Segarkan Pikiran dan Hilangkan Stres dengan 10 Rekomendasi Komik Lucu Berikut (2021)

Segarkan Pikiran dan Hilangkan Stres dengan 10 Rekomendasi Komik Lucu Berikut (2021)

Komik adalah salah satu jenis buku yang seru untuk dibaca kala kita punya banyak waktu luang. Kita bisa membaca sambil duduk santai atau bahkan sambil rebahan. Nah, supaya rasa suntuk kita bisa hilang, kamu wajib baca komik dengan genre komedi. Kami punya deretan rekomendasi komik lucu yang wajib kamu baca, loh!

Tak Hanya Segarkan Pikiran, Baca Komik Bikin Kamu Makin Kreatif juga!

Membaca komik termasuk sebagai kegiatan yang menyenangkan. Bukan hanya untuk mereka yang hobi membaca saja, bahkan mereka yang kurang suka membaca pun bisa betah membaca komik. Ini karena komik tidak membosankan. Gambar yang menyertai percakapan antar tokohnya sudah cukup mewakili untuk kita tahu dan memahami ceritanya.

Membaca komik cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang. Misalnya saat kita sedang santai dan senggang, maka membaca komik bisa jadi aktivitas yang bermanfaat. Daripada kita keluyuran di mal, menghabiskan uang di kafe, atau berjalan-jalan tak menentu, membaca komik di rumah bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin hemat namun tetap dapat hiburan menyenangkan di rumah.

Saat membaca komik, kita akan merasa terhibur dengan cerita yang disajikan. Aneka gambarnya menarik untuk dinikmati dan dilihat. Kita juga jadi bisa berimajinasi dan membayangkan cerita tersebut. Kreativitas kita juga bisa terasah dengan rajin membaca komik. Jika kita tak memiliki ide, maka membaca komik memungkinkan kita jadi lebih kreatif untuk melakukan sesuatu atau menciptakan sesuatu.

Dengan membaca komik, ingatan kita juga bisa terasah dengan baik. Saat membaca komik, kita tidak hanya membaca tulisan namun juga melihat gambar yang menyertainya. Ini membuat kita lebih mudah mengingat ceritanya.

Tips Memilih Komik yang Seru untuk Dibaca

Cek Pengarangnya

Saat memilih komik yang seru untuk dibaca, kamu bisa melihat siapa pengarangnya. Ada beberapa nama komikus terkenal yang tentunya bisa kamu lirik untuk jadi pilihan. Kamu bisa browsing melalui internet atau minta rekomendasi teman yang hobi membaca komik. Setiap pengarang memiliki ciri sendiri dalam karyanya. Kamu bisa memilih komikus dengan ciri seperti apa yang kamu inginkan dan sesuai dengan genre favorit kamu.

Pilih Genre Sesuai Selera

Kamu bisa juga memilih komik dari segi genrenya. Sekarang ini, genre komik sudah makin beragam. Ada yang bergenre komedi, romansa, horor, thriller, aksi, drama, fantasi, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih yang sekiranya sesuai dengan mood. Dengan begini kamu jadi makin semangat membaca komiknya tanpa cepat merasa bosan.

Baca Sinopsis

Kadang kita bingung mau membaca komik yang mana dulu. Nah, agar tidak bingung, kamu bisa baca dulu sinopsis yang ada di bagian sampul belakang buku komik. Dengan membaca sinopsis tersebut, kamu jadi semakin penasaran dengan ceritanya. Jika sinopsis gagal menggelitik rasa penasaranmu, maka carilah komik lainnya yang sekiranya menarik. Kamu bisa juga mencari sinopsis di internet untuk tahu komik mana yang menarik dibaca.

Pilih Komik dengan Jalan Cerita Masih Berjalan atau Sudah Tamat

Komik yang ada di pasaran ada yang serialnya masih ongoing alias berjalan dan terbit tiap minggu atau tiap bulan. Ada juga yang serialnya sudah tamat. Lalu ada pula yang tidak berseri dan hanya dengan satu jalan cerita. Kamu bisa pilih mana yang sesuai dengan seleramu.

Jika kamu tidak suka digantung dengan rasa penasaran, maka ada baiknya kamu memilih yang sudah tamat. Memilih komik yang serinya sudah tamat bikin kamu bisa membaca jilid demi jilid tanpa penasaran berlama-lama.

Sementara jika kamu tak masalah menunggu jilid selanjutnya, maka kamu bisa pilih komik yang berseri dan masih ongoing. Ada banyak komik ongoing yang seru untuk diikuti meski tentunya kita harus sabar menunggu seri selanjutnya yang akan dirilis.

Cek Ulasan Pembaca

Saat memilih komik, kamu juga bisa mengecek ulasan pembaca mengenai suatu judul komik. Dari ulasan para pembaca tersebut kamu bisa mengetahui seru tidaknya jalan cerita suatu komik. Namun, kamu harus berhati-hati dengan spoiler. Jika ingin menghindari spoiler, kamu bisa baca ulasan pembaca sepintas saja dan lihat rating yang mereka berikan.

