Menghaluskan Bahan Makanan Bukan Masalah dengan 10 Rekomendasi Blender Tangan Terbaik (2020)

Menghaluskan Bahan Makanan Bukan Masalah dengan 10 Rekomendasi Blender Tangan Terbaik (2020)

Butuh menghaluskan bahan makanan? Pakai saja blender tangan yang serbaguna. Jangan asal pilih blender tangan kalau tidak mau rugi. Simak tips memilih blender tangan dari kami sekaligus rekomendasi produknya, ya!

Blender Tangan, Solusi Praktis Menghaluskan Aneka Bahan Makanan

Dalam memasak suatu hidangan, tak jarang kita harus menghaluskan bumbu, sayur, hingga buah. Untuk menghaluskannya, kita bisa memakai cara manual atau cara yang praktis dengan memakai alat elektronik. Jika bumbu atau bahan makanan yang harus dihaluskan hanya sedikit, tentu tak masalah kalau kita memakai ulekan. Namun, jika bahan yang harus dihaluskan cukup banyak, kita bisa mengandalkan blender supaya lebih praktis.

Blender merupakan alat yang sangat dibutuhkan para ibu dan mereka yang gemar memasak. Adanya blender bisa membuat pekerjaan memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan. Dengan blender, hasil tumbukan atau proses penghancuran bahan makanan jadi lebih cepat. Anda bisa menghemat banyak waktu dengan memakai blender.

Semakin canggih teknologi, membuat para produsen blender terus berinovasi. Bentuk dan desain blender kini mulai memiliki inovasi lainnya. Kini ada yang namanya hand blender alias blender tangan. Produk yang satu ini bisa jadi solusi praktis untuk menghaluskan makanan dengan cepat. Tak hanya untuk bahan yang banyak, bahan yang sedikit pun bisa dihaluskan dengan maksimal memakai blender yang satu ini.

Kelebihan Blender Tangan Dibanding Blender Biasa

Sumber gambar https://nakita.grid.id/

Tentunya beberapa dari kita masih ada yang belum akrab dengan blender tangan. Produk semacam ini memiliki banyak sekali kelebihan utamanya jika dibandingkan dengan blender biasa.

Salah satu kelebihannya yang paling nyata adalah lebih praktis digunakan. Blender tangan terdiri dari wadah dan juga mesin berbentuk panjang. Cukup masukkan bahan pada wadahnya dan Anda bisa langsung menghaluskan memakai mesinnya. Atau Anda bisa juga langsung memakai blender tangan pada wadah lain apa saja yang Anda kehendaki, baik itu panci, gelas, atau mangkuk sekalipun.

Kelebihan lain dari blender tangan adalah mampu memblender makanan baik di suhu panas atau dingin. Anda bisa dengan cepat menghaluskan bahan sup yang akan dibuat bubur dengan cepat. Ini tentu akan menguntungkan bagi yang memiliki buah hati yang sedang butuh MPASI. Anda bisa berkreasi membuat aneka makanan yang dihaluskan dengan cepat tanpa menunggu bahannya dingin dulu.

Kelebihan lainnya dari blender tangan adalah tak butuh banyak ruang untuk penyimpanan. Ukurannya kecil dan ramping karena mata pisaunya menyatu dengan mesin sehingga Anda bisa menyimpannya tanpa takut menghabiskan ruang. Blender tangan juga sangat mudah dibersihkan tanpa takut tangan terluka.

Keunggulan lain dari blender tangan adalah ada juga jenis yang tak butuh memakai listrik. Ini tentu akan sangat menguntungkan untuk yang ingin hemat listrik. Meski proses menghaluskan makanan jadi lebih lama, namun tetap saja blender tangan tanpa listrik bisa dimanfaatkan kapan saja dan di mana saja tanpa harus menunggu ada listrik.

