Basmi Kutu pada Bulu Kucing dengan 10 Rekomendasi Sampo Kutu Kucing Terbaik (2021)

Basmi Kutu pada Bulu Kucing dengan 10 Rekomendasi Sampo Kutu Kucing Terbaik (2021)

Kamu pasti tidak tega bukan melihat kucing kesayanganmu menderita gatal karena kutu? Untuk mengatasinya kamu bisa memandikan kucing dengan menggunakan sampo khusus pembasmi kutu. Tak perlu bingung memilih, ini dia 10 rekomendasi sampo yang ampuh membasmi kutu pada kucing.

Kucing Adalah Salah Satu Hewan Peliharaan yang Paling Populer

Bukan rahasia lagi bahwa kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling populer. Tak hanya tampak lucu, tingkah laku kucing yang menggemaskan selalu membuat banyak orang terpesona.

Di masa lalu kucing dipelihara oleh manusia untuk menjauhkan tikus dan hewan pengerat lain dari lumbung hasil panen. Namun, kini kucing telah berbaur sebagai teman hidup bagi manusia. Berdasarkan penelitian, memelihara kucing juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental manusia.

Kamu Harus Memperhatikan Kesehatan Kucing Kesayanganmu

Ketika memutuskan untuk memelihara kucing, kamu juga perlu bertanggung jawab atas kesejahteraan hidupnya. Tak hanya sekadar memberi makan, kamu juga harus memperhatikan kesehatan kucing kesayanganmu.

Pastikan untuk memberikan makanan yang sesuai dan bernutrisi agar kucing terhindar dari penyakit. Bersihkan kandang dan litter kucing secara rutin. Siapkan pula dana khusus untuk membawa kucing ke dokter hewan ketika sakit.

Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Kucing

Penyakit Jamur

Sumber gambar https://kucingpedia.com/

Ada beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi pada kucing. Salah satunya adalah penyakit jamur. Penyakit yang biasa disebut sebagai dermatofitosis atau ringworm ini membuat kulit kucing tampak bersisik.

Penyakit ini membuat kucing tidak nyaman dan sering menggaruk bagian yang terinfeksi. Jika dibiarkan bulu kucing akan rontok dan bisa menyebabkan kebotakan. Sering disepelekan, jamur pada kucing adalah masalah serius yang bisa menular ke manusia. Maka dari itu, lakukan pencegahan dan perawatan untuk mengatasinya sesegera mungkin.

Muntah

Permasalahan kesehatan berikutnya yang sering menyerang kucing adalah muntah. Biasanya masalah ini terjadi akibat kucing makan makanan yang beracun atau benda asing. Hal ini juga bisa disebabkan oleh gangguan saluran kemih atau diabetes.

Muntah yang terus menerus bisa membuat kucing mengalami dehidrasi. Kondisi ini sangat berbahaya bagi kucing. Apabila kucing kesayanganmu mengalami muntah, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat.

Kutu Kucing

Tak hanya jamur, serangan kutu juga menjadi masalah kulit yang terjadi pada kucing. Kutu kucing sangat kecil sehingga sering membuat para pemilik tidak menyadarinya. Sebenarnya ada ciri-ciri khusus yang tampak, yaitu munculnya titik-titik hitam kecil pada kulit kucing yang merupakan kotoran kutu.

Kucing yang berkutu biasanya juga sering menjilat bulunya karena rasa gatal, kulit merah, iritasi, serta kerontokan bulu. Kutu pada kucing tidak boleh disepelekan sebab dapat membuat kucing mengalami anemia. Maka dari itu, segera lakukan perawatan untuk menghilangkan kutu pada kucing.

Tips Menghilangkan Kutu pada Kucing

Pakai Obat Kutu

Bingung menghilangkan kutu pada kucing? Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membasmi kutu dari bulu hewan kesayanganmu. Pertama, gunakan obat kutu untuk mengatasinya.

Obat kutu biasanya hadir dalam bentuk spray atau bedak. Cara penggunaannya mudah, cukup semprotkan atau aplikasikan obat kutu ke sekujur tubuh kucing. Namun, pastikan untuk memilih obat kutu yang aman sebab kucing suka menjilat bulunya.

Gunakan Minyak Telon

Sumber gambar https://www.99.co/

Bagi yang ragu menggunakan obat kutu, kamu bisa menggunakan minyak telon sebagai gantinya. Minyak telon mengandung minyak atsiri yang mampu membunuh parasit di tubuh kucing. Cara penggunaannya mudah, cukup oleskan sedikit minyak telon pada area tubuh kucing yang sering didiami kutu.