Ini Dia Rekomendasi Buku Komik Lucu untuk Kamu Baca Kala Senggang

Si Juki - Kenapa Manusia Buang Air?

Si Juki - Kenapa Manusia Buang Air? Merupakan komik lucu rekomendasi pertama kami. Komik yang satu ini dikreasikan oleh Faza Meonk. Kisah utamanya adalah mengenai seorang pemuda yang merasa sebagai orang yang antimainstream. Juki dengan karakter nyelenehnya tentu bikin perut kita terkocok dan tertawa tiada hentinya. Salah satu buku komik dari kisah si Juki adalah Mengapa Manusia Buang Air. Komik ini tak hanya mengajak kamu tertawa namun juga belajar secara tidak langsung. Komik ini bisa menambah pengetahuan tentang pencernaan di tubuh kita. Penjelasannya singkat dan pastinya mudah dimengerti karena dibungkus komedi yang cerdas.

Harga Rp. 48.000-103.000

Gokushufudou (The Way of House Husband)

Gokushufudou The Way of House Husband ini adalah rekomendasi kami berikutnya. Komik lucu yang satu ini merupakan komik dari Jepang yang banyak digemari. Komik ongoing ini awalnya dirilis tahun 2018 lalu. Bergenre komedi, romansa, dan makna hidup, komik yang satu ini wajib banget jadi bacaan kamu kala senggang.

Kisahnya adalah mengenai seorang yakuza dengan julukan Immortal Tatsu alias sang Naga yang tak bisa mati. Ia dikenal sebagai yakuza terkuat dan melegenda. Namun, suatu ketika ia menghilang dari dunia hitam. Ia memilih jalan baru yakni menjadi bapak rumah tangga. Ia kini mendukung istrinya yang merupakan wanita karir bernama Miku. Kini Tatsu rutin membersihkan rumah, membuat bekal imut, hingga belanja barang murah. Lucunya, tampilan Tatsu yang seram kadang mengintimidasi mereka yang bertemu dengannya. Ini justru memicu timbulnya banyak kejadian unik. Nah, penasaran kisahnya kan, lanjut baca komiknya, ya!

Harga Rp. 32.000-112.000

Si Nopal And The Perfect Family

Si Nopal And The Perfect Family merupakan komik asal Indonesia. Komik yang satu ini termasuk komik lucu yang wajib kamu baca kisahnya. Diterbitkan oleh Bukune, komik ini ditulis oleh Naufal Faridurrazak. Komik setebal 150 halaman ini berukuran 14 x 20 cm.

Kisah yang ringan dengan gambar yang menarik bikin kita tidak bisa berhenti tertawa membacanya. Kisahnya mengenai keluarga Nopal yang terdiri dari Abah, Bunda, Nopal, dan Cuty. Selalu ada saja kejadian dalam kehidupan keseharian keluarga ini yang terbilang konyol. Komik ini hadir dalam 3 jilid sehingga kamu bisa langsung menuntaskan ketiganya tanpa merasa penasaran.

Harga Rp. 66.000-128.000

I'm Sakamoto, You Know?

I'm Sakamoto, You Know? Adalah rekomendasi komik lucu selanjutnya untuk kamu. Komik slice of life ini juga hadir dengan sentuhan komedi yang menggelitik. Ketika melihat cover-nya, tentu kamu berpikir ini merupakan komik yang serius dan berat. Padahal, sebaliknya, ini adalah komik yang sangat ringan.

Komik yang ditulis oleh Nami Sano ini mengisahkan Sakamoto yang merupakan seorang siswa SMA. Sakamoto memiliki wajah yang ganteng. Selain itu, ia juga pintar dan serba bisa. Tentunya segala kelebihan tersebut membuatnya jadi punya banyak musuh. Mereka iri terhadap ketampanan dan juga kepandaian Sakamoto. Para musuhnya tak henti mengerjainya. Lucunya, Sakamoto selalu bisa mengatasi permasalahannya dengan cara keren dan musuhnya selalu berakhir jadi bawahannya atau anak buahnya.

Harga Rp. 10.000-65.000

Benny & Mice Lost in Bali

Benny & Mice Lost in Bali ini adalah rekomendasi kami selanjutnya. Komik ini berasal dari Indonesia. Komik lucu ini hadir dengan tebal 108 halaman. Diterbitkan tahun 2009, komik yang satu ini mengisahkan dua sahabat Benny dan Mice yang bertualang di Bali.

Awalnya, kisah Benny dan Mice merupakan koik strip di harian Kompas. Umumnya, komik ini mengisahkan kritik sosial yang menggelitik. Kali ini, lewat judul Lost In Bali, kamu bisa menikmati kisah Benny dan Mice saat mereka menyusuri pedalaman Ubud, hingga terjebak di kerumunan para penyuka sesama jenis. Komik lucu ini mampu menggambarkan realitas sosial yang terjadi di masyarakat kita saat ini.