Tips Memilih Blender Tangan Terbaik

Cek Pegangan dan Aneka Tombolnya

Ketika memilih blender tangan, perhatikan beberapa hal yang krusial. Karena hand blender mengutamakan pegangan untuk kekuatan saat menghaluskan, maka utamakan memilih pegangan blender yang nyaman digenggam. Dengan memilih pegangan yang tepat, maka tangan tak akan jadi pegal meski harus memegangnya dalam waktu lama.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tombol yang tersedia pada blender. Umumnya blender tangan hanya memiliki satu tombol, namun ada juga blender tangan yang dilengkapi aneka tombol untuk mengatur kecepatan. Apa pun pilihan tombol yang ada pada blender, pastikan saja tombolnya tak keras dan terlalu sulit ditekan. Ini akan memudahkan Anda saat memakai blender supaya tangan tak pegal jika harus berkali-kali memencet tombol.

Cek Bahan Mata Pisau dan Gelas Blender

Berikutnya, saat membeli blender tangan, Anda wajib mengecek bahan mata pisaunya. Usahakan memilih yang mata pisaunya berbahan stainless steel. Ini akan menjamin mata pisaunya anti karat sehingga tahan lebih lama digunakan.

Standar jumlah mata pisau pada blender tangan adalah 2 hingga 4. Makin banyak jumlah mata pisau, maka makin cepat dan makin halus hasilnya. Pastikan juga mata pisaunya besar, tebal, kokoh, dan tidak ringan. Hal ini untuk memastikan bahwa mata pisaunya tak mudah patah dan rusak.

Cek juga bahan gelas blender yang Anda peroleh jika membeli hand blender. Jika bahannya dari plastik, maka umumnya tak mudah pecah dan bobotnya lebih ringan. Kendati demikian bahan plastik jadi lebih cepat menyerap bau dan noda sehingga Anda harus rajin membersihkannya usai memakainya. Usahakan untuk memilih wadah yang bermulut lebar sehingga bisa memudahkan saat membersihkan.

Cek Fitur dan Desainnya

Baca deskripsi untuk mengetahui spesifikasi dari blender tangan yang akan Anda beli. Baca juga penjelasan mengenai fitur yang dihadirkan. Umumnya ada fitur antibising yang banyak disukai dan jadi pilihan banyak orang. Ada juga fitur keamanan seperti mati otomatis ketika mesin terlalu panas dan perlindungan dari arus pendek listrik yang dihadirkan hand blender. Dengan meneliti fitur yang didapat, tentu Anda jadi bisa memilih fitur mana yang Anda kehendaki dalam hand blender yang ingin dibeli.

Desain blender juga patut untuk dipilih. Anda bisa memilih desain yang sesuai dengan keinginan. Ada yang berukuran kecil dan ada juga yang berukuran besar. Ukuran biasanya menentukan kapasitas, jadi sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya. Warna blender tangan pun beragam, Anda bisa memilih warna ceria jika ingin memberi kesan lebih berwarna pada dapur. Anda boleh juga memilih warna yang kalem dan netral untuk dapur berkesan minimalis.

Cek Kelengkapan Pembelian

Saat akan membeli blender tangan, cek dulu kelengkapan pembeliannya. Setiap merek blender menjual produk dengan kelengkapan yang berbeda. Ada yang hanya menjual mesin dan wadah saja, ada pula yang membekali paket pembelian dengan mangkuk, gelas, atau alat sederhana lainnya.

Kelengkapan lainnya yang wajib dicek adalah garansi pembelian. Pastikan ada garansi resminya sehingga Anda tak perlu kerepotan jika terjadi kerusakan pada blender. Garansi juga merupakan sebuah jaminan bahwa produk yang Anda beli bermutu tinggi.