Menggunakan Lidah Buaya

Bagi yang menginginkan bahan alami untuk membasmi kutu pada kucing, kamu bisa menggunakan lidah buaya. Cara pembuatannya mudah, yaitu buat jus lidah buaya segar dan campurkan dengan sedikit cabai rawit. Masukkan kedua bahan pada botol semprot, kemudian semprotkan pada bagian tubuh yang banyak didiami kutu. Pastikan jangan sampai mengenai mata dan telinga kucing.

Semprot dengan Air Lemon

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk membasmi kutu adalah air lemon. Caranya cukup mudah, rebus air dengan potongan lemon kemudian diamkan beberapa jam dan saring. Tuangkan air lemon pada botol semprot dan aplikasikan pada kulit dan bulu kucing. Pastikan agar air lemon tidak mengenai mata kucing kesayanganmu.

Menggunakan Sampo Khusus

Salah satu cara yang paling ampuh dalam mengatasi kucing adalah memandikannya. Tak sembarangan memandikan, kamu perlu menggunakan sampo khusus untuk mengusir kutu di kulit dan bulu kucing kesayanganmu. Mandikan kucing secara rutin setidaknya seminggu sekali agar kulit dan bulu kucing bersih dan sehat terawat.

Rekomendasi Sampo yang Ampuh Mengatasi Kutu Kucing

D&C Shampo Kesehatan Anjing & Kucing 250ml

Rekomendasi sampo kutu kucing yang pertama adalah D&C Shampo Kesehatan Anjing & Kucing 250ml. Sampo ini diformulasikan dari bahan-bahan alami yang mampu memelihara kesehatan dan kebersihan bulu. Kandungan asam salisilat di dalamnya mampu meredakan rasa gatal akibat gigitan kuku, sehingga kucing lebih nyaman beraktivitas.

Diperkaya dengan gliserin dan lidah buaya membuat kulit terjaga kelembapannya dan bulu semakin lebat terawat. Produk ini juga mengandung sulfur yang mampu mengatasi iritasi ringan pada kulit. Tak hanya untuk kucing, produk ini juga bisa digunakan untuk anjing.

Harga Rp. 42.000-71.000

Raid All Shampoo Sheborrhea 200ml

Dalam memilih sampo untuk kucing kesayangan tentu tak boleh sembarangan. Pastikan bahwa sampo mengandung bahan-bahan aktif yang efektif merawat kulit dan bulu. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Raid All Shampoo Sheborrhea 200ml.

Sampo ini terbuat dari aneka bahan aktif, seperti kopirox, triclosan, salisylic, sulfur, dan TTO. Diformulasi khusus untuk merawat kulit dan bulu, produk ini efektif untuk mengatasi masalah sheborrhea. Produk ini juga diperkaya UV screen, antiiritasi, antijamur, antibakteri, serta pelembut.

Harga Rp. 35.200-88.000

Pure Vet Tick & Flea 250ml

Pure Vet Tick & Flea 250ml adalah pilihan sampo yang tepat untuk mengatasi kutu pada kucing. Produk ini dibuat dengan ekstra formula anti kutu untuk mencegah dan mengurangi penyebaran kutu.

Dilengkapi dengan kondisioner membuat sampo ini mampu membuat bulu kucing semakin lembut dan mengembang. Pure Vet Tick & Flea 250ml ini juga efektif dalam menjaga kelembapan kulit serta mencegah bulu rontok.

Harga Rp. 60.000-82.000

Shampoo Fresh Clean Anti Kutu Tungau 250ml

Rekomendasi sampo kutu kucing berikutnya adalah Shampoo Fresh Clean Anti Kutu Tungau 250ml. Produk ini efektif untuk membunuh pinjal, caplak, kutu, serta tungau yang mengganggu pada bulu kucing. Tak hanya membersihkan, sampo ini juga memberikan aroma wangi yang menenangkan pada bulu.

Shampoo Fresh Clean Anti Kutu Tungau 250ml mengandung deltamethrin 0,07%, metyl paraben, glycol fragrance, water, sodium, dan laureth sulfat. Agar kucing terawat, gunakan sampo ini seminggu sekali. Tak hanya untuk kucing, sampo ini juga bisa digunakan untuk merawat bulu anjing.

Harga Rp. 75.000-137.000

Shampo Kucing Anti Kutu Septimax 125ml

Produk dengan bahan-bahan herbal kini banyak digandrungi karena dirasa lebih aman. Tak hanya produk perawatan manusia, produk perawatan hewan pun sudah banyak yang mengggunakan bahan-bahan herbal. Salah satunya adalah Shampo Kucing Anti Kutu Septimax 125ml yang efektif untuk merawat bulu kucing.

