10 Resep Camilan Berbahan Mi yang Lezat dan Praktis

10 Resep Camilan Berbahan Mi yang Lezat dan Praktis

Mi adalah makanan semua umat. Dari anak kecil hingga dewasa, semuanya memakan mi. Selain enak, mi itu gampang untuk dibuat. Namun, ada beberapa oknum tidak bertanggungjawab dengan membuat produk mi instan yang tidak sesuai dengan prosedur. Nah, BP-Guide akan memberi Anda tips untuk menghindari mi "beracun" tersebut. Bukan hanya itu, kami akan memberikan Anda resep kreasi mi yang lezat, unik, dan praktis.

Mi Punya Rasa yang Lezat dan Penyajian yang Relatif Cepat sehingga Digemari oleh semua Khalayak

Mi adalah salah satu panganan yang berasal dari wilayah Cina. Mi mulai populer hampir di seluruh dunia karena dibawa oleh para pedagang Cina ke seluruh wilayah di dunia. Mi terbuat dari bahan tepung yang dicampur dengan telur dan sedikit air.

Adonan mi kemudian ditarik agar panjang dan dipilin hingga berbentuk seperti string. Di dunia, produk mi intant pertama adalah Nissin, yang diproduksi oleh perusahaan Jepang pada tahun 1958. Sedangkan di Indonesia, produsen mi instan pertama adalah Supermi yang berdiri pada tahun 1968. Barulah empat tahun kemudian, produk Indomie muncul sebagai pesaing hingga kini.

Mi instan sudah menjadi makanan favorit hampir semua orang. Di setiap rumah pasti tersedia mi, baik untuk dimakan sebagai menu makanan utama maupun camilan. Varian mi instan pun semakin beragam. Para produsen mi instan terus berinovasi dengan bumbu dan rasa yang ditawarkan. Banyak orang yang membuka bisnis makanan dengan menu utama kreasi mi instan.

Makanan yang juga identik dengan makanan utama mahasiswa ini sudah menjadi salah satu bahan makanan pokok yang dianggap mampu memenuhi asupan karbohidrat dan cukup mengenyangkan. Harganya yang murah dan proses pembuatannya yang mudah jugalah yang membuat jenis makanan ini begitu populer di mana pun.

Tips Memilih Mi yang Sehat

Tentu, mi sudah menjadi makanan yang biasa Anda konsumsi sebagai pengganti nasi. Karena terbuat dari bahan tepung terigu yang juga mengandung karbohidrat, mi mampu menjadi sumber energi sama seperti nasi. Nah, berikut ini tips memilih mi yang sehat untuk Anda:

Pilih Mi yang Bertekstur Lembut Bukan yang Bertekstur Kaku

Sumber gambar www.miementah.com

Mi terbuat dari campuran tepung terigu, tepung kanji, dan telur. Mi dengan tekstur kenyal dan tidak mudah putus biasanya menggunakan jenis tepung dengan protein tinggi. Apabila Anda penggemar jenis mi basah yang banyak di jual di pasaran, sebaiknya Anda memperhatikan ciri-ciri berikut.

Apabila mi memiliki tekstur kaku, mi tersebut biasanya mengandung banyak sekali pengawet, seperti boraks atau formalin. Untuk menghilangkan zat-zat tidak sehat seperti pengawet, Anda bisa merendam mi ke dalam air hangat sebelum diolah.

Pilih Mi yang Berwarna Kuning Alami bukan Kuning yang Mencolok

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Warna pada mi bisa menunjukkan zat-zat yang terkandung di dalamnya. Mi dengan warna alami biasanya cenderung pucat dan bukan kuning. Warna kuning pada telur akan cenderung memudar ketika bercampur dengan tepung. Untuk itu, patut diwaspadai apabila Anda menjumpai mi dengan warna kuning yang mencolok. Biasanya, para penjual yang curang, mencampurkan mi dengan pewarna tekstil agar warnanya lebih menarik.

