Jaga Kesehatan Jantung dengan 10 Rekomendasi Vitamin Jantung Berikut! (2020)

Jaga Kesehatan Jantung dengan 10 Rekomendasi Vitamin Jantung Berikut! (2020)

Kesehatan jantung wajib dijaga. Anda bisa melakukan banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin jantung. Cek yuk rekomendasi vitamin jantung yang tepat untuk Anda!

Jantung adalah Organ Penting yang Kesehatannya Wajib Dijaga

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh kita. Meski besarannya hanya sekepalan tangan, jantung memiliki peranan yang sangat besar dalam tubuh. Jantung akan memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Darah dari jantung akan membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga seluruh organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

Jika kerja jantung terganggu, maka terjadilah penyakit jantung. Umumnya penyakit jantung terjadi karena aliran darah ke jantung terhambat oleh adanya lemak. Timbunan lemak pada pembuluh darah biasa dikenal sebagai penyebab utama penyakit jantung koroner yang merupakan penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia.

Penyakit jantung lainnya yang berbahaya adalah aritmia yakni gangguan pada irama jantung. Selain itu, ada juga penyakit jantung bawaan sejak lahir, kardiomiopati atau gangguan pada otot jantung, infeksi jantung akibat bakteri, virus, atau parasit, dan penyakit katup jantung.

Tentunya kita tidak ingin menderita berbagai penyakit mematikan tersebut. Oleh karena itu sebaiknya kita pandai menjaga diri dan menjalani hidup sehat. Dengan begini, jantung sehat dan tentunya kita jadi bisa maksimal beraktivitas.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung ada banyak caranya. Yang pertama adalah dengan memastikan bahwa kita akan berolahraga secara teratur. Dengan aktif bergerak maka jantung bisa berfungsi dengan baik.

Olahraga ringan secara teratur mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan mengendalikan berat badan. Ada banyak jenis olahraga mulai dari berjalan kaki, jogging, dan lainnya. Jika ingin olahraga lebih berat pun bisa, seperti berenang, bersepeda, dan lain-lain.

Anda juga wajib melakukan diet sehat alias membatasi makanan yang berlemak tinggi. Pilih makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Perbanyak konsumsi serat, hindari alkohol, dan makanan yang digoreng. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin D, vitamin K, omega 3, hingga antioksidan. Ini akan sangat berguna untuk kesehatan jantung.

Penyakit jantung juga bisa dikarenakan oleh stres. Baik itu stres karena pekerjaan atau hal lainnya. Anda bisa melakukan meditasi, refreshing dengan melakukan hobi atau berjalan-jalan sejenak menikmati alam bebas. Ini bisa membuat Anda meredakan stres dan juga melepaskan ketegangan otot.

Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup. Dengan beristirahat cukup maka risiko serangan jantung bisa diminimalisir. Cobalah untuk tidur selama 7 hingga 8 jam per harinya. Ini juga bisa menurunkan risiko penyakit darah tinggi dan diabetes.

Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Jantung Lebih Sehat

Minyak Ikan

Salah satu nutrisi paling penting bagi jantung bisa didapatkan dari minyak ikan. Di dalam minyak ikan terdapat kandungan omega 3 yang tinggi. Omega 3 adalah lemak baik yang mampu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Peradangan bisa merusak pembuluh darah di tubuh dan bisa memicu penyakit jantung.

Omega 3 mengandung DHA dan EPA yang bisa membantu memelihara kesehatan jantung. Selain itu, minyak ikan juga bisa mengurangi kadar trigliserida, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi penggumpalan darah, mengurangi risiko gagal jantung dan stroke, dan bisa memperbaiki irama jantung.

Anda bisa mendapatkan minyak ikan dengan mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu. Pilih jenis ikan seperti tuna, patin, atau salmon yang kaya akan lemak.

Sterol dan Stanol

Berikutnya, tubuh kita juga butuh akan sterol dan stanol. Keduanya merupakan senyawa kimia yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam usus kecil. Sterol dan stanol bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat hingga 15 persen. Untuk mendapatkan manfaat baiknya, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, gandum, wijen, kubis, jagung, dan minyak zaitun.

Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 biasa disebut sebagai CoQ10. Ini merupakan antioksidan yang terdapat pada hampir setiap sel dalam tubuh. Meski tubuh bisa secara alami memproduksinya, namun tidak ada salahnya Anda juga mengonsumsi suplemen yang mengandung CoQ10.

