurethane yang berkualitas disebut-sebut dapat menahan tekanan air sampai 15.000 mm/cm2.

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa kebanyakan jas hujan dibuat dalam warna yang terang. Hal ini bertujuan agar pemakainya lebih mudah terlihat, bahkan ketika hujan sekalipun yang seringkali mengurangi jarak pandang kita. Agar pemakainya lebih aman lagi, beberapa jas hujan dilengkapi dengan pemantul cahaya (scotlight).

Scotlight ini dipasang di beberapa bagian jas hujan seperti di bahu, bagian dada, punggung, dan kaki. Dengan demikian, pengendara lain akan lebih mudah melihat kamu dalam jarak pandang yang terbatas dan meminimalkan terjadinya kecelakaan.

Manfaat Jas Hujan yang Perlu Kamu Ketahui

Menjaga Tubuh agar Tetap Kering

Sesuai dengan fungsi utamanya, maka manfaat utama dari sebuah jas hujan adalah untuk menjaga tubuh kamu tetap kering. Jas hujan menjaga tubuhmu dari air yang bisa membuatmu kedinginan, sehingga kamu tetap dapat berkendara dengan nyaman di bawah guyuran hujan deras.

Ada banyak merek jas hujan dengan kualitas yang beragam pula. Biasanya, jas hujan berkualitas tinggi memiliki material yang elastis, ringan, sulit robek, dan dilengkapi dengan resleting berkualitas tinggi yang anti macet. Dari harga yang mahal sampai harga yang murah, kamu bisa memilih jas hujan sesuai dengan kebutuhanmu.

Menjaga Pakaian Tetap Kering

Selain menjaga bagian tubuh kita, manfaat utama jas hujan yang lain adalah untuk menjaga pakaian kita agar tetap kering. Tujuan utama dari material tahan air pada jas hujan adalah untuk menahan air merembes sampai ke pakaian kamu.

Untuk menjaga keawetannya, segera jemur jas hujan begitu selesai digunakan untuk menghindari tumbuhnya jamur. Bersihkan jas hujan dengan seksama untuk menghilangkan kotoran, debu, atau bahkan keringat yang menempel.

Melindungi Handphone dari Terkena Hujan

Ketika hujan tiba, salah satu perangkat yang perlu segera kita amankan adalah handphone. Hal ini dikarenakan belum semua handphone memiliki kualitas anti air yang bisa membuatnya tetap beroperasi meski terkena air. Dengan memakai jas hujan, kita dapat menyimpan handphone lebih aman di dalam tas kita.

Tempat terbaik untuk menyimpan handphone adalah di bagian tengah tas, di sela-sela barang lain yang ada di dalam tas kamu. Hindari menyimpan handphone di dalam kantong celana karena masih ada kemungkinan air merembes dan membasahi celanamu.

Mengurangi Rasa Dingin

Kedinginan adalah situasi yang seringkali kita anggap enteng. Padahal, kedinginan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah baru bagi tubuh kita atau membuat tubuh kita merasa kurang nyaman. Menggunakan jas hujan ketika berkendara di bawah hujan dapat mengurangi rasa dingin tersebut, baik dari air hujan maupun dari angin kencang di jalanan.

Selain itu, di situasi dingin tubuh kita butuh lebih banyak kalori untuk membuatnya tetap hangat. Jadi, pastikan kebutuhan kalori di dalam tubuhmu selalu terpenuhi ketika cuaca dingin seperti musim hujan sedang melanda.

Selain itu, cukupi juga asupan nutrisimu untuk memperkuat daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Cara Merawat Jas Hujan

Hindari dari Terpapar Sinar Matahari Langsung

Jas hujan dirancang untuk tahan terhadap air dan cuaca dingin, namun bukan untuk tahan terhadap panasnya sinar matahari. Materialnya memang kurang tahan panas. Oleh karena itu, hindari menjemur jas hujan di bawah terik matahari langsung karena dapat membuat jas hujan cepat rusak dan robek.

Setelah menggunakan jas hujan, keringkan jas hujan dengan cara diangin-anginkan saja atau jemur di tempat yang teduh. Setelah kering, barulah lap jas hujan sampai bersih untuk menghilangkan noda-noda yang menempel.

Gunakan Sabun jika Kotoran Susah Hilang

Setibanya di rumah, kamu perlu membersihkan jas hujan dari kotoran yang menempel di sepanjang perjalanan. Membersihkan jas hujan bisa menggunakan lap Kanebo untuk menyeka sisa air hujan yang bercampur dengan kotoran.