Sebelum Diolah, Sebaiknya Mi Direbus Terlebih Dulu dan Membuang Air Rebusannya

Sumber gambar i.ytimg.com

Sebelum dikonsumsi, baik mi kering maupun mi basah, keduanya harus direbus terlebih dahulu. Untuk mi basah, Anda cukup merendamnya di air hangat, sedangkan jenis mi kering perlu direbus terlebih dahulu agar empuk dan kenyal. Untuk jenis mi basah, setelah direndam dengan air panas, tiriskan, kemudian siram dengan air dingin agar teksturnya tidak berubah.

Kegunaan merebus atau merendam mi sebelum dikonsumsi adalah agar zat-zat kimia yang terkandung di dalam mi menjadi luruh dan ikut terbuang bersama air rebusan. Karena air rebusan ini mengandung zat kimiawi seperti pengawet, sebaiknya Anda tidak menggunakan air rebusan ini kembali. Ada baiknya, saat memasak mi instan, ganti air yang akan Anda gunakan sebagai kuah.

Cek Komposisi Bahan

Sumber gambar www.theramenrater.com

Komposisi bahan mi biasanya terbuat dari air, tepung terigu, dan telur. Biasanya, mi menggunakan campuran soda kue sebagai pengembang. Tak hanya mi instan, beberapa mi basah yang dijual di pasaran biasanya juga mengandung bahan pengawet agar tahan selama beberapa waktu.

Untuk memastikan nilai kecukupan gizi dan kandungan-kandungan bahan kimia dalam mi, pastikan Anda selalu mengecek informasi nutrisi yang tertera pada kemasan. Biasanya, satu bungkus mi memiliki kandungan 338 kalori, 7.6 gram protein, 11.8 gram lemak, 50 gram karbohidrat, 1.7 mg mineral, dan 49 mg kalsium.

Pada dasarnya, mi adalah makanan dengan tingkat kalori yang rendah sehingga mi masih cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani diet rendah kalori. Namun, ada baiknya Anda tidak mengkonsumsi mi di malam hari karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.

Lihat Tanggal Kedaluwarsa

Sumber gambar 2.bp.blogspot.com

Pada dasarnya, tanggal kedaluwarsa adalah tanggal yang menjadi patokan bagi penjual untuk tidak lagi memajang atau menjual produk yang telah lewat dari masanya. Tanggal kedaluwarsa sebenarnya menjadi patokan dengan mempertimbangkan lama penyimpanan wajar setelah pembelian.

Biasanya, konsumen tidak langsung mengonsumsi produk yang dibeli melainkan akan menyimpannya untuk beberapa waktu. Dikhawatirkan, apabila produk yang telah lewat dari tanggal kedaluwarsa masih dijual, dalam masa penyimpanan oleh konsumen, produk menjadi rusak.

Sebenarnya, rata-rata produk kering yang telah melewati batas tanggal kedaluwarsa, bisa bertahan 1- 3 bulan. Untuk itu, penting memperhatikan tanggal kedaluwarsa, agar Anda tidak mengkonsumsi produk-produk yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

10 Resep Camilan Berbahan Mi yang Lezat dan Praktis

Mengolah mi dengan cara yang itu-itu saja tentu sangat membosankan. Apabila Anda sudah kehabisan ide untuk kreasi camilan di malam hari atau pun saat akhir pekan, Anda bisa menggunakan stok mi instan di rumah untuk dikreasikan menjadi berbagai jenis camilan bergizi yang lezat.

Bahan utama mi instan sangat mudah didapatkan dan tentu di setiap rumah, stok mi instan pasti selalu ada. Anda tinggal membeli bahan-bahan tambahan untuk membuat kreasi camilan dari mi instan. Tak perlu pusing mencari ide, berikut ini aneka kreasi camilan dari mi yang bisa Anda coba di rumah:

Bola-bola Mi

Sumber gambar img-global.cpcdn.com

Salah satu variasi mi yang bisa Anda coba di rumah adalah bola-bola mi. Menu camilan dengan bentuk bola-bola telah banyak bermunculan, mulai dari bola-bola ubi, bola-bola cokelat, bola-bola tape, hingga bola-bola tahu. Untuk mengikuti tren camilan berbentuk bola-bola, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat bola-bola mi berikut ini.

