Memasak Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Food Processor Ini (2021)

Memasak Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Food Processor Ini (2021)

Saat Anda memasak, menghaluskan bumbu atau bahan-bahan masakan lain bisa menjadi tahap yang sangat merepotkan dan menyita waktu. Itulah mengapa Anda membutuhkan food processor yang akan membuat pekerjaan lebih mudah. Simak rekomendasi food processor terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Food Processor Menawarkan Solusi Memasak yang Mudah dan Cepat

Memasak adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi jika memasak untuk seluruh keluarga. Memakan makanan hasil masakan sendiri tentunya lebih sehat, lebih bersih, dan lebih terkontrol dari segi nutrisinya.

Namun sayangnya, memasak membutuhkan persiapan yang tidak sedikit, hingga memakan banyak waktu dan tenaga. Terutama pada tahap menyiapkan bumbu atau bahan-bahan masakan lain. Agar bisa bercampur dengan bahan makanan dan meresap, bumbu dan bahan makanan harus dicincang, diiris, dan dihaluskan dengan lembut.

Kalau semua proses tersebut dilakukan secara manual, tentu akan banyak waktu yang tersisa. Untungnya kini ada food processor yang membuat kegiatan memasak jadi lebih mudah dan cepat. Tanpa repot, tinggal masukkan saja semua bumbu atau bahan makanan ke dalamnya dan tunggu beberapa menit sampai benar-benar halus. Gampang, kan?

5 Fungsi Food Processor yang Membantu Kegiatan Anda di Dapur

Menghaluskan Bumbu

Ini dia fungsi food processor yang paling disukai oleh ibu-ibu. Alat ini bisa menghaluskan bumbu dengan sangat sempurna, sehingga hasil masakan jadi lebih nikmat. Seberapa banyak bumbu yang ingin dihaluskan, food processor bisa melakukannya dalam hitungan menit saja lho. Keberadaan food processor dalam menghemat waktu yang biasa digunakan untuk menguleg bumbu menggunakan kedua tangan.

Menggiling Biji-bijian

Makanan khas nusantara banyak yang menggunakan bumbu kacang di dalamnya. Sebut saja seperti pecel dan gado-gado yang sangat menggoda selera. Saat Anda ingin membuat bumbu kacang tanpa ribet, tinggal kacang dan bumbu-bumbu lainnya ke dalam food processor.

Anda bisa memilih tingkat kehalusannya juga. Mau hasil yang sangat halus seperti pasta, kasar, atau berbentuk bubuk tanpa air. Tidak hanya kacang, Anda juga bisa menggunakan food processor untuk menggiling biji kopi! Tidak perlu beli coffee grinder lagi deh!

Menggiling Daging

Anda pasti tahu kalau ada alat khusus untuk menggiling daging yang disebut dengan dry mill. Namun dry mill hanya bisa menggiling daging dalam jumlah kecil saja dan sering macet saat dipakai.

Berbeda dengan food processor yang bisa menggiling daging dalam porsi banyak. Jika Anda hobi bikin bakso, Anda bisa sekalian memasukkan bumbu-bumbunya ke dalam food processor agar bisa tercampur rata. Cukup giling selama 8-10 menit saja, hasilnya sudah sangat memuaskan kok!

Menguleni Adonan

Belum banyak yang tahu kalau food processor bisa digunakan untuk menguleni adonan juga lho. Cocok nih buat Anda yang suka capek saat harus menguleni adonan dengan tenaga tangan.

Tinggal masukkan bahan-bahan yang ada seperti tepung, mentega, dan telur ke dalamnya. Namun food processor hanya bisa menguleni adonan dalam jumlah yang sedikit dan tidak bisa digunakan untuk memproses adonan yang tebal.

Membuat Saus Cokelat

Mau bikin saus coklat tanpa menyalakan kompor? Serahkan saja pada food processor yang serbaguna ini. Tinggal iris tipis-tipis coklat yang akan dihaluskan, lalu masukkan ke dalam food processor bersama dengan air hangat. Haluskan selama beberapa menit sampai saus jadi halus dengan sempurna.

Tips Memilih Food Processor Terbaik

Sesuaikan Jenis dengan Kebutuhan

Ada dua jenis food processor yang dijual di pasaran, yaitu stasioner dan stik. Masing-masing punya kelebihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan memasak Anda.