Namun, jika ada noda yang membandel, kamu bisa membersihkan jas hujan dengan sedikit lebih ekstra, menggunakan sabun cuci. Sabun yang digunakan bisa sabun apa saja, mulai dari sabun mandi, sabun cuci piring, sampai deterjen cair.

Gosok bagian jas hujan yang ada nodanya dengan sikat gigi atau lap halus sampai kotoran hilang. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih untuk menghindari jas hujan terasa lengket.

Bersihkan dengan Air Bersih

Apakah perlu mengguyur jas hujan yang baru terkena air hujan menggunakan air bersih? Jawabannya adalah perlu, jika kamu ingin merawat jas hujan kamu agar tahan lama.

Selain itu, mengguyur jas hujan dengan air bersih juga ampuh untuk menghilangkan noda, jamur, dan pasir yang menempel ketika beraktivitas di bawah hujan.

Apabila pasir dan kotoran dibiarkan menempel terlalu lama, bisa jadi jas hujan kita mengalami kerusakan. Semakin lama menempel, kotoran itu juga akan semakin sulit hilang.

Keringkan Jas Hujan

Mengeringkan jas hujan setelah kita selesai menggunakannya adalah salah satu cara perawatan jas hujan yang paling penting. Sisa air yang menempel pada jas hujan dapat membuatnya nampak kusam, kotor, dan kurang terawat.

Mengeringkan jas hujan secara langsung juga bisa menghindarkannya dari bau apek. Selain itu, jika jas hujan yang masih basah sudah dilipat, maka sisa-sisa air yang menempel pada jas hujan akan membuat jas hujan menempel dengan erat dan menyulitkan kamu ketika kamu hendak memakainya lagi.

Lipat dan Simpan di Tempat Kering

Banyak orang selalu menyimpan jas hujan di dalam jok motor. Mungkin kamu juga salah satu yang melakukan hal ini. Tapi, tahukah kamu bahwa menyimpan jas hujan di dalam jok motor dapat membuatnya cepat rusak, terutama jika jas hujan disimpan di sana dalam waktu yang sangat lama? Di dalam jok motor ada banyak bakteri yang bisa menempel pada jas hujan dan membuat tubuhmu gatal-gatal ketika memakainya.

Selain itu, jika jas hujan yang masih basah langsung disimpan di dalam jok motor yang cenderung panas, maka bisa membuat material jas hujan menjadi getas. Cara terbaik untuk menyimpan jas hujan adalah memasukannya ke dalam tas khusus dan menyimpannya di tempat yang kering di dalam rumah. Jika hendak membawanya, sebaiknya simpan di dalam tas daripada di dalam jok motor kamu.

Rekomendasi Jas Hujan Penguin Terbaik dan Aman Dipakai saat Hujan

Jas Hujan Pinguin Golf XL

Salah satu merek jas hujan yang paling terkenal di Indonesia adalah Penguin. Merek Penguin ini punya berbagai model jas hujan dengan ragam ukuran dan ragam harga. Salah satu rekomendasi jas hujan dari Penguin adalah tipe yang satu ini.

Jas hujan ini terbuat dari karet yang nyaman dan anti gerah ketika digunakan. Di bagian samping jas hujan, terdapat resleting berkualitas baik untuk menghindari rembesan air ke dalam pakaianmu. Dalam keadaan kering, jas hujan yang punya empat pilihan warna ini punya berat sekitar 1.540 gram.

Pilihan warnanya ada biru, pink, hijau, dan cokelat. Tipe ini memiliki satu ukuran dengan panjang celana 100 cm dan lingkar celana 30 cm (bisa melar hingga 114 cm). Sedangkan untuk atasannya, jas hujan ini memiliki panjang baju 86 cm, lebar bahu 100 cm, dan panjang lengan dari kanan ke kiri sepanjang 160 cm.

Harga Rp. 139.900-143.500

Jas Hujan Pinguin Foxy Polkadot Original

Pilihlah jas hujan yang tepat, baik dari segi jenis sampai warnanya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan kita sebagai pemakai jas hujan, maupun pengendara lainnya.

Bicara tentang nyaman dan aman, mungkin jas hujan yang satu ini adalah salah satu jas hujan dari Penguin yang bisa membuatmu nyaman. Berbeda dari jas hujan kebanyakan yang hanya polos, jas hujan ini memiliki motif polkadot yang lucu dan membuatmu tetap stylish meski di bawah guyuran hujan deras!

Jas hujan dengan model atasan dan bawahan ini terbuat dari material PVC full yang lentur dan anti sobek. Di bagian pergelangannya dilengkapi dengan karet untuk meminimalisir rembesan air membasahi tangan kamu.