Camilan berbentuk gorengan ini dikombinasikan dengan sayuran seperti buncis dan wortel agar tetap terasa segar. Untuk Anda yang gemar pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit sebanyak yang Anda mau. Yuk simak bahan dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :
• 10 buah buncis, potong dengan ukuran sesuai selera.
• 1 buah wortel, potong dadu.
• 10 buah cabai rawit, haluskan.
• 3 siung bawang merah, haluskan.
• 3 siung bawang putih, haluskan.
• 2 butir telur, kocok lepas.
• Tepung terigu, secukupnya.
• Tepung panir, secukupnya.
• Mentega, secukupnya.
• 2 bungus mi instan, rebus kemudian tiriskan.
• Garam, gula, dan penyedap rasa, secukupnya.

Cara Membuat :
• Panaskan mentega, kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit yang telah dihaluskan. Tumis hingga harum.
• Masukkan potongan buncis dan wortel tumis hingga setengah matang.
• Campurkan hasil tumisan sebelumnya dengan tepung terigu, mentega, garam, gula, dan penyedap. Lalu aduk dan tambahkan sedikit air, aduk terus hingga mengental.
• Masukkan mi ke dalam adonan lalu aduk hingga rata. Kemudian bentuk seperti bola-bola kecil.
• Siapkan telur, lalu celupkan bola mi ke dalam telur kemudian guling-gulingkan ke dalam tepung panir.
• Goreng adonan bola-bola mi ke dalam minyak yang panas dengan api yang kecil hingga berwarna kekuningan. Setelah matang, tiriskan.
• Sajikan selagi hangat.

Burger Mi

Sumber gambar 1.bp.blogspot.com

Burger adalah salah satu camilan favorit mulai dari anak muda hingga orang tua. Kombinasi roti, daging, sayuran, dan sausnya adalah perpaduan sempurna untuk kelezatan yang tidak ada tandingannya. Untuk Anda penggemar burger, tidak ada salahnya mencoba variasi burger mi berikut. Mi akan digunakan sebagai pengganti roti.

Dengan tekstur mi yang lembut dan campuran bumbunya yang gurih, burger mi akan menyajikan perpaduan kelezatan dari daging dan mi sebagai pengganti roti. Tambahkan kesegaran mi burger dengan selada. Camilan ini bisa menjadi teman menonton film di akhir pekan yang cukup asik. Yuk, simak resep burger mi di bawah ini.

Bahan

• 2 bungkus mi instan, rebus lalu tiriskan.
• 3 butir telur.
• 1 batang daun bawang, iris tipis.
• 3 sdm mentega.
• 400 gram daging giling.
• 2 siung bawang putih, haluskan.
• Garam dan merica bubuk secukupnya.
• Selada secukupnya.
• Tomat, iris tipis.
• Timun, iris tipis.
• Mayones secukupnya.
• Saus sambal secukupnya.

Cara Membuat
• Campur mi, bumbu mi, telur, dan daun bawang. Aduk hingga rata.
• Panaskan wajan. Letakkan ring cutter diameter 8 cm dan beri sedikit mentega.
• Masukkan adonan mi. Masak hingga matang, lalu angkat.
• Untuk burger, campur daging, bawang putih, garam, dan merica bubuk, aduk hingga rata. Ambil dua sendok makan adonan, bulatkan lalu pipihkan.
• Panaskan wajan, masak burger hingga matang, angkat.
• Susun burger dengan urutan satu buah mi, letakkan selada, burger, tomat, dan timun. Beri mayones dan saus sambal.

Skotel Mi

Skotel adalah camilan yang berasal dari Eropa Utara. Panganan ini masuk ke Indonesia seiring masuknya Bangsa Barat ke Indonesia di abad ke 18. Camilan ini dibuat dengan bahan dasar makaroni, telur, susu, dan keju.