Food processor tipe stasioner bisa mengolah banyak bahan makanan sekaligus. Namun tipe stik yang lebih praktis dan ringkas ini sangat mudah digunakan. Hanya saja, junmlah bahan makanan yang bisa diproses sangat terbatas, misalnya untuk membuat MPASI hingga perkedel.

Perhatikan Perawatannya

Merawat food processor sangat penting lho. Ini karena banyak sudut-sudut tersembunyi yang kadang sulit terjangkau ketika dicuci. Oleh karena itu, perhatikan apakah bagian-bagian yang penting seperti pisau pemotong bisa dilepas ketika dicuci atau tidak. Selain itu, ketahanan pisau terhadap karat juga harus dipastikan. Jika food processor mudah berkarat, maka tidak akan aman digunakan dalam waktu yang lama.

Pastikan Ada Fitur Pengaman

Food processor bekerja dengan kecepatan tinggi dan bisa berbahaya jika tidak memiliki fitur pengaman yang mumpuni. Apalagi jika ada anak kecil di rumah Anda. Sebaiknya pilih food processor yang dilengkapi dengan safety switch juga perlindungan heat protection yang memastikan alat tetap aman ketika panasnya mencapai batas maksimal.

Rekomendasi Food Processor agar Memasak Lebih Cepat dan Mudah

Kenwood FDM307SS Food Processor

Rekomendasi produk food processor pertama untuk Anda adalah Kenwood FDM307SS Food Processor. Alat dengan kapasitar 1,2 liter ini juga dilengkapi dengan wadah khusus untuk juicer, multi mill, serta press untuk buah-buahan. Dilengkapi dengan mata piasu stainless steel yang tajam, anti kara, dan tahan lebih lama.

Mangkuk atau wadah utama food processor sendiri memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu 2,1 liter. Tidak hanya mumpuni, alat ini juga punya desain yang menawan dengan tampilan sleek yang modern. Hebatnya lagi, setiap komponen pada food processor ini juga sangat mudah dibongkar pasang sehingga Anda bisa mencucinya secara menyeluruh.

Harga Rp. 3.000.000-4.500.000

Hamilton Beach Food Processor

Salah satu keunggulan dari Hamilton Beach Food Processor adalah corong besar yang membuat Anda lebih aman saat memasukkan bahan makanan yang akan diproses. Ini sangat membantu untuk bahan-bahan makanan dengan ukuran yang besar.

Tidak hanya itu, alat ini juga dilengkapi dengan fitur auto-off sebagai pengaman untuk menurunkan risiko kecelakaan di dapur. Pisaunya yang tajam mampu menghasilkan potongan yang sempurna dan menghaluskan bahan makanan dengan baik.

Harga Rp. 1.200.000-2.000.000

OONEW Petite Baby Pure Food Processor

Untuk memberikan nutrisi terbaik bagi si kecil, Anda harus menggunakan alat yang berkualitas juga. OONEW Petite Baby Pure Food Processor ini misalnya. Alat dengan konsumsi daya listrik dengan ini bisa menghasilkan bubur bayi dengan kelembutan yang merata.

Alat ini dilengkapi dengan banyak fitur pendukung. Ada 4 fungsi sekaligus yang bisa dilakukan oleh satu alat ini. Antara lain adalah mencincang, mencairkan, mengukus, dan mencampur. Blending jar memiliki kapasitas 600 ml sementara tangki air alat ini berkapasitas 280 ml.

Harga Rp. 750.000-1.300.000

Panasonic MKF800SSR Food Processor

Anda hobi memasak? Anda pasti sangat ingin memiliki alat yang satu ini.

Panasonic MKF800SSR Food Processor dilengkapi dengan fitur unggulan 5 auto menu yang bisa mengoperasikan berbagai fungsi secara otomatis. Baik itu menggiling daging, menghaluskan biji-bijian, hingga menghancurkan makanan yang beuk.

Anda bisa menggunakannya untuk membuat jus segar juga. Hanya dengan satu alat ini, semua kebutuhan dapur Anda dapat terpenuhi. Wadah untuk memproses makanan terbukti bebas BPA sehingga menjamin keamanannya. Anda juga tidak perlu khawatir jiga ingin mencuci wadahnya di mesin pencuci piring karena wadah ini terbuuat dari bahan yang punya daya tahan tinggi.

Harga Rp. 4.500.000-5.500.000

CosmosFood Processor 1.2 L

Jika Anda mencari fodd processor dengan harga terjangkau namun bisa bekerja dengan baik, Cosmos
Food Processor 1.2 L bisa jadi pilihan yang tepat. Alat ini memiliki empat mata pisau tajam yang bisa menghaluskan bahan makanan dengan cepat.