10 Rekomendasi Blender Tangan Terbaik agar Memasak Lebih Cepat

Philips HR1603

Hand Blender Philips HR1603 ini bisa jadi pilihan utama Anda. Produk blender tangan terbaik ini hadir dalam desain ramping yang ergonomis. Alat ini tak akan menghabiskan banyak tempat. Pegangan blendernya sangat nyaman sehingga tangan jadi tak mudah pegal. Blender tangan ini mudah digunakan dengan sistem pelepas 2 tombol untuk memudahkan melepas bilah blendernya.

Teknologi pro mix blending pada blender ini membuat bahan makanan bisa lebih halus sempurna. Mata pisaunya terbuat dari bahan alumunium dan baja yang kokoh dan aman untuk bahan makanan. Blender tangan ini cocok untuk membuat sup, pure, dan aneka jus. Alat ini memiliki garasi resmi selama 2 tahun.

Harga Rp. 525.000-700.000

Tokebi Hand Blender V9000

Tokebi Hand Blender V9000 merupakan pilihan blender tangan terbaik selanjutnya. Alat yang satu ini hadir dalam pilihan warna yang menarik untuk mempercantik dapur.

Selain desain yang keren, blender tangan ini juga memiliki fitur menarik yang bisa membuat pekerjaan dapur jadi lebih mudah. Blender ini berbentuk ramping, jadi tak memakan banyak tempat. Ada smart stand yang dimasukkan dalam paket pembelian sehingga blender bisa tersangga dengan baik.

Mata pisaunya dilapisi titanium sehingga awet dan tidak mudah berkarat. Dengan fitur antibising, alat ini memiliki kecepatan putaran 23.000 rpm. Blender tangan ini hadir dengan thermal protector sehingga bisa mendeteksi panas pada alat untuk mencegah kerusakan.

Harga Rp. 1.300.000-2.000.000

Panasonic MX-SS40

Berikutnya ada Panasonic MX-SS40 yang bisa jadi blender tangan terbaik. Produk ini cocok untuk menghaluskan bumbu, buah, hingga aneka sayur. Blender tangan ini memiliki kapasitas sebesar 700 ml.

Dalam pembelian sudah dilengkapi dengan gantungan aksesori, pengocok, dan alat pemotong sehingga memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan. Anda bisa mengganti aksesori untuk menghaluskan, memotong, mengiris, mencincang, atau mengaduk.

Ada 4 mata pisau yang terbuat dari bahan stainless steel berkualitas sehingga tak mudah berkarat. Pegangan produk ini juga nyaman sehingga ta bikin tangan mudah pegal. Alat berukuran 28 x 16 x 22 cm ini tak banyak makan tempat saat disimpan.

Harga Rp. 1.278.000-1.920.000

Oxone OX-161

Anda juga bisa memilih Oxone OX-161 sebagai blender tangan terbaik. Produk ini memiliki teknologi ramah lingkungan dengan fitur antibising. Alat ini bisa diatur kecepatan pengoperasiannya.

Daya alat ini juga rendah yakni hanya 175 watt sehingga Anda bisa lebih hemat listrik saat memakainya. Blender tangan ini lengkap dengan pengocok, penggiling daging, dan wadah jus. Mata pisau produk ini terbuat dari stainless steel yang antikarat. Dilengkapi pula dengan tombol pengaman sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 995.000-1.489.000

KitchenAid 5KHB2569GER

Ada juga KitchenAid 5KHB2569GER yang bisa jadi pilihan mewah untuk blender tangan terbaik. Produk yang satu ini bisa membuat Anda lebih mudah menghaluskan berbagai macam bahan makanan. Pegangannya berbahan karet sehingga tidak mudah tergeincir saat digunakan.

Alat yang satu ini hadir dengan lima kecepatan yang bisa dipilih. Ada juga pelindung pan yang dipatenkan untuk mencegah goresan peralatan masak ketika membuat sup. Mata pisaunya berbahan stainless steel sehingga bisa lebih tahan lama digunakan. Bahan produk ini bebas BPA sehingga aman digunakan. Alat ini dibekali dengan garansi selama 1 tahun.