Cara membuatnya pun cukup mudah dan hanya memakan waktu sekitar 30 menit sudah dengan persiapan dan proses pemanggangan. Untuk Anda yang gemar dengan makanan berbahan dasar keju dan susu, membuat variasi camilan dari mi bisa dilakukan dengan membuatnya ala skotel. Anda bisa mengganti makaroni dengan mi. Berikut ini bahan dan cara pembuatannya yang cukup mudah untuk diikuti.

Bahan

• 200 gram mi kering, rebus hingga 1/2 lunak, tiriskan
• 1/2 bawang bombay, cincang halus.
• 2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus.
• 100 gr daging giling
• 300 ml susu cair.
• 100 gr keju cheddar parut.
• Garam dan merica bubuk secukupnya.
• 4 butir telur, kocok lepas dan 2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat

• Panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
• Masukkan daging giling. Aduk hingga berubah warna.
• Tuang susu cair sedikit demi sedikit kemudian masukkan keju parut. Aduk lalu tambahkan garam dan merica bubuk.
• Masukkan mi. Aduk sesekali hingga mendidih. Matikan api dan biarkan hangat.
• Tuang telur kocok. Aduk hingga tercampur rata.
• Tuang ke dalam loyang muffin yang sudah diolesi mentega. Taburi bagian atas dengan keju parut.
• Panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 25 menit.
• Angkat dan sajikan hangat dengan saus sambal favorit.

Sandwich Mi

Sandwich biasa dikonsumsi sebagai menu sarapan yang dihidangkan bersama segelas susu. Bosan dengan penyajian sandwich yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba variasi Sandwich Mi berikut ini.

Menu ini bisa Anda buat sebagai menu sarapan maupun menu camilan di sore hari saat sedang bersantai di rumah. Namun, menu ini barangkali akan sedikit terlalu mengenyangkan karena perpaduan roti dan minya yang sama-sama merupakan karbohidrat. Sajikan sandwich hangat-hangat bersama segelas susu atau jus buah yang segar. Yuk simak cara pembuatannya berikut ini:

Bahan :

✦ 2 lembar roti tawar.
✦ 1 butir telur.
✦ 2 lembar keju.
✦ 1 bungkus mi instan.


Cara Membuat:

✦ Rebus mi hingga matang, kemudian tiriskan.
✦ Kocok mi bersama bumbu dan telur. Lalu, goreng di atas wajan yang telah diberi margarin.
✦ Panggang 2 lembar roti tawar di atas wajan dengan api kecil. Tambahkan keju mi yang telah digoreng sebelumnya.
✦ Bila kedua sisi roti telah terpanggang dengan baik, angkat dan sajikan. Nikmati bersama saus dan mayonaise favoritmu.

Lontong Mi

Sumber gambar www.indomie.com

Lontong adalah makanan terbuat dari beras yang bisa ditemukan di negara-negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Lontong biasa dinikmati bersama makanan berkuah santan atau teman makan pengganti nasi untuk sate. Kali ini, Anda bisa mencoba kreasi lontong yang terbuat dari mi. Agar ukuran dan bentuknya pas sebagai Camilan, Anda bisa membuat ukurannya menyerupai arem-arem. Yuk simak cara pembuatannya yang sangat mudah berikut ini.

Bahan:

✦ 2 bungkus mi telor.
✦ 250 gram wortel.
✦ 2 bungkus kaldu bubuk.
✦ Daun bawang secukupnya, dipotong halus.
✦ Seledri secukupnya, dipotong halus.
✦ 100 gram daging ayam cincang.
✦ Minyak untuk menumis.
✦ 400 ml Air.
✦Daun pisang untuk membungkus lontong.


Bumbu Halus:

✦ 5 siung bawang putih.
✦ 4 siung bawang merah.
✦ Merica dan garam secukupnya.
✦ 4 butir kemiri.