Dalam keadaan kering, bobot jas hujan ini cukup ringan yakni hanya 950 gram. Tersedia dalam tiga pilihan warna cerah yang cantik yaitu biru, hijau, dan merah. Jas hujan ini memiliki satu ukuran all size dengan panjang baju 70 cm, lebar ketiak 62 cm, dan panjang lengan (dari ketiak) 66 cm. Untuk celananya, ia memiliki panjang 100 cm dan lebar 59 cm.

Harga Rp. 122.500-134.000

Jas Hujan Penguin's Ponco LGX-777

Beralih dari jas hujan model atasan dan bawahan, kali ini ada sebuah rekomendasi jas hujan ponco yang nyaman kamu pakai untuk menghadapi musim hujan. Jas hujan dengan panjang 103 cm dan lebar 130 cm ini memiliki berat 1.320 gram.

Ia terbuat dari material PVC yang tebal. Ciri-ciri jas hujan yang terbuat dari bahan PVC adalah tampilannya yang tampak mengilap seperti plastik. Selain tahan air, jas hujan ini juga punya kelebihan lain seperti ringan, sehingga lebih mudah dan lebih ringkas ketika dilipat.

Bahannya juga mirip karet, sehingga membersihkannya pun akan terasa lebih mudah. Ia tersedia dalam beberapa pilihan warna yakni cokelat, biru, dan hijau.

Harga Rp. 117.500-125.000

Jas Hujan Pinguin Jaket Celana Flash Milenium

Kembali ke rekomendasi jas hujan dengan model atasan dan bawahan. Masih dari Penguin, jas hujan ini terbuat dar 100% material PVC dengan mutu yang terjamin, antirembes dan sulit robek. Meski bahannya cukup tebal, jas hujan ini tetap nyaman dipakai dan antigerah.

Sayangnya, ia hanya memiliki sedikit pilihan warna yakni warna biru dan warna cokelat. Jas hujan ini memiliki 1 ukuran, yaitu XL, dengan lebar dada 60 cm dan panjang jaket 70 cm. Untuk bawahannya sendiri, panjang celananya adalah 100 cm dan lingkar pinggang yang bisa melar sampai 90 cm.

Harga Rp. 76.000-168.000

Jas Hujan Penguin CX-7

Merek Penguin yang sangat terkenal membuat beberapa orang berusaha memalsukan jas hujan merek ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan keaslian jas hujan Penguin yang kamu beli dengan melihat apakah di bagian punggungnya terdapat logo Penguin atau tidak. Jika ada, maka hampir dapat dipastikan bahwa jas hujan itu adalah asli dari Penguin.

Tipe jas hujan yang satu ini cukup unik. Ia terbuat dari material PVC dengan berat sekitar 900 gram. Kualitasnya super dengan material yang tebal dan lentur, sangat nyaman digunakan selama berkendara. Penutup kepalanya memiliki tali yang dapat diatur sendiri sesuai dengan kekencangan yang kamu inginkan. Di bagian pergelangannya pun dilengkapi dengan karet untuk menghindari air merembes ke bagian tanganmu.

Untuk menambah keamanan pemakainya, jas hujan ini dilengkapi dengan scotlight di bagian belakang berukuran 10 x 12 cm, di bagian bahu kiri dan kanan, juga di bagian lengan. Jika dilihat sekilas, jas hujan ini punya lapisan yang nampak jauh lebih rapi dibandingkan jas hujan pada umumnya. Hal ini dikarenakan, proses pembuatannya melalui proses hot press. Ini yang membuat hasil jas hujan menjadi lebih rapi dan lebih kuat.

Untuk detail ukuran sendiri, lebarnya 64 cm, panjang 76 cm, lebar ketiak 29 cm, dan panjang lengan 50 cm. Bagian celananya memiliki lingkar pinggang maksimal 110 cm, lebar paha 38 cm, lebar kaki 25 cm, dan panjang celana 100 cm. Ada tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih yaitu warna biru, hijau, dan pink.

Harga Rp. 117.700-145.000

Jas Hujan Penguin Poncho Lengan Polos

Selanjutnya adalah model jas hujan ponco dengan bahan yang tebal dan anti merembes, serta tetap nyaman digunakan. Materialnya 100% PVC dengan kualitas terjamin. Ia memiliki dua lapisan, lapisan luar yang waterproof dan windproof, sedangkan lapisan dalam yang punya sifat anti dingin.