Harga Rp. 15.000-105.000

Spy x Family

Spy x Family adalah komik lucu asal Jepang yang tidak bisa kamu lewatkan untuk dinikmati. Kisahnya mengenai satu keluarga yang terbentuk dari ketidaksengajaan. Twilight adalah seorang agen dengan nama asli Loid Forger. Ia mendapat misi sulit yang hanya bisa diselesaikan jika ia memiliki keluarga. Saat mencari kandidat istri, ia malah menemukan seorang esper berusia 6 tahun yang kemudian diangkat menjadi anak bernama Anya Forger. Ia pun menemukan sosok istri bernama Yor Briar.

Kisah keluarga yang satu ini bikin kita gemas dan tak sabar membaca kelanjutannya. Komik ini berbalut dengan backstory dari setiap karakternya. Kepolosan Anya, keangkuhan Lois yang selalu sok tahu, dan Yor yang kalem dan elegan, semua berpadu jadi satu menjadikan kisah ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Harga Rp. 36.000-278.000

Koloni: My Pre-wedding

Koloni: My Pre-wedding adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Komik lucu yang satu ini merupakan komedi romantis yang diangkat dari Webtoon Indonesia terpopuler. Kisah bermula dari Adelia Putri yang merupakan seorang PNS. Ia tiba-tiba dilamar oleh pria yang tidak ia kenal secara dekat. Adimas Purnama merupakan sekretaris lurah kantor sebelah dan memiliki reputasi yang populer. Ini karena wajahnya tampan namun hingga kini masih melajang. Maukah Adelia menerima pinangan Adimas? Komik yang satu ini sangat seru untuk kamu baca di kala senggang.

Harga Rp. 54.000-112.000

Horimiya

Horimiya menjadi komik lucu yang bisa kamu baca berikutnya. Komik yang satu ini adalah seri manga Jepang yang ditulis oleh Hero. Komik ini awalnya hanya bisa dibaca melalui majalah Monthly G Fantasy pada Oktober 2011. Namun karena banyak menyita perhatian, akhirnya dibuatkan buku tersendiri. Komik bergenre romantis, komedi, dan sekolah ini mendapat rating yang tinggi karena ceritanya memang menarik.

Kisahnya mengenai gadis remaja bernama Kyoko Hori yang banyak disukai karena prestasi akademiknya. Namun ia juga punya sisi tersembunyi yang tidak ingin ia perlihatkan pada orang lain. Di sisi lain, ia memiliki teman sekelas bernama Izumi Miyamura. Ia adalah lelaki otaku dengan kacamata. Uniknya, tampilan Izumi di luar sekolah dan sekolah sangat berbeda. Suatu ketika Kyoko dan Izumi bertemu tanpa sengaja dan mereka saling menemukan rahasia. Bagaimana kelanjutan kisah keduanya? Baca komiknya segera!

Harga Rp. 21.000-95.000

Great Teacher Onizuka

Great Teacher Onizuka adalah rekomendasi yang tidak bisa kamu lewatkan. Komik yang satu ini memang merupakan komik yang terbit lama. Namun, meski tergolong komik lawas, komik GTO tetap seru untuk kamu baca. Kisahnya begitu konyol dan menggelitik para pembacanya.

Kisahnya adalah mengenai mantan ketua geng motor yang brutal. Suatu ketika karena ada suatu alasan, ia jadi ingin mengabdi sebagai guru. Namun jika ditanya alasan menjadi guru, ia pasti menjawab agar bisa mendapat istri seorang anak SMA. Kamu pasti merasa ikutan seru sendiri saat Onizuka mengajari murid-muridnya untuk berperilaku sewajarnya anak SMA. Cara unik yang ia gunakan untuk mendidik muridnya tergolong nyeleneh namun ampuh. Tak heran jika ia banyak disukai namun juga dibenci para murid. Yuk, cek segera kisahnya!

Harga Rp. 8.000-385.000

Kariage Kun

Kariage Kun merupakan komik lucu yang kami rekomendasikan selanjutnya. Komik yang satu ini bercerita tentang kumpulan tingkah jahil Kariage yang menggelitik perut. Ditulis oleh Masashi Ueda, komik ini awalnya terbit di Indonesia pada tahun 90-an. Dengan alur yang simpel, komik ini mampu memikat pembacanya. Komik ini secara umum mengisahkan Kariage yang merupakan karyawan di sebuah perusahaan swasta. Kariage memang usil, ia kerap menjahili kepala bagian, teman, hingga orang asing sekali pun.

Harga Rp. 6.000-25.000
From our editorial team

Tips Merawat Komik

Untuk kamu yang hobi baca komik, tentu punya tumpukan buku komik di rumah. Jangan sampai kamu biarkan buku komik tersebut tergeletak sembarangan dan tak terawat. Ini akan bikin komik kamu jadi mudah rusak. Sediakan lemari atau rak khusus untuk menyimpan dan menata buku komik kamu. Jangan lupa bersihkan dari debu memakai kemoceng setiap hari. Kamu bisa juga memberi sampul pada buku komik kamu agar lebih awet. Nah, jika sekiranya koleksi komik kamu sudah terlalu penuh, tak ada salahnya jika kamu menyumbangkan komikmu agar lebih bermanfaat atau bisa juga kamu jual kembali.

Tag