Cara Membuat:

✦ Didihkan air, masukan mi, masak sebentar kemudian matikan api. Tiriskan.
✦ Haluskan mi sampai lembut.
✦ Tumis bumbu halus. Setelah harum masukan air dan kaldu bubuk, tunggu sampai mendidih.
✦ Masukkan ayam,masak sampai matang.
✦ Masukkan wortel tunggu sampai matang.
✦ Setelah wortel matang dan air tinggal sedikit masukan daun bawang, seledri dan mi telor.
✦ Aduk terus hingga air habis, kemudian matikan api.
✦ Setelah agak dingin lontong mi siap dibungkus satu per satu.
✦ Setelah dibungkus, kukus lontong 10 menit. Lontong mi siap disajikan.

Mi Gulung Sosis

Sumber gambar www.masakankoki.com

Umumnya, anak-anak adalah penggemar berat makanan olahan seperti sosis. Agar sosis bisa tampil tidak membosankan, Anda bisa mencoba variasi camilan berbahan dasar mi dan sosis berikut ini. Mi gulung sosis sangat populer di kalangan anak dan remaja.

Banyak penjual makanan kaki lima menjual menu ini bersama dengan camilan seperti kaki naga, otak-otak, dan nugget goreng. Cara membuatnya cukup mudah. Anda bisa mencoba membuat camilan ini sebagai bekal anak-anak ke sekolah. Berikut ini bahan dan cara pembuatannya.

Bahan:

✦ 3 buah sosis sapi, potong menjadi tiga bagian.
✦ 1 bungkus mi instan goreng.
✦ 1 butir telur ayam.
✦ 1/4 sdt garam.
✦ ¼ sendok teh penyedap rasa.
✦ 1 siung bawang putih, haluskan.
✦ 2 siung bawang merah, haluskan.
✦ Air untuk merebus.
✦ Minyak goreng.
✦ Bawang goreng.
✦ Saus cabe secukupnya.
✦ Selada

Cara membuat:

✦ Rebus mi instan goreng ke dalam air mendidih hingga lunak, angkat lalu tiriskan.
✦ Campurkan mi dengan bumbu yang dihaluskan, garam, dan penyedap rasa. Aduk hingga rata.
✦ Kerat Sosis yang sudah dipotong tadi.
✦ Kocok telur, sisihkan.
✦ Gulung Sosis dengan adonan mi.
✦ Celupkan ke dalam telur kocok.
✦ Panaskan minyak lalu goreng adonan sosis mi. Tunggu hingga mi berubah warna. Angkat lalu tiriskan.
✦ Sajikan dengan saus sambal favorit.

Mi Kuah Susu

Sumber gambar i.ytimg.com

Olahan menu dari mi instan seperti tidak ada habisnya. Banyak kedai makanan yang menjual menu olahan mi instan yang dikreasikan dengan berbagai kombinasi seperti kornet, tuna, omelet, dan masih banyak lagi.

Kali ini, Anda juga bisa mencoba kreasi menu mi instan dengan menggunakan kuah susu. Untuk Anda penggemar carbonara, mi instan kuah susu hampir bisa dikatakan mirip. Anda bisa menambahkan keju parmesan sebanyak-banyaknya. Untuk Anda yang gemar dengan cita rasa pedas, jangan lupa untuk menambahkan potongan cabe rawit atau bubuk cabe. Berikut ini bahan dan cara pembuatannya.

Bahan:

✦ 1 bungkus mi instan pilih rasa kari ayam.
✦ 200 ml susu cair.
✦ Daging kornet secukupnya.
✦ 1 butir telur ayam.
✦ 1 lembar keju.
✦ Sawi hijau secukupnya.


Cara membuat:

✦ Rebus mi instan, lalu tiriskan airnya
✦ Rebus sawi hingga layu kemdudian tiriskan.
✦Selanjutnya, rebus telur hingga matang dan tiriskan.
✦ Masukkan bumbu mi ke dalam mangkok kecuali minyak dan bawang goreng
✦ Masukan kornet daging sapi secukupnya dan susu ke dalam panci, rebus sebentar dengan api kecil.
✦ Masukkan mi, aduk pelan.
✦ Masukkan keju sambil diaduk-aduk dan tunggu hingga mendidih kemudian angkat.
✦ Masukan mi dan kuah susunya ke mangkok yang telah berisi bumbu dan kornet. Aduk hingga rata.
✦ Atur sawi dan telurnya di bagian atas mi.
✦ Mi instan kuah susu siap disajikan hangat.