Wadah berbentuk mangkuk dengan pegangan di kedua sisi semakin memudahkan Anda untuk menggunakannya. Banyaknya aksesori untuk produk ini juga membuatnya mudah untuk dibersihkan. Namun karena ukurannya yang kecil, alat ini tidak dapat digunakan untuk memproses terlalu banyak bahan makanan.

Harga Rp. 230.000-350.000

Oxone Jumbo Food Processor

Menghaluskan bumbu atau bahan makanan lain secara manual bisa sangat melelahkan dan tentu saja menyita banyak waktu. Tapi dengan adanya Oxone Jumbo Food Processor, memasak untuk keluarga besar tidak perlu riber lagi. Alat ini dijual dengan harga relatif terjangkau dan memakan daya listrik yang cukup rendah.

Dengan menggunakan satu alat saja, Anda sudah bisa menggiling, mencacah, mencincang, hingga menumbuk semua bahan makanan. Selain itu, alat ini dilengkapi pula dengan plastik food grade dan safety switch yang menjaga keamanannya. Alat ini bisa memutus aliran listrik secara otomatis saat terjadi arus pendek.

Harga Rp. 1.600.000-2.300.000

Bamix Swissline Food Processor

Bamix Swissline Food Processor hadir dalam desain ergonomis yang nyaman dan mudah digenggam. Alat ini sangat praktis dan bisa digunakan pada wadah apa saja. Anda bisa menghancurkan bahan makanan dalam mangkuk, baskom, hingga gelas.

Konsumsi listriknya hanya 200 watt saja, tidak perlu khawatir tagihan listrik akan membengkak karena mnggunakan alat yang satu ini. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah daya putar yang lebih stabil dengan motor alternating current sebagai penggerak utama. Dengan bentuk stik, alat ini tentu sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Harga Rp. 3.500.000-5.500.000

Baby Safe Smart Food Processor

Baby Safe Smart Food Processor hadir dengan kualitas yang baik untuk memberikan makanan yang bersih dan sehat untuk si kecil tersayang. Wadahnya terbuat dari bahan bebas BPA yang telah menerima sertifikasi resmi dari European Safety Standard. Dari segi keamanan, alat ini mencegah terjadi kecelakaan dengan double safety lock.

Alat tidak akan bekerja jika wadah tidak terpasang dan tertutup dengan sempurna. Desainnya yang ringkas menjadikan alat ini praktis dan travel friendly. Anda juga bisa membuat smoothie yang segar dan menyehatkan untuk anak dengan menggunakan alat ini.

Harga Rp. 250.000-350.000

BOLDe Super Food Processor OLYMPUS

Tidak suka dengan gangguan suara bising saat food processor sedang bekerja? Coba tengok BOLDe Super Food Processor OLYMPUS yang canggih ini. Alat ini dilengkapi dengan Air Flow Technology yang bekerja meredam suara bising saat food processor digunakan.

Jadi Anda tidak lagi khawatir saat menggunakan alat ini ketika bayi sedang tidur atau pada malam hari. Anda bisa memasak kapan saja Anda inginkan. Kapasitas wadah food processor ini adalah 1,7 liter dengan banyak aksesori yang bisa dilepas. Membersihkan alat ini jadi semakin mudah dan menyeluruh.

Harga Rp. 650.000-1.000.000

Philips Daily Collection Food Processor

Philips Daily Collection Food Processor menjadi produk terakhir yang akan direkomendasikan kepada Anda. Alat ini dibekali dengan teknologi PowerChop yang bisa menghaluskan dan mencincang makanan dengan sangat baik. Fitur unggulan lain adalah inner shaft di bagian jug.

Keberadaannya menjamin makanan tidak bocor ketika food processor sedang bekerja. Alat dapur ini memiliki kapasitas 2,1 liter dengan daya konsumsi listrik hanya 600 watt saja.

Harga Rp. 850.000-1.500.000
From our editorial team

Tertarik Punya Food Processor? Siapkan Bujetnya, Yuk!

Food processor bisa memudahkan kegiatan memasak, sehingga Anda tidak perlu capek-capek lagi menghaluskan bumbu atau menggiling bahan makanan. Hanya dengan menunggu beberapa menit, semua akan siap dengan sendirinya. Kalau Anda tertarik, jangan lupa siapkan bujet untuk membeli food processor, ya!