Harga Rp. 4.790.000-8.680.000

Cosmos CB-653 HB

Cosmos CB-653 HB adalah blender tangan terbaik selanjutnya yang bisa jadi pilihan Anda. Produk yang satu ini hadir dengan fitur 3 in 1 yakni bisa untuk menghaluskan, memotong, dan mengocok.

Dalam pembelian sudah disertakan wadah plastik untuk menampung olahan makanan. Blender yang satu ini desainnya ringkas dan praktis sehingga tak memakan banyak tempat. Alat ini memakai daya sebesar 300 Watt.

Ada 2 tingkatan kecepatan pada blender yang satu ini. Tak hanya untuk menghaluskan buah dan sayur atau menggiling daging dan bumbu, produk ini juga bisa menjadi pengocok adonan kue, masakan, dan minuman.

Harga Rp. 427.000-863.000

Tokebi Lite V3300 Hand Blender

Tokebi Lite V3300 Hand Blender ini adalah produk blender tangan terbaik yang bisa diandalkan. Alat yang satu ini sangat multifungsi, tak hanya untuk makanan namun juga bisa untuk minuman. Mata pisaunya dari stainless steel sehingga awet dan tahan lama digunakan.

Pegangan blender tangan ini desainnya ergonomis sehingga membuat tangan tak cepat lelah. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan daya listrik 170 watt. Alat dengan desain modern dan simpel ini mudah digunakan. Tak hanya bisa dipakai untuk menghaluskan bumbu namun bisa juga untuk membuat adonan kue, membuat mayones, dan lainnya.

Harga Rp. 1.150.000-1.792.000

Xiaomi Ocooker Handheld Multifunction Cooking Blender - CD-HB01

Selanjutnya ada Xiaomi Ocooker Handheld Multifunction Cooking Blender - CD-HB01. Produk ini juga layak dipilih sebagai salah satu blender tangan terbaik. Alat ini bisa dipakai mengocok, mengaduk, mencacah, dan lainnya.

Mesin ini mampu berotasi hingga 12500rpm sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal. Dengan fitur anti bising, alat ini mudah untuk dioperasikan. Mata pisaunya dari stainless steel sehingga kokoh dan awet. Blender tangan ini memakai daya 420 watt.

Harga Rp. 664.000-700.000

Kenwood Hand Blender HB714

Kenwood Hand Blender HB714 ini juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Blender tangan terbaik ini sangat serbaguna. Anda bisa memakainya untuk menghaluskan bahan makanan pada mangkuk, gelas plastik, ataupun lainnya.

Dengan mata pisau berkualitas dan tahan lama, produk ini hadir dengan pelindung pisau yang terbuat dari karet untuk mencegah cipratan yang tidak diinginkan. Dengan alat ini Anda bisa membuat sup, saus, pure, bubur, makanan bayi, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 1.500.000-3.250.000

Oxone Hand Blender OX-204

Oxone Hand Blender OX-204 ini juga bisa jadi pilihan keren. Blender tangan yang satu ini hadir dengan daya 200 watt. Bagian batang pegangan dan pisaunya terbuat dari bahan stainless steel sehingga tak mudah berkarat.

Produk ini mudah dibersihkan karena mudah dilepas. Dengan bahan yang BPA free, alat ini aman digunakan. Ada garansi selama 2 tahun untuk alat yang satu ini.

Harga Rp. 309.000-363.000
From our editorial team

Untuk yang Tak Mau Ribet, Blender Tangan Bisa Jadi Andalan

Beberapa dari kita tentu kerepotan kalau harus menghaluskan bumbu dalam jumlah banyak. Ada pula yang kerepotan saat akan menghaluskan makanan bayi karena takut sisa bau dan bumbu masakan masih menempel pada blender. Dengan memakai blender tangan, semua itu tak akan terjadi. Produk blender tangan memiliki banyak kelebihan. Cek kelebihannya di atas dan juga rekomendasi dari kami ya!