Pizza Mi Panggang

Sumber gambar img-global.cpcdn.com

Salah satu panganan asal Italia yang juga terkenal hingga ke seluruh dunia, pizza, sudah menjadi salah satu panganan favorit di Indonesia. Terdapat berbagai varian pizza mulai dari pizza dengan ukuran roti yang tebal hingga pizza tipis yang sering disebut dengan crust pizza.

Pizza biasanya terbuat dari tepung gandum yang kaya akan serat. Adonan pizza diuleni hingga kalis untuk kemudian diberikan aneka topping di atasnya baru dipanggang di oven. Kali ini, Anda bisa mencoba kreasi homemade pizza dengan menggunakan bahan dasar mi.

Apabila tidak ada oven di rumah, Anda bisa menggunakan wajar dengan penutup. Menu pizza mi ini tentu akan menjadi favorit si kecil ketika bermain bersama teman-temannya di rumah. Untuk itu, yuk cek resep beriut ini.

Bahan:
✦ 150 gram mi telor, yang telah direbus terlebih dahulu.
✦ 5 butir telur ayam, dikocok lepas.
✦ 1 batang bawang daun, iris.
✦ 1 sdt garam.
✦½ sdt merica bubuk

Bahan saus:
✦ 2 siung bawang putih, cincang halus.
✦ 3 batang sosis sapi, iris serong.
✦ 100 gram saus tomat.
✦ 1/4 sdt merica bubuk.
✦ 1 sdm mentega.

Bahan pelengkap:
✦ 1 buah tomat, diiris tipis-tipis.
✦ 1 buah bawang bombay, diiris berbentuk bulat.
✦ 100 gram keju leleh, diparut kasar.

Cara membuat:

✦ Buat saus terlebih dahulu. Panaskan mentega, tumis bawang putih sampai keluar aroma harum.
✦ Selanjutnya tambahkan sosis yang telah diiris tipis sambil diaduk. Tumis sampai berubah warna. Masukkan merica bubuk dan saus tomat. Aduk secara perlahan dan masak sampai matang.
✦ Selanjutnya buat adonan pizza. Campur mi telor yang telah direbus dengan garam, telur, merica bubuk dan daun bawang.
✦ Kemudian aduk semua bahan agar tercampur dengan rata. Lalu panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan sedikit mentega. Selanjutnya tuangkan adonan pizza ke permukaan wajan.
✦ Tambahkan bawang bombay, tomat serta keju leleh dan tutup wajan.
✦ Masak sampai pizza benar-benar matang.
✦ Sajikan bersama saus sambal dan mayonaise.

Kroket Mi

Sumber gambar www.masakankoki.com

Salah satu panganan yang berasal dari luar adalah kroket. Dibawa oleh bangsa Eropa ke Indonesia pada abad 18, kroket yang berasal dari kata croquette ini adalah camilan berbahan dasar kentang yang ditumbuk dan dicampur dengan aneka daging atau ikan giling dan sayuran seperti wortel.

Untuk memasaknya, kroket perlu dibaluri dengan tepung roti agar memiliki tekstur krispi dibagian luar. Sebagai pengganti kentang, Anda bisa membuat kroket dengan bahan dasar mi.

Teksturnya yang hampir sama dengn kentang, membuat kroket mi tetap enak untuk dinikmati. Yuk, cek cara pembuatannya yang juga hampir sama dengan cara membuat kroket kentang berikut :

Bahan

✦ 100 gram mi kering, diremas sedikit hancur, rebus matang, tiriskan.
✦ 2 sdm tepung terigu.
✦ 5 buah bakso / sosis/ daging ayam, dipotong dadu kecil.
✦ 1 sdm mentega.
✦ 1 buah bawang bombay, cincang.
✦ 2 siung bawang putih, cincang.
✦ 1 batang daun bawang, iris halus.
✦ 1 buah wortel, potong dadu.
✦ 250 ml susu cair.
✦ Gula, garam, merica secukupnya.