Desainnya cukup menarik, siap melindungi kamu dari terjangan hujan deras selama berkendara. Dengan atasan model ponco yang dilengkapi dengan celana untuk melindungi celana dan kakimu dari rembesan air hujan. Modelnya yang universal juga membuat jas hujan ini cocok dipakai oleh perempuan maupun laki-laki. Tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hijau dan biru dongker.

Jika membeli jas hujan dengan berat 1.300 gram ini, kamu akan mendapatkan bonus sebuah tas kecil untuk membantu kamu menyimpan dan menjaga jas hujan agar tetap kinclong. Keunggulannya lagi, jas hujan ini dilengkapi dengan kantong yang cukup besar di bagian dalam jas hujan, mirip seperti kantong jas.

Kantong ini akan sangat memudahkan kamu untuk menyimpan barang-barang kecil yang esensial, seperti dompet. Panjang atasan (dari bahu) adalah 60 cm dan lebar atasan 98 cm. Sedangkan untuk celananya memiliki lingkar pinggang 26 cm (bisa melar) dan panjang 98 cm.

Harga Rp. 94.900-120.000

Jas Hujan Pinguin 882

Kita beralih ke jas hujan tipe berikutnya, yaitu jas hujan dengan kualitas premium yang memiliki banyak pilihan warna mulai dari hijau tosca, abu-abu, sampai hitam.

Pilihan warnanya memang cukup unik, dari yang paling mencolok sampai yang paling gelap. Sedikit berbeda dari jas hujan pada umumnya yang hanya memiliki satu ukuran, jas hujan ini punya tiga ukuran yang berbeda yaitu XL, XXL, dan XXXL.

Untuk modelnya sendiri, ia adalah model jas hujan dengan atasan dan bawahan. Uniknya, bagian topinya memiliki resleting. Jadi ketika kamu tidak mengenakan topi tersebut, topi bisa disembunyikan di dalam resleting.

Jas hujan ini juga dilengkapi dengan scotlight di bagian depan, belakang, dan samping untuk meningkatkan keamanan pemakainya.

Harga Rp. 225.000-315.000

Jas Hujan Penguin Type J/C Ferary

Jas hujan yang satu ini terbuat dari 100% PVC berkualitas ekspor. Ia memiliki berat sekitar 1.500 gram dan dilengkapi dengan scotlight yang siap menambah keamanan pemakainya.

Tersedia dalam tiga pilihan warna basic yakni kuning, hijau, dan biru. Hanya ada satu ukuran, yakni lebar dada 60 cm, panjang baju 71 cm, panjang celana 95 cm, dan lebar paha 33 cm. Bagian pinggangnya sendiri memiliki karet yang bisa melar hingga 50 cm.

Harga Rp. 75.000-110.000

Grosir Jas Hujan Penguin PX 777 Ponco

Kembali ke jas hujan ponco, kali ini ada sebuah jas hujan berukuran big size yang banyak dibutuhkan oleh kamu dengan ukuran badan yang tergolong besar. Jas hujan ini pasti akan membuat kamu nyaman karena ia memiliki panjang 103 cm dengan lebar 130 cm.

Rasanya akan longgar sekali ketika dipakai, sehingga kamu dapat berkendara dengan lebih leluasa. Bahannya sendiri terbuat dari karet yang tebal dan anti merembes. Di bagian kanan dan kiri jas hujan, dilengkapi dengan kancing pengait untuk menjaga rembesan air masuk ke dalam pakaian.

Harga Rp. 140.800-182.500

Jas Hujan Penguin P333

Terakhir, jas hujan dengan material 100% PVC berkualitas tinggi. Model atasan dan bawahan, dengan atasan yang dilengkapi resleting berkualitas baik, anti macet serta mudah dipasang.

Selain resleting, ia juga dilengkapi dengan tiga buah kancing untuk menjaga kerapatan jas hujan tersebut. Jas hujan ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni biru dan hitam. Panjang celananya 102 cm dan lebar paha 34 cm, sedangkan panjang jaketnya 75 cm dan lebar 62 cm.

Harga Rp. 95.000-152.880
From our editorial team

Sedia Jas Hujan Sebelum Basah Kuyup

Saat memasuki musim hujan, kehadiran jas hujan sangatlah dibutuhkan tertutama bagi kamu yang aktivitasnya sering di luar rumah dan menggunakan kendaraan roda dua. Pastinya, jas hujan dapat melindungi tubuh dari terpaan air dan angin saat terpaksa harus menembus jalanan yang sedang hujan. Pilih jas hujan yang berkualitas agar tidak mudah rusak dan robek, ya.