Koenzim yang satu ini berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. CoQ10 juga bisa mencegah penyakit gagal jantung. Maka dari itu konsumsi vitamin dengan kandungan CoQ10 yang tepat, ya.

Bawang Putih

Bawang putih diketahui menjadi salah satu bahan yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi langsung, bawang putih juga bisa dimasak dan bisa dihadirkan dalam bentuk vitamin.

Tidak banyak orang yang senang mengonsumsi bawang putih secara langsung karena aromanya. Namun dengan menghadirkannya dalam bentuk vitamin maka banyak orang lebih mudah mendapatkan manfaat baiknya.

Dalam bawang putih ada kandungan vitamin C, vitamin B6, mangan, selenium, dan antioksidan. Ini membuat bawang putih mampu menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan otak, mengatasi jerawat, hingga menjaga tekanan darah tetap stabil.

Serat

Serat juga menjadi salah satu sumber nutrisi penting. Serat bisa didapatkan dari sayuran hijau, polong-polongan, biji-bijian, dan aneka buah. Serat ada yang larut dalam air dan ada yang tidak larut dalam air. Dengan mencukupi kebutuhan serat, maka bisa melancarkan pergerakan usus, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, memelihara kesehatan usus, serta bisa menurunkan berat badan.

Serat wajib dicukupi setiap harinya. Paling tidak, Anda harus mengonsumsi sebanyak 30 gram serat sehari. Serat akan membuat kita merasa kenyang lebih cepat dan lama sehingga bisa menstabilkan gula darah dan bisa membuat kita tidak banyak ngemil makanan berlemak yang kurang menyehatkan untuk jantung.

Ini Dia Aneka Vitamin unutk Jantung Lebih Sehat

Puritan's Pride Vitamin Suplemen Jantung Q-SORB™ Co Q-10

Puritan's Pride Vitamin Suplemen Jantung Q-SORB™ Co Q-10D bisa jadi pilihan pertama Anda. Produk yang satu ini hadir dengan kandungan Coenzyme Q10.

Selain bisa menghasilkan energi, koenzim ini juga bisa menjadi antioksidan yang kuat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Produk ini mampu merawat kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan rutin mengonsumsinya, maka tekanan darah jadi tetap normal dan jantung jadi makin kuat.

Harga Rp. 320.000-554.000

Nutrimax Coenzyme Q-10 100 mg

Berikutnya ada Nutrimax Coenzyme Q-10 100 mg yang siap jadi pilihan. Produk ini berbentuk sofgel yang mudah dikunyah. Vitamin yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki seabrek aktivitas dan tidak sempat minum vitamin untuk jantung.

Vitamin ini bisa dikonsumsi kapan saja dand imana saja. Produk mampu mengembalikan vitalitas tubuh dan meningkatkan kinerja jantung. Vitamin ini akan mengoptimalkan produksi energi tubuh, meningkatkan HDL dan menurunkan LDL, serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Harga Rp. 196.000-395.000

Blackmores Odourless Garlic

Anda bisa juga mengandalkan Blackmores Odourless Garlic sebagai pilihan. Produk yang satu ini merupakan solusi untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat bawang putih namun ogah mengonsumsinya secara langsung. Vitamin ini hadir dengan rasa yang enak dan tidak bikin eneg. Ada juga perisa spearmint untuk mengurangi bau. Produk sudah tersertifikasi halal sehingga aman untuk dikonsumsi.

Vitamin ini bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Produk ini sudah diuji klinis dan dipastikan berkualitas baik sebelum dikemas. Cukup minum 1 tablet 3 kali sehari. Vitamin ini bisa mencegah kolesterol dan bisa menjaga kesehatan jantung.

Harga Rp. 163.000-265.000

Nutrimax Omega 3

Nutrimax Omega 3 bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk Anda. Produk yang satu ini diekstrak dari minyak ikan Salmon yang mengandung EPA dan DHA. Vitamin ini juga kaya akan Vitamin E yang bekerja sinergis untuk membantu mengatasi masalah kolesterol.

Dengan produk ini maka kesehatan jantung bisa lebih terjaga. Produk juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi penyakit persendian, melancarkan sirkulasi darah, dan mengelastiskan pembuluh darah.