Shampo Kucing Anti Kutu Septimax 125ml terbuat dari 90% bahan herbal, seperti hydrolyzed protein, lavender extract, jojoba oil, vitamin E, lime sulfur, triclosan, salisilyc acid, oil cleanser agent, serta fipronil. Dengan kandungan tersebut, sampo ini bermanfaat sebagai antibakteri, antikutu, antijamur, anti luka, dan antiminyak. Produk ini aman digunakan bagi kucing maupun anak kucing.

Harga Rp. 20.400-33.475

YAOU Shampoo Anti Kutu Anjing & Kucing 250ml

Perlu diketahui bahwa ketika kucing terserang kutu, masalah tidak akan selesai hanya dengan membasmi kutunya saja. Biasanya akan muncul masalah-masalah lain karena gigitan kutu, seperti kulit gatal hingga bulu rontok. Oleh karena itu diperlukan sampo yang tidak hanya mampu membasmi kutu, namun juga efektif dalam merawat kesehatan kulit dan bulu.

YAOU Shampoo Anti Kutu Anjing & Kucing 250ml adalah salah satu produk yang direkomendasikan. Produk dengan volume 250 ml ini diformulasikan dari Amerika. Sampo yang bisa digunakan untuk anjing dan kucing ini mengandung bahan-bahan yang baik untuk kesehatan kulit dan bulu hewan kesayangan.

Harga Rp. 16.900-19.900

Shampo Kucing DIPA 250ml

Shampo Kucing DIPA 250ml adalah sampo berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini terbuat dari cypermethrine dan asam salisilat yang mampu merawat kulit dan bulu. Diracik dengan penelitian, produk ini efektif untuk membasmi kutu, jamur, serta menyembuhkan bintik-bintik merah, gatal, serta penyakit kulit lainnya.

Harga Rp. 33.500-45.000

Gloria Shampo Kucing Anjing Grooming Anti Kutu 250ml

Rekomendasi produk berikutnya adalah Gloria Shampo Kucing Anjing Grooming Anti Kutu 250ml. Sampo ini diformulasi khusus untuk mengatasi kutu hingga telur kutu pada kucing. Produk ini juga bisa digunakan untuk merawat bulu anjing.

Gloria Shampo Kucing Anjing Grooming Anti Kutu 250ml telah mengandung kondisioner. Tak hanya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dan bulu, produk ini juga membuat bulu hewan kesayanganmu lembut dan mudah disisir.

Harga Rp. 25.000-47.000

Shampoo Herbal Kucing Anti Kutu Anti Tick And Flea 100ml

Bingung mencari sampo herbal untuk membasmi kutu pada kucing? Shampoo Herbal Kucing Anti Kutu Anti Tick And Flea 100ml bisa menjadi pilihan. Sampo ini terbuat dari bahan-bahan alami yang aman digunakan.

Produk ini efektif untuk membasmi kutu pada kucing. Selain membersihkan kulit dan bulu, produk ini juga merawat kulit agar lebih sehat. Bulu kucing juga menjadi lebih harum, lebat, dan mengkilap.

Harga Rp. 12.000-14.500

Volk Pets Flea and Tick Kutu Cat Shampoo 500ml

Rekomendasi sampo kutu kucing yang terakhir adalah Volk Pets Flea and Tick Kutu Cat Shampoo 500ml. Sampo ini diperuntukkan untuk kucing maupun anak kucing minimal berusia 6 minggu. Produk ini diformulasi khusus untuk membasmi kutu, tungau, dan parasit lainnya. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang aman membuat sampo ini bagus digunakan untuk kucing dengan kulit sensitif.

Harga Rp. 69.000-78.000
From our editorial team

Sisir Bulu dengan Rutin untuk Menuntaskan Kutu pada Kucing

Dari rekomendasi sampo kutu kucing di atas, kira-kira mana yang tertarik kamu beli? Perlu diketahui bahwa memandikan kucing dengan sampo saja tidak cukup untuk menuntaskan kutu. Salah satu cara yang mampu membantu membasmi kutu adalah menyisir bulu kucing secara rutin. Kutu bisa saja tertinggal pasca kucing dimandikan. Dengan menyisir bulunya, maka kutu-kutu yang tertinggal dapat terangkat bersama bulu yang rontok di sela-sela sisir.

Tag