Pelapis kroket
✦ 1 butir telur ayam, kocok lepas.
✦ Tepung panir secukupnya.

Cara membuat
✦ Pertama, larutkan terigu dengan susu, aduk rata. Kemudian campur garam, gula, dan merica bubuk. Sisihkan.
✦ Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih. Setelah agak layu, masukkan daun bawang.
✦ Masukkan wortel dan bakso, aduk rata. Beri 3 sendok makan air agar wortel cepat empuk.
✦ Masukkan larutan terigu, aduk hingga rata dan licin. Tunggu hingga adonan mengental lalu matikan api.
✦ Masukkan mi rebus lalu aduk rata.
✦ Ambil selembar plastik, olesi minyak. Beri 1 sendok makan adonan mi, bulatkan.
✦ Celupkanlah kroket ke dalam kocokan telur ayam, gulingkan dalam tepung roti. Diamkan selama 15 menit agar tepung lebih melekat.
✦ Ambil wajan dan isi minyak, goreng kroket di minyak hingga kuning kecoklatan. Angkat lalu tiriskan. Kroket siap disajikan.

Mi Isi Sosis

Sumber gambar img-global.cpcdn.com

Sosis dan mi adalah bahan makanan yang mudah sekali dikombinasikan. Kandungan bahan panganan ini pun saling melengkapi. Anda bisa mendapatkan karbohidrat dari mi dan protein dari sosis. Menggabungkan kedua jenis makanan ini akan membuat camilan Anda cukup secara nutrisi.

Kali ini, Anda bisa mencoba resep mi gulung sosis yang cukup mudah. Bentuknya hampir mirip dengan rolade yang biasa tersedia di pasaran.

Namun kali ini, adonan rolade bisa Anda ganti dengan adonan berbahan dasar mi. Mi gulung sosis ini bisa Anda simpan di kulkas dan disajikan sebagai menu sarapan maupun camilan di sore dan malam hari. Yuk, simak resepnya di bawah ini.

Bahan
✦ 2 bungkus mi instan, rebus lalu tiriskan.
✦ 3 butir telur.
✦ 1 buah wortel, rebus kemudian potong dadu.
✦ 3 buah sosis.
✦ jagung manis yang sudah disisir.
✦ 2 siung bawang putih, cincang halus.
✦ 1 sdt garam.
✦ Merica bubuk secukupnya.
✦ Tepung terigu secukupnya.
✦ Susu putih, campur dengan sedikit air.

Cara Membuat
✦ Tumis bawang putih, susu, tepung terigu, sampai mendidih, lalu masukkan mi, wortel, dan juga jagung manis.
✦ Masukkan garam dan merica.
✦ Matikan api, kemudian masukkan 2 butir telur. Aduk hingga rata.
✦ Bagi adonan menjadi 3. Siapkan plastik yang agak tebal untuk menata adonan mi, beri sosis di tengah-tengah adonan, kemudian gulung dan padatnkan adonan.
✦ Kukus gulungan adonan sekitar 10 menit.
✦ Tunggu adonan sampai dingin, lalu gulingkan adonan atas tepung-telur-tepung secara bergantian.
✦ Goreng adonan dalam minyak hingga berwarna kuning kecoklatan.
✦ Setelah matang, iris sesuai selera dan sajikan dengan saus sambal.

From our editorial team

Mi

M itu mengandung kalori yang lebih besar daripada nasi, lho. Namun, bukan berarti kita boleh mengonsumsi mie terus-terusan. Nah, bosan juga kan makan mi dengan gaya yang "itu-itu" saja? Ikuti tips dari BP Guide untuk membuat kreasi mi yang menarik dan lezat.