Harga Rp. 130.000-380.000

Cartogen - Vitamin Kesehatan Jantung

Cartogen Vitamin Kesehatan Jantung juga bisa jadi produk andalan di rumah. Terbuat dari bahan Nattokinase 100 mg dan Co-Enzyme Q-10 100 mg, produk ini akan mengikis plak yang terbentuk pada pembuluh darah yang tersumbat akibat pengentalan darah.

Hasilnya darah jadi lebih lancar dan tubuh lebih sehat. Vitamin ini juga bisa mengatasi penyakit kardiovaskular. Produk ini akan meningkatkan tenaga jantung saat memompa darah.

Vitamin ini juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Produk juga akan bisa menggantikan CoQ10 dalam tubuh yang hilang. Vitamin ini bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi zat pelarut gumpalan dalam pembuluh darah.

Harga Rp. 240.000-385.000

Qunol Mega Ubiquinol CoQ10

Qunol Mega Ubiquinol CoQ10 ini merupakan produk yang bisa diandalkan. Vitamin yang satu ini bisa menyehatkan jantung dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Produk ini cepat diserap tubuh vitamin ini larut dalam air dan juga larut dalam lemak. Tubuh bisa lebih cepat merasakan manfaat dan khasiatnya.

Vitamin ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Produk ini bisa digunakan oleh para lansia yang sudah mengalami penurunan fungsi metabolisme tubuh.

Harga Rp. 756.000-1.400.000

Blackmores Ultimate Omega

Blackmores Ultimate Omega juga merupakan produk yang bisa diandalkan. Vitamin yang satu ini kaya akan omega 3 dari ikan laut. Omega-3 mampu mendukung kesehatan jantung dengan menjaga kekenyalan dan elastisitas pembuluh darah.

Selain bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, produk juga bisa menjaga kesehatan tubuh. Produk ini juga mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi karena osteoartritis.

Cukup konsumsi 1 kapsul sehari setelah makan. Vitamin ini terbuat dari bahan-bahan pilihan terbaik sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Harga Rp. 423.000-715.000

Nature's Health Nano CoQ10

Nature's Health Nano CoQ10 menjadi salah satu produk andalan selanjutnya. Vitamin yang satu ini hadir dengan teknologi nano sehingga Koenzim Q10 di dalamnya jadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Berkat vitamin ini maka sel jadi lebih cepat aktif.

Saat sel sudah aktif maka bisa membantu meningkatkan kinerja jantung, saraf, dan mendukung pembentukan energi. Vitamin ini juga akan menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah.

Harga Rp. 300.000-512.000

Wellness Natural Vitamin E 400 IU

Wellness Natural Vitamin E 400 IU menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk ini bisa menjaga kesehatan, mengatur metabolisme, dan proses pelepasan energi dalam tubuh. Vitamin ini berbentuk softgel yang mudah ditelan.

Produk bisa dikonsumsi wanita dan pria dewasa. Vitamin yang satu ini akan menjaga kesehatan jantung dan bisa juga berperan sebagai anti aging untuk menjaga keremajaan dan kelenturan kulit.

Vitamin juga akan memperbaiki aliran darah sehingga bisa melindungi sel-sel tubuh dan mencegah penggumpalan darah. Daya tahan tubuh bisa meningkat sehingga tubuh bisa lebih terlindung dari infeksi bakteri dan virus.

Harga Rp. 325.000-550.000

Natrol CoQ-10 Fast Dissolve

Natrol CoQ-10 Fast Dissolve ini merupakan produk yang bisa digunakan berikutnya. Vitamin yang satu ini cocok untuk Anda yang kesulitan dalam menelan kapsul atau tablet.

Produk ini mudah larut hanya dengan dihisap. Hadir dengan rasa ceri yang nikmat, Anda bisa menikmati setiap mengonsumsinya. Produk tidak akan meninggalkan rasa pahit di lidah.

Vitamin ini lebih cepat diserap tubuh. Vitamin bisa bisa meningkatkan produksi energi tubuh, melancarkan kinerja pembuluh darah, dan menjaga kesehatan jantung.

Harga Rp. 322.000-381.000
From our editorial team

Hati-hati Memilih Suplemen untuk Jantung.

Tidak semua vitamin bagus untuk kesehatan jantung Anda. Malah bisa membahayakan jika Anda mengonsumsi vitamin terlalu banyak. Cek kegunaan vitamin dan pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan semua manfaat tersebut. Ada baiknya juga jika Anda menanyakan pada dokter vitamin yang tepat. Dokter akan lebih tahu mengenai kondisi jantung Anda sehingga bisa memberikan saran vitamin terbaik.